indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 16 Desember 2015

7 Event Tahunan Terbaik Indonesia Yang Mendunia ....

Rabu, 16 Desember 2015

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR
7 Event Tahunan Terbaik Indonesia Yang Mendunia ....
Beberapa bulan ini, Promosi untuk memasarkan Indonesia kian gencar dilakukan. Bukan hanya Pemerintah yang gencar melakukan Promosi Pariwisata Indonesia yang begitu Indah, tetapi juga Partisipasi Anak Bangsa yang begitu giat untuk memasarkan Indonesia di Mata Dunia. Melalui Media Sosial seperti facebook, Twiter, dan Instagram kita dapat melihat sejumlah fanpage dari beberapa artikel maupun foto Perjalanan dari beberapa Blog yang berusaha meyakinkan ke Masyarakat Dunia bahwa Indonesia itu Indah, disamping Masyarakat Indonesia tergambar dengan kehidupan yang penuh cinta damai. Beberapa Travel Online Indonesia menghadirkan sensasi Perjalanan Wisata ke Indonesia dengan harga yang lebih murah. Kalau mau jualan Kemasannya harus Lengkap dan Bagus. Sistemnya sudah ada Website maupun Aplikasi yang menawarkan Perjalanan Indonesia secara Online, Potensi Wisatanya Pasti Indonesia jaminan mutu, satu lagi bagaimana dengan Event Tahunan yang diselenggarakan Oleh Pihak Pemerintah maupun Penyelenggara terkait ?

Melalui Artikel ini kami ingin berbagi Informasi mengenai
7 Event Tahunan Terbaik Indonesia Yang Mendunia ....



Prolouge

Layaknya sebuah karya cipta, Budaya tercipta dari hasil pemikiran seseorang maupun sekelompok orang yang berusaha menerapkan aturan dan perilaku dalam kehidupan sehari – hari. Dimana cara hidup itu berkembang dan berlangsung turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya. Budaya juga beradaptasi dari faktor luar di sekitar lingkup masyarakat yang menganut cara hidup dan  hasil cipta yang berlangsung turun temurun.

Dalam perkembangan Masyarakat Moderen, hasil cipta yang dibawa oleh para pendahulu dan diwariskan dalam satu generasi ke generasi diselenggarakan dalam suatu acara. Sifatnya bisa Tahunan, contohnya Upacara Sekaten, Waktu Tertentu, contohnya Upacara Ngaben, maupun dalam konteks adaptasi dengan Dunia Luar, contohnya Event Java Jazz dan Jakarta Fashion Week. Event atau Penyelenggaraan Acara ini tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Bangsa Lain. Terbukti bahwa penyelenggaran Acara Tahunan di Indonesia mempunyai dampak positif yang luar biasa bagi Potensi Parwisata Indoensia. Terlebih jika Event yang dibuat berasal dari Kebudayaan Indonesia sendiri.

Berikut 7 Event Tahunan Indonesia Yang Mendunia.



1. Jakarta Fashion Week



Event ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008, Jakarta Fashion Week merupakan pekan mode tahunan terbesar di Indonesia. Acara ini merupakan platform universal bagi pelaku industri mode yang ingin dikaitkan dengan desain, gaya, dan tren mode terkini. Sebagai pekan mode yang paling berpengaruh di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week juga menjadi rujukan bagi Rumah Mode Milan terutama mengenai Fashion Hijab yang berkembang di Indonesia. Jakarta Fashion Week berpotensi mengantarkan industri mode Indonesia untuk memasuki pasar mode dunia. Dampak dan jangkauan Jakarta Fashion Week telah diakui oleh para profesional di industri mode seperti jurnalis, buyer, fotografer, stylist, bahkan model-model Internasional yang menjadikan acara tahunan ini semakin populer di mata dunia.  Jakarta Fashion Week merupakan pencapaian Event Tahunan dalam skala Internasional yang sukses diselenggarakan oleh Indonesia. Sumber Foto Atas : LovelyToday.Com; Sumber : http://www.jakartafashionweek.co.id/about/



2. Jember Fashion Carnaval



Jember Fashion Carnaval (Indonesia: Karnaval Busana Jember) atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center.

Sebanyak 400 an peserta berkarnaval, berfashion run way dan dance, di jalan utama kota Jember disaksikan oleh ratusan ribu penonton di kanan dan kiri jalan. Mereka terbagi dalam 8 defile yang masing-masing defile mencerminkan tren busana pada tahun yang bersangkutan. Defile pertama adalah defile Archipelago yang mengangkat tema busana nasional dari daerah tertentu secara berkala seperti Jawa, Bali, Madura, Dayak, Papua,Sumatera, dan seterusnya. Defile lainnya mengangkat tema fashion yang sedang trend apakah dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa global lainnya. Semua busana dibuat dalam bentuk kostum yang kesemuanya dikompetisikan untuk meraih penghargaan.

Arena yang digunakan untuk menggelar JFC adalah jalan utama Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer. Event ini menjadi salah satu Event Internasional  yang diagendakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mendukung Pariwisata Indonesia khususnya Potensi Wisata Jember.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Jember_Fashion_Carnaval




















3. Festival Danau Sentani



Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani. Festival ini diselenggarakan sejak 2007 dan telah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. FDS ini banyak diikuti oleh turis Belanda, Perancis, dan Portugis maupun turis lokal. Festival Danau Sentani diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahunnya selama lima hari berturut. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

Karnaval Festival Danau Sentani diikuti seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Dari masing-masing paguyuban baik dari luar Papua maupun di Papua sendiri yang turut serta dalam pagelaran tersebut menampilkan budaya tradisional, tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah. Festival ini adalah bukti pemeliharaan persatuan dan kesatuan di antara sesama suku, ras, agama. Nasionalime yang sangat kental terjalin di antara sesama, mengingat di Papua terdiri dari ratusan suku kecil yang terkadang gampang bentrok.

Tiga agenda pokok FDS, selain karnaval nusantara di antaranya adalah pagelaran budaya, pameran barang seni papua, dan tour wisata.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Danau_Sentani



4. Festival Bunga Tomohon



Festival Bunga Tomohon adalah Festival Bunga berskala Internasional yang diadakan di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Sebagai Kota Bunga “Predikat bagi Kota Tomohon”, maka tidak salah bahwa Kota Ini menyelenggarakan event tahunan berskala Internasional. Event ini diadakan antara Bulan Juni – Agustus, dan menjadi Event Festival Bunga Terbesar Kedua Dunia setelah Kota Pasadena di Amerika Serikat. Festival Bunga ini juga diikuti oleh negara lain yang turut berpartisipasi dalam Event Tahunan ini diantaranya : Perancis, Belanda, Amerika Serikat, Belgia, Rusia, Vitenam, Malaysia, Brunei, dan Singapura.


5. Java Jazz Festival



Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) adalah festival musik jazz terbesar dan tertua yang setiap tahunnya diselenggarakan setiap awal bulan Maret di Jakarta, Indonesia, oleh Java Festival Production sejak tahun 2005 dan diprakarsai oleh Pieter F. Gontha “Seorang Duta Besar Indonesia untuk Polandia dan Bos Berita Satu”. Dari nama depannya yang berlabel Internasional sudah pasti Event Tahunan ini menyajikan sajian berkualitas Internasional. Tercatat nama seperti George Benson, Jason M’raz, Santana, Incognito, Jammie Cullum, Dave Koz, hingga Basia sempat merasakan sensasi dari Event Jazz Internasional ini. Di Event ini juga menampilkan musisi Indonesia yang memang memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan Musik jazz di Tanah Air. Nama seperti Tulus, Andien, Afgan, Indra Lesmana, Bubi Chen, Syaharani adalah jaminan kesuksesan dari Event Jazz Internasional ini. Java Jazz Fetival diselenggarakan dengan beberapa panggung. Event Java Jazz Festival adalah Event Jazz dengan pertunjukkan panggung terbanyak. Java Jazz bukan hanya menyerap penonton domestik saja, tetapi juga banyak penonton mancanegara yang sengaja datang untuk melihat Event Tahunan Jazz Terbaik ini, diantaranya dari Negara Singapura, Malaysia, Brunei, Australia, dan Perancis. Foto Bawah By : Prasojo


6. Festival Layang – Layang Bali



Festival Layang Layang Bali atau yang akrab disebut Bali Kite Festival adalah Event tahunan yang dimulai pada bulan Juli, acara yang diadakan oleh PELANGI (Persatuan Layang Layang Indonesia) Festival layang - layang ini akan berakhir pada event puncak, yaitu dibulan Oktober 2015.

Ratusan layang layang yang berukuran sedang sampai besar akan menghiasi langit Bali, tepatnya di pantai Padanggalak, Sanur. Festival Layang Layang Bali diadakan untuk menghormati dewa dewa dalam kepercayaan Hindu untuk memberikan hasil panen yang melimpah. Biasanya acara ini diikuti oleh lebih dari 30 layang layang dari 20 banjar (setara kelurahan di Bali). Bayangkan, biasanya layang layang bisa diterbangkan oleh 1 orang, tapi di Bali Kite Festival ini, 1 layang layang diterbangkan oleh puluhan orang, Maklum ukuran layang layang ini sangat besar dan diperlukan kekompakan dan kerjasama tim dan juga yang penting adalah kejelian untuk melihat arah angin.

Dalam acara ini biasa ada 3 jenis layangan yang dilombakan, yaitu: Bebean, Pecukan dan Janggan. Bebean adalah layang layang yang berbentuk datar, Pecukan adalah layang layang yang berbentuk ikan pari dan mengeluarkan bunyi bunyian dan Janggan adalah layang layang yang mempunyai kepala naga dan bisa mempunyai panjang sekitar 100 meter. Yang menarik, perhelatan ini juga diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sepanjang waktu. Tentunya akan banyak turis domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Pulau Dewata ini.
Sumber : http://eventsid.co




















7. Festival Toraja



Event yang berlangsung setiap tahunnya ini sangat ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara dan tentu saja masyarakat Tanah Toraja. Desa Ke’te Kesu merupakan tempat dimana acara ini berlangsung. Di dalam acara ini para wisatawan tak hanya diperkenalkan dengan berbagai macam objek wisata yang ada di Tanah Toraja tapi juga budaya Tanah Toraja yang unik, tradisional dan tetap terjaga selama ratusan tahun. 


Kembali : TERBAIK


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA