indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Sabtu, 10 Oktober 2015

Kuliner Kalimantan Timur

Sabtu, 10 Oktober 2015

1. Bubur Pedas


Adalah makanan khas suku melayu sambas kalimantan barat. Menengok dalam sejarahnya konon bubur pedas ini menjadi makanan yang sering disajikan dalam kerajaan. Dinamakan bubur pedas bukan sebab penggunaan cabai yang sangat banyak melainkan aroma rempah – rempah dalam bubur. Cara memasak bubur ini yaitu dengan mencampurkan kelapa sangrai dan beras sangrai yang sebelumnya telah dihaluskan dengan cara ditumbuk. Rempah – rempah lainnya juga ditambahkan saat proses penumbukan seperti bawang merah putih, daun salam, adas, kunyit, ketumbar, jinten, sereh, lada hitam, cabai, lengkuas dan aneka sayur yang sesuai dengan selera.

2. Ayam Cincane

Merupakan salah satu kuliner di kota samarinda yang menjadi andalan di sana. Biasanya oleh masyarakat samarinda, ayam cicane ini dijadikan hidangan utama saat menyelenggarakan pesta pernikahan maupun acara – acara lainnya. Ciri khas dari ayam cincane ini adalah bumbu yang berwarna kemerahan. Jika anda ingin mencicipinya, ayam cincane dapat anda jumpai di beberapa rumah makan ataupun kedai.

3.Nasi Bakepor

Komposisi dari nasi bekepor adalah terdiri dari nasi liwet yang dicampur dengan potongan ikan asin, rempah – rempah dan minyak sayur. Dalam penyajiannya nasi bekepor biasanya disandingkan dengan daging masak bumi hangus dan sayur gangan asam kukar sebagai lauk tambahan. Penjelasan mengenai sayur gangan asam kukar, adalah sejenis sayur asem yang dimasak dengan campuran di dalamnya kepala ikan dan ubi manis.

4. Nasi Kuning

Makanan khas yang dimiliki kalimantan timur salah satunya adalah nasi kuning. Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan rempah – rempah serta termasuk kunyit. Bumbu – bumbu dan santan yang ditambahkan ini membuat warna nasi menjadi kuning dan rasanya lebih gurih dari pada nasi putih. Biasanya nasi kuning disajikan sebagai tumpeng dan disertai bermacam lauk pauk.

5. Amplang

Adalah sejenis camilan kerupuk dengan bentuknya yang unik menyerupai kuku macan. Salah satu bahan dari amplang adalah ikan laut. Rasa ikan yang gurih membuat amplang banyak diburu orang untuk dijadikan oleh – oleh ataupun sekedar camilan keluarga di rumah. 










ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA