indonesaEnglish


Kamis, 03 Maret 2016

Stasiun Tegal

Kamis, 03 Maret 2016


Gambaran Umum

Stasiun Tegal (TG, +4 m dpl) adalah stasiun kereta api yang terletak di Tegal Timur, Tegal, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Stasiun ini membentang dari utara ke selatan. Ke arah utara, jalur kereta api akan membelok ke timur menuju ke Semarang. Dahulu, dari Stasiun Tegal terdapat percabangan jalur yang menuju ke Pelabuhan Tegal. Sementara itu, ke arah selatan, setelah membelok ke barat, jalur ini bercabang dua, satu ke Brebes menuju Cirebon dan satu lagi ke Slawi menuju Purwokerto. Stasiun ini adalah stasiun KA paling barat dan selatan yang berada di Daerah Operasi IV Semarang.

Disebelah utara stasiun ini terdapat dipo lokomotif yang menyimpan berberapa lokomotif seperti BB200 dan D301. Sedangkan disebelah selatan terdapat depo pertamina yang menjadi tempat bongkar muat kereta api ketel dari Stasiun Maos. Stasiun Tegal hanya berjarak berberapa meter sebelah barat alun-alun Kota Tegal

Sejarah

Stasiun Tegal mulai dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretaapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij) dan stasiun dilengkapi dengan atap besar yang berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur). Pada tahun 1918, sebagian dari bangunan direnovasi berdasarkan karya arsitek Henri Maclaine Pont (1885-1971) tetapi atap buatan tahun 1897 tidak diubah banyak.

Kereta api
Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Tegal

















STASIUN TERKAIT

Lokasi



Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Tegal

Kembali : STASIUN



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA