indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 30 Desember 2015

Peristiwa Trending Topic 2015

Rabu, 30 Desember 2015


Peristiwa Trending Topic 2015
CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR


Tidak terasa kurang dari beberapa jam, kita akan memasuki pergantian tahun. Banyak Peristiwa di Tahun Ini yang menghiasi pemberitaan di Indonesia, baik dari dunia Politik, Hukum, Sosial, hingga Hiburan. Peristiwa tersebut bahkan diantaranya menjadi Trending Topic. Facebook, dan Twitter, dua media sosial ini, adalah tempat bagi Netizen untuk mencurahkan segala unek mereka terhadap peristiwa yang kerap mewarnai Pemberitaan di Indonesia. Berikut kami hadirkan 5 Peristiwa dalam Trending Topic 2015, berdasarkan Kronologi Peristiwa itu terjadi.



#SaveHajiLulung

Pada awal Februari 2015, bermula dari Kasus Pengadaan Uninteruptible Power Supply (UPS), Abraham Lunggana atau biasa disebut Haji Lulung menjadi terkenal lantaran kesaktiannya sebagai Wakil Ketua DPR. Kasus yang bermula pada Pengungkapan Fakta oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok terhadap Proyek Akal – Akalan tentang pengadaan Uninteruptible Power Supply (UPS) telah menjadi pemberitaan yang cukup populer di Indonesia. Para Netizen menanggap bahwa Haji Lulung telah mampu memainkan Peranan terhadap Publik, bahwa Proyek itu dinilai benar dan didukung oleh sebagian besar anggota DPR DKI Jakarta dengan menghalalkan segala cara. Namun akhirnya Publik dikejutkan bahwa Proyek Tersebut memang merupakan hasil rekayasa, dan ada kesan DPRD DKI minta Jatah. Hal ini terlihat jelas dalam Pemenang Tender dari Pengadaan UPS adalah Perusahaan Fiktif yang tidak jelas asal usulnya. Melihat aksi akal – akalan yang tekesan lucu lalu Netizen berinisiatif dengan melakukan Simpatisan Publik terhadap kasus yang sedang bergulir melalu Media Sosial. Tagar #SaveHajiLulung akhirnya menjadi Trending Topic. #SaveHajiLulung yang dimaksudkan bukan karena Netizen merasa simpati dengan Haji Lulung melainkan, karena ada aja Orang di Bumi Indonesia seperti ini, merasa benar walau salah. Terasa sakti serta harus dilindungi, karena keunikannya. Walhasil sejumlah Netizen memberikan komentar lucunya, bahkan Meme untuk menyindir Haji Lulung banyak dibuat oleh Para Netizen. Haji Lulung menjadi terkenal dalam sekejap seantero Indonesia. SumberFotoBawah : Capebanget.com



#SaveAngeline


Bermula dari penemuan Jasad Bocah Malang yang tak berdosa Angeline di rumah Ibu Angkatnya Margareth, pada awal Juni 2015, kasus ini bukan hanya menjadi Trending Topic, tetapi juga mengundang simpati dari Dunia Internasional. Kasus terhadap Pelecahan dan Kekerasan Terhadap Anak memang kerap terjadi di Indonesia. Dan kasus Angeline adalah salah satu dari Puncak Gunung Es, terhadap kasus sebelumnya. Mayat Angeline ditemukan dengan cara mengenaskan di Rumah Margareth, Ibu Angkat Angeline, yang akhirnya Menjadi Terdakwa bersama Agustinus Tay Hambamay Pembantu Margareth. Bukan hanya dikubur di Pekarangan Rumah yang menjadi Tempat Kandang Ayam, tetapi di sekitar kemaluannya ditemukan banyak bercak darah diduga sebelum dibunuh Angeline sering mengalami Pemerkosaan dan Pelecahan Seksual lainnya.

#Melawan Asap



Apa jadinya jika Kita tidak bisa bernafas dengan cara gratis ? Hal ini kerap dirasakan oleh sebagian Masyarakat Indonesia di Pulau Sumatera, dan Kalimantan. Peristiwa kabut asap yang terjadi di awal bulan Agustus 2015 bukan merupakan Peristiwa yang Pertama Kali terjadi di Indonesia. Bahkan peristiwa ini menjadi sindiran istilah musim, selain ada Musim Hujan, Kemarau, Mangga, Duren tiba Musim Asap. Kabut Asap dirasa mengganggu Negara Tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kabut Asap yang diakibatkan oleh perambahan Hutan untuk Industri Kelapa Sawit oleh Para Cukong, terasa dibiarkan. Alih alih ingin mendapat keuntungan lebih, mengorbankan Puluhan Ribuan Nyawa Orang yang terjebak karena Asap. Tak Pelak Menteri Lingkungan Hidup "Siti Nurbaya Bakar" menjadi bulanan Para Jurnalis dan Netizen, karena dianggap tidak becus dalam menangani kasus Asap yang  berlangsung cukup lama di sepanjang Tahun ini.


#Papa Minta Saham



Kasus Pencatutaan Nama Presiden R.I Yang dilakukan oleh Ketua DPR R.I Waktu itu Setya Novanto, membuat geram Presiden R.I Joko Widodo di pertengahan November 2015. Pasalnya ia tidak pernah membuat perjanjian untuk minta jatah dengan PT. Freeport yang ingin melanjutkan Perpanjangan Kontraknya di Indonesia. Kehadiran PT. Freeport untuk melakukan investasi di Indonesia memang telah lama menimbulkan Polemik. Bukan hanya rasa ketidakadilan yang dirasakan oleh Masyarakat Papua, tetapi juga sistem  pembagian keuntungan  yang tidak adil dan terkesan mengeksploitasi alam Indonesia di Tanah Papua. Kasus ini bermula dari Pidato Presiden R.I Jokowi yang mengatakan : “Dahulu ada Mama Minta Pulsa dan Sekarang Papa Minta Saham”. Akibat efek dari ini Ketua DPR R.I Setya Novanto diberhentikan dengan cara tidak hormat melalui Sidang Dewan Kehormatan DPR. Bersama Fadhli Zon, Setya sebelumnya juga telah berpolemik terkait kehadirannya di Kampanye Capres Amerika Serikat Donald Trump dalam kapasitasnya sebagai Ketua DPR. R.I. Setelah diberhentikan dari Ketua DPR. R.I timbul istilah baru untuk Setya Novanto #PapaPindahKantor.




#Gojek


Bermula dari rencana penutupan Gojek "sebuah Perusahaan Penyedia Layanan Ojek Online" berbasis aplikasi oleh Menteri Perhubungan "Ignasius Jonan", menimbulkan Polemik di tengah masyarakat. Banyak yang menyayangkan rencana penutupan Ojek Online tersebut. Tagar #Gojek menjadi trending topic di Pertengahan Desember 2015, pasalnya Gojek telah banyak memberikan manfaat baik bagi konsumen maupun membuka lapangan kerja. Terlebih Pemerintah juga belum dapat memberikan solusi terhadap permasalahan kemacetan yang terjadi di beberapa Kota Besar di Indonesia. Kehadiran Gojek memang terkadang menimbulkan Pro Kontra, disamping menyalahi Peraturan, terkadang Layanan Berbasis Aplikasi ini juga banyak dikomplain oleh para penggunanya. Namun kehadiran Gojek di Indonesia sedikit banyaknya membantu dalam mengatasi berbagai masalah yang ada di Indonesia terutama Pengangguran.


Demikian Peristiwa yang menghiasi Pemberitaan Trending Topic sepanjang tahun 2015. Semoga dengan Pergantian Tahun, Indonesia akan lebih baik lagi di masa yang akan datang. Selamat Tahun Baru 2016 ....

Kembali : Artikel 


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA