indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 28 Desember 2015

Gedung Baru KPK bernuansa Eco Green

Senin, 28 Desember 2015




Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi diresmikan pada hari ini, Selasa (29/12/2015) pagi. Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, gedung baru KPK dirancang dengan tiga konsep yaitu green, smart and secure building. Untuk konsep green building, kata Agus, diwujudkan dengan mengedepankan penghematan penggunaan energi. Misalnya mengolah air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman di Gedung KPK.  

"Mudah-mudahan jadi contoh teman-teman di DKI. Mungkin pada waktu yang akan datang gedung di Jakarta bisa seperti itu," ujar Agus di gedung baru KPK, Selasa.

Adapun konsep smart building, menurut Agus, diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa surveillance camera, access control, visitor management system and guard tour. Selain itu juga dilengkapi building otomation system untuk mengendalikan aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung. Sementara itu, konsep secure building diterapkan dengan desain ruangan secara vertikal yang memisahkan area publik dan area kerja. Selain itu, menurut Agus, ada ruangan-ruangan tertentu yang hanya bisa dimasuki orang-orang tertentu pula.

"Ada juga dua lorong disediakan bagi terperiksa dan penyidik. Di desain agar penyidik dan terperiksa tidak bertemu," kata Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga mengungkapkan mengenai sawer dan pengumpulan koin yang dilakukan oleh masyarakat pada 2012 untuk pembangunan gedung baru KPK. Namun, uang tersebut akhirnya dikembalikan ke kas Kementerian Keuangan karena pembangunan gedung mendapatkan dana dari DPR.

"Tidak ada satu persen pun mengalir ke KPK," jelas Agus.


Gedung baru KPK terletak di Jalan Kuningan Persada, Kav 4, Jakarta. Gedung berlantai 16 ini memiliki luas bangunan 39.629 meter persegi dan telah dibangun sejak 29 November 2013. Adapun anggaran yang digunakan untuk pembangunan gedung sebesar Rp. 315, 15 miliar dan sepenuhnya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


Penulis : Nabilla Tashandra
Editor  : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber http://nasional.kompas.com/read/2015/12/29/10172581/Gedung.Baru.KPK.Dirancang.dengan.Konsep.Smart.Green.and.Secure.Building.





















Kembali : BERITA

Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA