indonesaEnglish


Sabtu, 30 Desember 2023

Peristiwa Trending Topic 2023

Sabtu, 30 Desember 2023



CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR 

Peristiwa Trending Topic 2023

  Tahun  2023,  

Tahun penuh Retorika,

dan Pengkhianatan !

*****

Penulis



Tak terasa Tahun 2023 akan segera berganti, dan saatnya Kita memasuki Tahun 2024. Di Sepanjang Tahun ini, Banyak Peristiwa Nasional maupun Internasional, yang mewarnai Kehidupan Kita sebagai Insan Manusia. Tahun 2023, Tahun penuh dengan Retorika Politik, dan Pengkhianatan. Bukan hanya bagi Para Selebriti, yang berada di Industri Hiburan Tanah Air dengan adanya Beberapa Kasus KDRT, Perceraian, hingga Perselingkuhan, namun Jauh dari itu juga dilakukan oleh Para Politikus, yang sudah bersiap untuk tancap gas menjelang Pemilihan Umum di Tahun mendatang.

 

Saat ini, Kita juga disuguhkan dengan Kasus Hukum, yang cukup tak adil bagi Kita sebagai Anak Bangsa. Sidang Hasil Keputusan Mahkamah Konstitusi tentang Batas Usia Capres - Cawapres, yang diduga ada Konflik Kepentingan demi mendukung Salah Satu Pasangan Calon menjadi Hal, yang melanggar, dan menciderai Konstitusi. Kasus Pengkhianatan lainnya juga datang dari Dunia Politik, di mana Kontestasi Capres - Cawapres ternyata tak mengenal Siapa Kawan & Lawan. Walaupun sah secara Politik, dan Hukum, namun Etika, dan Adab seharusnya dikedepankan. Bermain dalam Suatu Retorika Politik dengan Kemampuan Berbahasa yang dipunyai, menjadi Jalan Ninja bagi Para Politikus di Tahun ini.

 

Isu Pemanasan Global (Global Warming), menjadi Hal, yang harus cepat direspon oleh Kita sebagai Masyarakat Dunia. Dampak Pemanasan Global dengan Kenaikan Suhu Permukaan Bumi terjadi hampir di Semua Negara, yang dilanda cuaca panas ekstrim. Dampak dari adanya Badai El Nino, yang melanda Sejumlah Negara, bukan lagi menjadi masalah sepele. Kekeringan, dan Kebakaran Hutan - Lahan (Karhutla) menjadi Akibat, yang cukup menakutkan di Sepanjang Tahun 2023.


Perang Israel - Palestine diantara Pasukan Pertahanan Israel (IDF), dan Pasukan Pertahanan Hamas - Fatah, menjadi Isu Internasional, yang masih berlangsung hingga di Penghujung Tahun 2023. Pemberitaan Perang Ini telah menggantikan Perang Rusia - Ukraina sebagai Hal, yang cukup diperbincangkan oleh Masyarakat Internasional. Kemarahan Masyarakat Dunia atas Tindakan Semena Tentara Zionis Israel, terjadi di Banyak Negara. Bukan hanya Indonesia sebagai Negara Mayoritas Muslim, yang selalu mendukung Perjuangan Palestina untuk mendapatkan Kemerdekaannya, namun di luar itu Banyak Negara di Eropa, dan Amerika, yang mendukung Kebebasan Palestina dari Penjajahan, dan Penindasan Warga Sipil tak berdosa oleh Israel.   

 

Kemunculan Sub Varian Covid Baru EG 2, EG 5, dan JN 1 di Penghujung Tahun ini, yang mengakibatkan Kasus Covid di Indonesia Kembali meningkat, menjadi Hal, yang patut diwaspadai oleh Indonesia & Dunia di Tahun mendatang

 






















Berikut Kami Hadirkan
Peristiwa Trending Topic 2023


Januari 2023

Tiko dan Bu Eny

Via : https://www.tribunnews.com

Viral di Media Sosial, Sebuah Kisah Perjuangan Seorang Anak bernama Tiko (23) yang sendirian merawat Ibunya, Eny, di Rumahnya, Kawasan Cakung, Jakarta Timur. Tiko merawat Eny yang mengalami gangguan jiwa sejak Ia berusia 12 Tahun di rumah besar peninggalan Ayahnya. Namun, rumah itu tampak terbengkalai karena kotor, penuh debu, hingga tertutup pepohonan rindang. Terlebih, di rumah itu sudah tidak ada listrik dan air.

 

Kisah Viral Tiko bermula dari Video Reels di Instagram @nyongallee_ tentang rumah kosong terbengkalai yang diunggah pada 13 Desember 2022. Video itu sampai ditonton lebih dari 1 juta views di Instagram. Ale sendiri memang dikenal dengan konten mendatangi rumah kosong atau terbengkalai yang terlihat seram. Setelah ramai penonton di Instagram miliknya, Ale kembali ke rumah tersebut dan akhirnya bertemu dengan Tiko, Sang Penghuni Rumah. Tak sendirian, Ale juga datang bersama YouTuber lain yang memiliki konten rumah kosong atau terbengkalai. Kemudian ada Irfan Jayani melalui akun YouTube - nya Bang Brew TV yang membuat konten bersama Tiko di rumah itu. Konten YouTube Bang Brew TV pun viral dengan jumlah penonton lebih dari 1 juta. Selain Bang Brew TV, ada pula YouTuber dengan akun Bang Satria yang meramaikan kisah Tiko.

 

Hingga akhirnya Perjalanan Hidup Tiko, dan Ibu Eny menjadi Pembuka Peristiwa Trending Topic Tahun 2023.

 

Link :

https://www.kompas.com/hype/read/2023/01/05/071503966/awal-mula-viral-kisah-tiko-yang-rawat-ibu-eny-di-rumah-terbengkalai?page=all


Kasus KDRT Ferry Irawan

Via : https://www.tvonenews.com

Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) oleh Ferry Irawan terhadap Istrinya, Venna Melinda, cukup mendapat Perhatian Publik di Awal Tahun 2023. Pasalnya sebelum kejadian, Pasangan Selebriti Terbucin kala itu, Tengah merayakan Pergantian Tahun 2023 di Hongkong, namun di 8 Januari 2023, Venna Melinda melaporkan Suaminya Sendiri, Ferry Irawan atas dugaan KDRT, yang terjadi di Sebuah Hotel di Kediri.

 

Pada Hari Rabu, Tanggal 23 Mei 2003, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kediri menjatuhkan hukuman 1 tahun penjara terhadap Ferry Irawan atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, Venna Melinda. Adapun vonis Ferry lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu 1,5 tahun Penjara.


Februari 2023

 

Gempa Turki - Suriah

Via : https://www.tribunnews.com

Pada Tanggal 6 Februari 2023, dua gempa bumi hebat melanda Turki Selatan dan Tengah. Gempa pertama terjadi di 34 km barat Kota Gaziantep pada pukul 04:17 waktu setempat (01:17 UTC), yang mengakibatkan terjadinya kerusakan luas di Turki & Suriah. Tercatat dengan maksimum intensitas Mercalli XII (Ekstrem) dengan bermagnitudo 7,8 Mw, Gempa tersebut merupakan Gempa Bumi Terkuat sejak Gempa Bumi Erzincan 1939, dan tercatat sebagai Gempa Bumi Terkuat Kedua di Negara itu setelah Gempa Bumi Anatolia Utara 1668. Gempa tersebut juga merupakan Gempa Bumi paling dahsyat yang pernah melanda Turki setelah Gempa Bumi İzmit 1999, serta Gempa Bumi paling mematikan secara Global pada Tahun 2023, dan sejak Gempa bumi Haiti 2010.

 

Akibat dari Runtunan Gempa tersebut, lebih dari 59.000 Orang tewas dan lebih dari 121.000 Orang terluka. Gempa ini menjadikan salah satu Bencana Gempa Bumi paling mematikan pada Abad 21.

 

Link :

https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi_Turki%E2%80%93Suriah_2023




Komang - Raim Laode

Via : https://genius.com

Sejak dirilis Pada Tangal 22 Februari 2023, Lagu Komang milik Raim Laode, merupakan Lagu, yang paling banyak dicari di Sepanjang Tahun Ini.

 

Lagu yang menceritakan tentang kerinduan dan kekaguman Raim pada Sang istri yang terus menemani kariernya dari nol, “Komang Ade Widiandri” telah ditonton hampir 89 Juta kali di Kanal Youtube.

 

Raim Laode juga memenangkan Kategori Artis Solo Pria & Pencipta Lagu Pop Terbaik untuk Lagu Komang di Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023.


Maret 2023

 

Penangkapan Ammar Zoni

Via : https://celebrity.okezone.com

Pada Tanggal 10 Maret 2023, Polres Metro Jakarta Selatan Kembali menangkap Ammar Zoni karena terbukti memiliki narkotika jenis sabu dengan berat lebih dari 1 gram. 

Setelah tujuh bulan dibui, Ammar Zoni dinyatakan bebas pada Oktober 2023. Dua bulan setelahnya, lagi-lagi Ammar Zoni ditangkap karena mengonsumsi sabu dan ganja. Ini merupakan Penangkapan Ammar Zoni, yang ketiga kalinya, di mana di Tahun 2023, Ia terjerat Kasus Narkoba hingga dua kali.

 

Kematian Nani Wijaya

Via : https://seleb.tempo.co

Pada Hari Kamis, tanggal 16 Maret 2023, Artis Senior, yang terkenal sebagai Maknya Oneng di Sitkom Bajaj Bajuri meninggal dunia.

 

Keluarga Nani Wijaya membeberkan hari - hari sebelum Akrtis Senior tersebut meninggal dunia. Aktris Senior Indonesia itu meninggal dunia saat berusia 79 Tahun. Cahya Kamila selaku Anak mengungkapkan bahwa Nani Wijaya sempat dirawat di RSUP Fatmawati pada Februari 2023 karena Infeksi Paru. Nani masuk Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), tapi tak kunjung membaik.


April 2023

 

Suhu Panas di Indonesia

Via : https://tirto.id

Beberapa Negara di Asia Pasifik mengalami Gelombang Panas, termasuk Indonesia. Selain adanya Badai El Nino dengan Fenomena Pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah, Dampak Pemanasan Global (Global Warming), dan Perubahan Iklim (Climate Change), yang dialami oleh Dunia menjadi Penyebabnya.

 

Puncaknya, Pada Tanggal 17 April 2023, Indonesia mengalami Suhu Panas Luar Biasa, Dimana Daerah Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), mengalami Lonjakan Suhu paling tinggi sekitar 37.2 derajat celcius. Di Sepanjang Perjalanan Tahun 2023, Indonesia mengalami Kenaikan Suhu, yang luar biasa bahkan pernah mencapai 41 - 43 derajat celcius di Bulan Oktober 2023 di mana Kota Solo, dan Madiun menjadi Daerah dengan Suhu Panas Tertinggi di Indonesia.

 

Perceraian Virgoun dan Inara Rusli

Via : https://www.viva.co.id

Penyanyi yang dikenal dengan Lagu Melankoliknya, Virgoun Putra Tambunan (Virgoun), ketahuan melakukan Perselingkuhan setelah Inara Rusli, Istri dari Virgoun mengunggah Surat Pernyataan, yang dibuat oleh Virgoun melalui Akun Instagramnya Pada Tanggal 24 April 2023.


Mei 2023


Kematian Tina Turner

Via : https://www.antaranews.com

Kabar duka datang dari Industri Hiburan Hollywood. Tina Turner, Penyanyi Legendaris, yang dikenal dengan julukan Queen Of Rock & Roll meninggal dunia pada Hari Rabu, Tanggal 24 Mei 2023 di Usia 83 Tahun. Kabar Tina Turner meninggal dunia telah dikonfirmasi oleh Publisisnya, Bernard Doherty.


Tina Turner SangRatu Rock & Roll’ telah meninggal dalam damai dalam usia 83 Tahun setelah menderita sakit yang panjang, di rumahnya yang terletak di Küsnacht dekat dengan Zurich, Swiss,” kata Sang Publisis, seperti dilansir Liputan6 dari People. 


Penyanyi yang sudah 51 Tahun berkarier itu meninggal dunia karena penyakit yang sudah lama dideritanya. Lama menderita sakit, Tina Turner alami Komplikasi Penyakit hingga akhirnya menghembuskan napas terakhirnya. 


Kabar Duka mengenai kepergian Tina Turner untuk selamanya, membuat pernyataan belasungkawa mengalir deras dari Publik dan para Selebriti Dunia, mulai dari Penyanyi Mariah Carey, Oprah hingga Presiden AS Joe Biden.


Link :

https://www.liputan6.com/hot/read/5297664/6-fakta-meninggalnya-tina-turner-queen-of-rock-n-roll-wafat-di-usia-83-tahun


Juni 2023


Putri Ariani & Golden Buzzer AGT

Via : https://www.detik.com

Dunia dikejutkan dengan kehadiran Penyanyi Muda berbakat asal Indonesia, Putri Ariani, yang mendapatkan Golden Buzzer di Ajang American Got Talent (AGT) 2023.


Pasalnya, Putri Ariani adalah Penyanyi Disabilitas, yang dapat memainkan piano, dan mencipta Lagu sendiri dengan lirik Berbahasa Inggris, yang cukup menyentuh. Lewat Lagu Lonelines, Ia berhasil mendapatkan Golden Buzzer, dan saat ini melalui Kanal Youtube America’s Got Talent Official telah ditonton sebanyak 55 Juta kali.

 

Walau tak berhasil memenangkan Ajang America Got Talent, dan cukup menempati posisi ke Empat, namun sekali lagi dapat membuktikan bagi Anak Muda & Para Disabilitas Indonesiabahwa jangan pernah malu untuk berkarya & berjuang di Ranah Intenasional. Walau dengan keterbatasan, asalkan punya kemauan, Insya Allah #PastiBisa !”


Tenggelamnya Kapal Selam Titanic

Via : https://dunia.tempo.co

Kapal Selam Wisata bangkai Titanic hilang kontak di lepas pantai tenggara Kanada, Samudra Atlantik. Kapal tersebut hilang kontak pada Hari Minggu, Tanggal 18 Juni 2023, kurang lebih 45 menit setelah menyelam.

 

Kapal, yang membawa 5 Penumpang, termasuk Crazy Rich Pakistan, Shahzada Dawood, dan Putranya Sulaeman, akhirnya ditemukan pada Tanggal 22 Juni 2023, setelah Kendaraan Selam Robotik, yang dikerahkan dari Kapal Kanada menemukan puing - puing dari Kapal Selam Titan di Dasar Laut sekitar 1.600 kaki (488 meter) dari Haluan Titanic, 2,5 mil (4 km) di Bawah Permukaan.   


Link :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20230623054644-4-448503/puing-kapal-selam-titanic-ditemukan-semua-penumpang-tewas

 

Rafael Tan dan Seblak Rafael

Via : https://www.detik.com

Nama Rafel Tan, Personil Boy BandSmash” seketika menjadi viral berkat keisengannya membuat Seblak, Makanan Khas Parahyangan dengan Cita Rasa Gurih & Pedas terbuat dari Kerupuk, yang terdiri dari Bawang Putih, dan Kencur.

 

Seblak Rafalel ini bermula dari Keisengan dari Rafael Tan, yang memulai bisnis ketika job manggug sepi kala itu. Namun setelah diunggah di Beberapa Platform Media Sosial termasuk Tiktok pada Akhir Juni 2023, seketika Nama Seblak Rafael menjadi Viral. Dan Personil Boy Band Smash ini diangkat menjadi Duta Seblak Indonesia !

Juli 2023

 

Perselingkuhan Syahnaz Sadiqah 

Dan Rendy Kjaernett

Via : https://www.viva.co.id

Di Industri Hiburan, Publik dikejutkan dengan Berita Perselingkuhan Syahnaz Sadiqah dengan Rendy Kjaernett.

 

Pasalnya Adik dari Raffi Ahmad itu dikuliti habis - habisan oleh Lady Nayoan , Istri dari Rendy Kjaernett setelah Berita Perselingkuhan itu Viral dan menyebar di Beberapa Akun Gosip, termasuk Lambe Turah di Awal Juli 2023. Walaupun akhirnya Kedua Pasangan Selebriti itu memutus untuk memilih jalan damai.

 

Elon Musk mengganti Twitter menjadi X

Via : https://www.bbc.com

Pemilik Twitter, Elon Musk tampaknya serius mengganti Logo Media Sosial tersebut, yang identik dengan Burung Berwarna Biru alias "Larry Bird", dengan huruf "X". Kini, logo berupa huruf tersebut sudah tampil di Twitter versi Web. Tak hanya itu, nama perusahaan Twitter kini juga menjadi X Corp di Toko Aplikasi Android dan iOS. Pantauan itu terlihat pada Hari Senin, Tanggal 24 Juli 2023 Malam, ketika laman Web Twitter diakses.

 

Link :

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/24/19031807/logo-dan-nama-perusahaan-twitter-resmi-berubah-jadi-x

Agustus 2023


Perayaan HUT Kemerdekaan R.I 78

Via :https://www.presidenri.go.id

Perayaan Hut Kemerdekaan R.I ke 78, yang mengambil Tema NasionalTerus Melaju Untuk Indonesia Maju” di Istana Merdeka berlangsung dengan Khidmat.

 

Meski menuai kritik dari Pakar Telematika, dan Mantan Menpora Era SBY, Roy Suryo dengan dengan Adanya Aksi Joget pada Lagu Rungkad, yang dibawakan oleh Putri Ariani, Penerima Golden Buzzer di American Got Talent (AGT), namun tetap berlangsung dengan meriah dan damai.

 

Lagu Rungkad sendiri, yang berasal dari Bahasa Jawa, berarti Jebol/ Ambyar ini, menurut Pendapat Roy tidak pantas di bawakan pada Acara Ke Negaraan terlebih dilakukan dengan Aksi Berjoget, yang dinilai tidak etis menurut Pandangannya. Walaupun demikiaan, seperti Perayaan HUT Kemerdekaan R.I sebelumnya, Perayaan kali ini juga berlangsung dengan Khidmat & Meriah, serta Semua Orang, yang hadir di Acara itu, dapat menikmatinya !


September 2023

 

Deklarasi Anies Baswedan, dan Cak Imin

Via : https://www.kompas.com

Salah Satu Politikus Kontroversial Anies Baswedan menyatakan Pencalonan Dirinya sebagai Calon Presiden berpasangan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Cawapresnya. 

 

Pendeklarasian itu diadakan di Sebuah Hotel Bersejarah, Majapahit - Surabaya pada Tanggal 3 September 2023. Pencalonan ini, cukup menimbulkan polemik di Tengah Masyarakat, bukan hanya Anies Baswedan, yang dinilai tak etis menselingkuhi Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Pasangan Cawapres sebelumnya, namun jauh dari itu Anies Baswedan sebagai Capres berada di Tengah Pusara Partai, yang sedang terjerat Kasus Korupsi dari tertangkapnya 2 Menteri Partai Nasdem di Era Kabinet Jokowi : Johny G Plate & Syahrul Yasin Limpo.


Selingkuh Politik juga dilakukan oleh Cawapres, Cak Imin, yang merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di mana sebelumnya bersama sejumlah Partai saat itu masih mengusung Prabowo Subianto untuk menjadi Capres. Alasan Kekuasaan dengan Retorika Politik menjadi Jalan Ninja bagi Para Politikus di Sepanjang Tahun ini.

 

Polusi Udara Jakarta

Via : https://www.cnbcindonesia.com

Polusi udara di Jakarta menempati Peringkat Pertama Terburuk di Dunia pada Tanggal 16 September 2023 pagi. Berdasarkan data IQAir, Tingkat Polusi Ibu Kota berada di Angka 161 pada pukul 08.00 WIB.

 

Level ini dapat diartikan Udara Jakarta sangat tidak sehat bagi Warga Jakarta. Kemudian, tingkat konsentrasi PM2.5 Jakarta waktu ini pada level 74,8µg/m³ atau setara dengan 15 kali dari Nilai Panduan Kualitas Udara Tahunan World Health Organization (WHO). Sementara, Suhu di Jakarta pada hari itu  mencapai 29 derajat Celcius dengan Tingkat Kelembaban 59 persen, gerak angin hanya 7,4 km/jam, dan tekanan sebesar 1013 mbar.


Dan ini menandakan bahwa Jakarta sedang tidak baik” saja …

 

Link :

https://jakarta.bisnis.com/read/20230916/77/1695490/jakarta-kota-paling-terpolusi-di-dunia-pagi-ini-sabtu-169#:~:text=Polusi%20udara%20di%20Jakarta%20menempati,%2F9%2F2023)%20pagi.&text=Bisnis.com%2C%20JAKARTA%20%E2%80%93%20Polusi,161%20pada%20pukul%2008.00%20WIB.



 

Gala Dinner ASEAN Summit 43

Via : https://kemlu.go.id

Gala Dinner KTT ASEAN ke - 43 yang berlangsung pada Tanggal 6 September 2023 di Hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta berhasil menuai pujian. Di Tengah Ancaman Polusi Udara, yang melanda Jakarta, Acara ini berlangsung meriah, dan mendapat Banyak Komentar Positif termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris, yang hadir saat itu. “Makanan, Penyelenggaraan Acara & Hiburan hampir melebihi apa yang dilakukan di Hollywood,” puji Kamala !

 

Gala Dinner, yang mengambil Tema Nusantara The Forrest” dari PembangunanIKNIbu Kota Negara Baru Indonesia -Nusantara” ini, merupakan Puncak Acara Penutupan dari Pertemuan Puncak antara Para Pemimpin Negara Anggota ASEAN, yang diselenggarakan di Labuhan Bajo, dan Jakarta pada ASEAN Summit 42 & 43.


Link :

https://asean2023.id/id/news/flood-of-prise-these-are-the-figures-behind-the-43rd-asean-summit-gala-dinner-performance


Petualangan Sherina 2

https://www.detik.com

Film Komedi Musikal Laga Petualangan Indonesia Tahun 2023 yang disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana, “Petualangan Sherina 2”, akhirnya dirilis pada Tanggal 28 September 2023. Film tersebut adalah Sekuel dari Petualangan Sherina (2000), yang sukses diperankan oleh Sherina Munaf (Sherina), dan Derby Romeo (Sadam).

 

Sama dengan Film Pertamanya yang mengusung Isu lingkungan, dalam Film Kedua Kali ini bercerita tentang pelepasliaran Orang Utan di Kalimantan.

 

Film ini berhasil menembus Box Office Indonesia dengan lebih dari 2 Juta Penonton, dan menjadi Film dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Tahun 2023 saat Perilisannya Pertama Kali di Tanggal 28 September 2023.


Setelah 23 Tahun Penantian, bukan Hal Sia” untuk menonton Film ini !

 

Link :

https://id.wikipedia.org/wiki/Petualangan_Sherina_2


Oktober 2023

 

Konflik Israel - Palestina

Via : https://www.liputan6.com

Konflik antara Israel & Palestina Kembali pecah. Konflik ini terjadi setelah Pasukan Sayap Kiri Hamas pada Tanggal 7 Oktober 2023 memutuskan untuk menyerang Wilayah Selatan Israel. Lalu Isarel Kembali menyerang Palestina dengan membunuh Warga Sipil tak berdosa di Wilayah Gaza. Tentara Israel (IDF) juga menghancurkan Sejumlah Objek Vital seperti Rumah Sakit, dan Tempat Peribadatan, yang seharusnya tidak boleh menjadi Objek Sasaran Perang. Perang ini menjadi semakin rumit dengan ikut campur tangannya Negara Lain, seperti Libanon, dan Amerika Serikat, yang menjadi Sekutu diantara Kedua Negara.

 

Demo secara besaranpun dilakukan oleh Negara di Berbagai Belahan Dunia untuk menentang Tindakan Keji, yang dilakukan oleh Zionisme Israel, termasuk Indonesia.

 

Hingga Akhir Tahun ini, setidaknya Perang Israel - Palestina telah menewaskan sekitar 19 Ribu Warga Palestina. Rinciannya, Korban Jiwa Palestina di Jalur Gaza 18.787 Orang dan di Tepi Barat 276 Orang. Dalam Periode sama, Jumlah Total Korban Jiwa Israel sekitar 1.316 orang.

 

Link :

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/15/69-hari-perang-korban-jiwa-palestina-19-ribu-orang#:~:text=Selama%20periode%207%20Oktober%2D14,jiwa%20Israel%20sekitar%201.316%20orang.

 

Tertangkapnya Syahrul Yasin Limpo

Via : https://narasi.tv

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Tersangka Kasus Korupsi di Kementerian Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Mantan Menteri Pertanian (Mentan) itu ditangkap sehari setelah sampai di Jakarta dari Makassar.

Penangkapan Politikus Nasdem ini berlangsung di Salah Satu Apartemen Bilangan Jaksel, Kamis, Tanggal 12 Oktober 2023. Penangkapan dilakukan setelah sebelumnya SYL mangkir panggilan KPK, dan sempat hilang kontak.

 

Link :

https://news.detik.com/berita/d-6979754/6-fakta-syahrul-yasin-limpo-ditangkap-kpk-di-apartemen-jaksel

 

Putusan MK Batas Usia Capres - Cawapres.

Via : https://bisnis.com

Polemik Putusan MK tentang Batas Usia Capres - Cawapres bermula dari Gugatan, yang dilakukan oleh Dua mahasiswa Kota Solo, yakni Arkaan Wahyu, Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum UNS Solo, dan Almas Tsaqibbirru, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Surakarta (Unsa) setelah Permohonan Judicial Review (JR) Pasal 169 huruf (q) UU Pemilu, yang mengatur syarat usia minimal Capres Cawapres 40 tahun sebagian dikabulkan oleh Hakim Konstitusi pada Tanggal 16 Oktober 2023.

 

Pasalnya Putusan MK ini berkaitan dengan Pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres dari Prabowo Subianto, yang juga merupakan Anak Presiden R.I, Joko Widodo.


Putusan MK, yang menganulir tentang Batas Usia Capres & Cawapres bisa di bawah 40 Tahun sepanjang pernah atau sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui Pemilihan, memang penuh dengan Konflik Kepentingan di dalamnya. Termasuk Hakim Ketua MK, ketika itu adalah Anwar Usman, yang notabenenya juga merupakan Paman Ipar dari Gibran. #PamanDatang menjadi Trending Topic di Linimasa Twitter (X).


Deklarasi Prabowo - Gibran

Via : https://www.detik.com

Deklarasi Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka sebagai Capres - Cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) dilakukan di Indonesia Arena, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), pada Tanggal 25 Oktober 2023. Serangkaian Acara itu juga dilakukan bersamaan dengan Pendaftaran Terakhir Capres & Cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 

Deklarasi Prabowo - Gibran, yang diusung oleh Sejumlah Partai Politik (Golkar, Gerinda, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, dan Garuda) menimbulkan polemik di Tengah Masyarakat, terkait Putusan MK terhadap Pencalonan Gibran sebagai Cawapres, yang belum berusia 40 Tahun. Sebab disadari atau tidak ada Konflik Kepentingan di dalamnya !

 

Belum lagi di Internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gibran yang masih menjadi Anggota PDIP dirasa kurang etis, dan bertentangan dengan Undang - Undang Partai dengan mencalonkan diri sebagai Cawapres Prabowo. Terlebih PDIP telah menunjuk Ganjar Pranowo, dan Mahfud MD sebagai Capres & Cawapres dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP, Perindo, dan Hanura.

 

Kasus Covid Kembali Meningkat

Via : https://www.bbc.com

Belakangan Viral Kabar bahwa Covid - 19 kembali meledak di Beberapa Negara, termasuk Indonesia. Ditemukannya Sub Varian Baru dari OmicronEG 2, EG 5, dan JN 1” di Bulan Oktober 2023, membuat Beberapa Negara kewalahan. Tak kecuali dengan Indonesia.

 

Mengutip dari Situs Resmi Kemenkes, Peningkatan Kasus Covid - 19 ini terjadi sejak Pekan Ke - 41 atau Periode 8 - 14 Oktober 2023. Dari Total Kasus tersebut, ada 349, yang terkofirmasi, di mana 86 di antaranya sembuh dan 1 Orang meninggal dunia.

 

Link :

https://kabar24.bisnis.com/read/20231217/15/1724572/apa-itu-eg5-subvarian-covid-19-yang-meledak-di-indonesia


November 2023

 

Gadis Kretek

Via : https://www.jawapos.com

Gadis Kretek menjadi Web Film Series, yang menempati Peringkat 10 Besar untuk Film bukan Berbahasa Asing di NetFlix. Serial, yang pertama kali rilis 2 November 2023 di Situs Film Berbayar Ini, diadaptasi dari Novel berjudul sama pada Tahun 2012 Karya Rati Kumala. Film Seri ini disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, serta diperankan oleh Dian SastrowardoyoArio Bayu, Arya Saloka, dan Putri Marino.


Menceritakan tentang Percintaan Jeng Yah (Dian Sastro Wardoyo), dan Soeraja (Ario Bayu), yang dibalut dengan Romantisme Industri Kretek di Era Tahun 60an.


Link :

https://id.wikipedia.org/wiki/Gadis_Kretek_(seri_web)


Kebakaran Hutan dan Lahan Indonesia

Via : https://www.kompas.com

 

Di Sepanjang Tahun 2023, Kebakaran Hutan dan Lahan, yang melanda Indonesia melonjak signifikan dibandingkan dengan Tahun 2022, yaitu mencapai  994.313,18 hektare (ha) pada Tahun 2023, di mana Tahun 2022, luas Karhutla tercatat 198.571,51 ha.

 

Hal ini diperparah dengan adanya Isu Pemanasan Global (Global Warming), dan Perubahan Iklim (Climate Change) serta Badai El Nino, yang melanda Wilayah Asia Pasifik. Meski demikian Kasus Karhutla dengan hadirnya Badai El Nino kali ini, menurun drastis dibandingan luas lahan hutan, yang terbakar pada Tahun 2019, yang mencapai 1.436 juta ha. Dibandingkan dengan Tahun 2019 (El Nino), akumulasi Luas Karhutla Tahun 2023 menurun sekitar 442.48 ha atau sekitar 30,80% dari 1.436 juta ha.

 

Hal itu terungkap saat Rapat Kerja Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dengan Komisi IV DPR, Pada Hari Selasa, Tanggal 14 November 2023. Mengutip paparan saat rapat tersebut, luas Karhutla paling luas terjadi di Kalimantan Selatan dengan luas 187.574,60 ha. Disusul Kalimantan Tengah dengan luas 114.576,22 ha, dan Sumatra Selatan dengan luas mencapai 109.460, 67 ha.

 

Namun demikian, Kita harus lebih berhati - hati dengan Kesadaran untuk menjaga Lingkungan, sebab Isu Pemanasan Global, Perubahan Iklim & Fenomena Badai El Nino akan lebih sering melanda Dunia di Tahun Mendatang.

 

Link :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20231114160959-4-488962/ada-el-nino-luas-kebakaran-hutan-lahan-di-ri-turun-30


Konser Cold Play

Via : https://www.tempo.co


Akhirnya Konser Cold Play digelar di GBK - Jakarta, Tanggal 15 November 2023. Setelah berbagai Peristiwa di Seputaran Konser terjadi, mulai dari Perburuan, hingga adanya Penipuan Tiket jauh sebelum Konser diadakan.

 

Dilansir dari Bilboard, Konser bertajuk Music of the Spheres World Tour itu meraup total pendapatan kotor sampai USD 13,9 juta AS atau setara Rp 215 miliar sepanjang Sejarah Konser Coldplay.

 

#WarTicket menjadi Trending Topic di Sepanjang Tahun 2023 ini !

 

Link :

https://hot.detik.com/music/d-7110107/konser-coldplay-di-jakarta-raup-pendapatan-tertinggi-rp-215-m


Desember 2023

 

Wafatnya Kiki Fatmala

Via : https://www.suarasurabaya.net


Kabar duka datang dari Industri Dunia Hiburan Tanah Air. Kiki Fatmala, Artis Senior, yang terkenal dengan “Si Manis Jembatan Ancol” meninggal dunia, pada Tanggal 1 Desember 2023. Artis Seksi, yang berusia 56 tahun ini meninggal dunia usai berjuang melawan Komplikasi akibat Kanker.

 

Proses Pemakaman Kiki Fatmala berlangsung Hari Sabtu, Tanggal 2 Desember 2023 di San Diego Hills, Karawang. Selama Prosesi Pemakaman, Keluarga & Para Sahabat melakukannya secara tertutup dari Awak Media.

 

Link :

https://www.kapanlagi.com/foto/berita-foto/indonesia/10-potret-pemakaman-kiki-fatmala-digelar-tertutup---kedua-anak-angkat-ikut-antar-ke-tempat-peristirahatan-terakhir.html


Pernikahan BCL dan Tiko Arya Wardhana

Via : https://www.detik.com


Penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), Istri Mendiang Ashraf Sinclair ini resmi dipersunting Tiko Arya Wardhana pada Hari Sabtu Tanggal 2 Desember 2023. Pernikahan keduanya berlangsung secara tertutup.

 

Kabar bahagia ini diumumkan melalui sebuah unggahan di Akun Instagram BCL yang memperlihatkan Video Pernikahannya. "Bali, 2 Desember 2023," tulis Wanita, yang akrab disapa Unge itu dalam unggahannya.

 

Di Balik Pernikahan Mewah, yang dihadiri Sejumlah Selebriti Papan Atas Indonesia pada Penghujung Tahun ini, namun terselip Beberapa Hal, yang cukup Kontroversial, termasuk Status Tiko Aryawardhana sebagai Duda Cerai dengan 3 Anak, & Seputar Pesta Sesudah Acara Perayaan Pernikahan (After Party), yang sangat meniru Budaya Barat.

 

Sekali lagi - Selamat untuk BCL & Tiko !

 

Link :

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20231202175239-234-1032047/bunga-citra-lestari-dan-tiko-aryawardhana-resmi-menikah

Selamat Tahun Baru 2024



Source :

https://trends.google.com/trends/                       

https://www.youtube.com/

https://www.facebook.com/

https://twitter.com/ 

https://www.instagram.com/


TrendingTopic 


Kembali : ARTIKEL 




Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA