indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 26 Oktober 2015

Wisata Bali

Senin, 26 Oktober 2015

1. Kawasan Pantai Kuta 


Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula.Pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Fakta unik dari Pantai Kuta adalah sebelum Pantai Kuta menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar, pusat perdagangan di Bali. Dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, Hotel, Mall, dan Butik Internasional membuat kawasan ini sebagai Landmark Internasional Wisatwan Dunia yang berkunjung ke Bali. Kawasan Pantai Kuta adalah primadona wisata Bali. 


2. Pura Tanah Lot


Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura merupakan pura tempat memuja dewa laut. Keunikan dari Pura Tanah Lot adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini anda juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya. Sumber Foto Bawah : Komang Gede



3. Pantai Padang Padang


Pantai Padang Padang mungkin kurang begitu terkenal bila dibandingkan dengan Pantai Kuta, namun Pantai Padang Padang adalah pantai yang sangat indah dan unik. Pada saat saya pertama datang ke Pantai Padang Padang juga saya mengira bahwa pantai ini adalah pantai yang tidak menarik karena kurang terkenal, namun ternyata saya salah. Pantai Padang Padang adalah pantai kecil yang tersembunyi dibalik sebuah tebing di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Untuk dapat mencapai Pantai Padang Padang, anda harus melewati sebuah tangga yang membelah tebing. Pantai Padang Padang tidak besar dan luas, namun sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar pengunjung Pantai Padang Padang adalah wisatawan asing karena Pantai Padang Padang kurang terkenal dikalangan wisatawan dalam negeri.


4. Danau Beratan Bedugul


Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu yang terletak di tengah danau bedugul. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.


5. Garuda Wisnu Kencana (GWK)


Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK adalah sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan. Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta. Saat ini, patung Garuda Wisnu Kencana belum sepenuhnya selesai dibuat, hanya sebagian saja yang telah selesai, namun walau begitu anda tetap dapat menikmati kemegahan Garuda Wisnu Kencana. Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, anda dapat menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.


6. Pantai Lovina


Pantai Lovina mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan wisatawan. Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling saya sukai karena di Pantai Lovina kita dapat melihat lumba-lumba berenang dan meloncat di habitat aslinya. Terletak di Bali Utara dekat dengan Kota Singaraja, anda akan pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.


7. Pura Besakih

  

Bali mempunyai banyak pura. Bahkan di rumah orang Bali yang menganut agama Hindu dijumpai Pura untuk beribadah. Tak heran Bali dijuluki Pulau Seribu Pura. Salah satu yang menjadi andalan adalah destinasi Internasional adalah Pura Besakih. Pura Besakih adalah sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, gunng tertinggi di Bali. Pura ini merupakan pura terbesar di Bali. Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu karena Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali. Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana. Untuk dapat memasuki area Pura Besakih, anda harus menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura Besakih. Pura Besakih menjadi kebanggaan Masyarakat Bali. Pada hari Nyepi Pura Besaki sering dijadikan tempat penyucian diri bukan hanya yang berasal dari Bali, tetapi juga dari negara lain seperti India. Bura Besakih adalah wujud Budaya Bali yang masih terpelihara keasliannya hingga kini. 


8. Pura Uluwatu


Pura Uluwatu adalah salah satu tempat wisata di Bali yang berada di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, namun juga menawarkan keindahan panoramanya, terutama keindahan matahari tenggelamnya  atau sunset di Pulau Dewata ini atau yang sudah sangat terkenal. Di Pura Uluwatu anda akan berjumpa dengan sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, anda harus menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu. Pura Uluwatu berada di kawasan area pepohonan rindang, dimana sebagai habitat dari kera, yang merupakan simbol Hanoman bagi orang Hindu. Daerah sekitar Uluwatu merupakan kawasan elite Bali, disini berdiri sejumlah villa ekslusif kelas atas, bukan hanya milik orang Indonesia, tetapi milik wisatawan Asing bahkan selebrita Hollywood. Pesona Bali memang menawarkan segala keindahan wisata dan budayanya. Sumber Foto Bawah : Simon Falvok


9. Pantai Jimbaran


Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Pada saat anda datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan anda lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah. Dinner Romantis menjadi andalan bagi Pantai Jimbaran. Pantai Jimbaran terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya. Pantai Jimbaran untuk anda yang ingin berwisata ke pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, tidak membahayakan anda yang sedang makan di pinggir pantai. Pantai Jimbaran menawarkan sensasi keindahan Pantai dan Kuliner yang mempesona. Walaupun sempat terjadi serangan teroris di Bom Jimbaran, tetapi kondisi ini cepat pulih dan banyak wisatawan asing yang sengaja datang untuk menikmati kuliner seafood khas Jimbaran.






















10. Sangeh



Sangeh adalah tempat wisata di Bali yang akan membawa anda menyatu dengan alam. Terletak di Ubud, Bali, Sangeh adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup di hutan Sangeh. Kera di Sangeh sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda. Di tempat ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.


11. Tanjung Benoa



Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali. Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru. Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, seawalker, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.


12. Danau Batur Kintamani



Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki Bali. Terletak di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona. Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya di Bali.


13. Tari Kecak Uluwatu



Tari Kecak adalah tari khas Bali yang paling terkenal dan paling menarik untuk dilihat. Dari banyak tempat yang mempertontonkan tarik kecak paling menarik adalah Tari Kecak Uluwatu yang berada di Pura Uluwatu. Tari Kecak Uluwatu mempertunjukan tari kecak khas Bali dengan latar belakang matahari tenggelam di Uluwatu yang sangat indah. Tari Kecak Uluwatu sangat populer dan ramai oleh karena itu apabila anda ingin menonton pertunjukan Tari Kecak Uluwatu, dan disarankan untuk pesan dari jauh hari. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa. Tokoh Hanoman menjadi lambang suci dalam menyelamatkan Shinta dari tangan Sugriwa.


14. Arung Jeram Sungai Telaga Waja



Arung Jeram Sungai Telaga Waja sangatlah cocok bagi anda yang suka kegiatan yang seru dan menantang. Sungai Telaga Waja memiliki air yang jernih dan bersih dan jeram yang menantang. Di akhir pengarungan anda akan meloncati sebuah pintu air, sangat seru. Setelah selesai menikmati Arung Jeram Sungai Telaga Waja, anda akan mendapatkan bonus berupa trekking naik gunung, oleh karena itu siapkan diri anda dan beristirahatlah yang cukup karena Arung Jeram Sungai Telaga Waja akan menguras tenaga anda.

15. Arung Jeram Sungai Ayung



Arung Jeram Sungai Ayung mempunyai karakteristik yang berbeda dengan Arung Jeram Sungai Telaga Waja. Apabila Arung Jeram Sungai Telaga Waja menawarkan tantangan, maka Arung Jeram Sungai Ayung menawarkan keindahan. Panorama sepanjang Sungai Ayung sangatlah indah, ditambah dengan pahatan di tebing sungai, dan hijaunya pepohonan di sekitar sungai melengkapi keindahan Arung Jeram Sungai Ayung.

16. Taman Safari Indonesia 3 - Bali



Taman ini terletak di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Provinsi Bali. Taman safari yang populer dengan nama Bali Safari and Marine Park (BSMP) ini merupakan taman safari yang ke 3 di Indonesia dan merupakan "sister park" dari Taman Safari Cisarua, Bogor dan Taman Safari Indonesia 2 di Prigen, Jawa Timur. Seperti kedua Taman Safari sebelumnya itu, BSMP juga merupakan lembaga konservasi dan anggota dari Persatuan Kebun Binatang se Indonesia. Taman Safari Indonesia 3 (BSMP) terletak di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, yaitu Desa Lebih, Desa Serongga, dan Desa Medahan. Lokasi ini berada di sekitar 17 km dari Denpasar atau sekitar 30 km dari Kuta. Luasnya ± 40 Km2. Taman Safari Indonesia 3 ini menyediakan sebuah medium unik, kombinasi dari kehidupan satwa liar di habitat aslinya dengan ekosistem bersinggungan dengan kebudayaan masyarakat Bali. BSMP menjadi tempat penangkaran hewan endemik atau rawan punah di Indonesia dan beberapa negara tetangga. Konsep dasar BSMP adalah mengajak pengunjung menikmati pengalaman bersafari yang diawali dari daerah Bali modern, masuk ke kehidupan Bali Kuno, dengan berbagai ajaran filosofis, mitos, sejarah yang erat dengan kehidupan liar. Jadi, selain menyediakan wisata satwa, BSMP memiliki visi pendidikan dan budaya yang kuat. Di sana, pengunjung dapat merasakan kenyamanan memberikan makanan kepada satwa, bersentuhan secara langsung dengan satwa terlatih, dan menonton pertunjukan binatang (animals education and conservation show).

Satwa yang ada di BSMP adalah jenis satwa dari tiga wilayah (Indonesia, India, dan Afrika), di antaranya adalah jalak putih, burung hantu, beruang madu, harimau Sumatra, rusa tutul, beruang Himalaya, nilgai, black buck, kuda nil, greavy zebra, onta punuk satu, burung unta, babbon, blue wildebeest, dan singa. Jumlah satwa ± 400 satwa Pada awal November 2012, BSMP menerima pengalihan 72 buaya dari Taman Reptil, Mengwi, Badung, Bali karena Taman Reptil tak memiliki izin dan memperlakukan 72 buaya (anak, dewasa, bahkan telor) supaya buaya-buaya itu mendapatkan tempat dan perawatan yang layak. Harga tiket per orang adalah Rp. 75.000,- dan Rp. 110.000 per orang termasuk Program Edukasi dan Konservasi.   Karena keseriusan pengelola dan pemerintah di Bali, Taman Safari Indonesia 3 beberapa kali mendapatkan penghargaan, antara lain Indonesia Leading Theme Park dari Indonesia Travel and Tourism Awards (ITTA) 2012/2013 serta Cipta Award 2012 untuk kategori Pengelolaan Daya Tarik Wisata Buatan Berwawasan Lingkungan Tingkat Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bali Safari juga menerima Best Tourist Attraction dari Best of Bali Awards 2012 dan Certificate of Excellence 2013 dari TripAdvisor. Penghargaan ini adalah kebanggaan taman konservasi di Pulau Dewata yang berdiri sejak 2007 itu.


















17. Pantai Dreamland



Pantai Dreamland adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta. Pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekedar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

Asal usul nama Dreamland dikarenakan dulu di area ini sempat terdapat sebuah proyek perumahan dan objek wisata. Namun proyek tersebut terhambat dan terbengkalai sedangkan para penduduk desa Pecatu yang dulunya hidup sebagai petani sangat berharap proyek selesai dan mereka bisa menekuni bisnis lain di bidang pariwisata. Karena itulah lahan disekitar pantai disebut dengan Dreamland (tanah impian). Pelataran pantai indah ini semula hanya titik kecil dari areal 900 hektare milik PT. Bali Pecatu Graha (BPG) yang sempat heboh pada tahun 1996. Lahan seluas itu diborong untuk disulap menjadi resor superluks "Resor Pecatu Indah". Konon resor itu akan dipadukan dengan kawasan wisata, seraya memanfaatkan keindahan dan keaslian alam, sekaligus pelestarian lingkungan hidup. Pemilik resor tersebut, Tommy Soeharto, anak mantan Presiden Soeharto, hendak membuat "lingkungan permukiman dan wisata paling unik di seluruh Asia Tenggara".


18. Pantai Nusa Dua



Pantai Nusa Dua memiliki pasir putih dengan air laut yang begitu tenang, ombaknya tidak begitu keras, membuat banyak investor asing berlomba-lomba membangun fasilitas penunjang sarana pariwisata yang dekat dengan pantai. Areal pantai sangat terjaga dan terawat. Hal ini disebabkaan karena masing-masing hotel yang berada di pinggir pantai wajib menjaga kebersihan pantai. Kawasan hotel–hotel mewah yang berdiri megah dibangun sepanjang pantai dengan harga sewa per malam yang lumayan mahal. Sebagian besar adalah hotel berbintang dengan harga kamar di atas satu juta rupiah keatas. Objek wisata Nusa Dua Bali memang sangat cocok bagi mereka yang suka berjemur dan berenang di pantai dengan suasana tenang. Tidak ada pedagang acung yang menjajakan dagangannya, tukang pijat, penyewaan papan surfing seperti halnya di pantai Kuta. Berbagai event-event besar yang mendatangkan tamu dari berbagai negara selalu diselenggarakan di Nusa Dua Bali. Pejabat masing-masing negara akan tersebar menginap di seluruh hotel kawasan pantai Nusa Dua Bali. Para pejabat negara menyukai menginap di hotel dekat areal pantai karena keindahan pantai, air laut yang tenang, udara segar yang jauh dari polusi, membuat mereka nyaman menyelenggarakan tugas-tugas negara. Hampir tiap hari lokasi pantai di Nusa Dua tidak pernah sepi pengunjung. Pemerintah daerah setempat sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang obyek wisata. Seperti lahan parkir yang luas, areal khusus untuk jalan-jalan di sore hari, taman yang sangat terawat, toilet, tempat sampah, dan petugas penjaga pantai yang siap membantu. Ada juga beberapa wisatawan yang memilih lokasi pantai Nusa Dua untuk pengambilan foto pre wedding di Bali. Biasanya mereka menyewa sepasang binatang unta dan ikut dalam pemotretan. Ditemani seorang pawang yang selalu siap membantu mengarahkan posisi unta yang diinginkan. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Arab untuk berfose bersama binatang gurun ini tentunya dengan harga sewa yang terjangkau. Bagi orang lokal, mereka tidak menyebut dengan nama pantai Nusa Dua melainkan dengan nama lain, untuk pantai di bagian utara dinamakan pantai Mengiat Nusa Dua dan di bagian selatan pantai Geger Nusa Dua.


19. Museum Antonio Blanco



Tempat Wisata Museum Antonio Blanco Ubud merupakan salah satu tempat wisata museum terkenal di Ubud. Tempat wisata di Ubud ini mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi hingga ratusan orang per hari baik wisatawan lokal maupun asing. Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat wisata museum di Ubud ini adalah mereka yang memiliki jiwa seni yaitu seni melukis. Namun ada juga yang hanya sekedar ingin tahu tetang objek wisata Museum Antonio Blanco di Ubud ini. Kerena semakin meningkatnya kunjungan wisata ke tempat wisata museum di Bali ini, maka untuk mengoptimalkan kenyamanan pengunjung, pengelola museum di Ubud ini menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, ruang santai, art shop dan juga restoran.


20. Subak Jatiluwih, Tabanan - Bali



Subak mungkin kata ini agak asing di telinga banyak orang tapi beberapa hari terakhir Subak mulai sering dibicarakan karena dia telah dinyatakan sebagai warisan dunia oleh UNESCO [United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization] tahun 2012, setelah diperjuangkan selama 12 tahun dan telah tertunda beberapa kali pengesahannya. Maklum saja, para wisatawan pun sudah mengakui Subak berkontribusi dalam indahnya persawahan di Bali seperti di Ubud, Gianyar, Tabanan dan juga Badung. UNESCO menilai subak sebagai sistem irigasi yang dapat mempertahankan budaya asli masyarakat Bali. Lengkap sudah kebanggaan Bali menjadi destinasi wisata dunia. Subak, sistem pengairan persawahan Bali yang hijau dan memukau wisatawan, sudah sah menjadi warisan budaya UNESCO. Bagi yang belum mengenal mungkin masih bertanya-tanya apa itu Subak? Subak adalah sistem irigasi yang biasa digunakan oleh masyarakat Bali.Subak Bali yang merupakan cermin Tri Hita Karana, pedoman kehidupan masyarakat Bali. Budaya ini pada intinya mengajarkan manusia hidup harus harmoni dengan Tuhan, hidup selaras dengan sesamanya, dan selaras dengan alam.  Subak ini biasanya memiliki pura yang dinamakan Pura Uluncarik, atau Pura Bedugul, yang khusus dibangun oleh para petani dan diperuntukkan bagi dewi kemakmuran dan kesuburan dewi Sri. Sistem pengairan ini diatur oleh seorang pemuka adat yang juga adalah seorang petani di Bali. Subak terutama digunakan dalam sistem pengairan. Dalam sistem ini setiap warga desa bertugas mengatur pembagian air, memelihara dan memperbaiki sarana irigasi, melakukan kegiatan pemberantasan hama, melakukan inovasi pertanian, dan mengaktifkan kegiatan upacara keagamaan 

Apa keistimawaan dari Subak sehingga membuat UNESCO menobatkannya sebagai budaya warisan dunia? Subak sebagai sistem irigasi bukan hanya mencakup bagaimana sistem irigasi yang tepat untuk diaplikasikan baik dalam pertanian, perikanan, maupun dalam memanfaatkan air sebagai sumberdaya alam. Yang membuat Subak itu menjadi lebih spesial adalah asas kerjanya berdasarkan asas keadilan.  Di Bali, Subak memiliki organisasi dengan ketuanya yang disebut Pekaseh. Pekaseh bersama para petani, peternak, juga pengelola kegiatan yang terkait dengan air selalu melakukan perencanaan dan melaksanakan pengairan baik untuk sawah, kolam ikan, termasuk air bersih dengan sangat adil melalui musyawarah di Bali disebut Sangkep [Angkep = berdekatan/mendekat].  Perencanaan matang disiapkan bagaimana nantinya sebuah lahan akan diberi air, seberapa banyak, seberapa lama, dan bagaimana mereka bekerja semua terencana dengan baik. Sebelum dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO sudah banyak Mahasiswa juga peneliti termasuk pengamat pengairan dari berbagai negara datang ke Indonesia khususnya Bali untuk melakukan study tentang Subak. Subak tidak hanya berlandaskan asas keadilan tapi juga bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air dan memanfaatkannya secara optimal, bagaimana mengelola air agar tidak lewat begitu saja dari gunung menuju laut. 

Wisata Subak Belakangan, wisata subak di Bali makin marak. Mulai dari sekadar tracking hingga bersepeda di pagi hari. Turis pemula biasanya cukup “happy” dengan berfoto ria, jalan jalan menikmati udara segar serta panorama indah. Namun tidak sedikit yang penasaran dengan cerita dibalik subak.  Jatiluwih, Tabanan merupakan destinasi wisata Subak yang populer, disamping Tegalalang, Ubud. Letaknya diantara Ubud dan Kintamani. Hamparan sawah yang berundak indah ini bisa dinikmati dalam udara sejuk. Letaknya memang didaerah pegunungan Batukaru.  Setiap hari, rata-rata 100 turis asing mengunjungi area seluas 600an hektar ini. Jumlah itu diluar pelajar dan wisatawan lokal.



21. Pasar Seni Sukowati



Pasar Seni Sukawati merupakan sebuah pasar yang sangat terkenal di Bali. Karena pasar ini menjual pakaian-pakaian santai dengan harga yang sangat miring. Pasar Sukawati menyediakan pakaian-pakaian seperti Batik khas bali, selain batik khas bali juga tersedia berbagai macam baju-baju serta celana pendek harga miring yang akan cocok dipakai di pantai. Dan juga ada beberapa kaos yang bercorak Bali. Semua barang-barang disini bisa ditawar, dan sebagai tipsnya harganya bisa sepertiga dari harga pertama yang ditawarkan oleh penjualnya. Dan untuk melancarkan tawarannya, sebaiknya datang ke pasar ini ketika pagi sekitar jam 8-10 karena para penjualnya baru selesai sembahyang dan mereka menggap jika jualan mereka berhasil di pagi tersebut akan mendatangkan kelarisan untuk jam-jam selanjutnya. Selain pakaian-pakaian murah, di pasar ini juga terkenal dengan barang-barang seni seperti lukisan dari berbagai aliran lukisan. Juga ada berbagai model tas. Dan sebelum menuju ke pasar Sukawati, sebaiknya mengunjungi Pusat Kerajina Perak Celuk. Di kerajinan perak celuk ini kita bisa membeli berbagai macam kerajinan yang terbuat dari perak. Dan kelebihan lainnya, disini kita juga bisa melihat secara langsung bagaiman para perajin membuat kerajinan perak tersebut. Sumber Foto Atas : www.urbanite-diary.blogspot.com



22. Hutan Bambu Bali


Hutan Bambu (Bambu Forest). What, Hutan Bambu? Jangan bingung dulu karena objek wisata ini lain daripada yang lain dan dijamin bisa memberikan nuansa yang sama sekali berbeda kepada setiap pengunjungnya. Bagi wisatawan yang sudah bosan mengunjungi wisata pantai, gunung, danau atau pura, tak ada salahnya jika menyempatkan waktu berkunjung ke spot wisata Hutan Bambu yang terletak di Kabupaten Bangli ini. Hutan Bambu ini dinilai memiliki nilai ekologis dan ekonomis yang tinggi. Hal demikian tak bisa dilepaskan dari peran masyarakat sekitar untuk senantiasa menjaga kelestarian dan kealamian Hutan Bambu. Setiap warga sangat menaati peraturan bahwa pelestarian dan pembudidayaan Hutan Bambu menjadi tanggungjawab mereka karena diyakini merupakan titipan nenek moyang dan akan memberikan kemanfaatan bagi mereka. Hutan Bambu ini memiliki luas sekitar 45 hektar dan dijadikan sebagai daerah resapan air utama yang oleh karenanya maka memiliki nilai ekologis sangat tinggi. Warga atau siapapun yang berkunjung ke Hutan Bambu ini dilarang untuk menebang pohon bambu sembarangan dan diwajibkan melakukan tebang pilih pada hari-hari yang telah ditentukan supaya tidak terjadi kerusakan pohon bambu. Lokasi Hutan Bambu ini berada di Desa Kubu, Kabupaten Bangli, atau sekitar 5 km dari Kota Bangli. Dari arah Denpasar berjarak sekitar 50 km dan bisa ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan. Perjalanan ke wisata ini akan lebih cepat jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan/rental ketimbang menggunakan angkutan umum.


23. Pantai Seminyak


Pantai seminyak (beberapa orang menyebutnya Pantai Dhyanapura) terletak kawasan Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Pantai ini memiliki pasir yang sangat lembut dan landai. Di dekat pantai ini terdapat banyak restorant, hotel, maupun villa, sehingga banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal yang datang. Pantai ini terletak di sebelah utara pantai Kuta. Atmosfernya hampir sama dengan pantai Kuta, namun karena lokasinya agak jauh dari pusat keramaian Kuta, pengunjung pantai Legian dan Seminyak tidak sebanyak pantai Kuta. Kawasan Legian awalnya adalah sebuah desa agraris. Meski letaknya di tepi pantai, sebagian besar warganya hidup dari bertani. Hanya sebagian kecil warga Legian berprofesi sebagai nelayan. Begitu kunjungan ke kawasan wisata Kuta semakin membludak, luberan pengunjung mengarah ke Legian dan Seminyak yang letaknya bersebelahan. Dua desa tersebut pun turut berbenah dan menyediakan berbagai fasilitas untuk pelancong





















ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA