indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 12 Oktober 2015

Wisata Kalimantan Selatan

Senin, 12 Oktober 2015


1. Pasar Terapung

Keberadaan sungai di Banjarmasin memiliki peran penting baik untuk perekonomian masyarakat maupun bagi sektor pariwisata. Salah satunya pasar terapung yang menjadi salah satu daya tarik Kota Banjarmasin. Kegiatan di Pasar Terapung ini dimulai pada pukul 05.30 WITA sampai pukul 08.00 WITA.
























2. Air Terjun Panayar



Tempat wisata di Kalimantan Selatan ada air terjun panayar, lokasinya berada di Desa Artain Kecamatan Aranio, jaraknya kurang lebih 30 km dari kota Martapura, Kalimantan Selatan. Untuk menuju air terjun ini anda menggunakan kendaraan bermotor kemudian dilanjutkan menggunakan kelotok.






3. Waduk Riam Kanan dan Pulau Pinus II

Danau atau Waduk Riam Kanan berlokasi di Desa Aranio, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Waduk Riam Kanan juga mengunjungi Pulau Pinus 2 yang berada di tengah waduk riam kanan. Disebut pulau pinus karena banyak pohon yang tumbuh di pulau tersebut.



4. Pulau Kaget


Pulau Kaget merupakan salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan yang berada di wilayah Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pulau Kaget merupakan sebuah delta yang terletak di tengah sungai Barito, pulau ini juga merupakan habitat bagi Bekantan.






5. Air Panas Hantakan

Air Panas Hantakan merupakan objek wisata di Kalimantan Selatan berupa pemandian air panas yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Air di kolam air panas ini memiliki kandungan belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

6. Air Terjun Minik Palajau

Air terjun minik palajau berada kurang lebih 1 km dari Desa Kiyu, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Untuk menuju air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.


7. Loksado




Loksado adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang merupakan salah satu tempat wisata andalan di Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda akan menjelajahi pegunungan meratus. Dari sini anda bisa mengunjungi Air Terjun Haratai, Air Terjun Kilat Api dan  Balanting Paring atau Bamboo Rafting menyusuri sungai amandit. Sumber Gambar : DetikTravel
























8. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan Sarang Tiung berada di Utara Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Pantai Gedambaan merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu disini juga terdapat penginapan dan kolam renang untuk anak.


9. Pantai Teluk Tamiang



Pantai Teluk Tamiang adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan yang menawarkan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Lokasinya berada di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan jalur darat dengan rute Tanjung Serdang - Lontar - Teluk Tamiang, cara lain bisa menggunakan ferry di Batu Licin.



10. Pantai Tanjung Kunyit


Setelah ke Pantai Teluk Tamiang anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung kunyit dari Teluk Tamiang menggunakan perahu. Di tanjung kunyit ini juga ada sebuah mercusuar yang bisa anda naiki untuk melihat pemandangan sekitar dari atas mercusuar. Selain tiga tempat wisata tersebut masih banyak lagi yang bisa dikunjungi. Nanti akan dibuatkan postingan sendiri mengenai tempat wisata di salah satu kabupaten di kalimantan selatan ini.




11. Pantai Batakan

Pantai Batakan berada di Desa Batakan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Jarak dari pusat kota pelaihari kurang lebih 40 km. Pantai Bantakan berpasir coklat dan banyak ditumbuhi pohon pinus. Di dekat pantai ini juga terdapat sebuah pulau di tengah laut bernama pulau Datu.


12. Pantai Pagatan

Pantai Pagatan berada di Pagatan yang merupakan ibu kota Kecamatan Kusan Hilir. Lokasinya sangat mudah dicapai karena berada di samping jalan utama Trans Kalimantan, pantai ini dapat terlihat langsung apabila anda berjalan dari arah Banjarmasin menuju Kotabaru.


13. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura lokasinya berada di seberang Kompleks Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Jl. Jendral Sudirman Banjarmasin, letaknya dipinggir Sungai Martapura. Taman ini dibangun pada 2004 dan menjadi tempat berkumpul dan rekreasi para muda-mudi Banjarmasin.






14. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan adalah tempat dimana anda bisa membeli batik khas Banjarmasin yaitu kain sasirangan. Lokasinya berada di Jalan Seberang Masjid, Kelurahan Kampung Melayu, Banjarmasin. Kain Sasirangan dulunya adalah pakaian yang dipakai pada upacara adat suku Banjar.




15. Museum Wasaka

Museum Wasaka adalah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing, dalam bahasa Banjar maksudnya adalah tekad para pejuang di Kalimantan Selatan dalam melawan penjajah Belanda hingga titik darah penghabisan. Sumber Foto : RanselHitam.Com Oleh: Wirawan Winarto.



16. Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah sebuah delta yang berada di tengah sungai Barito, Pulau ini dihuni kera ekor panjang dan beberapa jenis burung. Pulau ini secara administratif berada di kecamatan Alalak, Kabupaten Barito, Kalimantan Selatan. Pulau ini bisa dicapai dengan kelotok yang banyak disewakan di sekitar Pasar Terapung.





Sumber Foto Oleh : Saipullah


17. Bukit Langgara

Bukit Langara merupakan sebuah bukit berbatu yang terletak sekitar 10 km dari Kandangan yang merupakan ibukota dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan atau 160 km dari Kota Banjarmasin. Beberapa hari yang lalu saya bersama teman-teman berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini. Setelah menempuh perjalanan selama 4 jam lebih dari Banjarmasin akhirnya kami tiba di Desa Lumpagi, Loksado. Ternyata untuk sampai ke atas bukit perlu sedikit perjuangan. Kami harus berjalan selama sekitar 30 menit melewati jalan setapak yang merupakan satu-satunya akses menuju atas bukit. Perjalanan menuju puncak bukit awalnya tidaklah sulit, setelah melewati jalan kampung kemudian menyeberang jembatan kami tiba di sebuah hutan jati. Dari sinilah kami harus mulai mendaki, pendakian menjadi sedikit sulit karena jalan yang kami ambil cukup curam dan juga licin. Untungnya ada bambu-bambu yang dipasang melintang untuk membantu berpegangan. Pendakian ini memakan waktu sekitar 20 menit hingga akhirnya kami tiba di puncak bukit yang dipenuhi bebatuan. Bebatuan yang mendominasi puncak bukit membuat kami harus berhati-hati dalam melangkah. Walau begitu bebatuan tersebut juga menjadi daya tarik bagi bukit ini.

Dari atas bukit ini kami bisa melihat sebagian kecil pemandangan alam Pegunungan Meratus yang membentang sepanjang ±600 km². Sungai Amandit yang membelah hutan tampak begitu indahnya sehingga menjadi pelepas penat setelah perjalanan yang cukup melelahka. Hutan yang sebagian besar masih alami menyihir setiap mata yang memandangnya. Selain itu pemandangan Bukit Ketawang juga menambah keindahan panorama alam yang bisa dilihat dari Bukit Langara ini. Bukit berbatu tersebut tampak hijau oleh pepohonan yang menyelimutinya serta masih terjaga kealamiannya.


ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA