indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 05 Oktober 2015

Kuliner Jawa Tengah

Senin, 05 Oktober 2015

1. Tahu Petis

Tahu Petis merupakan makanan dari daerah Jawa Tengah khususnya daerah Semarang. Tahu Petis sering kali dihidangkan untuk menu lauk ataupun hanya sekedar untuk camilan atau snack. Tahu Petis berbahan dasar tahu seperti namanya dengan pemasakannya dengan cara digoreng. Tahu ini dimakan dengan menggunakan saus hitam yang sering dinamakan dengan petis. Petis ini biasanya berasal dari kuah yang dimasak lama dan didinginkan. Saus dari tahu petis ada bermacam-macam rasa. Banyak dari saus ini yang mempunyai rasa kental dengan rempah-rempah yang begitu mencolok dengan dibubuhi gula jawa. Namun disamping itu, ada pula saus tahu petis yang menggunakan sensasi rasa pedas sehingga akan lebih nikmat jika dihidangkan dalam keadaan panas. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan ini dapat langsung datang ke kota Semarang atau dapat mencoba membuatnya sendiri.


2. Telur Asin

Telur Asin seperti namanya yaitu telur yang berasa asin. Makanan ini berasal dari daerah Jawa Tengah tepatnya dari daerah Brebes. Bahan dasar dari makanan ini adalah telur itik yang diawetkan dan diasinkan sehingga akan menghasilkan rasa yang begitu asin dan cocok untuk lauk saat makan. Cara pembuatan telur asin pun juga sangat mudah. Cukup dengan merendam telur ke bubukan bata yang sudah dicampur dengan garam selama beberapa hari. Kemudian setelah itu rebus telur dengan air garam kembali. Tiriskan untuk beberapa menit, maka telur asin siap untuk dihidangkan untuk keluarga anda.


3. Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan dari Jawa Tengah daerah Pati. Nasi Gandul ini dibuat dengan bahan dasar nasi uduk yang penyajiannya dengan menggunakan daun pisang. Bukan hanya itu saja, biasanya nasi gandul ini mempunyai rasa yang lumayan gurih dibandingkan dengan nasi-nasi biasanya. Sudah banyak orang Pati yang memasaknya dengan mencampuri daun pandan sehingga terkesan berbau harum. Nasi gandul sering disebut dengan nasi pindang oleh sebagian orang Pati. Namun sekarang, nasi gandul bukan hanya terdapat di daerah Pati saja namun sudah banyak tempat bahkan warung-warung makan ataupun warteg sudah menerapkan sistem penyajian nasi gandul ini.


4. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan merupakan makanan di Jawa Tengah yang berasal dari daerah Banyumas dan Purwokerto. Tempe Mendoan terbuat dari bahan asli tempe. Sedangkan arti mendoan sendiri adalah memasak menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak benar-benar matang. Tempe Mendoan yaitu sejenis gorengan yang cara pemasakannya mencelupkan irisan tempe tipis-tipis ke dalam adonan tepung untuk kemudian digoreng. Tempe Mendoan ini sekarang tidak hanya terdapat di Daerah Banyumas dan Purwokerto saja namun hampir di seluruh daerah Jawa Tengah ada Tempe Mendoan. Bahkan makanan ini sering dijual di angkringan tertentu yang menjual berbagai gorengan.

5. Nasi Liwet


Nasi Liwet adalah sejenis nasi yang berasal dari kota Solo. Nasi ini berbeda dari nasi yang lain karena rasanya sungguh gurih. Cara pemasakan nasi ini yaitu dengan cara memasak atau mengukus nasi dengan santan parutan kelapa tua yang biasanya disajikan dengan labu siam atau daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Nasi Liwet ini merupakan nasi dengan terkenal gurihnya yang berasal dari bumbu santan kelapa. Bagi Anda yang datang ke kota Solo maka jangan lewatkan untuk mencicipi nasi yang gurih dan lezat ini. Ciri khas dari daerah Jawa Tengah adalah di bagian nasi liwet tersebut.


6. Rondo Royal

Kebanyakan dari orang yang bukan dari daerah Jawa Tengah tentunya sangat asing dengan nama makanan ini. Makanan ini berasal dari daerah Jepara. Rondo Royal ini berasal dari bahan dasar tapai atau singkong yang sudah difermentasi. Tapai ini kemudian digoreng dengan minyak goreng biasa atau blueband sehingga menghasilkan sensasi yang manis serta gurih. Banyak dari orang luar Jawa Tengah yang tidak tahu dengan makanan ini. Bagi Anda yang penasaran dengan makanan ini tidak perlu datang ke Jepara karena makanan ini sudah tersebar hampir di wilayah Jawa Tengah. 























7. Soto Ayam

Mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi karena sudah hampir semua orang mengetahuinya dan hampir semua daerah di Indonesia ada. Soto Ayam berasal dari daerah kudus, Jawa Tengah. Bahan dasar dari kuliner ini yaitu kuah dengan bumbu rempah-rempah yang sangat kental dengan ditaburi potongan daging ayam dan bawang merah goreng. Ada bermacam-macam jenis dari soto ayam. Soto ayam bening yaitu soto ayam yang tidak menggunakan santan kelapa sehingga kuah terkesan bening dan segar. Namun soto ayam bening ini juga tetap memiliki rasa yang kental dengan rempah-rempah. Yang kedua adalah adalah soto ayam santan yaitu soto ayam yang menggunakan santan didalamnya sehingga kuah terkesan kental dan berwarna kuning mencolok. Ini sangat nikmat dihidangkan dengan menggunakan nasi panas.


8. Gethuk

Gethuk adalah jenis makanan dari daerah Jawa Tengah yang berbahan dasar singkong yang sudah diparut dan dihaluskan. Singkong ini kemudian diolah sedemikian rupa dengan dikukus terlebih dahulu dan kemudian ditumbuk dan dipadatkan. Biasanya rasa dari Gethuk umumnya manis, namun ada juga yang gurih tanpa ditambah dengan gula. Selain berwarna putih, sudah banyak Gethuk dengan variasi warna seperti warna hijau, kuning, merah serta coklat. Warna-warna ini biasanya dicampurkan ketika Gethuk akan dihaluskan atau ditelah ditiriskan. Warna ini biasanya berasal dari warna-warna yang alami namun ada juga yang memakai pewarna makanan.


9. Wajik

Wajik merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Tengah dengan berbahan dasar beras ketan. Cara pembuatan wajik ini sangat mudah yaitu dengan mengukus beras ketan yang sudah disiapkan kemudian setelah matang menumbuknya serta memadatkannya supaya mudah diiris dan dibentuk. Wajik ini biasanya berasa manis dengan manis gula jawa. Namun ada juga wajik dengan warna merah atau hijau yang biasanya menggunakan pemanis dari gula pasir. Untuk pewarna makanan Wajik biasanya hijau menggunakan warna daun suji dan kemudian merah menggunakan bunga wara-wari. Namun untuk cokelat biasanya tanpa menggunkan pewarna namun asli dari gula jawa.











ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA