indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 21 September 2015

Kuliner Kepulauan Riau

Senin, 21 September 2015

Laksa (Lakse dalam logat melayu)
Laksa adalah makanan berbentuk mie yang terbuat dari sagu dan merupakan makanan dari gabungan kebudayaan melayu dan tionghoa yang bertekstur kenyal, bening dan berdiameter lebih tebal daripada mie. Makanan khas melayu ini biasanya disajikan dalam bentuk kuah dan goreng. Meskipun terlihat sederhana, namun laksa memiliki rasa yang enak, gurih dan mantap. Tak jarang masyarakat melayu di Kepulauan Riau memilih laksa menjadi menu sarapan dan berbuka puasa mereka.



Otak-otak
Otak-otak merupakan daging ikan yang berbumbu. Otak-otak berasal dari isi (daging) ikan (biasanya ikan tenggiri) yang diaduk dengan campuran rempah termasuk cabai, bawang putih, bawang merah, kunyit, serai dan santan. Campuran ini kemudian dibungkus dalam daun kelapa lalu dibakar atau dikukus. Otak-otak dapat dimakan sebagai makanan ringan, juga dapat menjadi lauk untuk dimakan bersama nasi. Kecamatan Moro merupakan daerah yang banyak membuat dan menjual otak-otak di Kepulauan Riau.

Lendot atau sempolet
Lendot/sempolet merupakan makanan khas melayu yang berkuah kental, memilki rasa yang gurih dan sedikit pedas. Lendot dibuat dari tepung sagu, bumbu dan kangkung kemudian diberi tambahan lain seperti siput, udang, cumi atau seafood lainnya. Biasanya lendot dimakan dalam keadaan panas/hangat, karena kuah lendot akan mengental jika telah mendingin.

Siput Gonggong
Masyarakat di pulau Bangka, Bintan dan Batam menyebut kata gonggong untuk menamai siput laut. Siput ini jarang ditemukan kecuali disekitar perairan Tanjung Pinang dan Batam. Siput ini merupakan jenis seafood yang rendah lemak dan kaya akan protein. Meski hanya direbus, rasa siput ini sangat enak, kenyal dan alami sehingga cocok dimakan dengan sambal dan dijadikan lauk.

Laksmana Mengamuk
Es laksmana mengamuk merupakan minuman asli Riau. Akan tetapi laksmana mengamuk juga merupakan minuman yang populer dan khas di provinsi Kepulauan Riau lantaran provinsi ini merupakan pemekaran dari Provinsi Riau. Meskipun namanya terdegar mengerikan, minuman yang berasal dari santan dan kwini ini sangat menyegarkan. Harumnya kwini dalam sajian ini terasa sangat menggoda. Es laksmana mengamuk cocok diminum di sela-sela aktivitas dan menjadi menu minuman yang pas untuk berbuka puasa.



ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA