indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Selasa, 20 Oktober 2015

Kuliner Gorontalo

Selasa, 20 Oktober 2015

Binthe Bilihuta


Binthe Biluhuta atau yang biasa disebut milu siram adalah makanan khas Gorontalo yang sudah ada sejak masa lampau. Makanan ini berupa sop yang berisi jagung manis yang sudah dipipil, potongan ikan cakalan, udang kecil, parutan kelapa, kemangi, daun bawang, bawang goreng, cabe merah dan diberi jeruk nipis secukupnya. Melihat bahan dan bumbu yang dipakai, wajar jika sop ini berasa gurih pedas dan menyegarkan. Makanan ini tidak hanya ada di Gorontalo tapi juga dapat ditemukan di daerah Sulawesi Tengah ( di Luwuk maupun di Palu ). Hal ini mungkin terjadi karena adanya migrasi warga dari Gorontalo atau warga Sulawesi Tengah yang sudah mengetahui cara pembuatan makanan ini.




















Ayam Iloni


Meskipun Gorontalo merupakan daerah penghasil jagung, bukan berarti makanan khasnya akan melulu berbahan dasar jagung. Ayam Iloni adalah salah satu makanan khas tersebut. Dilihat dari bentuknya, Ayam Iloni ini tidak berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Ayam Iloni dimasak dengan menggunakan racikan bumbu rempah ( bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan lain lain ) untuk kemudian dimasak menggunakan santan dan dipanggang. Perbedaan cara mengolah dan bumbu yang dipakai itulah yang membedakan ayam Iloni dengan ayam bakar/panggang pada umumnya. Perbedaan lain? Tentu saja dari rasanya yang gurih dan pedas! Begitu pedasnya, mungkin akan terlihat kita seperti habis olahraga. Terkadang makanan ini disajikan dengan nasi dan sagu, serta semangkuk kecil sup sebagai obat pedasnya. Bagi para pecinta pedas, ayam Iloni wajib untuk dicoba.
















Sashimi Tuna



Sashimi memang bukan makanan khas dari Gorontalo, karena sashimi adalah makanan khas Jepang. Mengapa kami memasukkannya sebagai makanan khas Gorontalo? Karena, Gorontalo merupakan salah satu daerah penghasil ikan tuna  di Indonesia. Ikan tuna yang dihasilkan di laut sekitar Gorontalo bisa seberat 50-60 kg per ekornya. Di beberapa warung seafood dekat pelabuhan Gorontalo sudah menyediakan menu ini. Tapi jangan harapkan kelengkapan makan sashimi seperti kecap shoyu, wasabi atau cabe bubuk seperti yang kita temui di restoran Jepang di Jakarta. Sashimi di Gorontalo disajikan hanya dengan sambal dabu-dabu, sehingga memberikan cita rasa yang berbeda. Para penikmat sashimi wajib mencoba sashimi tuna campur dengan sambal dabu-dabu ini.



















ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA