indonesaEnglish


Sabtu, 01 November 2014

Flora dan Fauna Khas Aceh

Sabtu, 01 November 2014

Hewan dan tumbuhan khas Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah fauna dan flora khas yang ditetapkan menjadi identitas Provinsi Aceh. Sebagaimana provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, Aceh memiliki tumbuhan dan hewan khas yang telah ditetapkan sebagai identitas provinsi tersebut. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam telah menetapkan burung Cempala Kuneng atau Kucica Ekor-kuning (Trichixos pyrropygus) sebagai fauna identitas mereka. Selain itu juga menetapkan Bunga Jeumpa atau Cempaka Kuning (Magnolia champaca) sebagai flora identitas. Pasangan flora dan fauna inilah yang kemudian disebut juga sebagai tumbuhan dan hewan khas Provinsi Aceh.

Mengenal Hewan Khas Aceh


Fauna Identitas atau hewan khas Nanggroe Aceh Darussalam adalah burung Kucica Ekor-kuning yang dalam bahasa lokal lebih sering disebut sebagai Cempala Kuneng. Burung ini adalah anggota famili Muscicapidae yang masih berkerabat dekat dengan burung Kacer (Kucica Kampung) dan Murai Batu (Kucica Hutan). Nama latin hewan ini adalah Trichixos pyrropygus Lesson, 1839 yang bersinonim dengan Trichixos pyrropyga Lesson, 1839. Dalam bahasa Inggris burung khas Aceh ini dinamai Rufous-tailed Shama. Burung asli Indonesia ini berukuran sedang. Panjang tubuhnya hingga kepala sekitar 21 cm. Bulu pada kepala, punggung, dan sayap berwarna coklat keabuan tua mengkilap. Sedangkan dada dan perut sampai pangkal ekor dan punggung berwarna kuning kemerahan. Ujung ekor berbulu warna hitam. Selain itu memiliki ciri khas berupa alis berwarna putih dia atas matnya pada burung jantan.

Klasifikasi Ilmiah. Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Aves. Ordo: Passeriformes. Famili: Muscicapidae. Genus: Trichixos. Spesies: Trichixos pyrropygus.

Mengenal Tumbuhan Khas Aceh





Flora Identitas atau tumbuhan khas provinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah Cempaka Kuning yang di Aceh dikenal sebagai Bunga Jeumpa. Bunga dari suku (famili) Magnoliaceae ini masih berkerabat dekat dengan Cempaka Hutan Kasar (Magnolia vrieseana). Bunga Jeumpa merupakan tanaman perdu dengan tinggi pohon mencapai 3-6 meter. Bunganya berwarna kuning, orange, atau putih krem. Yang menjadi ciri khusus bunga ini adalah bunganya yang memiliki aroma wangi yang khas. Tumbuhan tumbuh tersebar luas mulai dari India hingga ke daratam China dan wilayah kepulauan Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Kepulauan Sunda Kecil). Selengkapnya mengenai bunga Jeumpa, baca : Bunga Jeumpa, Flora Maskot Provinsi Aceh.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Plantae. Divisi: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida . Ordo: Magnoliales . Famili: Magnoliaceae . Genus: Michelia. Spesies: Michelia champaca



Sumber Terkait :
Sumber :
http://kebudayaanindonesia.net/
http://alamendah.org/
http://fokusaceh.blogspot.com/
http://nailulkharisma.blogspot.com/
Sumber Utama :
Wikipedia.com



Ensiklopedi Aceh 



Sumatera Lainnya




Ensiklopedi Indonesia







Terbaik Indonesia
Lihat Lebih Lengkap>>>




Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA