indonesaEnglish


Senin, 26 Oktober 2015

Budaya Nusa Tenggara Barat

Senin, 26 Oktober 2015

1. Rumah Adat


Salah satu contoh rumah adat Nusa Tenggara Barat disebut Istana Sultan Sambawa. Istana tersebut bertingkat tiga. Lantai bawah atau pertama merupakan tempat pengawalan. Bila ada upacara, maka para pengawal berbaris didepan tangga, sesuai urutan pangkatnya. Anak tangga menandakan urutan pangkat tersebut. Lantai kedua adalah tempat kediaman Sultan dan Permaisuri. Disebalah kana berhapan dengan kamar Sultan alah tempat pangeran pangeran. Sedangkan lantai tiga disediakan untuk para putri dan keluarga lainnya dari Sultan.




















2. Seni Tradisional

   - Tari Mpaa Lenggogo

Tari Mpaa Lenggogo
Merupakan sebuah tarian guna menyambut kehadiran Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Tari ini juga sering dipertunjukkan pada upacara upacara perkawinan atau upacara khinatan keluarga raja.

Tari Batu Nganga
Merupakan sebuah tarian berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang mesuk kedalam batu. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.

Tari Gora (Gogo Rancah)
Merupakan tarian yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan para petani yang dengan semangat menanam padi. Tari ini merupakan tari garapan yang diolah dari sumber tari tradisi suku Sasak, suku Sumbawa, dan suku Bima.
















3. Senjata Tradisional


Di NTB, senjata tradisional adalah keris. Ada berbagai jenis keris, misalnya sampari dan sondi. Di Lombok, sondi bernama grantin. Keris merupakan benda pusaka yang diperoleh secara turun temurun. Dipakai pada saat upara upara adat, juga pada waktu upacara keagaaman, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idut Fitri, Idul Adha dan pada waktu menerima tamu negara.

4. Pakaian Adat

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat disebut Pakaian Adat Tradisional Lombok untuk pria berupa tutup kepala dengan baju berlengan panjang, kain sarung sebatas dengkul dan kain sarung yang ditenun. Sedangakan wanitanya memakai kebaya panjang dengan kain songket. Perhiasannya yang dipakai adalah hiasan bunga dikepala, anting anting, kalung bersusun, pending, dan gelang. Pakaian adat pria Sumbawa berupa tutup kepala,baju jas tutup, kain songket dan kain tenun yang melingkar dipinggang. Wanitanya memakai model baju bodo, dan kain songket. Perhiasan yang dipakai berupa hiasan bunga dikepala, kalung bersusun, pending, dan gelang tangan.






5. Suku

Suku Bima - Nusa Tenggara Barat

Sebagian besar dari penduduk Pulau Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Komposisi Penduduk Nusa Tenggara Barat Sasak (68%), Bima (14%),Sumbawa (8%), Bali (3%),Dompu (3%), Jawa (2%)

6. Bahasa
Indonesia,Sasak,Samawa,Mbojo
7. Lagu Daerah
- Halele U Ala De Teang
- Pai Mura Rame
- Tebeb O Nana
- Tutu Koda 


















ENSIKLOPEDI LAINNYA



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA