indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Minggu, 09 November 2014

Kuliner Sumatera Barat

Minggu, 09 November 2014


1. Ikan Balado
Mendengar kata balado tentu berkaitan dengan sambal. Setiap restoran padang memiliki resep balado yang khas dengan mereka sendiri. Sementara ikannya pun beragam, tetapi umumnya digunakan ikan tongkol. Rasa pedas-manis yang tajam mampu membangkitkan selera makan bagi siapa pun yang mencicipi masakan khas ini. Bukan hanya di Indonesia, ikan balado juga digemari di Malaysia dan Singapura.




2. Gulai Itik
Bebek juga menjadi salah satu bahan masakan yang biasa digunakan dalam masakan Padang. Gulai bebek atau itik, merupakan teknik lain dalam mengolah bebek. Namun gulai itik dalam masakan Padang berbeda dengan masakan China. Dalam masakan Padang itik dimasak bersama cabe keriting hijau, laos, kunyit dan jahe serta ditambah dengan rempah-rempah lainnya. Rasanya pun pedas tetapi memiliki warna hijau yang cantik dan lezat untuk disantap.






          


3. Gulai Pakis
Sayuran di dalam masakan Sumbar bukan hanya gulai nangka ataupun rebusan daun singkong. Gulai pakis atau biasa juga disebut gulai paku, adalah masakan klasik Indonesia yang rasanya sangat lezat disertai cita rasa unik. Bahan utamanya sudah pasti daun pakis yang kemudian dimasak di dalam santan kelapa yang diberi bumbu cabai, lengkuas dan jahe. Kalo para vegetarian tidak ingin ketinggalan kelezatan cita rasa Sumbar, silakan coba gulai pakis.


    


4. Dendeng Balado
Dendeng balado merupakan masakan khas Sumatera Barat lainnya. Daging sapi diiris tipis dan kemudian dikeringkan sebelum akhirnya dimasak bersama rempah-rempah. Dendeng awalnya ditemukan oleh masyarakat Minangkabau dan sengaja dibuat kering agar bisa dimakan selama berhari-hari dan dibawa pergi selama melakukan perjalanan. Namun, ada juga dendeng basah yang terbuat dari daging sapi yang tidak dikeringkan. Tentunya dendeng semacam ini tidak bisa tahan lama seperti halnya dendeng kering. Umumnya dendeng ini dimasak dengan cabai dan rasanya pun nikmat dan gurih.



5. Sate Padang
Ini salah satu panganan lain yang terkenal dari wilayah Sumatera Barat. Sate Padang dibuat dengan berbagai resep khusus dari Padang. Tiap daerah di Sumbar memiliki ciri khas Sate Padang tersendiri. Namun secara keseluruhan bahan yang digunakan sama. Mulai dari daging sapi atau daging kerbau yang disiram saus kuning yang sudah ternama. Saus kuning ini berasal dari campuran tepung beras dengan kaldu jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari dan garam. Namun hidangan ini dikenal dengan kadar kolesterol yang tinggi. Terlepas dari kolesterol, Sate Padang tetaplah makanan Sumbar lezat dan menggugah selera.               


6. Soto Padang
Hampir di seluruh Indonesia hidangan soto bisa ditemui di mana-mana. Namun khusus soto padang, memiliki cita rasanya sendiri. Soto Padang bisa dibilang sebagai salah satu jenis soto yang paling populer dengan rasa yang unik dan lezat. Kuah Soto Padang umumnya bening dan ketika kita menyantapnya, rasa segar seperti menari-nari di tenggorokan. Soto Padang pun dilengkapi dengan irisan daging sapi. Tetapi daging yang dipergunakan tidak sembarangan, melainkan hanya bagian has dalam saja yang digunakan sebagai bahan dasar. Meracik daging sapi dalam Soto Padang harus hati-hati, karena umumnya mereka yang membuat soto ini memasak daging dengan tingkat kekenyalan yang pas sehingga tetap terasa empuk. Soto Padang sudah merambah ke dunia internasional namun dengan rasa dan metode masak yang sudah dimodifikasi.


7. Teh Telur atau Teh Talua
Teh telur atau teh talua dalam bahasa Minang adalah sebuah minuman teh yang rasanya khas. Di restoran Padang, teh telur menjadi salah satu menu yang wajib disajikan. Pembuatannya pun unik, karena melibatkan kuning telur yang dicampur ketika proses penyajian teh. Telur yang digunakan pun bisa telur ayam atau bebek. Selain itu gula dan jeruk nipis menambah rasa dari minuman lezat ini.








ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA