indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Selasa, 27 Oktober 2015

Wisata Nusa Tenggara Barat

Selasa, 27 Oktober 2015

1. Gunung Rinjani


Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi  kedua di Indonesia setelah puncak Jayawijaya. ketinggian Gunung Rinjani adalah mencapai 3,700 meter. Dengan ketinggian tersebut butuh waktu sekitar 4-5 hari untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Pastinya akan mejadi petualangan yang seru apabila dapat mencapai puncak Gunung ini. Ditambah dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona dan luar biasa. Di puncak Gunung Rinjani terdapat segara anak, yaitu sebuah danau kawah di puncak gunung.

2. Pura Batu Bolong


Tempat Wisata di Pulau Lombok yang juga sudah terkenal adalah Pura batu Bolong. Pura Batu Bolong berdekatan dengan lokasi wisata Pantai Senggigi. Dinamakan Pura Batu Bolong karena di tempat ini berdiri sebuah pura diatas batu karang yang besar. batu karang ini memiliki lubang di bawahnya. Jadi gambaran umumnya Pura Batu Bolong ini seperti Pura Tanah Lot di bali. Pemandangan Pura Batu Bolong akan nampak lebih dramatis apabila pada saat matahari terbit atau tenggelam di sore hari.






















3. Pantai Senggigi


Wisata Pulau Lombok lainnya yang tak kalah populer adalah Pantai Senggigi. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Pantai Senggigi bisa dikatakan miri dengan Pantai Kuta Bali. Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang serta hamparan pasir putih yang luas. Ombak di pantai Senggigi cukup tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan Snoorkling dan berenang. Pengembangan pariwisata di Pantai Senggigi ini sudah cukup bagus. Hal itu ditandai dengan sudah lengkapnya fasilitas yang ada di Pantai Senggigi dari mulai restoran, hotel, alat transportasi dll.


4. Taman Narmada


Taman Narmada merupakan taman yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727 sebagai tempat untuk peristirahatan para raja dan sebagai tempat pelaksanaan upacara resmi kerajaan. Lokasi Taman Narmada adalah di Desa Lembuak atau 10 kilometer dari Kota Mataram sebelah timur. Di tempat ini sekarang menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan, karena dapat menyaksikan taman peninggalan kerajaan dan menikmati keindahan banunan yang megah. Di lokasi wisata ini juga terdapat sumber mata air yang dipercaya penduduk sekitar dapat membuat awet muda.

5. Air Terjun Sendang Gile


Tempat Wisata Lombok Air Terjun Sendang Gile sering disebut juga Air Terjun Sendang Gila. Lokasi wisata ini adalh terletak di Desa Senaru atau di kawasan Gunung Rinjani. Jarak Air Terjun Sendang Gile dengan Kota Lombok adalah sekitar 60 km. Seperti halnya suber air di Taman Narmada, Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya dapat menambah awet muda.

6. Danau Segara Anak


Danau Segara anak sebearnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Gunung Rinjani. Danau Segara anak memiliki pemandangan yang sangat bagus, yaitu berupa danau yang dikelilingi perbukitan yang tinggi. Untuk mencapainya tidaklahmudah, karena diperlukan perjalanan dengan berjalan kaki selama 9 jam. Medan yang berat dan melelahkan akn terbayarkan saat melihat secara langsung tempat wisata Danau Segara Anak ini. 


7. Gili Trawangan


Di sekitar Pulau Lombok terdapat 3 buah gili atau pulau kecil yang letaknya saling berdekatan. Ketiga Gili tersebut adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Dari ketiga gili tersebut Gili Trawangan merupakan Gili yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan alam yang ditawarkan dari Gili trawangan adalah berupa pantai yang putih bersih serta taman lautnya yang sangat indah. 


















8. Pantai Kuta Lombok


Pernah berwisata ke Pantai Kuta di Bali ? Pantai Kuta Bali tak diragukan lagi memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Ternyata, Pantai Kuta tidak hanya terdapat di Pulau Bali, di Lombok pun juga ada Pantai yang bernama Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok menjadi Lokasi Tempat Wisata pantai yang sangat indah dan wajib dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi Pantai KUta Lombok terdapat di Desa Kuta, Mataram NTB. Aktivitas yang dapat anda lakukan di Pantai Kuta Lombok adalah memancing, menyelam, snoorkling dan berkuda.


9. Pantai Sire


Tempat wista pantai di Lombok ada banyak sekali. Lokasi tempat wisata pantai di Lombok memiliki pemandangan alam yang sangat bagus. Diantara keindahan alam Pulau Lombok adalah Pantai Sire. Pantai Sire terletak sekitar 35 km dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sudah terkenal diantara para wisatawan. Hampir sama dengan Pantai Senggigi, di Lokasi Pantai sire kita dapat berenang, snoorkling, memancing bahkan bermain kano. Semua peralatan itu bisa anda dapatkan di sekitar lokasi pantai tentu saja dengan tarif tertentu.


10. Hutan Monyet Pusuk


Hutan Monyet Pusuk ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba. Di lokasi tempat wsiata ini terdapat ratusan monyet yang hidup secara liar. Oleh karena itu apabila berkunjung ke daerah ini harap berhati-hati karena monyet yang hidup liar ini sering bermain di jalan dan tak jarang pula menyerang pengunjung !


11. Batu Layar


Makam Batu layar merupakan sebuah wisata religi yang terdapat di Kecamatan Batu layar, Kabupaten Lombok Barat. Lokasi Makam batu Layar tepatnya adalah di kawasan wisata Pantai Senggigi. Menurut masrarakat setempat di tempat ini terdapat makam dari seorang tokoh bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Tokoh ini berperan dalam penyebaran Agama Islam di Lombok. Oleh karena itu masyarakat Lombok sangat menghormati makam beliau ini.


12. Pantai Sekotong


Satu lagi pantai yang terdapat di Pulau Lombok yang memiliki pemandangan yang sangat menawan. Meskipun tidak sepopuler dibanding Pantai Senggigi, namun Pantai Sekotong ini tetap menjadi tujuan wisata yang cukup ramai di Lombok. Pantai Sekotong beralamat di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara barat. Di kawasan ini sebenarnya ada beberapa pantai yang memiliki pemandangan yang bagus, namun sebagian belum bernama dan belum terkenal karena lokasinya yang sedikit tersembunyi.


13. Rumah Adat Dusun Sade Lombok


Sade adalah salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Dusun ini dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak. Suku Sasak Sade sudah terkenal di telinga wisatawan yang datang ke Lombok. Ya, Dinas Pariwisata setempat memang menjadikan Sade sebagai desa wisata. Ini karena keunikan Desa Sade dan suku Sasak yang jadi penghuninya. Sebagai desa wisata, Sade punya keunikan tersendiri. Meski terletak persis di samping jalan raya aspal nan mulus, penduduk Desa Sade di Rembitan, Lombok Tengah masih berpegang teguh menjaga keaslian desa. Sumber Foto Atas : Lucianancy.com

Bisa dibilang, Sade adalah cerminan suku asli Sasak Lombok. Yah, walaupun listrik dan program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dari pemerintah sudah masuk ke sana, Desa Sade masih menyuguhkan suasana perkampungan asli pribumi Lombok. Hal itu bisa dilihat dari bangunan rumah yang terkesan sangat tradisional. Atapnya dari ijuk, kuda-kuda atapnya memakai bambu tanpa paku, tembok dari anyaman bambu, dan langsung beralaskan tanah. Orang Sasak Sade menamakan bangunan itu 'bale'. Pemandu lokal kami yang bernama Bapak Mesah berkata ada delapan bale yaitu Bale Tani, Jajar Sekenam, Bonter, Beleq, Berugag, Tajuk dan Bencingah. Bale-bale itu dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada 150 Kepala Keluarga (KK) di Sade. Dulu, penduduknya banyak yang menganut Islam Wektu Telu (hanya tiga kali sholat dalam sehari). Tapi sekarang, banyak penduduk Sade sudah meninggalkan Wektu Telu dan memeluk Islam sepenuhnya, kata Bapak Mesah. 

Uniknya, warga desa punya kebiasaan khas yaitu mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau. Jaman dahulu ketika belum ada plester semen, orang Sasak Sade mengoleskan kotoran kerbau di alas rumah. Sekarang sebagian dari kami sudah bikin plester semen dulu, baru kemudian kami olesi kotoran kerbau. Konon, dengan cara begitu lantai rumah dipercaya lebih hangat dan dijauhi nyamuk. Bayangkan saja, kotoran itu tidak dicampur apa pun kecuali sedikit air. Dan ketika masuk ke rumah, tak ada bekas bau yang tercium. Orang Sasak Sade memang jenius! Di tempat ini pula anda bisa membeli kerajinan khas perkampungan Sade, Berupa kain Songket Tenun, yang cukup mempunyai nilai dan berkelas.


14. Dessert Point – Taman Wisata Bangko Lombok


Dessert Point


Bagi para pecinta Surfing / selancar, salah satu spot point yang paling terkenal di Indonesia adalah Desert Point alias Bangko-bangko yang terletak di Kecamatan Sekotong Lombok Barat, tepatnya di barat daya Pesisir Lombok. Jika anda berwisata ke Bali, ada baiknya mencoba berkunjung ke tempat wisata ternama ini. Dengan menggunakan kapal laut Ferry menuju pelabuhan Lembar, lalu dari Lembar anda tinggal menyewa jasa travel atau mobil sewaan yang bisa di jumpai di sekitaran Lembar. Lama perjalanan menuju Desert Point kurang lebih 2 Jam dari Lembar.  Selain itu anda bisa langsung menyewa kapal langsung dari Bali, jika dari Kuta Bali anda hanya menghabiskan waktu 3jam menuju Bangko-bangko. Infrastruktur Jalan dari Labuan Poh (Sekotong Barat) hingga ke Bangko-bangko memang kurang bagus, jalanan yang sedikit berbatu dan berkelok kelok serta menanjak rasanya akan menghabiskan banyak waktu dan modal. Namun jangan salah, saat musim surfing datang, banyak peselancar kelas dunia yang rela menginap berlama lama di pondok pondok sederhana di pinggir pantai demi menjumpai ombak ganas yang dikatakan berkelas Totally Epic tersebut.


Taman Wisata Alam Bangko-bangko 


Taman Wisata ini seluas 2.169 Ha. Hutan Taman Wisata Alam Bangko Bangko termasuk dalam tipe ekosistem hutan pantai dan hutan musim dataran rendah serta hutan mangrove. Vegetasi pantai Bangko Bangko terdiri dari jenis antara lain Biduri (Calothropus gigantea), Pandan Laut (Pandanus sp). Jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di bentang hutan musim dataran rendah diantaranya Bajur (Pterospermum javanicum), Kesambi (Schleicera oleosa), Waru (Hibiscus tiliaceus), sedangkan pada vegetasi mangrove dapat dijumpai jenis-jenis antara lain Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Ceriops tagal. Jangan lupa untuk menyempatkan diri melihat sisa-sisa peninggalan jaman penjajahan Jepang berupa puing-puing benteng pemantau pertahanan Jepang lengkap dengan meriam yang terletak dalam sebuah bukit.  Sumber Foto Atas : JalanJalanYuk.com


15. Pulau Moyo, Sumbawa 


Moyo atau Mojo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Saat kunjungan yang terbaik pada musim kemarau yakni bulan Juni sampai dengan Agustus akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Juni dan Juli meskipun gelombang air laut mulai tenang dari April. Pulau Moyo yang terletak di Teluk Saleh memiliki cagar alam taman nasional Pulau Moyo yang berada beberapa kilometer dari pantai utara dan pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat untuk babi hutan, biawak berikut 21 jenis kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura. Tak tanggung Putri Diana pernah mendatangi Pulau Ini ketika mengunjungi Indonesia untuk sekedar melihat keindahannya.


16. Pulau dan Danau Satonda - Dompu, Sumbawa


Danau Satonda terletak di tengah pulau Satonda dan termasuk wilayah Kabupaten Dompu, NTB. Danau ini mempunyai keunikan karena airnya asin seperti air laut. Diperkirakan air danau ini asin karena tercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat gunung Tambora meletus (mirip dengan danau Kakaban di Kalimantan Timur). Ini dimungkinkan karena jarak pulau Satonda dengan gunung Tambora sangatlah dekat dan seperti diketahui letusan gunung Tambora merupakan letusan yang sangat dahsyat sehingga sangat mungkin menimbulkan gelombang pasang (tsunami) yang dahsyat pula. Luas danau Satonda sekitar 2,5 km2 dan belum diketahui jenis habitat yang ada di dalam danau ini karena belum pernah dilakukan penelitian.


17. Sabana Doro Ncanga Dompu, Sumbawa


PADANG rumput hijau kekuningan membentang sejauh mata memandang. Gunung Tambora yang menjulang di utara dan garis pantai Teluk Saleh yang melandai di selatan adalah pagarnya. Di padang penggembalaan bernama Doro Ncanga Dompu itulah, ribuan ternak Pulau Sumbawa dilepaskan. Doro Ncanga adalah Sabananya Indonesia. Di tempat ini ribuan hektar rumput liar tumbuh dan menjadi tempat bagi pakan ternak. Itulah yang menjadi keasyikan jika anda mendatangi tempat ini. Anda dapat membuktikan bahwa betapa Kayanya Indonesia dengan segala potensi wisatanya.























ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA