indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Kamis, 05 November 2015

21. Kota Terbaik Indonesia

Kamis, 05 November 2015

Indonesia mempunyai beberapa kota modern yang siap untuk menjadi kota metropolitan baru. Selain Jakarta yang telah lama menganut sistem megapolitan dengan menghubungkan kota-kota penunjang sekitarnya. Ibukota Negara ini juga mampu menyetarakan dirinya sebagai deretan kota dunia yang mempunyai tingkat kemacetan luar biasa. Selain Jakarta, "Surabaya, Medan, Makasar, Bandung, Balikpapan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, dan Denpasar" menjadi ikon baru bagi pertumbuhan kota modern. Beberapa Wilayah Kotamadya dan daerah otoritas seperti, Batam, Malang, Solo, Bogor, Cirebon, Tangerang Selatan, Bekasi, Purwokerto, Madiun mampu menumbuhkan konsep kota mandiri di Indonesia. Berikut 21 Kota Terbaik Versi The Colour Of Indonesia.

1. Jakarta


Ibu Kota Negara ini merupakan Kota Megapoliatan dengan tingkat kemacetan yang luar biasa. Belum ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Monorail dan jalur MRT yang sedang dalam tahap pengerjaan juga bisa dikatakan lambat. Ketika Kota-Kota Besar di belahan Asia Tenggara sudah lama menjalankan konsep Transportasi Massal yang cepat dan murah di negaranya. Selain permasalahan kemacetan, banjir merupakan permasalahan tahunan yang harus dihadapi oleh Warga Jakarta dan sekitarnya. Setiap musim hujan banjir selalu datang tanpa kompromi siklus 4 tahunan kini tidak berlaku lagi bagi kota ini. Siklus banjir datang secara periodik tahunan. Terlepas dari permasalahan yang dihadapi kota ini, Jakarta menjadi Pusat Pemerintahan di Indonesia. Salah satu Pusat Perdagangan, dan Bisnis tersibuk di Asia.

2. Surabaya



Sebagai kota terbesar ke-dua di Indonesia. Ibu Kota Propinsi Jawa Timur ini digadang-gadang sebagai calon Kota Megapolitan. Daerah slum/ pinggiran seperti Sidoarjo, dan Mojokerto mampu bersinergi dengan kota ini. Dibangunnya pabrik-pabrik di kota Sidoarjo, dan Mojokerto adalah jawaban bahwa kota ini mewakili sebagai Kota Industri dan Perdagangan di Timur Jawa. Banyak para investor asing yang membangun usahanya di sini. Dibangunnya Mall. Hotel, Rumah Sakit Berstandar Internasional, dan Perumahan yang menganut Konsep Mandiri cukup membuktikan bahwa Surabaya mampu menjadi ikon baru di Timur Jawa.

3. Medan

















Ibu Kota Sumatera Utara ini mejadi kota ketiga yang menganut konsep mandiri dan modern. Pelabuhan Belawan mampu menjadi basis Pelabuhan Internasional di wilayah Sumatera. Selain itu dibangunnya Bandara Internasional Kuala Namu sebagai bandara terbesar selain Polonia mampu membuktikan bahwa kota ini menjadi Pusat Perdagangan di Sumatera. Jl. Merdeka dan kawasan Merdeka Walk merupakan jalur tersibuk di Medan.

4. Makasar


Sebagai Icon Baru yang mampu menggeser Kota Bandung sebagai kota modern. Makasar dipandang sebagai Timurnya Indonesia di dalam Industri Pariwisata dan Perdagangan. Dibangunnya Trans Studio Makasar yang merupakan Indoor Theme Park terbesar setelah Trans Studio Mall Bandung menunjukkan bahwa kota ini sangat concern di bidang Pariwisata. Pantai Losari telah mengalami renovasi dan dipugar menjadi daerah Pariwisata. Sumber Foto : Skyscrapercity.com

5. Bandung



Sebagai Kota Pariwisata, Bandung berhawa dingin dan sejuk. Gudangnya Factory Outlet ini memang terkenal hingga ke mancanegara. Banyak turis asing dari negara tetangga yang menghabiskan waktu di sini hanya sekedar menikmati keindahan alam maupun berbelanja. Pada Peak Season dan akhir pekan kota ini menjadi kota yang paling sibuk dikunjungi oleh wisatawan. Hotel, Mall, dan tempat pariwisata menarik banyak dijumpai di kota ini.

6. Balikpapan



Kota Industri Minyak di Pulau Kalimantan ini menjadi kota yang strategis sebagai kota perdagangan. Balikpapan saat ini tumbuh menjadi kota modern baru. Banyak gedung-gedung pencakar langit hadir disini. Wajar bila kota ini menggeser Semarang sebagai kota besar ke-6 di Indonesia. 

7. Semarang



Deretan Kota Tua bekas peninggalan Kolonial Belanda ada di wilayah Semarang Lama/ daratan, sedangkan Candi ada di wilayah Semarang Baru. Kota dengan julukan Kota Atlas ini dilalui oleh garis Khatulistiwa sehingga berhawa cukup panas di sebagian wilayahnya. Lawang Sewu adalah salah satu warisan kolonial yang mempunyai hawa msitis dan terkenal sebagai salah satu tempat paling angker di Indonesia

8. Pekanbaru


Ibu kota Propinsi Riau ini juga merupakan kota minyak di Pulau Sumatera. Berdirinya Industri Chevron dan beberapa Pertambangan Internasional semakin menjelaskan bahwa kota ini menjadi kota Industri di Pulau Sumatera.

9. Palembang



Yang unik dari Palembang adalah Sungai Musi dan Konsep Pasar Terapung di beberapa bagian. Sama halnya dengan Pontianak yang mempunyai Pasar Terapung Kota ini mempunyai sebuah Jembatan "AMPERA" - Amanat Penderitaan Rakyat yang diberi nama dari tokoh Arif Rahman Hakim ketika tewas dan diberi gelar sebagai Pahlawan AMPERA. Palembang juga mempunyai Fasilitas Olahraga Internasional yang cukup memadai. "Jaka Baring" pernah menjadi event olahraga tahunan terselenggaranya SEA GAMES selain Jakarta. Sumber Foto : Multiply




10. Manado


Manado dicanangkan menjadi Kota Cerdas "Smart City" bersama dengan Makasar, Balikpapan Pekanbaru, dan Palembang. Hal ini wajar, dengan sistem yang terintegrasi antara satu kota dengan lainnya. Kemudahan Akses Aplikasi yang cepat dan dapat membantu warga Masyarakatnya mulai dari Pemerintahan Daerah hingga jajaran di bawahnya Kecamatan dan Kelurahan. Satu lagi kota ini juga mendukung untuk dikembangkan Water Front City dimanaa jendela kotanya adalah lautan yang terbentang luas.

11. Yogyakarta



Warisan Keraton yang masih terjaga baik membuat kota ini sebagai Kota Budaya. Pihak Kasultanan mampu mempertahankan Warisan Budayanya seperti pada acara Pernikahan Agung "Royal Weeding" Putri Sultan Hamengkubuwono X. Banyak wisatawan mancangera yang datang ke sini untuk menikmati keindahan Tradisi Budaya Lokal yang tetap terjaga.

12. Denpasar



Wilayah Propinsi Bali secara keseluruhan memegang peranan penting dalam Potensi Pariwsata Indonesia terhadap Dunia. Denpasar menjadi kota Pariwsata dan Perdagangan di Indonesia. Walaupun kota ini tidak mempunyai gedung pencakar langit layaknya kota-kota besar di Indonesia, tetapi kota ini mempunyai tingkat hunian hotel yang luar biasa. Banyak Brand-brand Internasional  membuka gerainya di mal Bali. Ajang Kontes Pemilihan Ratu Sejagad "Miss World" juga diadakan di kota ini dan Bali secara keseluruhan. Sumber Foto : Balaputradewa

13. Otorita Batam



Otoritas Batam merupakan kota dengan pendapatan perkapita terbesar di Indonesia. Upah Minimum untuk kota ini adalah yang paling tinggi di Indonesia. Keluarga Habibie sengaja membuka wilayah Batam sebagai dermaga Pasar Internasional bagi pasar bebas di Indonesia. Wajar jika barang-barang dari negara tetangga Singapore dan Malaysia di jual murah di sini.

14. Malang



Sebagai kota wisata dan menjadi kota terbesar ke-2 di Propinsi Jawa Timur, Malang mampu menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan domestik maupun asing yang singgah di sini. Banyak Hotel Bertaraf Internasional yang membuka usahanya di sini. Wilayah Malang dikenal sebagai Daerah Agrowisata bagi tanaman Apel. 


















15. Solo

Kota Budaya Solo adalah kota yang tengah berkembang. Ketika masa kepemimpinan Joko Widodo sebagai Walikota Solo kota ini menjadi sorotan dunia. Walikotanya pun dianugerahi menjadi Walikota Terbaik Ketiga di Dunia oleh sebuah Lembaga Internasional "The City Major Foundation" selain itu Solo juga mendukung Industri Batik yang menjadi kebanggaan Indonesia. Kampung Batik "Laweyan" adalah salah satu contohnya.

16. Bogor

Kota Sejuk yang mempunyai 2 Istana Negara "Istana Bogor, dan Cipanas" menjadi bukti bahwa kota ini menjadi ajang pertemuan beberapa Konferensi Berstandar Internasional. APEC pernah diselenggarakan di kota ini. Selain itu Bogor mempunyai sebuah Kebun Raya yang menjadi rujukan bagi Para Peneliti Ilmiah Internasional untuk meneliti species tanaman yang ada di sini. Bunga Raflessia/ Bangkai adalah salah species yang banyak diteliti di tempat ini. Bunga ini dinamakan sama dengan penemu sekaligus pendiri Kebun Raya Bogor "Raflessia Arnoldi" 

17. Cirebon


Kota Minyak dan Udang ini makin berkembang sebagai Kota Mandiri. Ada wacana bahwa Kabupaten Cirebon akan dipisahkan dengan Propinsi Jawa Barat dan membentuk propinsi sendiri.

18. Tangerang Selatan



Daerah penyangga Jakarta ini kini berdiri sebagai Kota Mandiri dan Industri. BSD, Alam Sutera, Summarecon Serpong, Karawachi dan Pusat pemerintahan Pamulang menjadi wilayah yang terintegrasi.

19. Bekasi


Sama halnya dengan Tangerang Selatan, Bekasi adalah daerah penyangga bagi Jakarta. Wilayah Mandiri Summarecon Bekasi adalah salah satu kota yang terintegrasi dengan Kota Bekasi. Sumber Foto : Bekasi Urban City




















20. Purwokerto


Kota berhawa dingin ini masuk menjadi deretan kota besar di Indonesia. Kota ini juga terkenal sebagai Kota Pendidikan Ke-Tiga di Jawa Tengah setelah Semarang, dan Solo. Terdapatnya tempat wisata Batu Raden di kaki Gunung Selamat memiliki nuansa tersendiri bagi kota ini.

21. Madiun



Kota Perdagangan dan Industri di Barat Propinsi Jawa Timur ini kini menjadi ikon baru bagi kota besar di Indonesia. Terdapatnya Industri Strategis INKA "Indonesian Railway Industry" mampu menyerap banyak tenaga kerja di wilayah ini. Simber Foto : AnantoHermawan - SkyScrapercity.com

Kembali Ke TERBAIK


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA