indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Minggu, 27 Desember 2015

4 Hal Yang Bisa Kamu EXPLORE Bila Berada Di Pantai Kukup Yogyakarta

Minggu, 27 Desember 2015


4 Hal Yang Bisa Kamu EXPLORE Bila Berada Di Pantai Kukup Yogyakarta !
CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Tugu Yogya - The Colour Of Indonesia - Pantai Kukup

Yogya, Lagi – lagi Yogya ! Propinsi ini bisa dibilang menyimpan sejuta pesona. Bukan hanya sebagai Kota Budaya, Potensi Wisata Alamnya juga menyimpan keindahan yang tiada terbandingkan. Begitu juga dengan Wisata Pantai Kukup Yogyakarta ini. Konon Pantai Yogyakarta merupakan Deretan Pusat Pantai Selatan Jawa yang mempunyai unsur mistik.

Parangtritis - The Colour Of Indonesia - Pantai Kukup

Pantai Yogyakarta
Propinsi Yogyakarta bisa dibilang menyimpan sejuta pesona keindahan pantainya. Pantai di Yogyakarta terbilang magis karena merupakan deretan dari wilayah pantai di selatan Jawa, dimana Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul Berkuasa. Pantai Yogyakarta yang merupakan deretan Pantai di Selatan Jawa terbagi dalam dua wilayah yaitu wilayah Barat dan Timur .

Nyi Roro Kidul- The Colour Of Indonesia - Pantai Kukup
Nyi Roro Kidul dalam Lukisan Karya Basuki Abdullah


Pantai Barat Yogyakarta
Parangtritis - The Colour Of Indonesia - Pantai Kukup
Pantai Parangtritis - Yogyakarta

Mempunyai Karakteristik Ombak yang relatif besar dengan kedalaman laut yang bervariatif. Pada Pantainya terdapat Palung “Daerah laut terdalam atau Jurang Laut” yang cukup dalam bagi Pantai di Wilayah Pesisir Selatan Jawa. Pantai Barat Yogyakarta merupakan Pusat dari Kerajaan Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul Berkuasa yang berada di Pesisir Selatan Jawa. Pantai Barat Yogyakarta mencakup wilayah Kabupaten Bantul dan Kulon Progo Yogyakarta. Diantara Pantai yang terkenal adalah :

- Pantai Parangtritis
- Pantai Parangkusumo
- Pantai Depok
- Pantai Samas
- Pantai Kuwaru
- Pantai Pandansimo
- Pantai Pandansari
- Pantai Goa Cemara
- Pantai Trisik
- Pantai Glagah
- Pantai Congot

Parangkusumo - The Colour Of Indonesia - Pantai Kukup
Upacara Larungan di Pantai Parangkusumo Yogyakarta - Sumber Antarafoto.com


Pantai Timur Yogyakarta
Pantai Baron - Yogyakarta

Mempunyai Karakteristik Ombak yang relatif kecil dengan pesona barisan batu karang dan tebing di sepanjang pantainya. Di beberapa Pantai banyak mempunyai Pulau Kecil yang merupakan ciri dari Pantai Timur Yogyakarta. Pesona Batu Karang dan Pasir Putih ditambah Biota Laut yang beraneka ragam juga merupakan ciri dari Pantai Timur Yogyakarta. Pantai ini membentang sepanjang wilayah Kabupaten Gunung Kidul yang terkenal akan wilayah Pegunungan Berbatu dan  Berkapur di Pulau Jawa. Diantara Pantai Yang Terkenal adalah :

- Pantai Baron
- Pantai Krakal
- Pantai Kukup
- Pantai Sundak
- Pantai Somandeng
- Pantai Indrayanti
- Pantai Sadranan
- Pantai Slili
- Pantai Ngandong
- Pantai Drini
- Pantai Ngobaran
- Pantai Ngrenehan
- Pantai Nguyahan
- Pantai Sadeng
- Pantai Sadeng
- Pantai Siung
- Pantai Wediombo
- Pantai Ngungap
- Pantai Timang

Pantai Siung Yogyakarta, tempat yang asyik buat Panjat Tebing.





















Pantai Kukup
Pantai Kukup merupakan barisan Pantai Timur Yogyakarta. Pantai ini terletak di wilayah Kabupaten Gunung Kidul dan berdekatan dengan Pantai Baron. Seperti kebanyakan Pantai yang terletak di Wilayah Timur Yogyakarta, Pantai ini juga bisa dibilang mempunyai sejuta pesona keindahan. Hamparan Pasir Putih dengan Deretan Batu karang, dan bisa dibilang salah satu destinasi wisata terbaik dalam pengambilan gambar foto yang sering dilakukan oleh Wisatawan di Yogyakarta. Selain itu Pantai Kukup juga mempunyai Pesona Biota laut yang beraneka ragam.





















1. Main di Pantai Kukup

Apalagi yang kamu lakukan di Pantai kalau tidak main di Pantai ?. Walaupun Pantai Kukup merupakan Pantai dengan Batu Karang di Bibir Pantainya, bukan berarti kita tidak dapat melakukan aktivitas permainan di pantai ini. Batu karangnya cukup halus dengan lumut, rumput, dan ganggang yang tumbuh di sekitar bebatuan. Di Pantai ini kita dapat melihat langsung biota laut yang hidup di sekitar pantai seperti ikan kecil, kelabang laut, bulu babi, kerang, udang kecil, hingga rajungan. Pokoknya mengasyikan. Di beberapa bagian pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat dan mencari biota laut hingga menyusuri beberapa gua yang terdapat di sepanjang Pantai Kukup. Bagi yang tidak ingin bermain di Pantai, menikmati pemandangan pantai pada tenda yang sudah disediakan juga menjadi alternatif lainnya, terlebih Es Kelapa Muda dan beberapa cemilan Khas Yogyakarta dapat menemani kamu saat berada di pantai ini.


2. Cari Spot Yang menarik untuk Berselfie Ria

Bagi yang merasa narsis biar dibilang eksis, Pantai Kukup bisa menjadi salah satu yang dapat mewakili itu. Di Pantai ini terdapat banyak spot menarik yang sayang untuk ditinggalkan. Pulau Jumino merupakan Replika Tanah Lot Bali. Bagi yang belum sempat ke Bali karena nggak ada waktu, atau ongkosnya cukup mahal, Pulau Jumino bisa jadi salah satu spot terbaik untuk Berselfie Ria. Dari tempat ini kamu dapat berselfie bak di Tanah Lot Bali, tinggal edit pake Photoshop bisa jadi 11/ 12 dengan Tanah Lot Bali. Bagi yang merasa jadi Fotografer dadakan, pastinya nggak ada masalah. Spot menarik Pantai Kukup mulai dari Bebatuan Karang, Biota Laut yang hidup di sepanjang pantai, Hingga Tebing Kapurnya bisa jadi tempat yang bagus untuk kamu ambil dan upload fotonya di Instagram.


3. Beli Oleh Khas Pantai Kukup

Sebagai Daerah yang dhidupi oleh Biota laut yang beranekaragam, pastinya Pantai Kukup menjual hasil dari Kekayaan Lautnya. Rumput Laut, Lobster, Kepting, Ikan Pari, Kakap, Kerang hingga Udang Goreng merupakan Kuliner Wajib yang harus kamu beli sebagai buah tangan, selain itu Hasil Biota Laut hidup seperti Ikan Buntel, GoldFish, ClownFish, hingga Belut laut bisa jadi koleksi Ikan Air Laut kamu. Terlebih Pantai Kukup juga menawarkan Industri Kerajinan Tangan lainnya seperti Kalung Mutiara, Gelang Kerang, Topi, hingga Baju Khas Pantai.

4. Menikmati Kuliner di Pantai Kukup

Mau Aneka Seafood dengan harga murah ? Di Pantai Kukup menyajikan itu. Beberapa deretan restauran di Pintu Masuk menyajikan aneka Makanan Laut dengan harga murah. Mulai dari Lobster Asam Manis, Sup Ikan Kakap, Cumi Saos Padang, hingga Udang dan Kepting Goreng disajikan dengan harga yang relatif murah. Lobster dengan jumlah 7 Lobster dihargai Rp. 200.000,-/ Kg, Harga kuliner lainnya bervariatif mulai dari Rp. 45.000,- - Rp. 200.000,- untuk makanan. Rp. 2.000,- - Rp. 10.000,- untuk minuman.

Demikian, semoga Tulisan Perjalanan ini dapat dijadikan referensi bagi Perjalanan Wisata kamu di Yogyakarta


Kembali : ARTIKEL


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA