indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Kamis, 05 November 2015

10. Taman Tema Terbaik

Kamis, 05 November 2015

10 Theme Park Terbaik Indonesia
Indonesia mempunyai beberapa taman tema hiburan yang dapat dijadikan referensi hiburan bagi anda sekeluarga. Berikut 10 Taman Tema Hiburan terbaik versi

1. Dunia Fantasi - Jakarta

Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun") yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia. Dunia Fantasi mempunyai maskot berupa kera bekantan yang diberi nama Dufan (singkatan dari Dunia Fantasi). Dipilih kera sebagai karakter adalah untuk mengingatkan bahwa Ancol dahulu adalah kawasan kera. Pemilihan kera bekantan adalah semata-mata untuk mengenalkan jenis satwa langka yang kini dilindungi. Bentuk karikatural kera bekantan ini divisualisasikan oleh Matari Advertising yang ikut serta dalam program komunikasi awal Dunia Fantasi. Dunia Fantasi dibagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta zaman dahulu, Eropa,Amerika, Indonesia, Asia, Fantasi Yunani, Fantasi Hikayat, Balara, dan Istabon. Selain atraksi permainan, kawasan ini juga memiliki sejumlah restoran dan toko-toko suvenir. Luas Dunia Fantasi mencapai 9,5 hektare dari rencana pembangunan 552 hektare kawasan hiburan terpadu Taman Impian Jaya Ancol 

2. Trans Studio - Bandung

Trans Studio Bandung adalah taman bermain di dalam ruangan terbesar di dunia yang dikelola oleh Trans Corp. Trans Studio Bandung adalah taman bermain di dalam ruangan kedua yang dibangun untuk menyusul kesuksesan Trans Studio Makassar yang dibangun pada tahun tahun 2009. Wahana yang disajikan diberi nama sesuai dengan program-program yang ada di Trans TVataupun Trans7

Tiket Masuk
Harga tiket masuk Trans Studio Bandung adalah
- Senin s/d Jumat : Rp. 150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah 
- Sabtu - Minggu / Hari Libur : Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah)

Tambahan Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah ) untuk VIP Access, untuk Jalur Antrian Cepat dengan Pintu Khusus.
Berlaku untuk seluruh wahana dan atraksi sepuasnya atau dapat berkali-kali.
Tiket masuk Trans Studio menggunakan kartu Mega Cash, harga kartu adalah Rp. 10.000,-. Kartu Mega Cash dapat digunakan untuk melakukan transaksi di semua outlet di dalam Trans Studio Theme Park.
HTM Weekday Rp. 130.000,-, HTM Weekend Rp. 230.000,-

3. Batu Night Spectacular - Malang

Batu Night Spectacular adalah sebuah wahana wisata terbaru dari Kota Batu. Malam hari anda bisa menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur di Batu Night Spectacular (BNS). Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam. Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata malam mini anda bisa menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana kongkow anda di beberapa kafe yang tersedia disana. Batu Night Spectacular ( BNS ) juga menyiapkan beberapa wahana yang unik yang rugi kalau dilewatkan seperti lampion garden, galeri hantu, cinema empat dimensi, sirkuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menari.



4. Trans Studio - Makasar

Trans Studio Resort Makassar adalah kawasan wisata terpadu di Makassar, Indonesia. Trans Studio dibangun seluas 12,7 hektaree dengan investasi mencapai Rp 1 triliun. Proyek ini diresmikan pada 9 September 2009 oleh Bapak Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Fasilitas yang dibangun di antaranya pusat perbelanjaan yang meliputi Trans Walk dan Trans Rodeo Drive, kemudian Trans Studio, Trans Hotel, serta kantor Bank Mega. 

Di dalam Trans Studio Resort ini nantinya akan dijumpai :
- Trans Studio Theme Park
- Trans Studio Mall

Pada tahap selanjutnya akan segera dibangun juga :
- 2 Hotel internasional berbintang 5 dan 3
- Residential apartment serta marina

Semua itu dibangun di area seluas 24 hektare dan akan menjadi area resor terluas dan terlengkap di Indonesia Timur

Trans Studio Theme Park
Trans Studio Theme Park Makassar adalah taman hiburan indoor terbesar ke-2 di Indonesia setelah Trans Studio Theme Park Bandung. Di atas lahan seluas 2.7 Hektar, Trans Studio Theme Park menyajikan 21 wahana permainan dan bermacam bentuk hiburan yang terdapat dalam 4 kawasan dengan tema yang berbeda dan unik. 



5. Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi ini terletak pada koordinat  6°18′6.8″LS,106°53′47.2″BT. Taman ini merupakan rangkuman Kebudayaan Bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia(pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota

Sejarah
Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana no. 8 Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. Maka dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita. TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal seluas 150 hektare. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.

Logo dan maskot
TMII memiliki logo yang pada intinya terdiri atas huruf TMII, Singkatan dari "Taman Mini Indonesia Indah". Sedangkan maskotnya berupa tokoh wayang Hanoman yang dinamakan NITRA (Anjani Putra). Maskot Taman Mini "Indonesia Indah" ini diresmikan penggunaannya oleh Ibu Tien Soeharto, bertepatan dengan dwi windu usia TMII, pada tahun 1991.


Anjungan daerah

Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat. Anjungan ini juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot sehari-hari, model bangunan, dan kerajinan tangan. Semuanya ini dimaksudkan untuk memberi informasi lengkap mengenai cara hidup tradisional berbagai suku bangsa di Indonesia. Setiap anjungan provinsi juga dilengkapi panggung, amfiteater atau auditorium untuk menampilkan berbagai tarian tradisional, pertunjukan musik daerah, dan berbagai upacara adat yang biasanya digelar pada hari Minggu. beberapa anjungan juga dilengkapi kafetaria atau warung kecil yang menyajikan berbagai Masakan Indonesia khas provinsi tersebut, serta dilengkapi toko cenderamata yang menjual berbagai kerajinan tangan, kaus, dan berbagai cenderamata. Sejak tahun 1975 hingga tahun 2000 rancangan asli TMII terdiri atas anjungan rumah adat dari 27 provinsi di Indonesia, termasuk Timor Timur. Akan tetapi setelah Timor Leste merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002, status anjungan Timor Timur berubah menjadi Museum Timor Timur. Selain itu karena kini Indonesia terdiri atas 34 provinsi, anjungan-anjungan provinsi baru seperti Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat telah dibangun di sudut Timur Laut TMII, walaupun ukuran dan luas anjungan provinsi baru ini jauh lebih kecil dari anjungan provinsi yang telah dibangun sebelumnya.

Bangunan keagamaan
Bangunan keagamaan diwakili oleh beberapa rumah ibadah agama resmi yang diakui di Indonesia, hal ini untuk menggambarkan toleransi dan keselarasan hubungan antar agama di Indonesia. 

Bangunan-bangunan keagamaan antara lain:
- Masjid Pangeran Diponegoro
- Gereja Katolik Santa Catharina
- Gereja Protestan Haleluya
Pura Penataran Agung Kertabhumi
- Wihara Arya Dwipa Arama
- Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
- Kuil Konghucu Kong Miao


Sarana rekreasi
- Istana Anak-anak Indonesia
- Keong Mas
- Istana Anak-anak Indonesia
- Kereta gantung
- Perahu Angsa Arsipel Indonesia
- Taman Among Putro
- Taman Ria Atmaja
- Desa Wisata
- Kolam renang Snow Bay
- Museum Iptek TMII

Taman
Di TMII terdapat sepuluh macam taman yang menunjukkan keindahan flora dan fauna Indonesia:
- Kubah Taman Burung.
- Taman Anggrek
- Taman Apotek Hidup
- Taman Kaktus
- Taman Melati
- Taman Bunga Keong Emas
- Akuarium Ikan Air Tawar
- Taman Bekisar
- Taman Burung
- Taman Ria Atmaja Park, panggung pagelaran musik
- Taman Budaya Tionghoa Indonesia


Museum
Museum yang ada diperuntukkan untuk memamerkan sejarah, budaya, flora dan fauna, serta teknologi di Indonesia. Terdapat 16 museum di TMII:
- Museum Indonesia
- Museum Purna Bhakti Pertiwi
- Museum Keprajuritan Indonesia
- Museum Perangko Indonesia
- Museum Pusaka
- Museum Transportasi
- Museum Listrik dan Energi Baru
- Museum Telekomunikasi
- Museum Penerangan
- Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu
- Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
- Museum Minyak dan Gas Bumi
- Museum Timor Timur (bekas Anjungan Timor Timur)


Teater atau bioskop
Teater IMAX Keong Emas yaitu teater dengan layar berukuran raksasa, jauh lebih besar daripada layar bioskop ukuran normal. Di Teater IMAX Keong Mas diputar berbagai film mulai dari film bertemakan lingkungan dan kebudayaan nusantara sampai film-film box office yang resolusinya diubah menjadi khusus untuk teater IMAX. Film IMAX yang diputar antara lain Indonesia Indah II, Force of Nature, T-Rex, Blue Planet, Arabia, Journey to Mecca, dll. 

Beberapa film box office yang pernah diputar di sini di antaranya adalah:
- Final Destination 1 (17 Maret 2000)
- Final Destination 2 (31 Januari 2003)
- Final Destination 3 (10 Februari 2006)
- Final Destination 4 (28 Agustus 2009)
- Final Destination 5 (12 Agustus 2011)

Teater Tanah Airku
Teater 4D



 6. Surabaya Carnival – Surabaya

Taman Hiburan yang berlokasi di Jl A. Yani Nomor 333 Surabaya merupakan Taman Hiburan Tema yang pertama kali di miliki oleh Warga Surabaya. Taman Hiburan ini bisa dikatakan menjadi Oase bagi Warga Surabaya yang haus akan hiburan. Di sini terdapat berbagai tema hiburan antara lain dolanan, alun-alun, taman lampion hingga kids kingdom di bagian utama terdapat berbagai wahana permainan yang siap memanjakan anda.

 7. Bali Safari and Marine Park - Bali

Taman Safari Indonesia 3 adalah taman yang terletak di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Provinsi Bali. Taman safari yang populer dengan nama Bali Safari & Marine Park (BSMP) ini merupakan taman safari yang ke 3 di Indonesia dan merupakan "sister park" dari Taman Safari Cisarua, Bogor dan Taman Safari Indonesia 2 di Prigen, Jawa Timur. Seperti kedua Taman Safari sebelumnya itu, BSMP juga merupakan lembaga konservasi dan anggota dari Persatuan Kebun Binatang se Indonesia.

Letak Geografis
Taman Safari Indonesia 3 (BSMP) terletak di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, yaitu Desa Lebih, Desa Serongga, dan Desa Medahan. Lokasi ini berada di sekitar 17 km dari Denpasar atau sekitar 30 km dari Kuta. Luasnya ± 40 Km2.

Konsep Taman Wisata
Taman Safari Indonesia 3 ini menyediakan sebuah medium unik, kombinasi dari kehidupan satwa liar di habitat aslinya dengan ekosistem bersinggungan dengan kebudayaan masyarakat Bali  BSMP menjadi tempat penangkaran hewan endemik atau rawan punah di Indonesia dan beberapa negara tetangga. Konsep dasar BSMP adalah mengajak pengunjung menikmati pengalaman bersafari yang diawali dari daerah Bali modern, masuk ke kehidupan Bali Kuno, dengan berbagai ajaran filosofis, mitos, sejarah yang erat dengan kehidupan liar. Jadi, selain menyediakan wisata satwa, BSMP memiliki visi pendidikan dan budaya yang kuat. Di sana, pengunjung dapat merasakan kenyamanan memberikan makanan kepada satwa, bersentuhan secara langsung dengan satwa terlatih, dan menonton pertunjukan binatang (animals education and conservation show).

Satwa
Satwa yang ada di BSMP adalah jenis satwa dari tiga wilayah (Indonesia, India, dan Afrika), di antaranya adalah jalak putih, burung hantu, beruang madu, harimau Sumatra, rusa tutul, beruang Himalaya, nilgai, black buck, kuda nil, greavy zebra, onta punuk satu, burung unta, babbon, blue wildebeest, dan singa. Jumlah satwa ± 400 satwa. Pada awal November 2012, BSMP menerima pengalihan 72 buaya dari Taman Reptil, Mengwi, Badung, Bali karena Taman Reptil tak memiliki izin dan memperlakukan 72 buaya (anak, dewasa, bahkan telor) supaya buaya-buaya itu mendapatkan tempat dan perawatan yang layak.

Harga dan fasilitas
Harga tiket per orang adalah Rp. 75.000,- dan Rp. 110.000 per orang termasuk Program Edukasi dan Konservasi.

Penghargaan
Karena keseriusan pengelola dan pemerintah di Bali, Taman Safari Indonesia 3 beberapa kali mendapatkan penghargaan, antara lain Indonesia Leading Theme Park dari Indonesia Travel and Tourism Awards (ITTA) 2012/2013 serta Cipta Award 2012 untuk kategori Pengelolaan Daya Tarik Wisata Buatan Berwawasan Lingkungan Tingkat Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bali Safari juga menerima Best Tourist Attraction dari Best of Bali Awards 2012 dan Certificate of Excellence 2013 dari TripAdvisor. Penghargaan ini adalah kebanggaan taman konservasi di Pulau Dewata yang berdiri sejak 2007 itu.

8. Jungle Land Sentul - Bogor

Jungleland hadir sebagai tempat wisata berkelas internasional yang ada di Indonesia. Jungleland menemani Dufan Ancol dengan menjadi taman hiburan tematik terbesar di Indonesia di bawah manajemen PT Jungleland Asia dan dibuka di daerah Sentul Nirwana, Sentul City, Bogor. Tempat wisata ini akan berdiri di atas lahan seluas 40 Ha dan memiliki 33 jenis permainan yang didatangkan khusus dari Jerman dan Italia. Jungleland mulai dibuka pada 12 Desember 2012. Jungleland memiliki empat zona tematik yakni Carnival, Eksplora, Tropicalia dan Mysteria dan Science Centre yang akan menjadi pusat pendidikan terbesar di Indonesia. Di Science Centre ini pengunjung bisa menikmati lab biologi, fisika, museum serangga dimana kita memiliki koleksi ribuan kupu-kupu, serangga, galeri kerang dan sebagainya. Ada juga zona Downtown yang akan menjadi pusat wisata kuliner dimana terdapat puluhan restoran ternama dari berbagai makanan tradisional khas Bogor.

Jungleland merupakan tempat rekreasi, hiburan, dan edutainment yang sangat tepat bagi keluarga dan bisa dinikmati oleh segala usia. Jungleland Adventure Theme Park didesain di kawasan pegunungan yang sejuk dengan udara yang bersih dan sehat, sehingga suasananya sangat nyaman untuk berwisata. Dengan semua wahana yang baru, spektakuler, dan Science Centre terbesar di Indonesia, maka diperkirakan Jungleland akan dikunjungi 8.000-10.000 pengunjung per hari. Untuk melayani pengunjung secara maksimal, Jungleland mengkaryakan hamper1.000 pekerja dengan panggilan “Ranger” yang akan ditempatkan di berbagai departemen. Rekrutmen pekerja dilakukan sesuai dengan tingkat pendidikan dan bidangnya masing-masing. Proses rekrutmen karyawan dilakukan melalui seleksi bertahap dan seleksi tahap pertama yaitu psikotes dan audisi. Kehadiran Jungleland diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia melalui penyediaan lapangan pekerjaan. Selain untuk mengurangi kepadatan wisatawan di Jakarta. Kini, di Bogor anda bisa memilih Taman Wisata Matahari, The Jungle, atau Jungleland.

Transportasi
Jika menggunakan kendaraan umum, dari terminal Baranangsiang Bogor bisa menggunakan transpakuan yang arah Bellanova, sedangkan yg dari arah Bubulak, Yasmin, bisa menggunakan angkutan T 05 Laladon – Cileungsi, turun di Bellanova. Dari arah Cibubur, Cileungsi juga bisa menggunakan T 05 Cileungsi – Laladon. Dari Bellanova akan disediakan bus angkutan khusus ke Jungleland.

HTM
Untuk weekday harga tiket masuk Rp 120.000 per orang, sedangkan untuk weekend harga tiket Rp 175.000 per orang. Tiket ini terusan untuk menikmati seluruh wahana yang ada di Jungleland. 



9. Wisata Bahari Lamongan - Lamongan

Wisata Bahari Lamongan atau disingkat WBL adalah tempat wisata bahari yang terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata ini dibuka sejak 14 November 2004. Wisata Bahari Lamongan dikelola oleh PT Bumi Lamongan Sejati, sebuah perusahaan patungan Pemkab Lamongan dengan PT Bunga Wangsa Sejati Beberapa wahana unggulan tempat wisata ini antara lain Istana Bawah LautGua InsectariumSpace ShuttleAnjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut

Lokasi
Wisata Bahari Lamongan dibangun di lokasi yang dahulu dikenal dengan pantai Tanjung Kodok. Obyek wisata ini berada di jalur pantura Surabaya-Tuban, serta berada di dekat sejumlah obyek wisata andalan di Jawa Timur, di antaranya Gua Maharani, Makam dan Museum Sunan Drajat, Makam Sunan Sendang Duwur, dan Tanjung Kodok Resort. Tidak jauh dari WBL, sekitar 5 kilometer ke arah timur, sudah dioperasikan kawasan berikat yang dikenal dengan Lamongan Shorebase (LS). Sementara itu, sekitar 6 kilometer arah barat terdapat pelabuhan perikanan Nusantara di kecamatan Brondong dengan tempat pelelangan ikan yang sangat dikenal di Jawa Timur.

10. Kidz Zania @Pacific Place- Jakarta

Kidzania Jakarta adalah sebuah taman edukatif yang berlokasi di Pacific Place, Jakarta Selatan, Indonesia. Kidzania Jakarta terletak di lantai 6 mall tersebut, yang letaknya berserbangan dengan Blitzmegaplex, juga di lantai tersebut. Dibuka pada bulan November 2007, Kidzania Jakarta langsung menjadi sebuah hit di Jakarta, yang hingga sekarang masih mendemam di seluruh dunia. Setiap pengunjung akan diberikan sebuah cek, dan sebuah security bracelet, yang digunakan untuk melacak keluarga setiap pengunjung di area Kidzania, dan hanya bisa dilepas pada saat akan kembali ke Jakarta. Sebelumnya, pada awal-awal bulan operasional Kidzania Jakarta, Kidzania buka pada hari Senin sampai Kamis dengan dua sesi. Namun, menyadari bahwa kebanyakan anak harus masuk sekolah besok paginya, mulai pada pertengahan 2008, jadwal operasional tersebut diubah menjadi satu sesi saja, pada pukul 09:00 pagi hingga pukul 16:00 sore. Sedangkan Jumat hingga Minggu tetap dua sesi, dengan sesi pertama yang dimulai pada pukul 09:00 pagi hingga pukul 14:00 siang. Sedangkan sesi dua dimulai pada pukul 15:00 sore dan diakhiri pada pukul 20:00 malam. Setiap 15 menit sebelum sesi selesai, ada lagu "Farewell" yang akan menandakan semua aktivitas selesai pada sesi itu, dan dimainkan lagi 15 menit kemudian untuk menutup sesi 1 atau 2 pada hari itu.

Menyusul Proyek Selanjutnya :
- Universal Studio, Kenjeran - Surabaya
- Trans Studio, Achmad Yani - Surabaya
- Legoland - Batam
Sumber
- Wikipedia - Ensiklopedi Indonesia
Kembali Ke Terbaik


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA