indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Sabtu, 10 Oktober 2015

Wisata Kalimantan Timur

Sabtu, 10 Oktober 2015

1. Pulau Derawan



Pulau Derawan terletak di Kepulauan DerawanKecamatan DerawanKabupaten BerauKalimantan Timur. Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter. Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, diantaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobsterikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchskuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan skorpion (scorpionfishes). Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).


2. Kutai Kartanegara - Tenggarong, Kalimantan Timur



Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan sebuah kabupaten di Kalimantan TimurIndonesia. Ibu kota berada di Kecamatan Tenggarong. Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki luas wilayah 27.263,10 km² dan luas perairan sekitar 4.097 km² yang dibagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 225 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk mencapai 626.286 jiwa (sensus 2010). Daerah ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang direncanakan sebagai kota baru di Kalimantan Timur dan menerapkan Smart City yang terintegrasi




3. Kawasan Wisata Bukit Bangkirai


Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Kawasan Wisata Bukit Bangkirai. tempat wisata yang satu ini merupakan hutan alam yang dekat dengan kota dan berfungsi sebbagai monumen hutan hujan tropis di Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Salah satu daya tarik yang membuat tempat wisata yang satu ini banyak dikujungi adalah adanya jembatan panjang yang menghubungkan antara pohon yang satu dengan pohon yang lainnya.



4. Samboja Lodge


Tempat wisata yang selanjutnya adalah tempat wisata Samboja Lodge. Tempat wiasta yang satu ini merupakan tempat perlindungan bagi Orang Utan dan Beruang Madu. Hutannya merupakan hasil dari reboisasi yang memiliki lebih dari 740 jenis pohon asli dari Kalimantan. Dilengkapi juga dengan tempat peristirahatan yang berupa Pondok Alam unik nan indah yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alam yang bisa di daur ulang.























5. Liang Mangkulangit

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Liang Mangkulangit atau yang berarti Goa Mangkat Langit. Disana Anda bisa melihat keindahan goa yang ada. Di Dalam goa terdapat juga aliran sungai Kandilo.

6. Goa Losan

Goa Losan merupakan tempat wisata di Kalimantan Timur yang bisa Anda kunjungi. Goa yang satu ini merupakan goa yang cukup indah, karena terdapat berbagai stalagit dan stalagmite yagn berwarna putih kekuningan. Selain itu stalagit yang ada bisa dipukul, dan setiap bebatuan yang dipukul memiliki nada yang berbeda, sehingga didalamnya bisa membuat suara yang berirama.

7. Danau Jempang


Danau yang satu ini merupakan tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi, terutama untuk Anda yang senang memancing. Di tempat yang satu ini Anda bisa memancing dan mendapatkan berbagai macam jenis ikan, karena di danau initersedia berbagai jenis ikan yang berbeda-beda.
Sumber Foto : boombasticborneo.com

8. Jantur Inar



Jantur atau air terjun inar terletak di Kampung Temula. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menikmati udara yang segar dan indahnya air terjun. Selain itu disana Anda juga bisa merasakan segarnya air dari Jantur Inar dengan cara berenang dan bermain air. 

9. Pantai Melawai



Tempat wisata terakhir yang akan diberikan adalah Pantai Melawai. Pantai yang satu ini adalah tempat alternatif untuk Anda menghabiskan waktu disore hari. Saat matahari terbenam pantai Melawai menyajikan pemandangan yang indah. Selain itu disana juga Anda bisa menikmalti berbagai hidangan lokal yan ditawarkan dengan harga yang murah.





10. Pulau dan Danau Kakaban


Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia, selain Danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di Kepulauan Palau, Mikronesia, yang meliputi Kepulauan Raja Ampat, Papua Indonesia. Di danau Kakaban dapat di temukan jenis ubur - ubur yang tidak menyengat, diperkirakan ribuan tahun yang lalu ubur - ubur tersebut terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis dimana hampir tidak ada hewan lain mampu melakukannya, ada empat jenis ubur ubur di danau Kakaban antara lain golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. Disamping danau Kakaban juga terdapat Kehe Daeng yang artinya Lobang Ikan, disaat air laut surut goa sempit yang semula terendam akan muncul di permukaan sehingga terumbu yang berwarna warni serta serta bintang laut dapat dengan mudah disentuh.









ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA