indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 04 Desember 2015

8. Tips Travel Hemat Jogja ala The Colour Of Indonesia

Jumat, 04 Desember 2015



8. Tips Travel Hemat Jogja Ala The Colour Of Indonesia
CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Tidak terasa sebentar lagi memasuki pergantian tahun. Sudahkah kalian merencanakan pergantian akhir tahun ini ? Sebagian orang beranggapan bahwa moment pergantian tahun harus dirayakan. Di hari itu banyak orang yang merencanakan untuk liburan. Biasanya sisa cuti dalam satu tahun digunakan di moment pergantian tahun. Dan ketika itu biaya untuk menikmati liburan di akhir tahun juga akan terasa berbeda dengan kalian yang hanya menikmatinya di hari biasa. Hotel dan penginapan juga pastinya naik jika kalian menginap di moment ini. Terlebih jika kalian menginginkan ke tempat wisata di Indonesia yang menjadi Destinasi Wisata Internasional seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, Batam, Makasar, Manado, Raja Ampat Papua hingga Batam. Berikut ini kami akan rangkum tips ke salah satu tempat Destinasi Wisata Internasional Yogyakarta dan pastinya dengan cara hemat.

Sekilas tentang Yogyakarta ...



Kalian pasti tahu donk tentang Yogyakarta. Kota ini punya sebutan yang beraneka ragam banget sebagai Kota Wisata dan Budaya, Kota Pelajar, Kota Gudeg, hingga terakhir bisa dikatakan Kota Batik dan Kreatif. Di tempat ini pastinya banyak turis bukan hanya Domestik tetapi juga Mancanegara. Dan ngomong – ngomong tentang Yogyakarta, kota ini bisa dibilang merupakan kota penyumbang Devisa Pariwisata terbesar pertama di Pulau Jawa disusul Kota Bandung, dan Solo. Karena saking banyaknya turis yang berdatangan di tempat ini pastinya tingkat hunian hotel juga akan penuh pada hari –hari tertentu (Terutama di Liburan Panjang “Peak Season” seperti Liburan Sekolah, Lebaran, hingga Akhir tahun). Efek dominonya pasti juga berimbas ke biaya makan kalian yang ingin menikmati wisata kuliner di hari tertentu itu. Nah lalu gimana ya caranya kita menyiasati Liburan dengan kocek yang pas – pas-an, namun bisa menikmati liburan yang pastinya berkesan banget. Mumpung satu tahun sekali .... !

1. Pergi Naik Kereta Api tutut - tutut



Point satu ini bisa dikatakan sifatnya optional, tergantung tempat dan lokasi dimana kalian mau pergi ke Yogyakarta. Berhubung lokasi kami dari Madiun, sebaiknya ya naik Kereta Api disamping murah juga dinilai lebih hemat secara waktu. Kereta Api Madiun Jaya contohnya. Berangkat jam 05.50 pagi tiap harinya dengan harga Rp. 50.000,- dan waktu tempuh 3 jam dari Madiun - Yogyakarta, kalian bisa berpergian dengan kereta api ini. Berpergian naik Kereta Api selama itu masih di Pulau Jawa bisa jadi lebih hemat waktu. Saat ini, PT. KAI juga meningkatkan pelayanannya. Banyak Kereta Api Ekonomi nyaman dengan harga murah yang singgah di Kota Gudeg ini.

2. Cari Penginapan Murah dan dekat dengan keramaian


Salah Satu Hotel di Jl. Pangeran Mangkubumi Yogyakarta

Nah ini point penting. Mencari penginapan murah harus jadi prioritas kalian. Kota Yogya yang sekarang lain dari dahulu. Pada tahun 2015, tercatat pertumbuhan hotel di Kota Yogyakarta meningkat 15%. Jadi bisa dibayangkan banyak hotel terutama hotel berbintang dan hotel bisnis yang membuka cabangnya di Kota Ini. Jadi kalau kami sarankan cari hotel disekitar Jl. Pangeran Mangkubumi - Tugu, Malioboro dan Daerah Prawirotaman. Selain punya akses yang dekat dengan keramaian, jika kalian memilih tempat ini juga masih bisa dilakukan dengan jalan kaki menuju tempat keramaian di kota ini. Dimana lagi kalau bukan di Malioboro. Satu lagi Jl. Pangeran Mangkubumi dan Malioboro  juga dekat dengan stasiun tugu, jadi kalau kalian memilih Kereta Api sebagai transportasinya bisa Jalan kaki ke tempat penginapan kalian.



















3. Jalan – jalan murah ke berbagai tempat Yogyakarta.



Pastinya kalau kalian ke kota ini yang dituju jalan – jalan donk. Dan bisa dibilang mayoritas turis yang datang ingin menikmati suasana kota ini. Entah Jl. Malioboro-nya, suasana lesehannya hingga yang agak jauh dikit ke Candi Prambanan.



Bagi kalian yang ingin jalan murah di Yogyakarta ya di Jl. Malioboro. Di tempat ini kalian bisa lihat hasil kerajinan Yogyakarta terutama batiknya. Maka dari itu cari Penginapannya ya harus dekat dengan Jl. Malioboro. Tugu Yogyakarta juga bisa jadi salah satu kilas balik bagi kalian yang ingin belajar sejarah tentang kota ini. Dan belajarnya juga ndak dipungut biaya alias gratis. Mulai dari sejarah raja – rajanya, pembentukan Kota Yogyakarta hingga peristiwa Serangan Umum 1 Maret ada di tempat ini. Kalau dibilang semacam kilas balik Kota Yogyakarta. Nah Jl. Malioboro terutama dititik nolnya kita juga bisa lihat Benteng Vredeburg, Gedung Agung dan Keraton Kesultanan. Pastinya sarat akan nilai budaya dan sejarah.






















4. Muter Kota Yogya dengan Trans Yogyakarta



Kalau kalian belum puas jalan – jalannya, muter dengan Bis Trans Yogyakarta bisa jadi alternatif hemat lainnya. Cukup Rp. 3.600,- kalian bisa muter Kota Yogyakarta tanpa kepanasan. Bisnya cukup nyaman, ditambah AC dan Musik bisa jadi tempat yang enak untuk keliling kota ini.







5. Singgah Ke Mal baru di  Yogyakarta



Setelah berkeliling dengan Trans Yogyakarta coba cari alternatif lain buat jalan – jalan lainnya di Kota Yogyakarta. Sebab bukan hanya Jl. Malioboro aja yang jadi pusat perdagangan dan keramaian saat ini. Berkembangnya Kota Yogyakarta sebagai kota bisnis baru di Indonesia juga mempengaruhi pertumbuhan Mall di kota gudeg ini. Beberapa Mall keren ini juga cukup recommended untuk melengkapi wisata hemat kalian. (Karena biasanya kalau cuman jalan – jalan ke Mall ya tanpa tiket masuk). 



Pose dulu di Amplaz sambil nunggu Bis Trans Yogyakarta

Diantara Mall tersebut :
- Malioboro Mall
- Galleria Yogyakarta
- Plaza Amabarukmo
- Jogja City Mall
- Lippo Mall Yogyakarta

Oh satu lagi kalian bisa ambil salah satu diantara Mall teresebut, untuk dijadikan Travel Hemat kalian. Contohnya Plaza Ambarukmo, akses tempuhnya bisa dilakukan dengan naik Trans Yogyakarta 1A lalu nyambung 1B, jika kalian naik dari sekitaran Jl. Malioboro atau Pangeran Mangkubumi. Biayanya juga hanya Rp. 3.600,-, karena pergantian Bis Trans Yogyakarta nggak dihitung melainkan tujuan sesungguhnya kemana kalian mau berpergian dengan bis ini.


6. Kalau punya duit lebih coba nonton Sedratari Ramayana di Candi Prambanan


Untuk melengkapi Travel Hemat kalian rasanya kurang lengkap kalau belum ngunjungin Candi Prambanan yang terletak di Kota Yogyakarta. Akses tempuhnya bisa dilakukan dengan :

- Kereta Api Prambanan Exspress dari Stasiun Tugu Yogyakarta dan turun di Stasiun Maguwo. Kereta Api Prameks berangkat dari Stasiun Tugu 1 jam sekali dari pukul 07.30 – 14.00 dan baru ada lagi pukul 20.00 hanya satu kali keberangkatan. Detailnya bisa dilihat di https://tiket.kereta-api.co.id/. Kalian cukup bayar Rp. 8.000,- untuk sampai ke Candi Prambanan

- Bis Trans Yogyakarta. Yang ini juga bisa jadi alternatif kalian lainnya untuk dapat sampai ke Candi Prambanan. Walaupun agak lama untuk sampai ke Candi Prambanan dengan Bis Trans Yogya namun kalian akan lebih hemat lagi apabila naik dengan Bis Trans Yogya. Cukup bayar Rp. 3.600,- bisa sampai ke Candi Prambanan.

Harga Tiket Masuknya :
Domestik
- Anak – anak Rp. 12.500,-
- Dewasa Rp. 30.000,-
Mancanegara
- Anak – anak USD 9
- Dewasa USD 18

Tapi kalau kalian ambil dua paket sekaligus Candi Prambanan dan Ratu Boko yang lokasinya masih satu area

Harga Tiket Masuknya :
Domestik
- Anak –anak Rp. 20.000,-
- Dewasa Rp. 45.000,-
Manacanegara
- Anak – anak USD 12.5
- Dewasa USD 25



Kalau punya duit lebih coba deh kalian nonton Sedratari Ramayana yang menceritakan tentang Kisah Ramayana. Tentang perjuangan cinta Rama dan Sinta yang penuh dengan lika – liku kehidupan cintanya. Biayanya memang agak mahal (berkisar Rp. 100.000,- / - Rp. 375.000,- orang tergantung kelas pertunjukkannya), tapi bisa numbuhin kesan Romantis lo apalagi kalau perginya hanya berdua sama Tunangan maupun Suami kalian pas Honey Moon gitu. Satulagi Pertunjukan tarian ini jadwal manggungnya di malam hari. Jadi kalian harus bersiap ngeluarin kocek lebih, karena harus cari penginapan di sekitar Candi Prambanan atau Pulang ke Hotel naik Taksi.

Berikut jadwal dan biayanya :

Harga tiket open teater / teater terbuka

VIP class seating          IDR 375.000
Special class seating     IDR 250.000
First class seating         IDR 175.000
Second class seating     IDR 100.000

Harga tiket indoor teater/ teater tertutup

Special class seating     IDR 250.000
First class seating         IDR 175.000
Second class seating     IDR 100.000

Acara dilaksanakan pukul 19.30 sampai 21.30, sebelumnya diharapkan sudah menempati tempat duduk yang disediakan. Pembelian tiket bisa dilayani secara langsung di tiketing

Teater of Ramayana Ballet
Jl. Raya Yogya – Solo Km. 16 Prambanan Yogyakarta)
Informasi +62 274 496 408
0817 042 6908 (Mr Sunardi)
0857 2929 1087 (Ms Wati)





















7. Jangan Lupa Makan Gudeg di Kota Yogya !



Rasanya kurang afdol, jika di Yogya kalian nggak coba Gudeg. Namanya juga Kota Gudeg sebutan lain bagi Kota Yogyakarta, jadi kalian harus wajib cobain makanan asli satu ini dalam melengkapi wisata kuliner kalian. Walaupun Gudeg identik dengan makanan mahal (mungkin karena proses pembuatannya yang makan waktu lama) tapi bisa kalian siasati dengan makan Gudeg + Krecek + Telur + Sayur + Nasinya. Dijamin harganya lebih murah. Berdasarkan hasil survei makan Gudeg di berbagai tempat di Yogyakarta, yang mahal dari makanan ini, jika kita makan Gudeg yang disebutin tadi + Ayam harganya baru melonjak jadi Rp. 35.000,- /porsinya. Jika makannya tanpa ayam, harganya hanya berkisar Rp. 12.000,- bisa hemat kan kalian untuk nyobain makanan khas Yogyakarta ini. Gudeg Pawon dan Yu Djum yang ada di berbagai tempat di Yogyakarta bisa jadi referensi kalian untuk incip Gudeg Enak Khas Yogyakarta.



8. Cari alternatif lain Makanan Murah Enak Lainnya



Jika kalian bosan dengan Gudeg, contohnya kalian merencanakan untuk nginep di kota ini selama dua hari. Berarti kalian harus makan diluar  minimal 4 kali makan (2 kalinya bisa di Hotel jika dapet breakfast), dan nggak mungkin kalian makan gudeg terus kan ? Raminten dan Empek Ulu Bundar bisa lo jadi alternatif untuk melengkapi wisata kuliner kalian.

The House Of Raminten



Terletak di FM Noto 7 Kota Baru Yogyakarta, tempat makan yang menjual makanan angkringan ini cukup cozzy untuk didatengi. Konsep angkringannya hampir sama dengan JIERO-Madiun. Menjual Konsep angkringan ala kafe. Selain makanan murah kalian bisa menikmati suasana malam disana sambil nongkrong maupun berslfie ria. Raminten punya spot menarik lo untuk dapat upload foto kalian.



Empek Ulu Bundar



Kalau tempat makanan ini ada beberapa tempat di Kota Yogyakarta. Baru nemu tempat ini ketika mau cuci mata di Amplaz “Sebutan Ambarukmo Plaza” lokasi salah satunya ini tepat berada di depan Plaza ini. Pas turun dari Trans Yogya langsung lihat rumah makan yang dipenuhi oleh pecinta kuliner. Langsung tertarik, apalagi ternyata menunya Empek dan Siomay dengan berbagai variasi dan harga yang terjangkau sama kantong. Sumber Foto Atas dan Bawah : 
http://eatjogja.com




Berikut Lokasinya

Jl. Cik Di Tiro No. 38, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
Jl. Laksda Adisucipto, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 – Depan Amplaz
Jl. C. Simanjuntak no. 38 Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia



Itu aja deh, semoga referensi ini dapat menjadi panduan Travel Hemat Kalian apabila berlibur ke Kota Gudeg ini.

Kembali : ARTIKEL



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA