indonesaEnglish


Rabu, 28 Oktober 2015

Budaya Nusa Tenggara Timur

Rabu, 28 Oktober 2015

1. Rumah Adat


Salah satu contoh rumah adat Nusa Tenggara Timur disebut Saoata Musalakitana. Rumah Saoata Musalakitana adalah rumah rumah adat di NTT, untukk tempat tinggal lurah, camat atau pembesar lainnya. Rumah ini berbentuk panggung dan dibawahnya terdapat balai panjang tempat menerima tamuyang tiangnya berdiri dari landasan batu besar, sehingga tidak perlu ditanam dalam tanah.


















2. Tari tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Perang Nusa Tenggara Timur 
Sumber Foto : Klik Fotografi - Kompas 

Tari Perang
Tari yang menunjukkan sifat sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yag dipakai berupa cambuk dan perisai.
Tari Gareng Lameng
Dipertunjukkan pada upacara Khinatan. Tari ini berupa upacan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhinat sehat lahir dan batin dan suksesdalam hidupnya.
Tari Lendo Nusa Malole
Arti tarian ini adalah dari negeri yang indah. Tari garapan yang menggunakan irirngan musik sasando ini merupakan tari penyambut tamu yang memanfaatkan gerak gerak tari tertentu agar massa ikut dalam kegembiraan.

Lainnya


Propinsi Nusa Tenggara Timur kaya akan budaya dan kerajinan tangan, kain Tenun NTT dapat dikatakan yang tebaik. Propinsi Nusa Tenggara Barat dan Timur mempunyai kualitas Kain Tenun yang tekenal di dunia Internasional. Beberapa Perancang Busana Dunia di Fashion Show yang diadakan di Milan, dan New York seringkali menyisipkan Kain Tenun ini ke dalam rancangannya. Bahkan Indonesia juga mempunyai Desainer Internasional Samuel Watimena dan Ghea Panggabean yang membawa kain Tenun sebagai ikon dalam nuansa Etnik Indonesia. Kerajinan yang lain adalah alat musik Sasando, alat musik yang berasal dari buah lontar dalam proses pembuatannya, menjadi kebanggaan bagi Masyarakat Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Rote. Alat musik ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, harganya bahkan sampai puluhan juta. Hampir sama dengan Harpa dalam memainkan dan proses pembuatannya membuat alat musik ini menjadi salah satu diantara sekian banyak hasil budaya Indonesia yang cukup berharga dan menaikkan citra Indonesia di mata Internasional. 

3. Senjata Tradisional


Senjata yang umumnya dipakai oleh penduduk NTT adalah Sundu atau Sudu, semacam keris. Penduduk menganggapnya sebagai senjata tikam yang keramat. Senjata lainnya adalah Saweo, Pisau, Kampak, Parang, dan Senapan Tumbuk.



4. Pakaian Adat

Pakaian adat yang dipakai kaum pria di NTT berupa topi dengan bentuk yang khas, baju jas ttup, selempang kain tenun dan bersarung kain tenun. Sebilah golok terselip didepan perut. Perhiasan yang dipakai berupa kalung dan pending. Sedangkan wanitanya memakai hiasan kepala berbentuk bulan sabit, kain tenun yang menyelempang di bahu dan kain tenun yang menutup bagian dada hingga kaki.perhiasan yang dipakai adalah subang, kalung, pending, dan gelang tangan. Pakaian ini berdasarkan pakaian adat Rote.





















5. Suku


Komposisi Suku Bangsa di Propinsi Nusa Tenggara Timur
- Atoni atau Dawan 21%
- Sumba 13%
- Belu (6%)
- Lamaholot (5%)
- Rote (5%)
- Lio (4%)
- Tionghoa (3%)
- Suku Boti (2%) 
6. Bahasa
Indonesia, Sumba Timor, Hawu, Beku.
7. Lagu Daerah
- Potong Bebek
- Desaku
- Anak Kambing Saya
- Bolelebo
- Lerang Wutun
- O Nina Noi
- Orere 





















ENSIKLOPEDI LAINNYA



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA