indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 21 September 2015

Flora dan Fauna Khas Jambi

Senin, 21 September 2015

Flora dan fauna khas Provinsi Jambi adalah sepasang tumbuhan dan hewan yang ditetapkan sebagai flora dan fauna identitas provinsi Jambi. Sebagai identitas, hewan dan tumbuhan itu mengandung kekhasan tersendiri sekaligus mewakili sebagai maskot provinsi tersebut. Layaknya provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, Jambi telah menetapkan sepasang hewan dan tumbuhan sebagai maskot provinsinya. Maskot ini dikenal juga sebagai flora dan fauna khas atau istilah resminya adalah Flora dan Fauna Identitas. Provinsi di pulau Sumatera ini telah menetapkan Pinang Merah (Cyrtostachys renda) sebagai flora Indentitas (tumbuhan khas), dan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) sebagai fauna Identitas (hewan khas).




Pinang Merah Flora Khas Provinsi Jambi
Provinsi Jambi memilih dan menetapkan Pinang Merah sebagai flora khas (Flora Identitas Provinsi) mereka. Palem Merah adalah tumbuhan dari famili Arecaceae (palem-paleman) yang kerap ditanam sebagai tanaman hias. Pemilihannya sebagai Flora Identitas cukup beralasan. Bagi masyarakat Jambi, Pinang Merah diyakini mempunyai kekuatan gaib, yang apabila ditanam di depan rumah mampu menolak segala guna-guna dan bala yang ditujukan kepada penghuni rumah. Pinang Merah (Cyrtostachys renda) Pinang Merah kerap disebut juga sebagai Palem Merah atau Palem Lipstik. Sedang dalam bahasa Inggris dinamai dengan Lipstick PalmScarlet PalmSealing Wax PalmRed Palm, dan Sumatra Wax Palm. Nama latin tumbuhan ini adalah Cyrtostachys renda Blume dengan nama sinonim Areca erythrocarpa H.Wendl., Areca erythropoda Miq., Bentinckia renda (Blume) Mart., Cyrtostachys lakka Becc., Pinanga purpurea Miq., Pinanga rubricaulis Linden, dan Ptychosperma coccinea Teijsm. & Binn. Palem Merah atau Pinang Merah merupakan tumbuhan asli Indonesia yang secara lokal tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan, juga di Semenanjung Malaya (Malaysia dan Thailand selatan). Tumbuh berumpun dengan tinggi antara 6-14 meter. Daunnya hijau dengan pelepah daun berwarna merah. Selengkapnya mengenai Palem Merah Baca artikel : Palem Merah.

Klasifikasi ilmiah Palem Merah: Kerajaan: Plantae. Divisi: Tracheophyta. Kelas: Liliopsida. Ordo: Arecales. Famili: Arecaceae. Genus: Cyrtostachys. Spesies: Cyrtostachys renda Blume.



Harimau Sumatera Fauna Khas Jambi
Mendampingi Palem Merah, Provinsi Jambi memilih dan menetapkan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) sebagai Fauna Identitas atau hewan khas provinsinya. Harimau Sumatera adalah anakjenis (subspesies) dari Harimau  yang endemik pulau Sumatera.


Harimau Sumatera
Harimau Sumatera merupakan subspesies harimau yang paling kecil dibandingkan subspesies lainnya. Harimau jantan berbobot 140 kg dengan panjang rata-rata 250 cm dan betinanya seberat 91 kg dengan panjang rata-rata 198 cm.
Binatang yang ditetapkan menjadi maskot provinsi Jambi ini merupakan salah satu hewan langka Indonesia dengan tingkat keterancaman tertinggi, yaitu Critically Endangered. Populasinya diyakini tidak lebih dari 500 ekor saja dan terus mengalami penurunan. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) pun termasuk hewan yang dilindungi berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 dan PP Nomor 7 tahun 1999.

Klasifikasi Ilmiah Harimau Sumatera : Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Mammalia. Ordo: Carnivora; Famili: Felidae. Genus: Panthera; Spesies: Panthera tigris; Subspesies: Panthera tigris sumatrae Pocock, 1929.



FLORA FAUNA INDONESIA

ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA