indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Kamis, 05 November 2015

18. Pantai Terindah di Indonesia

Kamis, 05 November 2015

Bumi pertiwi memang memiliki beragam kekayaan alam, salah satunya adalah pantai. Merupakan negara katulistiwa yang dikelilingi samudra, Indonesia memiliki pantai-pantai terindah di dunia. Berikut merupakan 18 pantai terindah versi The Colour Of Indonesia yang bisa dijadikan tujuan wisata:

1. Pantai Raja Ampat, Papua



Pantai ini merupakan salah satu pantai tereksotis dan terindah di Indonesia. Berada di Papua Barat, pantai ini merupakan taman laut terbesar di Indonesia dan memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia. Hampir 75% jenis terumbu karang di dunia berada di Raja Ampat.

2. Pantai Bunaken, Manado



Sama halnya dengan pantai Raja Ampat, pantai ini juga mempunyai terumbu karang terluas di dunia, pantai ini adalah pantai yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken ini merupakan sebuah pulau dengan luas 8,08 km2 di Teluk Manado, Sulawei Utara. Karena keindahan dunia bawah lautnya, turis mancanegara sering melakukan snorkeling dan diving di pantai ini. Selain keindahan pantai yang tidak diragukan, pantai ini dilengkapi dengan pasir putih yang bersih.


3. Pantai Pink - NTT




Bisa jadi ini adalah pantai paling “so sweet” di Indonesia. Jika pasir pantai biasanya berwarna putih atau coklat, maka sesuai namanya, pasir di Pink Beach ini berwarna merah muda. Warna pink dari pasir pantai yang berada di Pulau Komodo ini merupakan pasir pantai putih yang bercampur dengan serpihan karang, cangkang kerang, dan kalsium karbonat dari biota laut, dan juga Foraminifera, Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah. Kita patut berbangga hati karena di dunia hanya ada tujuh pink beach dan salah satunya ternyata ada di Indonesia! Pink Beach ini letaknya agak terpencil karena berada di balik bukit. Di pantai ini kita dapat bersantai-santai di pantainya, berenang dan main air di lautnya, dan juga ber-snorkeling di lautnya yang jernih. Untuk mencapai Pink Beach, kita dapat berlayar dengan menggunakan kapal dari Tanjung Benoa, Bali menuju Labuan Bajo yang membutuhkan waktu satu hari. Atau bisa juga naik bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo kemudian menyeberang dengan ferry. Jika Anda ingin mempersingkat waktu, Anda dapat menaiki pesawat rute Denpasar – Labuan Bajo yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dari Labuan Bajo, kita dapat menyeberang dengan ferry menuju Loh Liang di Pulau Komodo. Dari Loh Liang, kita tinggal menaiki perahu selama sekitar setengah jam untuk mencapai Pink Beach.




4. Pantai Losari, Makasar


Mampir ke pantai yang berada di Jalan Penghibur ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap pengunjung yang datang ke Makassar. Tempat wisata andalan ini memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya pantai dikenal dengan pasirnya, Pantai Losari tidak memiliki pasir. Jika Anda datang, Anda akan menemui beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan berarti pantai ini tak layak dikunjungi, ada banyak hal lain yang menarik dari tempat wisata ini. Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti memancing, naik sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu dan masih banyak lagi. Apa hal menarik lainnya dari sebuah tempat wisata? Tentu saja kulinernya. Ada banyak sajian kuliner khas Makassar yang bisa Anda nikmati di sini, mulai dari pisang epe, coto, sop konro sampai dengan es pallu butung. Tempat wisata di Makassar ini ramai dikunjungi setiap hari terutama saat akhir pekan. Pada pagi hari, banyak yang menjadikannya sebagai lintasan jogging, sedangkan pada sore hari, banyak yang menunggu momen matahari terbenam sambil berwisata kuliner di sini. Tidak lupa untuk mengunjungi Masjid Amirul Mukmin "Masjid terapung pertama di Indonesia".

5. Pantai Derawan, Kalimantan Timur



Pantai Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter. Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes). Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes). 


6. Pantai Wakatobi, Sulawesi Tenggara


Pantai dan Taman Nasional Wakatobi adalah satu dari 50 Taman Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah. Letak Taman Nasional Wakatobitepatnya di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Luas taman nasional ini mencapai 1,39 juta ha, sehingga luas tersebut mampu menampung berbagai keanekaragaman laut dengan posisi karang tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Selain masuk daftar tempat wisata di Sulawesi Tenggara, Wakatobi juga menjadi pusat penelitian keanekaragaman kehidupan bawah laut dunia. Banyak ilmuwan dunia meneliti kehidupan bawah laut Wakatobi yang mencapai kedalaman 1 km dibawah permukaan air laut. Taman Nasional Wakatobi mempunyai empat pulau, yaitu Kaledupa, Wangi-Wangi, Binongko dan Tomia. Gugusan terumbu karang bisa ditemui pada sepanjang garis pantai. Terdapat ratusan spesies ikan serta terdapat jenis udang erasia dan penyu yang bertelur di Pantai Wakatobi. Keindahan lain bisa disaksikan dari pemandangan alam sekitar pantai yang masih sangat terawat dan terjaga keasliannya. Untuk mencapai Wakatobi bisa melalui Bau-Bau kemudian menuju Lasalimu. Setelah itu, pengunjung bisa menempuh kendaraan roda empat dengan waktu tempuh 4 jam untuk sampai di Wangi-Wangi. Berkunjung ke Wakatobi adalah pengalaman yang sangat berharga dan bisa jadi Anda ingin mengunjunginya kembali. Satu lagi kelebihan dari tempat ini adalah “tamu setianya” yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma. Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus.


7. Pantai Mentawai, Sumatera Barat



Pantai yang terletak di kepulauan Mentawai Sumatera Barat ini mempunyai ombak yang bagus dan paling menantang di dunia. Untuk para pencinta selancar air dari mancanegara tak jarang singgah di tempat ini. Tak heran bila kerap kali pantai ini dijadikan ajang lomba selancar air tingkat Internasional.

8. Pantai Sengigi, Lombok



Pantai yang terletak di Lombok, NTB ini merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal. Letak pantai ini di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, sehingga memungkinkan wisatawan melakukan snorkeling. Pantai senggigi memiliki terumbu karang yang menjulang di tengah lautan, sehingga ombak besar pecah di tengah lautan dan tidak berbahaya bagi para pengunjung pantai. Hotel yang tersedia beragam di daerah ini dari hotel yang mahal hingga ekonomis.

9. Pantai Dreamland, Bali



Selain pantai kuta dan pantai sanur, Bali menyuguhkan pantai yang bisa menjadi tujuan wisata. Pantai Dreamland terletak di ujung selatan Pulau Bali dan dapat dicapai dalam waktu 30 menit dari kawasan kuta. Dikelilingi tebing-tebing dengan pemandangan indah dan hamaparan pasir putih yang bersih merupakan penarik para wisatawan untuk berkunjung.


10. Pantai Sempu, Malang



Mengapa kami memasukan pantai ini di urutan keenam, karena ini adalah pantai terisolir terletak di selebah selatan Kabupaten Malang. Walaupun terisolir anda akan menemukan sensasi yang berbeda dari pantai ini. Lihat saja ketika anda memasuki kawasan ini anda harus menggunakan sekuat tenaga yang memacu adrenalin. Setiba disana anda akan melihat pantai yang indah dan belum terjamah oleh penghuninya. Anda bisa melakukan diving, snorkling. Dan lebihnya lagi pantai ini tertutup oleh basin yang membatasi pantai dengan samudera pasifik. sehingga anda akan dapat melihat samudera hindia secara langung. Kalau beruntung sekelompok paus atau lumba-lumba terlihat aksinya di pantaa ini.

11. Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung



Pantai yang terkenal dengan batuan granit ini merupakan objek wisata yang terkenal. Pantai parai tenggiri terletak di kawasan Matras, Sungailiat, Bangka Belintung. Keindahan pantai ini dilengkapi dengan pasir putih dengan birunya laut yang tenang. Berjemur, parasailing, dan jet skiing bisa dilakukan di pantai ini.

12. Pantai Kuta, Bali 


Pantai ini merupakan pantai dengan pengunjung yang selalu ramai setiap harinya. Pantai kuta terletak di sebelah selatan Denpasar. Biasanya para pengunjung melakukan selancar di pantai ini karena memiliki ombak bagus. Pantai yang terletak di Kabupaten Badung ini sudah terkenal sejak tahun 1970-an dan disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach).

13. Pantai Sanur, Bali



Satu lagi pantai yang menyuguhkan keindahan di Kota Bali, Pantai Sanur. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan para wisatawan untuk bersantai. Terletak di sebelah timur kota Denpasar, pantai sanur menawarkan pemandangan indah dan panorama matahari terbit.

14. Pantai Palabuhan Ratu, Jawa Barat



Pantai yang terletak di Sukabumi ini merupakan kawasan wisata pesisir Samudra Hindia di Jawa Barat. Pantai yang terletak sekitar 60 km ke arah selatan kota Sukabumi ini memiliki ombak pantai yang mencapai 3-5 meter di musim-musim tertentu dan sangat cocok untuk selancar.

15. Pantai Merah, Banyuwangi


Tanah yang berwarna merah, bentuknya menyerupai sebuah bukit kecil, terletak tak jauh dari bibir pantai yang memiliki pasir putih sepanjang 3 km, inilah sebab mengapa tempat wisata Jawa Timur yang satu ini dinamakan sebagai Pantai Pulau Merah. Inilah salah satu pesona yang dimiliki pantai di Banyuwangi. Selain Plengkung, pantai ini juga adalah tempat surfing yang menarik di Banyuwangi. Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 4-5 meter, sebuah tempat berselancar di Banyuwangi yang menarik bagi para pemula hingga pro. Panorama sunset yang memikat juga dapat Anda rasakan di pantai Jawa Timur yang satu ini.


16. Pantai Gili Trwangan, Lombok



Di sekitar Pulau Lombok terdapat 3 buah gili atau pulau kecil yang letaknya saling berdekatan. Ketiga Gili tersebut adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Dari ketiga gili tersebut Gili Trawangan merupakan Gili yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan alam yang ditawarkan dari Gili trawangan adalah berupa pantai yang putih bersih serta taman lautnya yang sangat indah.


17. Pantai Jimbaran



Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Pada saat anda datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan anda lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah. Dinner Romantis menjadi andalan bagi Pantai Jimbaran. Pantai Jimbaran terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya. Pantai Jimbaran untuk anda yang ingin berwisata ke pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, tidak membahayakan anda yang sedang makan di pinggir pantai. Pantai Jimbaran menawarkan sensasi keindahan Pantai dan Kuliner yang mempesona. Walaupun sempat terjadi serangan teroris di Bom Jimbaran, tetapi kondisi ini cepat pulih dan banyak wisatawan asing yang sengaja datang untuk menikmati kuliner seafood khas Jimbaran.


18. Pantai Taka Bonerate


Taman laut ini berada di kota Benteng, Kepulauan Selayar. Tempat wisata ini merupakan surga bagi penyelam dan Anda yang suka snorkeling. Taman Nasional ini terkenal sebagai Palung Terdalam di Dunia bersama gugusan kepulauan Maldives. Saat menyelam, Anda bisa berenang bersama ratusan jenis ikan, penyu dan kura-kura. Kecantikan terumbu karangnya juga membuat Anda semakin betah berlama-lama menyelam di sini. Saat terbaik untuk menyelam di taman laut ini adalah di antara bulan April – Mei. Pada saat itu, arus dan suhu air serta berbagai faktor pendukung lainnya sedang dalam kondisi baik sehingga jarak pandang saat menyelam pun menjadi sempurna. Untuk menyelam di tempat wisata ini, Anda harus mendapat izin dari Balai Taman Nasional dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku. Biaya yang dikenakan adalah 25.000 Rupiah untuk wisatawan domestik dan 60.000 Rupiah untuk wisatawan mancanegara. Jika ingin menyewa peralatan menyelam, Anda harus menyiapkan uang 250.000 Rupiah. Sumber Foto Atas :@berangan_trip


Kembali Ke Terbaik


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA