indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Sabtu, 26 September 2015

Budaya Batam

Sabtu, 26 September 2015


1. Rumah Adat

Rumah Limas Potong merupakan salah satu bentuk rumah adat Melayu di Kepulauan Riau dan Pulau Batam. Memiliki bentuk yang khas, yaitu berupa rumah panggung dengan tinggi sekitar 1,5 meter dari permukaan tanah dengan bagian atap menyerupai sebuah limas yang terpotong. Rumah ini memiliki lima bagian utama, yaitu teras, ruang depan, tengah, belakang (tempat tidur), dan dapur. Bagian depan rumah digunakan untuk memajang foto-foto sejarah tentang rumah limas potong ini, ruang tengah berisi diorama pengantin khas Melayu, dan bagian belakang merupakan sebuah ruangan yang berisi tempat tidur berkelambu yang menyatu dengan dapur.


2. Seni Tari

Tari Zapin - Identitas Tari Kepulauan Batam



Tari Melemang

Tari Melemang merupakan tari tradisional yang sebenarnya berasal dari Tanjungpisau Negeri Bentan Penaga, Bintan, Kep. Riau pada abad ke-12. Pada saat itu tarian ini hanya dipertunjukkan di depan keluarga Kerajaan Bentan saja dan dibawakan oleh para dayang kerajaan. Namun saat Kerajaan Bentan runtuh, Tari Melemang berubah menjadi sebuah pertunjukan rakyat.

Biasanya tarian ini dimainkan oleh 14 orang, yang masing-masing akan berperan sebagai raja, permaisuri, putri kerajaan, pemain musik, penyanyi, dan penari. Para pemain tersebut akan mengenakan kostum dan tata rias khas Melayu. Selama pertunjukan mereka akan diiringi oleh berbagai alat musik, seperti akordion, gong, biola, dll. 

Tari Zapin

Tari Zapin mencerminkan pengaruh kuat dari Arab yang biasanya dipertunjukkan untuk menyambut tamu terhormat. Tari Zapin berkembang dan terbagi menjadi berbagai jenis, seperti Tari Zapin Bengkalis, Silang Berempat, Penyengat, Siak, Tembong, dll. Karena perkembangannya tersebut, Tari Zapin pun mengandung makna yang berbeda-beda, seperti Zapin Bengkalis yang bercerita tentang kegembiraan muda-mudi dalam mengekspresikan cinta kasih mereka, atau Zapin Tembong yang mengandung unsur bela diri. 



3. Pakaian Adat

Pakaian adat Batam pada umumnya hampir sama dengan pakaian adat di Riau maupun Kepulauan Riau. Batam yang merupakan bagian dari Propinsi Kepulauan Riau mempunyai pakaian yang serupa dengan daerah di Kepulauan Riau.

Pakaian Adat Pria
Untuk pakaian pria, baju yang dipakai adalah baju Melayu berupa atasan yang disebut teluk belanga. Selain itu, busana ini terdiri dari celana, kain sampin, dan songkok atau penutup kepala. Kain sampin biasanya memiliki warna dan corak yang sama dengan baju atasannya. Pakaian adat ini disebut dengan baju Melayu teluk belanga.

Pakaian Adat Wanita
Untuk perempuan, pakaian yang dipakai berupa baju kurung, kain, dan selendang. Selendang dipakai dengan cara disampirkan di bahu. Busana Melayu Riau ini identik dengan nilai-nilai Islam. Tradisi Melayu Riau memang bersumber dari nilai-nilai Islam. Pakaiannya yang tertutup mencerminkan makna bahwa pakaian haruslah menutup aurat, selain melindungi tubuh dari cuaca.










4. Senjata Tradisonal


Senjata khas Kepulauan Riau dan Batam yaitu badik tumbuk lada. Senjata ini sejenis keris yang bilahnya mirip dengan badik dari Sulawesi tapi sarungnya berbeda karena ada ukiran tembus yang berbentuk bulat pipih di pangkal bagian belakang sarungnya. Pada pangkal sarung tumbuk lada terdapat benjolan bundar yang dihias dengan ukiran berbentuk tumbuh-tumbuhan yang dipahat. Sarung senjata ini dilapisi dengan kepingan perak yang diukir dengan pola-pola rumit. Senjata ini tergolong senjata pendek untuk menikam, mengiris, dan menjajah dalam pertempuran jarak pendek. Panjang bilah tumbuk lada sekitar 27 cm hingga 29 cm. Lebar bilahnya sekitar 3.5 cm hingga 4 cm. Dari tengah bilah sampai ke pangkalnya terdapat alur yang dalam.


5. Suku 
Suku Asli Kepulauan Batam disebut Suku Laut / Orang Sampan karena awalnya memang berumah sampan. Belakangan baru menetap di pesisir berumah panggung menjorok ke laut.

6. Bahasa 
Sebagaian besar Masyarakat di Pulau Batam menggunakan Bahasa Melayu sebagai bahasa ibu, sedangkan sisanya menggunakan Bahasa Cina, Jawa, Inggris, dan Indonesi sebagai bahasa pemersatu.

7. Lagu Daerah 
Lagu Karo Batam Pekan, Hang Nadim Pulau Batam, Zapin Melayu "Laksamana Raja Di Laut"

ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA