indonesaEnglish


Kamis, 29 Desember 2022

Peristiwa Trending Topic 2022

Kamis, 29 Desember 2022


CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Peristiwa Trending Topic 2022

Tahun  2022, Tahun penuh dinamika,

Menuju Indonesia Lebih Baik !

*****

Penulis


Via : https://www.detik.com

Tak terasa sebentar lagi Kita akan memasuki Pergantian Tahun menuju Tahun 2023. Di Tahun 2022, Banyak Peristiwa, yang terjadi di Tanah Air maupun Dunia 

Kebangkitan setelah Pandemi Corona (Covid - 19) dengan menurunnya Angka Positif, hingga Kematian, yang diakibtkan oleh Virus ini, nyatanya tak selamanya berjalan dengan baik. Di Tahun 2022, Indonesia, dan Dunia dibayangi oleh Hantu Resesi Ekonomi akibat Pandemi Corona (Covid - 19), yang belum 100% pulih, hingga Perang Rusia Vs Ukraina, yang menyebabkan Pasokan Energi, dan Komoditas Dunia menjadi terhambat akibat Perang ini. 

Di Indonesia sendiri, Kasus Orang Kaya Dadakan Crazy Rich Ala2xdari Indra Kenz - Doni Salmanan, hingga Kematian Brigadir Joshua Hutabarat, yang melibatkan Mantan Petinggi Polri, Irjen Ferdy Sambo, cukup mendapat Perhatian Masyarakat. 

Di Sisi Lain, Kejayaan Film Indonesia dengan Pencapaian Jutaan Penonton (Box Office) dari Film KKN Di Desa Penari, Pengabdi Setan 2 (Communion), hingga Film Adaptasi Korea - Miracle In Cell No 7, telah membawa Energi Lebih bagi Dunia Perfilman Indonesia pasca Pandemi Corona (Covid - 19). Begitupula Lagu milik Tulus Hati - Hati Di Jalan, dan milik Abah LalaOjo Dibandingke , yang semakin populer dibawakan oleh Farel Prayoga telah membawa angin segar bagi Industri Musik Tanah Air. 

Event Unfaedah Citayam Fashion Week , yang ternyata juga diikuti oleh Para Politikus, dan Pejabat Sekelas Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil, nyatanya juga mendapat Perhatian Masyarakat Luas tentang Kehadiran Event ini, yang terkesan Pro, dan Kontra. 

Menjelang Akhir Tahun, 

Kematian Ratu Elizabeth II, Event G20 di Bali, Gempa di Cianjur, Pernikahan Kaesang Pangarep, dan Erina Sofia GudonoKemenangan Tipis Argentina atas Perancis di World Cup 2022 - Qatar, hingga Berita Wafatnya Hj. Aminah Cenderakasih "Mak Nyak", menutup Peristiwa Trending Topic di Tahun 2022.  

 



















Berikut Kami Hadirkan
Peristiwa Trending Topic 2022

Januari 2022

Ghozali Everyday, dan NFT Foto Selfie

Via : https://money.kompas.com


 

Di Pertengahan Januari 2022, 

Jagad Dunia Maya dihebohkan dengan Non Fungible Token (NFT) Koleksi Foto Selfie bernama Ghozali Everyday, yang laku terjual di Open Sea hingga Rp 15 Miliar. Sang Pemilik, Sultan Gustaf Al Ghozali pun mendadak viral, dan menjadi Perbincangan Warganet di Berbagai Platform Media Sosial. 

Mahasiswa Jurusan Animasi D - 4 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang itu, bercerita :Jika Tujuan Awal mengoleksi Foto Selfie dari Tahun 2017 sampai 2021 untuk Kebutuhan Video Time Lapse. Video tersebut sudah diunggah di YouTube 

Aslinya itu, Saya foto setiap hari buat Animasi Time Lapse. Lima Tahun nanti jadi Video gitu, cerita Ghozali ketika ditemui di Kampusnya pada Hari Kamis, Tanggal 13 Januari 2022. 

Setelah Video Time Lapse dibuat, Ia pun mencoba peruntungan mengolah Koleksi Swafotonya itu menjadi NFT untuk dijual. Harapannya ini akan terasa lucu, jika salah satu Kolektor NFT punya Foto Selfienya. 

Link :

https://kumparan.com/kumparantech/alasan-ghozali-everyday-bikin-nft-foto-selfie-selama-5-tahun-1xJ1saitaT8

Februari 2022

Perang Rusia Vs Ukraina

Via : https://www.inilah.com

Rusia akhirnya benar - benar menyerang Ukraina. Presiden Vladimir Putin mengumumkan Hal itu secara resmi sejak Tanggal 24 Februari 2022 lalu. Serangan Rusia kemudian dimulai dengan Ledakan di Sejumlah Kota di Ukraina, termasuk Kyiv, Odessa, Kharkiv, dan Mariupol. Ketegangan masih berlangsung di Sepanjang Tahun 2022 ini. 

Isu Pencaplokan Wilayah Ukraina oleh Rusia, dan bergabungnya Ukraina ke Nato, menjadi Penyebab Konflik Perang Rusia Vs Ukraina. 

Link :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220304133929-4-320041/kronologi-dan-latar-belakang-perang-rusia-vs-ukraina 

Kasus Indra Kenz dan Doni Salmanan

Via : https://news.detik.com

Penyedik Dittipidekus Bareskrim menetapkan Indra sebagai Tersangka Kasus Penipuan Binomo setelah diperiksa selama 7 jam pada Tanggal 24 Februari 2022. 

Sekitar Dua Minggu setelahnya, Penyidik Dittipidsiber menetapkan Doni Salmanan sebagai Tersangka Kasus Penipuan Aplikasi Qoutex pada Tanggal 8 Maret 2022 lalu. 

Setelah menjadi Tersangka, Doni dan Indra pun langsung dilakukan penahanan selama 20 Hari Pertama di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri. 

Indra Kenz dijerat Pasal 45 ayat 2 dan 1 jo Pasal 27 ayat 2 jo Pasal 28 ayat 1 Undang - Undang (UU) Informasi Transaksi Elektronik (ITE). 

Subsider Pasal 3, Pasal 5, dan Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Kemudian, Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 KUHP. 

Doni Salmanan dijerat Pasal 45 ayat 1 jo 28 ayat 1 UU ITE, Pasal 378 KUHP, Pasal 3 ayat 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. 

Pada Hari Senin, Tanggal 14 November 2022, Indra Kenz, Terdakwa Kasus Investasi Bodong, Binary Option (Binomo) divonis Hukuman 10 Tahun penjara dan Denda Rp 5 miliar subsider 10 Bulan Penjara.  Putusan itu lebih rendah dari Tuntutan Jaksa, yang meminta Terdakwa divonis 15 Tahun Penjara dan denda Rp 10 miliar. 

Sedangkan Doni Salmanan mendapatkan Putusan, yang jauh lebih ringan dengan Vonis Hukuman 4 Tahun Penjara, dan Denda 1 Miliar subsider 6 Bulan Penjara. 

Kasus Crazy Rich Ala ini, menjadi Pemberitaan, yang cukup lama di Sepanjang Tahun 2022 ini ! 

Link :

https://nasional.kompas.com/read/2022/03/10/06484811/indra-kenz-dan-doni-salmanan-tersangka-penipuan-binary-option-yang-diduga 

https://tirto.id/beda-putusan-doni-salmanan-indra-kenz-dalam-kasus-opsi-biner-gz1y

Maret 2022

Hati - Hati di Jalan - Tulus


Penyanyi Muhammad Tulus (Tulus) meliris Album Manusia pada Tanggal 3 Maret 2022 sekaligus mengunggah Single Pertamanya Hati - Hati Di Jalan di Kanal Youtube Miliknya, Tulus. 

Hati - Hati Di Jalan menjadi Salah Satu Lagu Indonesia, yang paling banyak dicari di Sepanjang Tahun 2022.  

Via : https://merahputih.com

Official Lyric Videonya, yang diunggah, dan dirilis resmi pada Tanggal 3 Maret 2022 di Kanal Youtube, hingga saat ini telah ditonton sebanyak 102 Juta Kali. Sedangkan Official Music Video (Video Klip), yang diunggah, dan diliris resmi pada Tanggal 10 April 2022 di Kanal Youtube, hingga saat ini telah ditonton sebanyak 32 Juta Kali. 

Hati - Hati Di Jalan juga mendapatkan Sejumlah Penghargaan di Ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2022 sebagai Artis Solo Pria Pop, dan Karya Produksi Terbaik. 

April 2022

Box Office KKN Di Desa Penari

Via : https://yoursay.suara.com
 

Film KKN Di Desa Penari, yang dirilis pada Tanggal 30 April 2022, menjadi Film Indonesia sekaligus Horror Terlaris Sepanjang Masa dengan Pendapatan Sebesar 26 Juta USD atau setara 390 Miliar Rupiah. 

Film Garapan Awi Suryadi ini diadaptasi dari Cerita Viral berjudul sama Karya SimpleMan. Film Produksi MD Pictures serta Pichouse Films ini dibintangi oleh Tissa Biani, Adinda Thomas, dan Achmad Megantara. KKN Di Desa Penari tayang perdana di Bioskop Indonesia pada Tanggal 30 April 2022. Film ini sempat dijadwalkan akan tayang pada Tanggal 19 Maret 2020 dan 24 Februari 2022, namun Keduanya dibatalkan karena Pandemi Corona (Covid - 19). 

Film Horror ini tercatat mendapat 9 Juta Penonton lebih, dan menjadi Film Terlaris Kedua, yang ditonton di Indonesia setelah Rekor Penonton Avengers : Endgame dengan 11,24 Juta Penonton pada Tahun 2019 silam, dan mengalahkan Rekor Penonton Spider - Man: No Way Home, yang sebelumnya menjadi Film Terlaris Kedua di Indonesia.  

Link : 

https://id.wikipedia.org/wiki/KKN_di_Desa_Penari_(film) 

https://www.insertlive.com/film-dan-musik/20220606170921-25-279961/kkn-di-desa-penari-jadi-film-terlaris-setelah-avengers-endgame

Mei 2022

Kerusuhan Sri Lanka

Via : https://www.belasting.id
 

Tanggal 9 Mei 2022, Kerusuhan di Sri Lanka pecah. 

Lumpuhnya Sektor Pariwisata karena Serangan Bom Ekstremis di Gereja, dan Hotel pada Tahun 2019, disusul oleh Pandemi Corona (Covid - 19), hingga Hutang Luar Negeri, yang gagal bayar kepada China, dan IMF, menjadi Penyebabnya. 

Keadaan Politik, dan Ekonomi, yang tidak stabil akibat Kerusuhan di Sri Lanka, juga memaksa Presiden Gotabaya Rajapaksa mengundurkan secara resmi dari Jabatannya pada Tanggal 15 Juli 2022. 

Link :

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/12/215900370/kenapa-sri-lanka-bisa-krisis-dan-bangkrut-sampai-warga-duduki-istana?page=all 



Pernikahan Maudy Ayunda, dan Jesse Choi

Via : https://hot.liputan6.com
                                    

Kabar bahagia datang dari Artis Maudy Ayunda. Maudy telah resmi menikah dengan Jesse Choi, pada Hari Minggu, Tanggal 22 Mei 2022. 

Kabar tentang Pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi ini terbilang sangat mengejutkan Banyak Orang. Pasalnya, Maudy Ayunda tak pernah mengungkapkan Kisah Asmaranya kepada Publik. 

Momen Akad Nikah Maudy Ayunda dan Jesse Choi, yang digelar secara tertutup pun diunggah di Media Sosial Instagram Mereka. Foto - Foto, yang diunggah Maudy tersebut menunjukkan Momen Akad Nikahnya, yang berlangsung penuh haru.

Seminggu sesudahnya, pada Hari Sabtu, Tanggal 28 Mei 2022, Dua Sejoli ini menggelar Respesi Pernikahan Mereka di Six Senses Uluwatu, Bali. 

Pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi, mengawali #HariPatahHatiNasionalJiid1 di Tahun Ini. 

Link :

https://www.popmama.com/life/relationship/juan-dwi-satya/foto-momen-akad-nikah-maudy-ayunda-dan-jesse-choi 

Juni 2022

Kematian Rima Melati

Via : https://sumbar.antaranews.com

Pada Tanggal 23 Juni 2022, Indonesia kehilangan Sosok Aktris Senior Papan Atas, Rima Melati. Beliau dikabarkan meninggal dunia. Rima Melati dikenal sebagai Seorang Model, dan Aktris. Pemain film AyahMengapa Aku Berbeda ? Ini, diketahui memiliki Riwayat Penyakit Kanker, yang mengidap di Tubuhnya. Rima Melati menghembuskan nafas terakhir di Usia 84 Tahun.

Link : 

https://www.celebrities.id/read/kabar-duka-dunia-hiburan-juni-2022-0O71Ht

Juli 2022

Kematian Tjahjo Kumolo

Via : https://liputan6.com
 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan - RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Pada Hari Jumat, Tanggal 1 Juli 2022. 

Sebelumnya, Politisi PDI Perjuangan itu sempat dirawat di Rumah Sakit karena mengalami Komplikasi Organ Dalam. 

Link :

https://nasional.kompas.com/read/2022/07/01/12303071/tjahjo-kumolo-meninggal-dunia-karena-komplikasi-organ-dalam 

Survey Bloomberg Tentang Resesi 15 Negara

Via : https://www.bloomberg.com/asia
 

Proyeksi Bloomberg menyebut bahwa 15 Negara di Asia berpotensi masuk dalam Resesi Ekonomi, termasuk Indonesia, yang berada pada Peringkat ke - 14 dengan Presentase 3%. 

Secara terinci Laporan Survei Bloomberg di Awal Juli 2022 menyebut Sri Lanka berada di Posisi Pertama terkena Resesi Ekonomi dengan Persentase 85%, Selandia Baru 33%, Korea Selatan 25%, Jepang 25%, Tiongkok 20%, Hong Kong 20%, Australia 20%, Taiwan 20%, Pakistan 20%, Malaysia 13%, Vietnam 10%, Thailand 10%, Fiilipina 8%, Indonesia 3%, dan India 0%. 

Link :

https://www.beritasatu.com/ekonomi/951115/bloomberg-sebut-indonesia-berpotensi-resesi-ini-kata-menkeu

Kasus Pembunuhan Brigadir Joshua

Via : https://news.detik.com

Pembunuhan Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J atau Brigadir Y terjadi pada Tanggal 8 Juli 2022 di Rumah Dinas Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Ferdy Sambo, ketika itu menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Polri, di Kompleks Perumahan Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 

Kasus ini menyeret Perhatian Masyarakat karena baik Pelaku, Korban, dan Orang - Orang, yang terlibat di dalamnya kebanyakan merupakan Anggota Polisi, juga Kejadiannya berlangsung di Rumah Seorang Petinggi Polisi. 

Selain itu, Banyak Pelintiran Alur, yang berakibat berubahnya Berita Acara Pemeriksaan (BAP) sehingga membuat Kejadian Sebenarnya tidak diketahui dengan pasti. 

Pengungkapan Peristiwa ini ke Masyarakat juga menunjukkan kejanggalan karena baru disampaikan Tiga Hari setelah terjadi, walaupun kemudian ada Penjelasan bahwa itu terjadi karena Peristiwanya berdekatan dengan Idul Adha. 

Dalam Penelusuran selanjutnya juga ditemukan berbagai Pelanggaran kode etik oleh Para Penyidik berupa sikap tidak profesional Tindakan Menghalangi Penyidikan (Obstruction Of Justice) meliputi Pengrusakan, Penghilangan Barang Bukti, Pengaburan, dan Perekayasaan Kasus Dugaan Pembunuhan Brigadir J. 

Irjen Ferdy Sambo, yang menjadi Atasan Brigadir Joshua beserta Istrinya Putri Candrawathi, Richard Elizier, Ricky Rizal, dan Kuat Maruf ditetapkan sebagai Terdakwa Kasus Pembunuhan Brigadir Joshua. 

Link :

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembunuhan_Nofriansyah_Yosua_Hutabarat

Fenomena Citayam Fashion Week

Via : https://detik.com
 

Fenomena Citayam Fashion Week pertama kali digelar Pada Hari Sabtu Malam, Tanggal 16 Juli 2022. Event Unfaedah dengan mengambil Plot di Zebra Cross Jalan Talang Betutu ini, nyatanya juga diikuti oleh Sejumlah Selebriti, hingga Politikus. Sebut saja : Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil turut meramaikan Event Ini. 

Citayam Fashion Week, yang dipelopori oleh Remaja Citayam (Depok), dan Bojongede, seperti : Jeje Slebew, Bonge, Ale, hingga Roy cukup menimbulkan Pro, dan Kontra di Tengah Masyarakat. 

Diantara Banyaknya Hal, yang kontra, namun Sisi Baiknya Event Ini, cukup menimbulkan Gairah UMKM terutama Para Pedagang Kecil, Stabuck Keliling Starling, yang cukup mati suri Pendapatannya ketika Pandemi Corona (Covid - 19) terjadi. Terlebih Ada Konsep Urban Tourism, yang bisa dikembangkan dari Event Ini. 

Kalau kalian setuju nggak Gaes, jika Event, yang mengambil Jalan Talang Betutu, tepat di Pusat Kota (Downtown) Jakarta ini diadakan kembali ?

Agustus 2022

Pengabdi Setan II Communion

Via : https://lifestyle.bisnis.com

Kesuksesan Film Horror Indonesia makin diperkuat dengan hadirnya Film Lanjutan (Sekuel) dari Pengabdi Setan di Tahun 2022 ini. 

Pengabdi Setan II Communion mencatatkan 6.3 Juta Penonton dengan Pendapatan Sebesar 19.3 Juta USD atau setara 289.5 Miliar Rupiah, dan menempatkan Film Horror Terlaris Kedua di Indonesia setelah KKN Di Desa Penari. 

Film Garapan Joko Anwar ini, juga menjadi Film dengan Jumlah Penonton, yang lebih banyak dibandingkan Film Pertamanya Pengabdi Setan ! 

Farel Prayoga,

Dan HUT Kemerdekaan R.I Ke 77

Di Istana Negara  


Ada, yang unik dari Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan R.I Ke - 77 di Istana Negara. 

Selain menghadirkan Keanekaragaman Budaya dengan Pakaian Adat Istiadat Nusantara, dan Lagu Tradisional Indonesia, Perayaan kali ini juga menghadirkan Penyanyi Cilik, yang cukup viral dengan Lagu Cover Campursari milik Abah Lala Ojo Dibandingke 

Via : https://nasional.kompas.com

Viralnya Farel Prayoga menyanyikan Lagu ini di Istana Negara, juga turut mempopulerkan Lagu Ojo Dibandingke milik Abah Lala. 

Sejak Pertama Kali diunggah di Youtube Tanggal 26 April 2022, Lagu ini telah ditonton lebih dari 2.9 Juta Kali. Adapun Cover Versionnya, yang dibawakan oleh Farel Prayoga telah ditonton 72 Juta Kali.

September 2022

Kematian Ratu Elizabeth II

Via : https://cnbcindonesia.com
 

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Hari Jumat, Tanggal 8 September 2022 di Skotlandia. Ratu Elizabeth sempat mendapat pengawasan Medis akibat kondisi kesehatannya yang tak kunjung membaik. 

Ratu Elizabeth II wafat di usia 96 tahun. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Istana Buckingham, Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal dunia usai memimpin Kerajaan Inggris selama 70 Tahun. 

Mendiang Ratu Elizabeth dimakamkan di Westminster Abbey, Sebuah Gereja Bersejarah Tempat Penobatan Raja dan Ratu Inggris. Gereja tersebut juga menjadi Lokasi Penobatan Ratu Elizabeth II Tahun 1953 sekaligus Tempat Ia menikah dengan Pangeran Philip pada Tahun 1947. 

Sebelum dimakamkan, Jenazah Ratu Elizabeth II disemayamkan di Westminster Hall. Masyarakat Inggris juga diperbolehkan untuk melihat Peti Jenazah Ratu Elizabeth. 

Link :

https://news.detik.com/internasional/d-6283780/ratu-elizabeth-meninggal-dunia-ini-5-hal-yang-diketahui 

Box Office Miracle In Cell No 7 Versi Indonesia

Via : https://antaranews.com

Film Drama Keluarga Indonesia Tahun 2022, Miracle In Cell No7, yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan dibuat ulang dari Film Adaptasi Korea Selatan Tahun 2013 berjudul sama, menjadi Box Office. 

Sejak Penayangannya di Bioskop Indonesia pada Tanggal 8 September 2022, Film Produksi Falcon Pictures ini, telah ditonton lebih dari 5 Juta Penonton, dan menjadi Film Terlaris Ketiga Indonesia di Tahun 2022 setelah KKN Di Desa Penari, dan Pengabdi Setan II Communion.

Oktober 2022


Peristiwa Kanjuruhan Malang

Via : https://www.cnnindonesia.com

Oktober 2022 diawali oleh Tragedi memilukan di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kejadian usai Laga antara tuan rumah Arema melawan tim tamu Persebaya, pada Hari Sabtu, Tanggal 1 Oktober 2022 menjadi Salah Satu kejadian paling menyedihkan di Dunia Sepak Bola. 

Sebanyak 135 Orang Tewas dalam Insiden setelah laga usai. Investigasi terus dilakukan terkait Kejadian tersebut dan Polisi menetapkan 6 orang Tersangka. 

KDRT Rizky Billar terhadap Lesti Kejora

Via : https://www.cnnindonesia.com

Rizky Billar resmi ditahan Polisi sebagai Tersangka Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap Istrinya, Lesti Kejora. 

Rizky ditahan Penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan usai menjalani Serangkaian Proses Pemeriksaan Pada Hari Kamis, Tanggal 13 Oktober 2022. 

Peristiwa KDRT itu dilaporkan terjadi di Jalan Gaharu III, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Hari Kamis, Tanggal 29 September 2022, sekitar Pukul 01.51 WIB dan Pukul 09.47 WIB. 

Walaupun pada Akhirnya Kasus ini tidak sampai ke Pengadilan setelah adanya Pencabutan Laporan oleh Istrinya, Lesti Kejora. 

Link :

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20221013170917-234-860223/kronologi-kasus-kdrt-rizky-billar-ke-lesti-kejora-hingga-resmi-ditahan

Halloween Itaewon di Korsel

Via : https://www.kompas.com

Perayaan Halloween di Daerah Itaewon Kota Seoul, Korsel pada Hari Sabtu, Tanggal 29 Oktober 2022 malam menjadi Bencana mematikan. Ratusan Orang tewas dan luka - luka akibat tergencet saat berada di kerumunan Gang Sempit dengan Kontur Tanah Miring. 

Data Badan Kepolisian Metropolitan dan Markas Besar Kebakaran & Bencana Seoul, yang dikutip The Korea Herald, menyatakan Tragedi tersebut menyebabkan 154 Korban tewas, di mana 26 di antaranya adalah Warga Negara Asing (WNA), dan sebanyak 132 Orang luka - luka. 

WNA, yang tewas adalah Orang - Orang dari 14 negara, salah satunya berasal dari Iran, Uzbekistan, China, Rusia, dan Norwegia. Polisi memperkirakan sekitar 100.000 Orang berkumpul di Itaewon pada Sabtu Malam demi mengikuti Perayaan Hallowen.

Itaewon sendiri merupakan Sebuah Distrik di Pusat Kota Seoul, yang terkenal dengan Kehidupan Malamnya dan saat itu tengah menggelar Perayaan Halloween pertama sejak Pembatasan Pandemi Corona (Covid -19) berakhir. 

Link :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20221031133945-4-383863/oktober-kelabu-5-tragedi-berdarah-makan-korban-ratusan-jiwa

November 2022

KTT G20 Bali

Via : https://www.dw.com

Pada Tanggal  15 - 16 November 2022, KTT G20 telah dilaksanakan dengan sukses di Bali. Pertemuan Kelompok Duapuluh (G20) dihadiri oleh 17 Kepala Negara, sedangkan 3 Kepala Negara, yang tidak hadir pada Pertemuan ini adalah : Rusia, Brazil, dan Meksiko.  

Sebelum Gelaran KTT G20 di Bali, Indonesia telah ditunjuk sebagai Presidensi. Presidensi Indonesia berlangsung sejak Tanggal 1 Desember 2021 hingga KTT pada Kuartal Keempat Tahun 2022. Upacara Serah Terima Jabatan telah dilakukan oleh Perdana Menteri Italia Mario Draghi kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Penutupan KTT G20 Roma 2021.

Sejumlah Kepala Negara, mulai dari Perdana Menteri Kanada - Justin Trudeau, Pemimpin Tiongkok - Xi Jinping, hingga Presiden Amerika Serikat (AS) - Joe Biden, menghadiri Perhelatan ini.

Gempa Cianjur

Via : https://www.detik.com

Pada Tanggal  21 November 2022, Pukul 13.21 WIB telah terjadi Gempa Bumi di Cianjur dengan Kekuatan Magnitudo 5.6 Skala Richter. 

Meski Skala Gempa Bumi terbilang kecil, namun Kerusakan yang ditimbulkan akibat Gempa Bumi ini cukup dahsyat. Penyebabnya : Titik Pusat Gempa, yang dangkal, dan dekat dengan Permukaan Bumi. 

Inilah, yang menyebabkan Gempa Susulan akibat Gempa Cianjur juga terjadi. Wilayah Garut, hingga Sukabumi juga mengalami Gempa Sesudahnya akibat dari Lempengan, dan Patahan Monster Gempa Cianjur. 

Tercatat hingga Hari Senin, Tanggal 12 Desember 2022, Ribuan Rumah Rusak Parah, dan 600 Orang Tewas akibat Gempa Cianjur.

Link : 

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221212201352-20-886528/bupati-cianjur-sebut-korban-tewas-gempa-cianjur-jadi-600-orang 

Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru

Via : https://antaranews.com
 

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Hari Minggu, Tanggal 4 Desember 2022. Ribuan Warga Lumajang mengungsi Pasca Gunung Semeru erupsi. Setelah erupsi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menaikkan status Gunung Semeru menjadi Level IV atau awas. 

Tercatat sebanyak 1979 Orang mengungsi akibat Letusan Gunung Semeru, namun demikian tidak ada Korban Jiwa pada Letusan Gunung Semeru kali ini. 

Pernikahan Kaesang Pangarep

Dan Erina Sofia Gudono

Via : https://www.jawapos.com
 

Pernikahan Putra Bungsu Presiden R.I, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono, cukup mendapatkan Perhatian Publik (Masyarakat) Luas di Akhir Tahun Ini. 

Bukan hanya Pernikahannya, yang terkesan berNuansa Royal Wedding Ala Pernikahan Kerajaan, namun jauh dari itu, lewat Pernikahan Ini berusaha untuk menyatukan 2 Kebudayaan dari 2 Kerajaan Trah Mataram, yang sempat terpecah di Era Kolonialisme dahulu, diantara Kasultanan Yogyakarta, dan Kerajaan Surakarta.   

Akad Nikah diadakan di Pendopo Royal Ambarukmo pada Hari Sabtu, Tanggal 10 Desember 2022. Sehari Sesudahnya diadakan Acara Ngunduh Mantu di Gedung Loji Gandrung Solo, dan diadakan Acara Kirab atau Arak - Arakan menuju Lokasi Tasyakuran di Pura Mangkungeran Solo.

#HariPatahHatiNasionalJilid2 untuk Pernikahan Kaesang, dan Erina berakhir di Tahun 2022 Ini. 



Kemenangan Argentina atas Perancis

Di World Cup 2022 - Qatar

Via : https://www.cnnindonesia.com
 

Piala Dunia 2022 di Qatar, yang berlangsung Pada Tanggal 20 November - 18 Desember 2022, telah mengantarkan Argentina Juara Ketiga Kalinya pada Pertandingan Final melawan Perancis, yang berlangsung di Hari Minggu, Tanggal 18 Desember 2022. 

Pertandingan Argentina Vs Perancis, yang berlangsung di Stadion Lusail, memang berlangsung sengit di mana Skor 3 - 3, dan Kemenangan Lionel Messi dkk, dibuktikan dengan Adu Penalti dengan Skor 4 - 2, Argentina atas Perancis. 

Ini merupakan Penantian selama 36 Tahun bagi Argentina untuk merebut Juara Piala Dunia kembali setelah Juara pada Tahun 1976, dan terakhir Tahun 1986. 

Kematian Hj Aminah Cendrakasih

Instagram II SiDoelAnakSekolahan 
 

Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada Hari Rabu, Tanggal 21 Desember 2022 di Usia 84 Tahun 

Memiliki nama asli Hj. Aminah Tjendrakasih, Wanita, yang dikenal sebagai Mak Nyak dalam Sinetron Si Doel Anak SekolahanBeliau terjun ke Dunia Akting pada Tahun 1950 - an. Dilansir Wikipedia, Film Pertama Aminah Cendrakasih dikenal setelah membintangi Film Serampang 12 pada Tahun 1956, dan Asmara Dara pada Tahun 1958. 

Aminah Cendrakasih lahir pada Tanggal 29 Januari 1938. Aminah merupakan Anak dari Wolly Sutinah atau lebih dikenal sebagai Mak Wok, Seorang Aktris Legandaris Indonesia. 

Tercatat, sejak Tahun 1955 sampai 1989, Ia telah membintangi sekitar 101 Judul Film. Baik sebagai Pemeran Pembantu maupun Pemeran Utama. Puncak Ketenaran Aminah Cendrakasih justru setelah sukses membintangi Serial Televisi Si Doel Anak Sekolahan. 

Berperan sebagai Lela, Ibu dari Pemeran Utama, yakni : Doel, yang akrab disapa Mak Nyak, Aminah terus dipercaya memerankan peran yang sama hingga Kisah Si Doel berakhir. Berkat Dedikasinya di Dunia Perfilman Tanah Air, Aminah Cendrakasih dianugerahi Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada Tahun 1992. 

Kondisi Kesehatan Aminah Cendrakasih menurun sejak 11 Tahun lalu. Penyakit Glukoma, yang dideritanya, membuat Aminah kehilangan Penglihatannya. Meski demikian, Aminah masih terus terlibat pada Film Si Doel Anak Sekolahan, meski harus menjalani akting dari atas Tempat Tidurnya 

Hj. Aminah Cendrakasih dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak pada Hari Kamis, Tanggal 22 Desemeber 2022, Satu Liang Lahat dengan Ibunya, Wolly Sutinah atau Mak Wok. 

Selamat Jalan Mak Nyak ! ...   

Link :

https://www.harianterbit.com/selebritas/pr-2746178305/dedikasi-aminah-cendrakasih-di-dunia-film-hingga-menutup-mata?page=2   

Selamat Tahun Baru 2023



Source :

https://trends.google.com/trends/                       

https://www.youtube.com/

https://www.facebook.com/

https://twitter.com/ 

https://www.instagram.com/

TrendingTopic 

Kembali : ARTIKEL 




Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA