indonesaEnglish


Rabu, 28 Oktober 2015

Kuliner Nusa Tenggara Timur

Rabu, 28 Oktober 2015

1. Seafood NTT


Provinsi NTT memiliki potensi laut yang sangat banyak. Di pulau-pulau tertentu banyak warga berada di pesisir yang pantai bekerja sebagai nelayan. Oleh karena itu banyak sekali  makanan khas di daerah ini yang berbahan dasar hewan laut. contohnya seperti tongkol bakar, Lobster Rebus, hingga Kepiting. Kita akan merasakan rasa berbeda yang lebih nikmat di daerah ini karena ikan-ikannya masih segar beda dengan jika kita membeli ikan di pasar ataupun di tempat perbelanjaan lainnya. Salah satu yang terkenal adalah di salah satu kota Pelabuhan Labuhan Bajo.




















2. Catermak Jagung



Cetermak jagung merupakan makanan penutup yang terbuat dari bahan utama jagung, kacang hijau, dan labu lilin yang dimasak dengan bumbu. Catermak jagung ini memiliki rasa khas asin. Sangat berbeda bukan dengan kolak jagung yang memiliki rasa manis?

3. Kolo


Kolo merupakan makanan khas tradisional daerah manggarai, nusa tenggara timur. Kolo adalah nasi bakar yang dimasak menggunkan bambu. Bahan yang kita butuhkan untuk memasak makanan ini adalah bambu sepanjang 30 cm, beras, dan bumbu masakan, cara memasaknya yaitu kita masuknya beras, air dan bumbu kedalam bambu kemudian bagian mulut ujung ditutup dengan daun pisang lalu dibakar hingga matang. Biasanya kolo ini digunkan untuk acara pesta adat penti atau syukuran panen.


















4. Jawada


Jawada merupakan kue yang dibuat dari campuran tepung beras, santan, garam, gula aren, air nira  dan minyak. kue ini sekilas mirip seperti bihun goreng yang dibentuk segitiga dan berwarna coklat, memiliki aroma yang khas antara tepung yang digoreng dengan wangi gula merah. Kue ini dapat bertahan lama jika kita menyimpannya di dalam stoples yang kering dan hampa udara.

5. Sambal Ikan Teri 


Di daerah nusa tenggara timur ikan teri cukup terkenal sehingga dijadikan makanan yang cukup populer, bahkan sambal ikan teri ini  dapat kita jumpai dibagian daerah lain. Cara membuat makanan ini pun tidak susah  kita dapat mengkereasikannya sesuai selera masing-masing.

6. Kerang Masak Semboko 


Di Propinsi NTT, Kerang Masak cukup terkenal. Biasanya pengelolaannya dengan ditumis bersama kangkung,  pare dan bunga pepaya.


















ENSIKLOPEDI LAINNYA



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA