indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 13 Juli 2016

Holiday Travel 2016 – Eksplorasi Kuliner At Surabaya

Rabu, 13 Juli 2016

Print Friendly and PDF
ppp

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR
ppp
Holiday Travel 2016 –
Eksplorasi Kuliner
At Surabaya ...
pp

Tidak di ragukan lagi bahwa Surabaya terkenal sebagai Kota dengan gudangnya makanan Enak. Mulai dari Kupang, Lontong Balap, Rujak Cingur, Aneka Jenis Bebek NgeHits, Semanggi, Tahu Tek, dan Campur hingga Soto Madura, cukup menggoda selera Makan Para Foodie Sejati.

Di Hari Kedua Lebaran lalu, Keluarga Kami (Mama, Mbak, dan Keponakan dari Jakarta), sengaja datang ke Kota ini untuk sekedar melepas penat, dan berganti suasana sejenak, demi menikmati beberapa Kuliner Khas Surabaya, yang Kami ceritakan ...

Keluarga Kami Kumpul di Surabaya !


Diantaranya Keluarga Kakak Tertua yang memang berdomisili di daerah Margorejo - Surabaya, Mama, Kakak, dan Keponakan, dari Jakarta, serta Saya bersama Istri dari Madiun.

Hanya Keluarga Kakak saya, yang juga berasal dari Madiun tidak bisa hadir, disebabkan kehabisan Tiket KA, selepas perjalanan mudiknya dari Jakarta.


















Berikut Kami Hadirkan
Holiday Travel 2016 –
Eksplorasi Kuliner
At Surabaya ...

At JW Marriot - Surabaya


Kedatangan Mama, Kakak, dan Keponakan Kami,  memang sudah direncanakan dua minggu sebelumnya. Termasuk memilih Rekomendasi Hotel Terbaik.

JW Marriot dipilih oleh Kakak, karena sudah lama Ia menjadi anggota tetap sebagai Costumer di Hotel Internasional milik Negara Pam Sam ini.

Bahkan Ia memiliki Previlege Member As Costumer Priority dengan bayaran per tahun untuk dapat menikmati sejumlah kemudahan yang ditawarkan oleh Hotel ***** ini.


Dengan penjagaan Maximum Security, mulai dari Pintu Masuk yang dijaga oleh para Anggota Kepolisian dengan Barisan Anjing Pelacak, sejenis Doberman, dan Herder hingga Mesin X-Ray untuk Pendeteksi Bom, dan Kejahatan lainnya, menjadikan Hotel ini selalu waspada terhadap segala bentuk Teror dan Kejahatan, yang kerap terjadi di Indonesia.

Maklum JW Marriot terkenal sebagai salah satu Hotel bagi Orang Asing, yang menjadi incaran para Pelaku Terorisme untuk melakukan Aksi Kejahatan mereka.

Terlebih waktu menjelang Lebaran kemarin, sejumlah Aksi Pengeboman terjadi di belahan Dunia, seperti Turki, Madinah -  Arab Saudi, dan Solo -  Indonesia.

Hal ini jelas menghantui negara lain untuk dapat melakukan penjagaan dan keamanan di Negaranya, termasuk Indonesia.

Santai Dulu Berdua Dengan Istri ...
















Akhirnya kami memutuskan untuk memilih tempat Penthouse bagi Kakak, Mama, Keponakan, dan Saya beserta Istri kebagian tempat yang lebih kecil, namun tetap nyaman, dengan Ornamen Klasik pada dinding Walpapernya ...

Lumayan Nyaman Untuk Tidur Berdua ... 

Overall, JW Marriot, merupakan Hotel yang baik, hanya saja di beberapa tempatnya, terlihat membutuhkan perawatan (Maintenance) lebih lanjut.

Seperti pada Kolam Renang, hingga beberapa bagiannya yang terlihat tampak kurang bersih, dan rapih.


Hal lain yang membuat Kami kecewa adalah Makanan dengan menu yang sama di setiap harinya. Mengingat selama 3 hari menginap seharusnya ada menu berbeda di setiap harinya, dan bukan sebaliknya. Terlebih JW Marriot menjadi salah satu List Destinasi Wisata Kuliner Surabaya Kami, yang menurut Informasi, Makanan di Hotel ini katanya Enak.

Entah karena lebaran, sehingga pelayanan tampak tidak prima, tapi hal ini jelas berbeda ketika Kami mencoba menginap, dan menikmati Sarapan Pagi (Breakfast), maupun Makan Malam (Dinner) di Hotel JW Marriot Jakarta.

Seharusnya Pihak Management Hotel tidak boleh menurunkan standar kualitas, ketika Lebaran. Mengingat JW Marriot adalah Hotel yang punya standar Internasional, dan saat Lebaran Tingkat Hunian (Occupancy) untuk menginap pastinya meningkat.

Terlebih harga yang ditawarkan jauh lebih mahal, ketika Kami menginap di Hotel ini, ketika Lebaran.

Berikut Beberapa Foto Kami
At JW Marriot - Surabaya 


JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya JW Marriot - Surabaya









Alamat :
Jl. Embong Malang No.85 – 89, Surabaya

Mlaku – Mlaku Nang Tunjungan

Yang menarik, ketika Kami menginap di Hotel ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan Pusat Kota Surabaya. Jl Embong Malang dekat dengan Pusat Kuliner Jl. Kedungdoro, dan Tunjungan Plaza yang terkenal sebagai salah satu Icon Mallnya Arek Surabaya.

Dari Pusat Perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP), Pihak Management menyediakan Fasilitas Gratis bagi Kebutuhan Antar Jemput Tamu, yang menginap di Hotel ke Pusat Perbelanjaan ini.


Ada Shuttle Bus, yang wara – wari selama 1 jam sekali, melayani Tamu yang ingin pergi dari Tunjungan Plaza (TP) atau Sebaliknya. Dari Hotel setiap Pukul 06.00 – Pukul 22.00. Dari Tunjungan Plaza (TP) setiap Pukul 06.15 – Pukul 22.15.


Di Pusat Perbelanjaan ini berdiri Brand Butik, dan Penyewa (Tenant) mulai dari Middle hingga High End. Pusat Perbelanjaan ini selalu penuh, bahkan Tunjungan Plaza V, yang baru buka, nampak Sold Out dengan Penyewa (Tenant) Internasional.


Berbicara Soal Kuliner, jangan ditanya tiga hari Kami menginap, tiga kali pula Kami menyambangi Pusat Perbelanjaan ini. Lantai 5, dikhususkan bagi Pusatnya Makanan.

Kamu dapat temui Restaurant apa saja di lantai 5. Mulai dari Restaurant Internasional hingga Tradisional. Sebut saja Pepper Lunch, Duck King, Jade Imperial, Marugame Udon, Imperial La Mian, Honeymoon Dessert, Quali, Hachi-Hachi, Sushi Tei, XO Suki, hingga Mie Fajar, dan Pojok Food Court Tunjungan Plaza I, yang menyajikan hidangan Khas Jawa Timur seperti Tahu Tek, dan Campur, Lontong Balap, hingga Rujak Cingur.


Di Hari Pertama, Kami memutuskan untuk incip sensasi Restaurant yang terkenal di Tokyo - Jepang, Pepper Lunch. Maklum, Kami adalah penikmat makanan Bistik cepat saji ini.


Di Hari Kedua, dan Ketiga, Food Court Tunjungan Plaza III, menjadi target Kami selanjutnya, maklum di tempat ini terdapat Hidangan Internasional, maupun Tradisional, hingga akhirnya Kami memutuskan untuk memilih tempat ini.


Yoshinoya, Kkuldak, Sushi Mori, Ice Cream Baskin Robins hingga Tahu Tek, dan Rujak Cingur menjadi Pilihan Makan Kami selanjutnya di Hari Pertama, dan Kedua.

Alamat :
Jalan Basuki Rahmat No.8-12, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya

Belanja Indonesia
Lihat Lebih Lengkap>>>










Beli Oleh – Oleh di 3 Tempat ...
Sedikit kecewa, dengan Pelayanan Hotel, Finally, Kami memutuskan untuk Jelajah Kuliner Surabaya, terutama yang diburu ialah Oleh – Oleh Panganan Surabaya - Jawa Timuran apa saja, yang nantinya akan dibawa oleh Kakak, ketika pulang ke Jakarta.

Kami merekomendasikan 3 tempat, yang ternyata buka di Hari Ketiga pasca Lebaran

1. Wisata Rasa

Tempat Oleh Kuliner Surabaya ini, punya beberapa Toko di Kota ini. Toko Oleh – Oleh Wisata Rasa terkenal dengan Produk Almond Crispy, yang serupa mirip dengan Cookies, dengan ketebalan yang lebih tipis.

  
Ada 3 Rasa, Green Tea, Coklat, dan Original. Namun bagi Kami yang paling direkomendasikan adalah Pilihan Rasa Original, dengan perpaduan Rasa Kacang Almond yang nendang banget, di mana bagian atasanya berpadu Keju Kering.

Sangat cocok bagi Kalian yang punya Anak Sekolah, yang sulit makan, dan kepentok dengan waktu masuk Jam Sekolah. Makanan ini bisa jadi sangat Praktis untuk dimakan sebagai Sarapan Pagi (Breakfast)

 Produk Kombinasi Wisata Rasa - Surabaya dan Mirasa - Madiun

Yang Unik dari Toko Kue ini ternyata juga menjual Produk Brem, dan Sambel Pecel Khas Mirasa Madiun.

Entah kebetulan, Ketika Saya mencoba membuka kembali Artikel Blog  Tentang 12 Tempat Belanja Kue Lebaran Terbaik Rekomendasi Madiun, di Toko Oleh - Oleh Mirasa - Madiun juga menjual Produk Almond Crispy dari Wisata Rasa.

Maka jangan heran jika Kedua Toko ini menjual Produk yang berasal dari Wisata Rasa - Surabaya, khususnya Almond Crispy, dan Mirasa - Madiun, khususnya Brem, dan Sambal Pecel, jika Kamu belanja di Kedua Toko ini.


Semoga saja Rekomendasi Kuliner Oleh – Oleh untuk Kakak Kami tepat !

Alamat :
Jl. Genteng besar 83A, Surabaya
Jl. Tunjungan 50 Surabaya
Jl. Jemursari No. 164, Surabaya
Jl. Mayjen Sungkono 135 Surabaya
Jl. Manyar Sabrangan 79 Surabaya
Jl. Dharmahusada No. 160 A, Surabaya

2. Depot Bu Rudy

Lokasinya, yang tidak jauh dari Toko Oleh Wisata Rasa di Jl Dharmahusada, membuat Kami memutuskan untuk singgah di Toko Kuliner Oleh – Oleh ini.


Depot Bu Rudy, memang terkenal akan Sambalnya yang ternyata laris manis di Jakarta. Menurut cerita Keponakan Sambal ini sampe susah dicari, walaupun sudah antre bukan kepalang, di sekitaran Daerah Kelapa Gading, dan Panglima Polim.

Nah ! Mumpung lagi di Surabaya, ini jadi hal yang tepat buat beli Sambal Bu Rudy, yang sepintas mirip Sambal Korek ini dalam jumlah banyak.



Walaupun nggak sepenuhnya buka, ketika Lebaran +H3, namun Sambal Bu Rudy yang NgeHits itu masih tetap bisa ke beli.

Beruntungnya bisa beli Sambal Bu Rudy”, kata Radit Keponakan Kami !

  
Selain Sambal Bu Rudy, Oleh – Oleh Khas Surabaya, dan Jawa Timuran seperti : Lorjuk, Udang, dan Teri Kering Sambal, Kentang Kering Sambal, hingga OtajiTuna Oseng Asap”, yang menggoda rasa, nggak ketinggalan untuk dibawa sebagai bekal buah tangan ke Jakarta.


Sebagai Penutup Pisang Raja Goreng Bakar, dibeli oleh Kami, sebagai bekal cemilan untuk beranjak ke Pusat Oleh – Oleh Selanjutnya ...

Alamat :
Jalan Dharmahusada 140 Surabaya
Jalan Anjasmoro 45 Surabaya
Jalan Kupang Indah 31 Surabaya

3. Panen Raya
Toko Oleh – Oleh ini juga punya beberapa tempat di Kota Surabaya. Sengaja Kami memilih tempat yang berada di Jl. Genteng Besar.

Selain merupakan Pusat Oleh – Oleh Panganan Khas Surabaya (hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa Toko Panganan Khas Surabaya yang juga buka cabang di tempat ini), lokasinya juga punya atmosfir tersendiri, ketika melewati Salah Satu Ikon Jalan dari Kota Surabaya ini.


Di jalan ini juga berdiri Pasar Genteng Besar, sebagai Pusat yang menjual Oleh –Oleh Panganan Khas Surabaya – Jawa Timuran.


Ketika Kami masuk ke Toko Panganan Khas Surabaya ini, Mata Kami langsung tertuju dengan banyaknya Panganan Oleh – Oleh yang di jual di tempat ini. Baik itu berasal dari Surabaya sendiri maupun Khas Jawa Timuran.


Sebut saja : Lorjuk, Kering Udang, Aneka Kue Kering, hingga Panganan Khas Laut, baik itu yang diolah menjadi Kerupuk, Rambak, Peyek, Keripik, dan sejenisnya, hingga Diasap, dan Dikeringkan.


Tempatnya cukup Recommended untuk dijadikan Oleh – Oleh Panganan Khas Terbaik Kamu, terutama bagi Kamu yang notabenenya Pelancong, dan belum pernah merasakan nikmatnya Panganan Khas Asli Surabaya – Jawa Timuran.


Alamat :
Jl. Genteng Besar No. 77-A , Genteng - Surabaya Kota
Jl. Raya Nginden No.88 B, Surabaya, Jawa Timur


















Plesir Kuliner ...
Setelah Puas berbelanja Oleh – Oleh Panganan Khas Surabaya, Kami bergegas untuk Plesiran Kuliner.

Referensi Kami langsung tertuju kepada Nasi Campur Tambak Bayan, yang terkenal Otentik itu.

Belanja Indonesia
Lihat Lebih Lengkap>>>










At Pojok Tambak Bayan
Maklum di saat +H3 Lebaran, belum banyak Rumah Makan Khas Surabaya -  Jawa Timuran, yang buka.

Entah karena ditinggal Mudik oleh Para Pegawainya, atau mungkin ada waktu khusus bagi Para Pemilik, yang juga ingin menikmati Liburan di Masa Lebaran, nyatanya banyak Rumah Makan yang tutup.


Tambak Bayan jadi Referensi yang tepat, selain memang buka di saat +H3 Lebaran  kemarin.

Depot Nasi campur ini buka di beberapa Tempat, baik di Surabaya maupun Jakarta. Namun, ketika di Kota Surabaya, Kami langsung mereferensikan ke Pusat Nasi Campur ini, yang terletak di Daerah Tambak Bayan, tepatnya Jl Pasar Besar Bubutan, Surabaya.


Suasana Oriental, nampak, Ketika Kami memasuki Depot Nasi Campur ini.

Maklum Pemiliknya adalah Keturunan Etnis Tionghoa. Walaupun begitu bukan berarti Nasi Campur ini tidak halal. Dijamin 100% Nasi Campur Tambak Bayan Halal.

Via : anakjajan.com

Nasi Campur dihargai Rp. 25.000,- untuk 1 Porsi. Cukup murah, dan Recommended. Terlebih Nasi Campurnya terdiri dari beraneka Lauk, mulai dari Telur Pindang, Ayam, Daging Suir, dan Empal. Di mana Proses masaknya semacam di Semur.


Kayanya Kamu harus coba ... !

Selain menjual Nasi Campur yang memang terkenal Otentik itu, Depot Makan ini juga menjual Siomay, Otak, Pempek, hingga Bakso Ikan (Hiwan) Kuah.

Pastinya tidak lupa Kami membeli kesemuanya itu ...

Alamat :
Jl. Ps. Besar Wetan No.7, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya
Jl. HR Muhammad 96 , Surabaya
Jl. Ruko Klampis Jaya No.41 , Surabaya
Jl. Raya Darmo Permai No. 86M - 86N , Suko Manunggal, Surabaya
Ruko Gateway C 8-9 , Waru Surabaya
Ruko Crown Golf, Blok A, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, Jakarta

Belanja Indonesia
Lihat Lebih Lengkap>>>










At Kedungdoro

Via : id.openrice.com
Ada Peristiwa yang kurang mengenakan, selepas Kami (Saya, dan Istri), mengajak Para Keponakan nonton Fim The Legend Of Tarzan, di Theatre IMAX – Tunjungan Plaza (TP) Surabaya.

Maklum, ketika itu Saya, dan Keponakan Radit, merasakan lapar, saat menuju kembali ke Hotel.

Hotel Kami menginap memang lokasinya tidak jauh dari Pusat Kuliner Jl. Kedungdoro, yang terletak beberapa ratus meter, tepat di belakang JW Marriot.

Finally, Kami memutuskan untuk mencoba incip di Tempat yang terkenal dengan Warung Tenda Burung DaraPenyetan, Bebek, Seafood, hingga Sup Kaki Kambing itu.

Bukannya rasa puas yang Kami dapat malah sebaliknya.

Entah karena Lebaran, atau memang Lokasi itu terkenal sebagai Kuliner Mahal, yang jelas harga yang tidak masuk akal Kami dapat, ketika coba incip Penyetan di tempat ini.

Jujur dengan rasa Standar, Penyet Lele dibandrol dengan harga Rp. 25.000,- untuk 1 Porsinya. Parahnya lagi Ketika Kami memesan Ikan Bawal Bakar dengan ukuran biasa, harganya cukup mencengangkan Rp. 65.000,-  untuk 1 Porsinya.

Belum lagi Nasi Putih, yang di hitung 15.000,- untuk 1 Porsinya. Walhasil, Saya harus merogoh Kocek Rp. 150.000,- ,demi Makanan yang ala Kadarnya, berdua bersama Keponakan Saya Radit.

Ya nggak apa – apalah, Hitung – hitung beramal di Hari Fitri, terlebih temanya adalah Penjelajahan Kuliner Surabaya. Jadi Penasaran (Curious) aja, Jika nggak jelajah daerah ini, yang katanya NgeHits.

Setiap Perjalanan tidak selalu harus berjalan mulus bukan ?

Lokasi :
Jl Kedungdoro - Surabaya




















Itulah Sebagian Dari Kisah Holiday Travel 2016 Kami.
Demi Menikmati Eksplorasi Perjalanan Kuliner At Surabaya ...
  


Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H
Mohon Maaf Lahir Dan Batin


Lokasi

TravellingKita


Kembali : ARTIKEL
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA