indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Selasa, 29 September 2015

Kuliner Banten

Selasa, 29 September 2015

 Sate Bebek Khas Cibeber



Salah satu kuliner khas Banten yang terkenal adalah satu bebek khas cibeber. Makanan Banten yang satu ini selalu menjadi buruan para wisatawan maupun warga lokal yang tinggal di Banten. Salah satu warung sate Bebek yang terkenal adalah sate bebek H.Syamsudin yang terletak di jalan Abdul Latif, Sumur Pecung, Serang. Pengusaha sate bebek ini berkata bahwa penggemar makanan banten ini bukan hanya warga Bantennya sendiri. Tapi banyak juga para wisatawan dari kota lain yang makan di warung sate bebekini. Mulai dari wisatawan dari Jakarta, Bandung, bahka Palembang. Satu bebek H.Syamsudin ini memang terkenal empuk dagingnya dan bumbunya juga meresap. Buat kalian yang ingin menjadikan sate bebek sebagai oleh-oleh tidak perlu khawatir basi. Karena satu bebek ini tahan untuk waktu satu hari satu malam.
                              
Sate Bandeng Khas Banten



Ciri khas kuliner khas Banten adalah dari penyajiannya yang unik. Dimana semuanya dibentuk dalam bentuk sate. Selain satu bebek, ada satu kuliner lagi yang menjadi andalan khas Banten yaitu Sate Bandeng. Satu bandeng ini rasanya gurih dan juga nikmat. Apalagi jika kita memilih tempat yang tepat untuk membeli satu bandeng ini. Salah satu pengusaha sate bandeng yang sudah cukup terkenal adalah Sate Bandeng Ibu Aliyah yang terletak di Kaujon, Serang – Banten. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi sate Bandeng  adalah 25 ribu. Harga yang cukup mahal memang, tapi sate bandeng ibu Aliyah ini adalah yang paling enak. Dimana semua sate bandeng dibuat dari ikan segar. Dan kualitasnya pun sudah terjamin. Ibu Aliyah sudah membuat sate bandeng sejak tahun 1989. Bahkan sekarang sate bandengnya mengalami inovasi dimana ada beberapa pilihan rasa yaitu rasa biasa, manis gurih, dan rasa pedas.

Rabeg Khas Serang



Bagi kalian pecinta makanan pedas, menu makanan Banten yang satu ini wajib kalian coba. Ya, rabeg khas Serang. Makanan yang terbuat dari daging dan jeroan kambing ni bisa membuat para penikmatnya bercucuran keringan ketika memakannya. Rasa lada dan rempah-rempah yang sangat mencolok, menambah nikmat makanan rabeg ini. Memang agak sulit sekarang mencari menu makanan khas banten ini, tapi jika kalian cukup jeli. Hanya cukup mencari warung atau tempat makan yang bertulisakan Rabeg atau warung makanan khas Sunda – Banten seperti di daerah Lopang, dekat Pasar Lama, Serang.


Nasi Sumsum Khas Serang Banten



Jika berkunjung ke Serang, Banten, jangan lupa mencicipi nasi sumsum. Nasi bercampur sumsum tulang kerbau ini merupakan makanan Banten. Nasi sumsum dimasak dengan cara dibakar sehingga menghasilkan aroma serta cita rasa istimewa yang dapat membangkitkan selera makan. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih dijual di beberapa rumah makan di Serang.  Para penjual awalnya menyiapkan bahan-bahan nasi sumsum di rumah seperti sumsum tulang kerbau. Sedangkan nasi dimasak secara terpisah. Adapun bumbu yang akan menentukan rasa nasi sumsum ditumbuk. Setelah itu, bumbu dicampurkan dengan nasi dan sumsum tulang kerbau. Campuran nasi dan sumsum yang telah diberi bumbu kemudian dibungkus daun. Bungkusan nasi sumsum selanjutnya dibakar di tempat berjualan. Nasi sumsum biasanya dihidangkan bersama sate lidah kerbau dalam keadaan hangat

Nasi Uduk Empal Daging


Jika kalian berkeliling Banten pada malam hari, coba perhatikan warung-warung atau tenda makan di pinggir jalan yang menawarkan nasi uduk empal daging. Makanan khas banten yang satu ini sangat cocok dinikmati pada malam hari, apalagi jika ditambah segelas teh atau kopi hangat pastinya akan mekin menggugah selera makan kita.










ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA