indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 16 Oktober 2017

Sebulan Di Jakarta - Sepinya Plaza Blok M Di Tengah Pembangunan MRT, Keberadaan Mall Terbaik Lainnya, Hingga Gempuran Pasar Toko Online !

Senin, 16 Oktober 2017

Print Friendly and PDF
Via : http://www.skyscrapercity.com

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Sebulan Di Jakarta - Sepinya Plaza Blok M Di Tengah Pembangunan MRT, Keberadaan Mall Terbaik Lainnya, Hingga Gempuran Pasar Toko Online !

“ Pusat Perbelanjaan Ini,
Pernah Menjadi Salah Satu, Yang Terbaik Di Jakarta !  
 Penulis 


Siapa, yang nggak kenal dengan Plaza Blok M ?

Bagi Kau Urban, maupun Anak Muda Jakarta, yang hidup di Era 90 - 2000an, Nama Plaza Blok M, pastinya nggak asing di Telinga Kita.

Maklum Pusat Perbelanjaan ini, sempat NgeHits, dan mencapai Zaman KeEmasannya di Kala Itu ...

Serasa berarti banget, jika Anak Muda pada Masa itu, Belanja atau sekedar Nongkrong (Hangout) Bareng di Tempat ini.

Ya !

Pusat Perbelanjaan, yang dahulu bernama Blok M Plaza, lalu berubah menjadi Plaza Blok M, akibat Kebijakan Pemakaian Bahasa Indonesia, yang benar di Era Presiden Soeharto ini,

Memang tumbuh, dan berkembang bersama Kawasan Blok M - Kebayoran Baru, yang dikenal Sebagai Kawasan cukup Elite, dan Bergengsi di Zamannya.

Sampe ada Anggapan (Stigma), bahwa :

Mereka, yang ngantor, maupun bersekolah di SMP - SMA Favorit di bilangan Kebayoran Baru, pastinya akan berasa beda.

Karena dekat dengan Pusat Kota, maupun Kawasan Blok M, yang mana, juga terletak Pusat Perbelanjaan ini.

Seiring Perjalanannya, Plaza Blok M dengan Blok M sebagai Kawasannya, ternyata mulai ditinggalkan oleh Para Pengunjung maupun Pembeli.

Kawasan ini, juga tidak ramah seperti dulu.

Menurut beberapa Orang, yang Kami temui :

Plaza Blok M dengan Blok M sebagai Kawasannya, banyak didatangi oleh Para Preman, yang entah dari mana asalnya, dan seringkali juga mangkal di Beberapa Titik sekitaran Terminal Blok M.

Pembangunan MRT, Keberadaan Mall Terbaik Lainnya, hingga Gempuran Pasar Toko Online, yang menyebabkan Daya Beli Langsung Masyarakat di Beberapa Toko maupun Pusat Perbelanjaan turun, dapat dikatakan menjadi Penyebabnya ...




















Berikut Kami Hadirkan
Sebulan Di Jakarta - Sepinya Plaza Blok M Di Tengah Pembangunan MRT, Keberadaan Mall Terbaik Lainnya, Hingga Gempuran Pasar Toko Online !


Cukup “Datang Lebih Awal”, Saya (Penulis) ke Kawasan Blok M, Kebayoran Baru - Jakarta Selatan !

Ketika itu, Saya ada janjian untuk Kumpul Kecil Teman SD Cenderawasih III Deplu, yang katanya mau datang sekitar 3 hingga 4 Orang, di Ayam Goreng Ganthari, Lokasinya berseberangan dengan Blok M Plaza.

Mengingat Rumah Kakak, yang terletak di Permata Pamulang, Tangerang - Selatan.

Di mana Saya harus melewati Beberapa Titik Kemacetan Daerah Metropolitan Jakarta, jadi memang lebih baik untuk pergi lebih awal.


Akhirnya Ketemuan, walaupun cuman berdua !

Walhasil, janjian dengan Teman sekitar Jam 7 Malam, namun Saya sudah datang Jam 4 Sore, itupun bisa dikatakan memakan Perjalanan Tiga Jam dari Pamulang.

Ketika sampai,

Saya langsung menuju Area Parkir Mobil Plaza Blok M, yang memang terletak berseberangan dengan Tempat Saya kumpul.

Rencananya, sebelum Waktu Kumpul dengan Teman tiba, sekalian hunting Baju buat Acara Reunian SMAN 90 Jakarta, yang memang waktunya juga berdekatan.

Selama 3 Jam, Saya mengitari Pusat Perbelanjaan ini, yang bisa dikatakan cukup lama bagi Saya untuk berputar.



Blok M Plaza tidak seperti dahulu !

Di mana, ketika Saya masih sekolah, Pusat Perbelanjaan ini bisa dikatakan cukup jadi Favorit, bagi Kaum Urban, maupun Anak Muda Jakarta, kala itu.


Beberapa Penyewa (Tenant) Terlihat Mulai Meninggalkan Blok M Plaza !

Bangunan, yang mulai tak terawat, hingga tutupnya Beberapa Penyewa  (Tenant), kerap dijumpai hampir di setiap lantainya.

Seinget Saya dahulu :

Selain Pasaraya Grande, Pusat Perbelanjaan ini cukup punya Pangsa Pasar bagi Banyak Barang Middle hingga HighEnd untuk Seukuran Mall Terbaik Jakarta, di Masanya

Mulai dari Penyewa (Tenant), seperti :

Etienne Aigner, Charles Jourdan, Boss Hugo Boss, Benetton, Esprit, MCM, Mango, dan Beberapa Tenant Ternama lainnya, ada di Pusat Perbelanjaan ini.



Bersaing dengan Pasaraya Grande, yang punya Seibu,

Plaza Blok M juga punya Galleria Matahari, sebagai Tenant Department Store Exclusive dari Matahari, yang jelas beda dari Department Store Matahari biasanya.

Rimo Department Store, yang dahulu juga cukup dikenal menjual Brand Ternama, seingat Saya juga buka di Tempat ini.

Namun, sayang, Pusat Perbelanjaan ini, kini kian sepi !

Walaupun Berusaha Gandeng Matahari, Namun Tetep Aja Mataharinya Tutup !

Ya!

Mungkin nasibnya nggak separah Pasaraya Grande, yang mati suri sejak sekitar Tahun 2005, akibat Kesalahan Pengembangan Bisnis Alatief Corporation.

Dari Kepemilikian Stasiun Televisi Lativi, yang kini berubah menjadi TV One, dan dimiliki oleh Visi Media Asia, Tbk (Viva),

Salah Satu Kelompok Usaha Milik Group Bakrie.

Hingga kini Pasaraya Grande maupun Manggarai, bisa dibilang :

Hidup Segan Matipun Tak Mau ! 

Beberapa Faktor, yang menyebabkan Pusat Perbelanjaan Plaza Blok M, maupun Blok M sebagai Kawasannya kian menjadi sepi Pengunjung, pastinya : cukup membuat Kita jadi bertanya,

Akankah Eksistensi Pusat Perbelanjaan milik Group Pakuwon ini, dapat bertahan ?

Belanja Indonesia
Lihat Lebih Lengkap>>>










Berikut Kami Hadirkan
Sebulan Di Jakarta - Sepinya Plaza Blok M
Di Tengah Pembangunan MRT, Keberadaan Mall Terbaik Lainnya, Hingga Gempuran Pasar Toko Online !


1. Sepinya Plaza Blok M
Di Tengah Pembangunan MRT

Via : http://www.skyscrapercity.com

Pembangunan MRT, yang tak kunjung rampung, memang turut memperparah Wilayah Blok M, hingga Kebayoran Baru secara keseluruhan.

Ketika Saya ingin menuju Lokasi ke Pusat Perbelanjaan ini, dari Jalan Radio Dalam lalu ke Panglima Polim, cukup dibuat pusing !

Akses Jalan, yang sempit, dan Beberapa Kali dilakukan Pengalihan Jalan, di mana harus melewati Jalan Brawijaya, Wijaya, maupun Melawai, membuat Saya menjadi bertanya :

Jl Panglima Polim - Kebayoran Baru, Saat Ini !
Via : http://www.skyscrapercity.com

Akankah Pengunjung mau ke Wilayah Blok M - Panglima Polim, Kebayoran Baru, yang memang dikenal macet dari dahulu, dan cukup diperparah dari Keberadaan Pembangunan MRT, yang tak kunjung rampung hingga saat ini ?



Pembangunan MRT Melewati Plaza Blok M !

Terlebih, Jembatan MRT, juga melewati Plaza Blok M, sehingga Keberadaan Pusat Perbelanjaan ini, yang cukup dikenal Ikonik di masanya menjadi tidak nampak.

Dari dahulu, Wilayah Blok M, dan sekitarnya, di saat Jam Kantor memang terkenal macet !

Pembangunan MRT, yang tak kunjung rampung, memang sangat menghambat Laju Kendaraan, terutama bagi Mereka, yang ingin ngantor menuju Pusat Kota, seperti : Jalan Sudirman - Thamrin, maupun sekitaran Kawasan Blok MKebayoran Baru !


Kawasan Blok M Nampak Sepi !

Namun Kemacetan ini, bukan karena tingkat Pengunjung, yang lalu lalang, ke luar masuk ke Pusat Perbelanjaan maupun Kawasan Blok M secara keseluruhan.

Hal ini dapat dibuktikan :

Ketika Saya, dan Teman melakukan Eksplorasi Muter - Muter Jakarta, di Hari Minggu dengan naik Bus Way dari Terminal Blok M, Kawasan ini nampak sepi, tak seperti biasanya !

Mungkin Banyak Kaum Urban, yang rata - rata tinggal di Pinggiran Jakarta, seperti : Tangerang, Depok, Bogor, maupun Bekasi, merasa lelah untuk sekedar melewati Akhir Pekan (Weekend) Mereka di Tempat ini.

Cukup ngantor saja, harus melewati Kawasan Kebayoran Baru - Blok M dari Arah Lebak Bulus, menuju Tempat Kerjanya di Sekitaran Sudirman - Thamrin.

Food Court Resto Rasa Jepang - AEON Mall, BSD City 

Lihat Lebih Lengkap>>>


Selebihnya :

Kawasan Pinggiran Jakarta, seperti : Bintaro, BSDAlam SuteraSummarecon, hingga Karawaci, yang secara mandiri memang sudah menjadi Kota,

Cukup untuk menemani Waktu Akhir Pekan (Weekend) Mereka dengan Keluarga dengan Berbelanja, Nongkrong (Hangout), maupun Sekedar Incip Kuliner di Beberapa Mall Terbaiknya !

2. Sepinya Plaza Blok M
Di Tengah Keberadaan Mall Terbaik Lainnya


Pembangunan Mall Terbaik di Jabodetabek, yang mengalami Peningkatan dari Tahun ke Tahun, juga turut mempengaruhi mengapa Plaza Blok M, dengan Blok M sebagai Kawasannya menjadi tidak sepopuler dulu.

Terlebih Pertumbuhan Mall Terbaik itu, bukan hanya berada di Jakarta.

Namun Daerah Pinggiran/ Penyangga Jakarta, seperti : Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, yang cukup dikenal dengan Beberapa Kota Mandirinya,

Menjadi Sasaran Empuk, Para Investor untuk membangun Mall Terbaiknya.

"Konsep Memanusiakan Manusia Lewat Mall" Dipunyai Oleh Bintaro Xchange !

Konsep Memanusiakan Manusia Lewat Mall di Era Kekinian,

Di mana Mall bukan sekedar berfungsi sebagai Tempat Belanja, namun jauh dari itu, sebagai :

Sarana Nongkrong (Hangout), Rekreasi Keluarga, Ajang Kumpul Komunitas, hingga Tempat Incip Kuliner Terbaik, yang bernuansakan Eco Green, and Living, serta Layak Instagram (Instagramable),



Menjadi Alasan mengapa Pusat Perbelanjaan ini menjadi tidak Sepopuler, seperti di Masanya.

Pusat Perbelanjaan ini, jauh dari kesan itu !

Bangunan, yang mulai menua, dengan beberapa Bagian Bangunan, yang nampak kosong, Sepi Penyewa, hingga tak terawat, menjadi Bukti :

Mall ini mulai ditinggalkan Para Pembelinya

Sebab :

Jika ingin Pusat Perbelanjaan Terbaik itu, mampu bertahan di Pusat Kota Jakarta, harus merubah konsepnya yang lebih Manusiawi !

Gandaria City, Salah Satu Mall Terbaik Di Bilangan Jakarta Selatan !

Seperti :

Gandaria City, yang juga milik Group Pakuwon, Pondok Indah Mall, Grand Indonesia, Plaza IndonesiaMall Taman Anggrek, Central ParkLippo Mall Kemang, Lippo Mall PuriCiputra World, Senayan City, Plaza Senayan, hingga Pacific Place, cukup menjual hal itu, sebagai Standar Mall Terbaik.

Pandangan Masyarakat Milenialyang menganggap Nilai Kepraktisan dengan Berbelanja di Toko Online,

Juga menjadi alasan, bahwa : 

Mall Terbaik harus dapat merubah Konsepnya menjadi :

Memanusiakan Manusia Lewat Mall

Hal ini agar Pusat Perbelanjaan (Mall) lainnya dapat bertahan di Tengah Keberadaan Mall Terbaik, hingga Gempuran Pasar Toko Online !

3. Sepinya Plaza Blok M
Di Tengah Gempuran Pasar Toko Online


Ada, yang bilang Daya Beli Masyarakat di Indonesia, saat ini sedang lesuh, dan mengalami Penurunan.

Hal ini, tidak 100% benar.

Menurut Informasi, yang Kami dapat :


JNE Mengalami Kenaikan Pendapatan !
Via : http://www.republika.co.id



JNE sebagai Penyedia (Provider) Jasa Pengiriman Online, mengalami kenaikan sebesar 30%, dan 70%nya berasal dari Pasar E - Commerce (Toko Online), kata : Presiden Direktur PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Mohammad Feriadi.








Link :
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/17/10/16/oxx99w409-bos-jne-revisi-klaim-jokowi-soal-pertumbuhan-jasa-logistik

Hal ini  juga belum termasuk dari banyaknya Perusahaan Jasa Pengiriman/ Ekspedisi Barang (Logistik) serupa JNE, yang juga mengalami kenaikan dalan Hal Pengiriman Barang melalui Pasar E - Commerce (Toko Online)

Jadi memang, jika dikatakan Perekonomian Indonesia, dengan Indikatornya : Daya Beli Masyarakat Merosot, hal ini tidak selamanya benar.

BliBli.Com - Salah Satu Toko Online Terbaik Made In Indonesia !
Via : https://www.blibli.com/pages/bliblinow

Bermuncullannya Toko Online, yang menjual Market Place dengan Karakter Berbeda, hingga Jasa Pengiriman Online, yang makin bertambah, membuat terang, bahwa :

Pertumbuhan Daya Beli Masyarakat Lewat Belanja Online tidak dapat dipungkiri mengakibatkan Beberapa Pusat Perbelanjaan, yang memang tidak layak jual dengan Konsumsi Kekinian Masyarakat Urban, akan semakin tenggelam.

Sepinya Pasar Glodok !
Via : http://news.liputan6.com

Sebut saja :

Pasar Glodok - Jakarta, di mana Masyarakat Urban Jakarta, saat ini lebih memilih Belanja Online, yang terlihat Praktis, dan juga mempunyai Standar Sistem Keamanan, yang lebih baik bagi Para Pembeli maupun Costumernya.

Mereka beranggapan, nggak zamannya lagi bermacetan ria, harus ke Glodok, yang juga kurang Manusiawi dari Segi Kenyamanan, hanya sekedar membeli Komputer Jinjing (Laptop).

Cukup di Toko Online, dengan Beragam Katalog, dan Harga, yang ditawarkan, hingga kepraktisan membeli Barang, sampai ke Tangan Pembeli, menjadi Alasannya.


Toys "R" Us Juga Mengalami Nasib Sama !
Via : https://www.toysrus.com/

Hal inilah, yang juga terjadi pada Beberapa Toko di Luar Negeri, seperti : ToysRUs, dan Macys.

Bahkan Waralaba Indomaret, dan Alfamart, yang Made In Indonesia, juga terkena imbas akibat Gempuran Pasar Toko Online, yang dikenal Massive.

Tutupnya Matahari Di Pasaraya Grande - Blok M
Via : https://web.whatsapp.com/

Belum lagi Matahari, dan Hero - Giant, yang menutup Beberapa Gerai Belanja di Indonesia, akibat Perubahan Daya Beli Masyarakat ini.

Jadi :

Perubahan Daya Beli Masyarakat, yang mengakibatkan Daya Beli di Dunia Nyata dengan mendatangi Pusat Perbelanjaan maupun Mal, telah beralih ke Dunia Maya melalui Pasar Toko Online (E - Commerce), yang kian lebih praktis, dan aman

Juga menjadi Salah Satu Penyebab, mengapa Plaza Blok M dengan Blok M sebagai Kawasannya, menjadi tak SePopuler, dahulu.

Traveloka - Toko Online Booking Hotel Dan Tiket Pesawat Terbaik Made In Indonesia !
Via : http://www.thesundaily.my

Faktor Peningkatan Belanja Kebutuhan Pesiar/ Plesiran (Leisure) demi melihat Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Indonesia maupun Luar Negeri, yang Layak Instagram (Instagramable) juga menjadi Penyebab :

Mengapa Minat Daya Beli Masyarakat terhadap Pakaian, maupun Kebutuhan Barang (Material) lainnya menjadi menurun.

Tahun ini, dan selanjutnya, mungkin menjadi Tahun bagi Pertumbuhan Pariwisata Terbaik di Indonesia.

Sudah seharusnya demi memenuhi Pertumbuhan Wisata Belanja bagi Para Wisatawan,

Diperlukan Sebuah Konsep Pusat Perbelanjaan, yang memang Memanusiakan Manusia Lewat Mall, dan menjual Hal KeKinian, Sarat dengan Keindahan, serta Unsur Wisata.


Sehingga :

Eksistensi Plaza Blok M, dan Blok M sebagai Kawasannya di Tengah Pembangunan MRT, Keberadaan Mall Terbaik Lainnya, hingga Gempuran Pasar Toko Online, dapat bertahan ! ...

Create your survey with SurveyMonkey

Alamat - Plaza Blok M
Jl. Bulungan No. 76, Kramat Pela, Kebayoran Baru, RT.6/RW.6, RT.6/RW.6, Kramat Pela, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130



BacaRekomendasiYuk NgeMall !

Kembali : ARTIKEL 


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2018 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA