indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 13 Juni 2016

7 Makanan Indonesia Yang Katanya Bagi Sebagian Dari Kamu Berasa Nggak Berarti, Bisa Sangat Berarti Jika Kamu Berada Di Luar Negeri !

Senin, 13 Juni 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

7 Makanan Indonesia Yang Katanya Bagi Sebagian Dari Kamu Berasa Nggak Berarti, Bisa Sangat Berarti Jika Kamu Berada Di Luar Negeri !

pp
 Ini Beras, ya Beras. Bukan Kentang, bukan Keju. Makanan pokok Orang Indonesia. Sampe kapan pun gue bakal tetep makan ini, di manapun nanti gue berada.

Jd inget dulu waktu jaman sekolah ada salah satu Temen klo makan di luar alias Restoran ga pernah mau pesen Nasi Goreng atau apapun yg ada nasinya, menurut doi "kampungan" makan nasi d Mall/Plaza, katanya klo d Mall/Plaza ya makan Bule donk, spageti, berger, stek, prench price, milksek, jus, mokacino *Ejaan Indonesia* dll lah. Cm dulu gue ga kemakan omongannya, lah ya enakan Nasi Goreng pake Telor Ceplok ama Tempe.

Nah TEMPE salah satu makanan yang di anggap makanan orang ga punya pada saat itu. Pokoknya di hina2 dah klo makan tempe... Lah, tapi Gue doyan bgt ! Ampe skrg masih.. Dan betapa berharganya tempe itu di sini... Di sini jd makanan sehat, dan mahal.

Sampe skrg Gue masih takjub sama orang2 Indonesia, d Media Sosial yak, makan d restoran ini restoran itu, harganya makzzzaaang sama ama gue makan satu hari dsini. Tp lbh takjub lg nih liat postingan mereka makan sama Orang Tua-Nye, itu salut Gue! Makan enak ga lupa Orang Tua, klo buat Mereka mah brapapun sikattt brooh. Orang Tua ngasih Kite makan ga keitung.

Mungkin pernah ye Gue pas dulu d masakin ama Emak trus ga mau makan, kenyang lah, lg diet lah, ga enak lah, lg ga pengen itu lah... Sekarang berasa ye, makan bikin sendiri, cari sendiri, masak sendiri.. Itu sambel + tempe Emak buset enaknye jaman dahulu kala.

Maapin ye Mak Anaknye mungkin dulu blagu sok Bule klo mo makan, mahal2 lagi.. Padahal makanan rumah itu paling enak ..

*Balada ujan, kedinginan ama ga ada lauk episode 31 Mei 2016
– Bobby Kreshna*
Link :
https://www.facebook.com/bobbykreshna























Kalau denger curhatannya Boby (Teman SD/ SMA), jadi berasa ya ? “How The Precious Indonesia For Us !“ Entah itu Karena Budaya, Alam, Suasana, Masyarakat, terlebih Makanannya, pasti ada Moment yang berasa banget buat Kalian jadi kangen, jika terpaksa harus tinggal lama di Negeri Orang.

Ya iya, gimana Enggak coba ? Sehebat – hebatnya Kamu di Negeri Orang, pastinya Kamu akan Cinta dengan Tanah Air Kamu sendiri. Itu namanya Naluri. Pastinya, Naluri Kamu nggak akan bisa lepas dengan Indonesia, Tanah Kelahiran, dan Tumpah Darah Kamu !

Terlebih jika Kamu adalah Keturunan Orang Indonesia Asli, Ibu Bapak Kamu Orang Indonesia, Kamu Tumbuh, Besar, Berkembang hingga akhirnya sukses di Negeri Orang, dulunya adalah dari Indonesia. Pastinya Kamu tidak akan melupakan Akar Rumput Kamu Berada.

Itu yang namanya Indonesia Banget !

Walaupun Kamu dari sejak kecil hidup dengan Gaya Ke Barat- Baratan, Pake Baju International Branded lah, Doyan Shopping dan Travelling di Luar Negeri, Always Makan Western Food, hingga harus maksa ke Orangtua (Ortu), untuk Lanjutin Study di Luar Negeri, tapi percaya Balik – Baliknya ya Indonesia. Kamu pastinya bisa jadi Rindu ½ Mati dengan Indonesia.

Kita akan merasa kehilangan,
Jika sesuatu itu sudah nggak ada di Kehidupan Kita

Begitupula yang terjadi Jika Kamu tinggal di Luar Negeri dan melepaskan Kebiasaan (Habitual) Kehidupan Kamu sehari – hari di Tanah Air. Tadinya ngalamin Kenangan mulai dari yang Terburuk hingga Terindah, seketika terhempas tanpa datang lagi .... !

Syahrini aja bisa bilang Hempas Datang Lagi ....!



Pernah baca Novel 9 Summer 10 Autumns ? Novel yang ditulis dan berdasarkan cerita nyata (Based On True Story), dari Kehidupan Penulisnya, yang kini Tinggal di Batu, Malang - Jawa Timur, Iwan Setyawan, digambarkan punya jalan cerita yang Menyentuh, Inspiratif dan terasa Nasionalis Banget !



Kesuksesan kerja dan karier cemerlang di New York, Amerika Serikat membuat Iwan Setyawan, yang terlahir dari Anak Supir Angkot di Kota Batu, Malang, 2 Desember 1974, malah ingin kembali ke kampung halamannya di Kota Apel, Malang, Jawa Timur.

Ia memutuskan untuk berhenti kerja dan pulang ke Indonesia !

Kenangan Pahit, Ketika di Indonesia, tidak serta merta Ia lupakan begitu saja. Baginya Indonesia adalah Tanah Air dan Tumpah Darahnya. Sampai kapanpun Ia akan selalu Cinta Mati dengan Indonesia.

Walaupun harus mengalami masa susah, pontang – panting untuk menuju jalan kesuksesan, di Indonesia sebuah proses itu hadir melengkapi keberhasilannya.

Cinta dan Dukungan Orangtua, serta Keluarga, hingga akhirnya membuat Ia harus memutuskan untuk meninggalkan Gemerlap Kota New York, dengan Posissi Strategis di Perusahaan Multinasional Negara Pam Sam, Nielsen International Research, dengan jabatan terakhir sebagai Director Internal Client Management.

Namun tak selamanya gemerlap lampu-lampu New York
dapat mengobati kerinduan akan rumah kecil dan Tanah Airnya.
Hingga pada akhirnya, cinta keluargalah yang menyelamatkan semuanya!

Mungkin, Ketika di Negeri Orang, Banyak diantara Kamu, yang punya rasa yang sama dengan Iwan. Rindu ½ Mati Akan Tanah Air Indonesia. Dimana Keluarga menjadi sangat berarti, Ketika Kamu merasa semuanya hampa, And FinallyI Have To Decide That I Wanna Go Home !“. Termasuk di dalamnya Rindu Soal Makanan Indonesia ...

Belanja Indonesia
Lihat Lebih Lengkap>>>










Berikut Kami Hadirkan  
7 Makanan Indonesia Yang Katanya Bagi Sebagian Dari Kamu Berasa Nggak Berarti, Bisa Sangat Berarti Jika Kamu Berada Di Luar Negeri !

1. Sate Ayam
pp

















Sate Ayam merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang biasa dijual dengan kisaran harga puluhan sampai belasan ribu rupiah. Tidak hanya di Indonesia, ternyata Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama juga Cinta Mati dengan Masakan Indonesia satu ini. Bahkan Warga Jerman juga gemar dengan kuliner yang satu ini. Tapi, bedanya satu porsi sate di Jerman sana bisa dibandrol dengan harga 10 Euro atau sekitar Rp. 150.000,-.


Jadi Berasa Ya Guys ? Jika Kamu di Jerman, dan tentunya rindu ½ Mati dengan Kuliner Satu ini, Kamu harus ngerogoh Kocek, sekitar Rp. 150.000,- dan belum tentu seEnak Sate di Tanah Air. Tapi yang namanya Rindu, tetap aja dilakuin. Gagal Hemat nggak napa, yang penting bisa kesampean makan Satenya.


Tentunya Jadi Kerasa Lebih Berarti Banget
Makan Satenya !

2. Nasi goreng
ppp



Di Indonesia sepiring olahan Nasi yang digoreng dengan bumbu lengkap dengan telur dan suiran daging ayam sudah bisa dinikmati cukup dengan merogoh kocek Rp 10.000,-



Berbeda dengan tarif yang dijajakan di Indonesia, harga seporsi Nasi Goreng di Amerika Serikat bisa mencapai USD 10 atau sekitar Rp 130.000,-. Terlebih lagi semenjak Presiden AS, Barack Obama, juga nyatain bahwa Nasi GorengNasgor” adalah salah satu Makanan Favoritnya, selain Sate, Makanan ini jadi makin nggak ketulungan harganya.

Nah bagaimanapun jangan lupain deh Makanan Indonesia, ketika Kamu memang masih berada di Indonesia. Buang tuh yang namanya sikap ke Britishan, kalau bisa minimalisir deh. Sebab Kamu nggak akan pernah merasa kehilangan, setelah segala sesuatunya terjadi. Walaupun Konteksnya cuman Makanan !

Bisa Jadi Nasi Goreng (Nasgor)
Jadi Sesuatu Yang Berarti Banget !


3. Tempe
pp

















Siapa sangka makanan khas olahan asli Indonesia yang sangat mudah ditemui dan murah harganya ini bisa menjadi mahal ketika dijual di luar negeri.



Jika di Indonesia, makanan yang terbuat dari hasil fermentasi kedelai ini biasa dipatok dengan harga Rp 2.000,- /potong, maka lain halnya jika kamu kebetulan sedang jalan-jalan ke Eropa. Harga tempe di sana bisa mencapai 1,8 Euro atau setara dengan Rp 25.000,- /potong kecilnya.

Bisa kebayang donk, Ketika sebagian Kita (Orang Indonesia Asli) ngganggep Tempe sebagai Makanan Kampungan. Kita lebih baik milih Makan Whoppernya Burger King, ketimbang Tempe yag dinilai nggak level.


Sehingga ada Istilah Otak Tempe, yang terkadang itu keluar dari mulut Sebagian Para Orangtua, Guru, bahkan Atasan (Bos) Kita, saat Mereka marah, dan memaki, ketika Kita berbuat Kesalahan.

Demi menggambarkan Betapa Murahnya Harga Tempe, sehingga dikaitkan dengan Otak Kita yang dengkul  Sesuatu Pembodohan bukan ?

Ini Memang Enak, tapi Tetap Saja Junk Food !

Padahal di Luar Negeri sana, banyak Orang yang memilih Tempe (better than) Burger, Hot Dog, Pizza, dan sejenisnya yang dianggap Makanan Sampah (Junk Food) bagi Mereka. Tempe dinilai punya Gizi yang banyak dalam kandungannya (terutama Kedelai), sehingga menjadi Makanan yang Sehat, dan Cukup Mahal di Luar Negeri.

Sungguh Ironis !

Mumpung masih diberi Kesempatan, jangan sekali Kamu nolak, terlebih harus Marah, jika OrangtuaIbumu masakin Kamu dengan Lauk Pauk Tempe setiap hari, lantaran kondisi keuangan yang Cekak. Hormatilah dan hargailah setiap jerih payah Orangtua demi membesarkan Kita !


Jangan sampai ketika Kamu menetap di Luar Negeri,
Tempe Menjadi Sesuatu Yang Berarti Banget, lantaran Kamu Rindu ½ Mati !

4. Bakso
pp
pp
Tidak hanya di Indonesia, di negara tetangga Singapura, kini juga sudah mulai menjamur makanan berbahan dasar campuran daging giling dan terigu ini. Jika di Indonesia kita sudah bisa menikmati semangkuk Bakso dengan harga sekitar Rp 10.000,- , lain halnya dengan di Singapura. Di sana semangkuk Bakso bisa dibandrol dengan harga SGD 5 atau sekitar Rp 50.000,-



Tentunya,
Bakso Jadi Makanan Yang Berarti Banget,
Setelah Kamu capek Belanja Menyusuri Orchad Road Singapore, dan Rindu Bakso. Terlebih, Jika Kamu inget nolak Abang Tukang Bakso yang coba nawarin sepiring Mangkok untuk Kamu beli, pas lewat di depan Rumah Kamu ... !



5. Pisang Goreng
pp
Via : http://www.rosiegohres.com/
Di Indonesia mudah sekali ditemui penjual gorengan, harganya pun terbilang murah. Hanya dengan uang Rp 1.000,- Kita sudah bisa menikmatinya. Lain halnya dengan di Belanda, harga satu Pisang Goreng bisa mencapai 5 Euro atau kurang lebih sekitar Rp 75.000,-  Wow... fantastis bukan !

Bayangin aja berapa kali lipatnya harga Pisang Goreng (Pisgor) di sana ?
Jadi Berasa Berarti Pisang Goreng (Pisgor) bukan ?
Masih inget nggak ? Ketika dalam Perjalanan dengan Bis Umum ada Pedagang Asongan yang Penjualnya Anak Kecil, coba nawarin Pisang Goreng, tetapi Kamu pura Browsing dengan Smartphone Kamu. Kamu tolak lantaran kurang Higienis atau mungkin Kamunya sendiri yang merasa harus serba Clean ?


Pastinya
Jadi Berasa Berartinya Pisang Goreng bukan ?

6. Pecel Lele
pp
Via : www.qraved.com
Biasanya Pecel Lele yang sering kita jumpai di pinggir jalan dipatok dengan harga sekitar Rp 15.000, -/porsi. Ternyata tidak hanya di Indonesia, makanan ini juga sukses menjadi salah satu primadona di Swiss. Di sana satu porsi pecel lele dibandrol dengan harga 15 Euro atau kurang lebih sekitar Rp 225.000,-

Dulu aja, ketika Ibu Kamu masak Pecel Lele, Kamu Tolak mentah, lantaran Trauma Akut, akibat pernah dipatil Lele. Sekarang jadi Rindu ½ Mati, ketika Kamu di Swiss, coba Makan Pecel Lele lagi.


Baru Nyesel Deh, Jika ....
Pecel Lele Jadi Berarti Sesuatu Banget !

7. Gado-gado
pp

Di Indonesia harga seporsi gado-gado biasa dibandrol antara Rp 10.000,- -12.000,- , namun, di Amerika Serikat, tepatnya di New York, harga untuk seporsi gado-gado bisa mencapai USD 10 atau setara dengan Rp 130.000,- belum termasuk minum lho.

Kejadian Mahal Deh !
Kenapa Juga Kalian, ketika di Indonesia Lebih Milih Makan Salad, karena lebih International gitu ?

Padahal Kita tahu Gado –Gado kan juga Salad Jawa, bahannya lebih lengkap ada Sayur, Telor, dan Olahan Tahu maupun Tempe. Apa Sebab Nggak pake Blue Cheese, dan Thousand Island pada Bumbunya ? Sehingga Kamu rela milih Makan Makanan Salad, ketimbang Gado – Gado ... Sedih !


Nah Lo jadi Berasa Ya ....
Ketika Kamu Di USA, Gado –Gado Pastinya Jadi Sesuatu Banget !




Rasa Kangen, Rindu ½ Mati akan jadi sesuatu yang berarti Banget,
Ketika semuanya hilang tanpa pernah datang kembali !


Seperti itulah Gambaran Kerinduan dan Kecintaan Kita terhadap Tanah Air Indonesia. Ketika semuanya telah dicapai di Negeri Orang, secara tidak langsung, Kita pastinya akan Merindukan Tanah Air Kita. Rindu Akan Budaya, Alam, Suasana, Masyarakat, dan Pastinya Makanan Indonesia.


Sebab Kita Adalah Orang Indonesia !

Source :
https://www.brilio.net/news/tak-disangka-10-makanan-sederhana-indonesia-ini-mahal-di-luar-negeri-1508211.html

Kembali : TERBAIK 
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA