indonesaEnglish


Kamis, 01 Oktober 2015

Flora dan Fauna Khas Jakarta

Kamis, 01 Oktober 2015

Flora dan fauna khas provinsi Jakarta ini adalah flora identitas provinsi dan fauna identitas provinsi se-Indonesia. Kali ini mengangkat tumbuhan dan hewan yang dijadikan fauna dan flora identitas yang selain khas juga menjadi maskot bagi provinsi DKI Jakarta. Sebagai flora atau tumbuhan identitas, provinsi DKI Jakarta memilih Salak Condet (Salacca edulis cognita) dan Elang Bondol (Haliastur indus) sebagai Flora dan Fauna Identitas Provinsi DKI Jakarta.































Salak Condet Flora Identitas Jakarta


Salak Condet atau Salacca Edulis Cognita  adalah salah satu jenis buah yang sangat terkenal dari Jakarta. Salak condet sendiri memiliki nama belakang Condet karena banyak tumbuh dan tersebar di daerah Condet. Tepatnya di sekitar Kelurahan Balekambang, kelurahan Batu Ampar dan Kelurahan Gedong, Jakarta Timur. Faktanya, hingga saat ini Salak Condet masih digunakan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai lambang resmi daerah bersama dengan Elang Bondol yang terlihat sedang mencengkram Salak Condet pada lambang tersebut. Salak yang juga terlihat pada Brand Logo transjakarta ini kondisinya sangat memprihatinkan dan terancam mengalami kepunahan. Tidak jelas berapa sisa dari salak Condet tersebut. Data empiris memperlihatkan bahwa di tiga kelurahan tersebut sudah bukan lagi menjadi lahan yang memadai bagi tumbuhan termasuk bagi Salak Condet. Tata kelola lahan yang tidak seimbang antara lahan tutupan dengan lahan produktif bagi tanaman menjadi akar permasalahannya. Sebagian besar lahan di wilayah Kelurahan Balekambang, Kelurahan Batu Ampar dan Kelurahan Gedong telah dimanfaatkan sebagai lahan perumahan penduduk.


Elang Bondol Fauna Identitas Jakarta

Elang Bondol merupakan salah satu jenis elang yang dapat dijumpai di Indonesia. Elang Bondol kadang disebut juga sebagai Lang Lang Merah atau Elang Tembikar. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Brahminy Kite atau Red-backed Sea-eagle. Sedangkan nama ilmiah hewan ini adalah (Haliastur indus )yang bersinonim dengan Falco indus.

Elang Bondol sebagai maskot kota Jakarta, pastinya sudah diketahui oleh semua warga kota Jakarta. Bahkan bus transjakarta pun turut menggunakan gambar burung Elang Bondol (dengan mencengkeram Salak Condet) sebagai logo yang terpasang di setiap bisnya. Namun bagi yang memperhatikan pastinya juga akan mafhum jika semakin hari, Sang Maskot Kota Jakarta, Elang Bondol, semakin sulit dijumpai dan langka. Sama halnya dengan Salak Condet (Salacca Edulis Cognita) yang menjadi Flora Identitas Jakarta, Fauna Identitas ini juga hampir mengalami kepunahan.

Daerah Persebaran dan Habitat. 
Di Indonesia, burung yang menjadi maskot kota Jakarta ini dapat ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua. Habitat utama burung Elang bondol adalah daerah pesisir pantai, hutan mangrove, rawa-rawa, dan danau di daerah dataran rendah hingga ketinggian 3000 meter dpl. Di Jakarta sendiri Elang Bondol dapat ditemui di gugusan Kepulauan Seribu yang merupakan wilayah Kabupaten Administratif dari Jakarta




FLORA FAUNA INDONESIA

ENSIKLOPEDI LAINNYA




Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA