indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Sabtu, 26 September 2015

Kuliner Batam

Sabtu, 26 September 2015


1. Mie Terampa



Mie Tarempa memang bukan kuliner asli dari Batam. Tapi di Batam ada kedai Mie Tarempa yang paling laris diserbu warga dan wisatawan. Ayo dicoba. Di daerah Sei Panas, Batam, tepatnya di Jl Laksamana Bintan, Kompleks Ruko Graha Mas, terdapat kedai Mie Tarempa yang lezat. Mie Tarempa aslinya adalah kuliner khas Kabupaten Anambas. Mie Tarempa mirip dengan Mie Aceh dengan citarasa penuh rempah yang kemerahan. Bedanya, Mie Tarempa menggunakan mie yang lebih tebal dan kenyal. Ada potongan daging ikan sebagai salah satu topingnya.

2. Mie Lendir

Mendengar nama mie lendir mungkin kita sedikit geli, dan bertanya-tanya kenapa diberi nama mie lendir, jawabannya mungkin karena kuah mie ini yang kental jadi disebut mie lendir. Mie lendir ini adalah kuliner asli Indonesia tepatnya kuliner yang berasal dari Pulau Batam atau Pulau Bintan, provinsi kepulauan Riau. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang direbus dengan toge dan diberi irisan telur, yang membuat mie ini unik adalah pada kuahnya yang terbuat dari kacang tanah dan ubi jalar/ubi kuning yang dimasak kental. Kuah kental ini  kemudian disiram diatas mie dan toge lalu taburi dengan seledri dan cabe rawit. Di Batam menu mie lendir banyak ditemukan di pagi hari sebagai menu untuk sarapan dan juga masakan olahan ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak karna hanya cukup tidak memberi cabe rawit maka rada gurih dan manis dari kuah kacangnya dapat diterima oleh lidah anak-anak. 

3. Sup Ikan Batam Yummy

Sup ikan Batam, jenis sopnya itu bening. Aromanya wangi. Kuahnya sendiri enak, dan rasanya ringan di mulut tapi meninggalkan kesan yang mendalam. Kuahnya segar karena ada potongan tomatnya. Ikannya juga ga bau amis,isinya lumayan banyak dan yang dan memberikan kelembutan tersendiri, Ga erlu extra gigit, karena ikannya sendiri sudah lembut banget. Dan dijamin enak sekali.

4. Kek Pisang Villa


Kek Pisang Villa bisa jadi alternatif, bahkan jadi pilihan utama saat ini. Kek atau bolu berbahan dasar pisang ini memang enak, "daging"nya lembut dan manis dengan rasa pisang yang nendang. Sekarang Kek Pisang Villa ini memiliki banyak varian, tapi yang paling pertama dan paling laris ya yang Original. Sangat original tanpa topping apapun, tapi itulah yang menjadi kekuatan dari varian ini, kita masih bisa menikmati keaslian rasanya. 











5. Kek Buah Naga OB

Salah satu yang dijumpai di Kota Batam adalah kek buah naga OB. Kek ini menarik, karena mungkin hanya di Batam-lah kek ini dikembangkan. Bukannya tidak bisa dikembangkan di tempat lain, tetapi karena di Batamlah tersedia bahan-bahan buah naga yang cukup banyak dengan harga yang lebih murah, di sinilah kek itu dikembangkan. Dan tentu saja dari namanya maka bahan olahannya berasal dari Buah Naga.




ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA