indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 13 Mei 2016

9 Gedung Perpustakaan Terbaik Indonesia !

Jumat, 13 Mei 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR



Gemilang
Andien

Hari terus berganti banyak yang tlah terjadi
Dirimu kian pasti segala kan ku raih
Bila esok menjelang bahagiapun kan datang
Bintang di angkasa bersinar gemilang

Reff:
Tempatku tuju segala angan dan harapan
Tempat ku padu cita-cita dan impian
Tempat ku tuju setiap langkah yang berarti
Tetap menyatu dalam hasrat dan tujuanku selalu

Waktu terus menguji tekad yang ku miliki
Kini tlah terbukti segala kan ku gapai
Rintangan ku hadapi cobaan ku lalui
Semua tlah ku dapati tetaplah gemilang

Repeat reff [2x]

Tempat ku padu cita-cita dan impian
Tempat ku pacu segala langkah yang berarti
Tetap menyatu dalam hasrat dan tujuanku selalu


pp
pp
9 Gedung Perpustakaan Terbaik Indonesia !

Buku adalah “Jendela Dunia”. Istilah itu tampaknya tidak berlebih untuk mengartikan Buku sebagai Khazanah Kita untuk memperluas Pengetahuan. Dengan Buku Kita dapat mengetahui apa yang tidak Kita ketahui sebelumnya. Buku juga merupakan sebagai Media yang tepat untuk mempelajari segala sesuatu hal yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan. Karena Buku dekat dengan Pengetahuan.

Lalu dimana Kita dapat memperoleh hal tersebut ? Terpenting untuk memperoleh Informasi yang diperlukan, dengan tujuan Ilmu Pengetahuan. Terlebih jauh dari itu,  diperlukan sebagai Media Penghibur Diri dengan adanya berbagai jenis Buku yang tersedia.

Perpustakaan dirasa sebagai sarana yang tepat, untuk Kita memperoleh Informasi, saling bertukar pikiran, bahkan menjadi ajang bagi Komunitas Pembaca untuk mensosialisasikan Kegiatan Membaca Buku, serta Peran Perpustakaan sebagai salah satu Sarana Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa !

Berikut Kami Hadirkan
9 Gedung Perpustakaan Terbaik Indonesia !




















Apa Itu Perpustakaan ?
ppp
pp
Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah tempat koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang kebanyakan tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki dari manusia.

Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (Dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan Internet)

Peran Perpustakaan
ppp
pp
Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar. Perpustakaan terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada.

Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan


Tujuan Perpustakaan
pp
pp
Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:

Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan
Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik
Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik
Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia
Dapat meningkatkan tarap kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya
Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa
Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial
Serta secara khusus, Dapat memperoleh Informasi yang berguna, sesuai dengan Salah Satu Tujuan Negara yaitu :
Mencerdaskan Kehidupan Bangsa !


















Hubungan Perpustakaan Dengan Bacaan
pp

Perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan. Karena di perpustakaanlah bahan pustaka dikumpulkan, diproses, dan disebarluaskan (didistribusikan) kepada para Pembaca/Pemakai perpustakaan. Adapun koleksi perpustakaan di negara kita sebagian besar berupa buku atau book material dan masih jarang perpustakaan yang memiliki koleksi berupa non-book material seperti film, kaset film strip, slides, piringan hitam, peta, globe, dan sebagainya

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan

Perkembangan Perpustakaan
ppp
Perpustakaan Digital - Perkembangan Dalam Dunia Perpustakaan 

Dalam perkembanggannya Perpustakaan Kini, tidak hanya diartikan sebagai Tempat dalam wujud fisik (Nyata), berupa : Gedung. Perpustakaan yang secara harfiah mempunyai makna Sarana Koleksi Buku, dan Majalah untuk memperoleh informasi.

Dalam perkembangannya Perpustakaan dapat dilakukan secara Digital atau melalui sistem Aplikasi yang dapat Kita unduh, akan tetapi Gedung Perpustakaan, dalam kehidupan Modern, perannya juga tidak dapat dikesampingkan.

Selain sebagai sarana untuk memperoleh Informasi, Sarana Interaksi Sosial dan Komunal seperti : Tempat Kumpulnya berbagai Komunitas Membaca, Kegiatan Bedah Buku oleh beberapa Pengarang, hingga Sosialisasi Membaca Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, juga menjadi Hal Penting Bagi Fungsi Gedung Perpustakaan di dalam Kehidupan Masa Kini.

Berikut Kami Hadirkan
9 Gedung Perpustakaan Terbaik Indonesia !



1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia - Jakarta
pp
ppp
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) atau Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) adalah Perpustakaan Nasional yang berada di Jakarta, Indonesia. Perpustakaan ini memiliki tugas menyimpan data, dan informasi negara. Perpusnas juga merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Sejarah Perpusnas bermula dengan didirikannya Bataviaasch Genootschap pada 24 April 1778. Lembaga ini adalah pelopor Perpusnas dan baru dibubarkan pada tahun 1950.

Awalnya, Perpustakaan Nasional RI merupakan salah satu perwujudan dari penerapan dan pengembangan sistem nasional perpustakaan, secara menyeluruh dan terpadu, sejak dicanangkan pendiriannya tanggal 17 Mei 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Daoed Joesoef. Ketika itu kedudukannya masih berada dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan setingkat eselon II di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, dan badan ini merupakan hasil integrasi dari empat perpustakaan besar di Jakarta.

Atas prakarsa Almarhumah Ibu Tien Suharto, melalui Yayasan Harapan Kita yang dipimpinnya, Perpustakaan Nasional memperoleh sumbangan tanah seluas 16,000 m² lebih berikut gedung baru berlantai sembilan dan sebuah bangunan yang direnovasi. Lahan yang terletak di Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat, merupakan lokasi Koning Willem III School (Kawedri), yakni sekolah HBS pertama di Indonesia ketika zaman kolonial. Bangunan sekolah inilah yang kemudian setelah direnovasi menjadi gedung utama yang digunakan untuk kantor pimpinan dan sekretariat. Gedung di sebelahnya yang berlantai sembilan berfungsi sebagai perpustakaan yang sebenarnya, di mana koleksi bahan pustaka tersimpan dan dilayankan untuk umum.


Perpustakaan ini menjadi yang Pertama, dan Terlengkap di Jakarta. Beragam Buku baik itu Buku Pelajaran, Sejarah, Ensiklopedi, hingga Bacaan terdapat di Perpustakaan Nasional. Saat ini (Desember 1999) jumlah koleksi diperkirakan 1,100,00 eks, dan jumlah karyawan 700 orang.


Fasiltas yang nyaman, tentunya bisa Kalian temui di Perpustakaan ini. Mulai dari Ruang Baca, Lobi Tunggu, Ruang Presentasi, hingga Tempat Kumpul Komunitas Baca. Walaupun menempati Gedung yang berdiri di tahun 80-an, namun kesan minimalis, dengan sentuhan Etnik Indonesia, pastinya jadi Jaminan bagi Gedung Perpustakaan ini.

Perpustakaan Nasional juga mempunyai Fasilitas Digital, dimana Kamu dapat mengunduh Informasi yang ingin dibaca melalui Aplikasi Android, dan IOS.

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_Nasional_Republik_Indonesia

Alamat :
Jl. Salemba Raya No. 28 A, Senen, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Perpustakaan Soeman HS - Pekanbaru
ppp
ppp
Perpustakaan Soeman H.S. adalah salah satu perpustakaan dan penyimpanan arsip nasional yang berstatus perpustakaan provinsi.

Perpustakaan ini dibangun oleh pemerintah Provinsi Riau. Perpustakaan ini dibangun dengan APBD Riau yang dianggarkan dalam gerakan pendidikan Riau Membaca.

Perpustakaan ini mempunyai 6 lantai guna memenuhi fasilitas publik berupa perpustakaan daerah, yang pada saat itu di Riau belum memiliki gedung yang cukup  representatif. Pada tahun 2008, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla datang untuk meninjau dan meresmikan Perpustakaan Soeman Hs.


Selain menjadi ruang baca, perpustakaan ini juga sekaligus menjadi ruang publik bagi masyarakat. Desainnya unik terinsipirasi dari alas baca Al-Quran sekilas juga mirip dengan buku yang sedang terbuka.


Kesan Minimalis pada Gedung Perpustakaan ini, akan semakin terasa Ketika Kamu memasuki Gedung yang menjadi Pusat Informasi Terbesar di Provinsi Riau. Ruang interior yang nyeni, dengan Ruang Baca di berbagai sudut menjelaskan Gedung Soeman H.S, mempunyai dekor Perpustakaan yang cukup representaif sebagai Gedung Pusat Baca bagi Masyarakat Pekanbaru Khususnya, dan Riau Pada Umumnya.

Soeman HS, yang terletak di Pusat Kota Pekanbaru, menjadikan gedung Perpustakaan ini sebagai salah satu Icon Kota Pekanbaru. Dengan dinding kaca lebar, Kamu bisa melihat Pemandangan Kota Pekanbaru, dengan aktivitas Masyarakatnya, yang tidak akan pernah mati.


Pameran, Bedah Buku, hingga Presentasi sering diadakan di Gedung Perpustakaan ini. Begitu juga dengan Kumpul Komunitas, yang sering diadakan di Tempat ini !

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_Soeman_H.S.

Alamat :
Jalan Cut Nyak Dien, Jl. Cut Nyak D, Kota Pekanbaru, Riau

3. Perpustakaan Universitas Indonesia - Depok
pp
Kristal Pengetahuan (Crystal of Knowledge) merupakan perpustakaan pusat Universitas Indonesia (UI) yang diklaim sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan ini menempati lahan 2,5 hektare, dengan luas bangunan 33.000 meter persegi dan diresmikan tanggal 13 Mei 2011. Perpustakaan ini mulai dibangun semenjak Juni 2009.


Perpustakaan ini memiliki 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, taman, restoran, bank, serta toko buku. Perpustakaan ini diperkirakan mampu menampung 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau 20.000 pengunjung per hari.


Sebagian kebutuhan energi perpustakaan ini dipasok dari pembangkit listrik tenaga surya, sehingga Gedung Perpustakaan UI ini, sangat mendukung Konsep Eco Living, dan Green dalam perencanaan gedungnya. Terlebih beberapa bagiannya terdapat Bangunan yang ditanami Rumput, dan Pepohonan diatasnya, dengan Sistem Biopori.


Pembangunan gedung beserta pengadaan fasilitas perpustakaan ini menelan dana Rp 175 Milyar, dengan rincian Rp 123 Mliyar berasal dari anggaran pemerintah dan sisanya kerja sama dengan pihak swasta. UI sendiri menganggarkan Rp 12 M untuk perawatan dan pengadaan buku baru.


Sumber Foto :
https://benangmerah1.wordpress.com/2011/12/17/
barubertunas.deviantart.com

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Crystal_of_Knowledge

Alamat :
Gedung Crystal of Knowledge Kampus UI - Depok

4. Perpustakaan Institut Teknologi Bandung - Bandung

pp
Gedung Perpustakaan ini, terletak di Kompleks Institut Teknologi Bandung (ITB). Hampir sama dengan Perpustakaan UI, Perpustakaan ITB merupakan Perpustakaan yang mengkoleksi Jutaaan Buku, baik itu yang terkait dengan Ilmu Pengetahuan, dan Sains, Majalah, maupun Hasil Skripsi, Tesis, maupun Disertasi Para Mahasiswa ITB.


Dengan Sistem E Katalaog, dan E Book pada Perpustakaan Online, Para Mahasiswa maupun Masyarakat, dapat menjadi member, maupun mendownload Buku yang diperlukan melalui Sistem berbasis Aplikasi.


Suasana Gedung yang nyaman, dan Minimalis merupakan wajah Baru dari Gedung Perpustakaan ITB. Di tempat ini sering diadakan seminar, bedah buku, dan menjadi Sarana Interaksi bagi Para Mahasiswa yang ingin menyelesaikan Tugas Mata Kuliah Akhir, baik itu Skripsi, Tesis, maupun Disertasi.

Alamat :
Gedung Perpustakaan Pusat ITB, JL. Ganesha, No 10, Bandung

















5. Perpustakaan Freedom Institute - Jakarta

Gedung Perpustakaan yang terletak Di Jakarta Pusat ini, juga merupakan tempat paling Nyaman,dan recommended bagi Kamu untuk memperoleh informasi melalui Buku, dan Majalah. Gedung Perpustakaan ini juga dikenal sebagai Gedung Perpustakaan Umum.


Tempat yang nyeni, namun nyaman bisa Kamu dapati jika masuk ke Gedung Perpustakaan milik Freedom Insititute. Kamu akan menemukan Ratusan Ribu Buku yang tertata rapih, baik dari Dalam maupun Luar Negeri.


Ditambah dengan suasana gedung, dengan fasilitas Sofa yang empuk, Wifii, dan Jaringan Koneksi Terintegrasi, menjadikan Perpustakaan ini, salah satu yang terbaik di Jakarta.


Beberapa taman sengaja diciptakan di Gedung Perpustakaan ini, untuk menambah kesejukan, ketenangan saat Kamu belajar, maupun menerima Informasi dengan membaca di tempat ini.


Alamat :
Jl. Proklamasi No.41, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

6. Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) Malang
ppp
ppp
Perpustakaan Universitas Brawijaya, juga merupakan yang terbaik di Indonesia. Gedung Perpustakaan Brawijaya mempunyai fasilitas yang lengkap seperti : Sarana Wi Fii, Layanan Free Internet, Area Parkir, Lobi Tunggu, hingga Kantin.

Konsep Minimalis, dengan Taman Cantik, sengaja dibangun untuk menambah Kenyamanan dan Kecintaan terhadap minat baca Mahasiswa, khususnya, dan Masyarakat Umum.


Perpustakaan Universitas Brawijaya, menyimpan literatur dan referensi Buku dan Majalah, baik Luar maupun Dalam Negeri. Di tempat ini, Kamu juga bisa merujuk Informasi Hasil Skripsi, Tesis, maupun Disertasi Para Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Sistem Catalog pada Content Perpustakaan, juga disediakan oleh Perpustakaan Universitas Brawijaya. Di mana Para Mahasiswa dapat mengunduhnya melalui Sistem Aplikasi.

Terlebih Alam Malang yang terkenal dingin juga menambah Kenyamanan Bagi Para Mahasiswa, untuk Belajar, dan Memperoleh Informasi.


Alamat :
Jalan MT Haryono, Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Malang, Jawa Timur

7. Comic Cafe - Jakarta
pp
Perpustakaan ini mempunyai spesialis di Bidang Komik. Jika Kamu “Penggemar Komik”, jangan lupa untuk mengunjungi Comic Cafe yang ada di Tebet. Perpustakaan yang mengusung Konsep Cafe Baca ini, sekaligus menjadi Tempat Nongkrong Yang Asyik, bagi Kamu dan Komunitas Pecinta Komik, Cos Play, hingga Manga, untuk Komik Jepang, China, dan Korea.

Via : http://www.kitakemana.com/

Tercatat Komik yang terdaftar bukan hanya berasal dari Jepang, China, dan Korea, namun Berbagai Komik asal Indonesia, Karya R.A Kosasih juga terdapat di Perpusatakaan Komik ini. Sebut saja serial Cerita Mahabharata Bhagawad Gita, Ramayana hingga “Sri AsihPahlawan Superhero Pertama Indonesia , tahun 50an. Karya Asmaraman Sukowati yang terkenal dengan Serial Kho Ping Hoo, juga terdapat di Perpustakaan ini. Serial Komik Pendekar Tongkat Emas, yang cukup Populer itu, terdapat di Perpustakaan ini. Tak ketinggalan Komik Karya Marcelino Ledfrant, Volt juga menjadi Incaran bagi Para Penggemar Komik di Tempat ini.


Alamat :
Jalan Tebet Raya No.53D, Tebet, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

8. Bookshelf - Jakarta


Perpustakaan ini mengusung Konsep Utama Bookstore, Movie, Music, Library, dan Cafe. Library Cafe yang satu ini layak untuk jadi tongkrongan kamu. Tidak itu saja, Bookshelf juga menyediakan mini teater, berbagai buku yang bisa kamu dapatkan di perpustakaan, dan tentu saja Cafe yang menyajikan berbagai makanan yang sangat lezat.


Dengan konsep unik ini, kamu bisa membaca buku sambil duduk tenang dan menikmati secangkir kopi hangat yang menggugah selera. Hmmmm… siapa mau coba ?



Link :
http://frozzaholic.com/featured/cafe-library-terbaik-di-jakarta

Alamat :
Jl. Cinere Raya No.43, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat
Jl. Cinere Raya Blok M No.75, RT.2, Cinere, Kota Depok, Jawa Barat

9. Micro Library - Bandung
pp
Micro Library adalah salah satu Perpustakaan Terunik di Indonesia. Dibuat dengan menggunakan Limbah Wadah Plastik Ice Cream, tentunya Gedung Perpustakaan ini sangat mendukung Program Mencegah Pemanasan Global (Global Warming), yang menggunakan Konsep Daur Ulang (Recylce) dalam Proses Pengerjaannya. 


Perpustakaan itu dibuat sepenuhnya dengan swadaya masyarakat yang diprakarsai Pemerintah Daerah. Dengan bantuan dompet dhuafa dan dua arsitek asing, yakni Daliana dan Florian Heinselmann dari Shau Architecture, jadilah sebuah perpustakaan mungil, namun unik.

Buku yang ada di sini tersedia Gratis bagi Para Pengunjung, khusunya Pelajar. Hal ini dilakukan dalam Mendukung Program Pemerintah Daerah untuk menjadikan Bandung Sebagai Kota Buku di Tahun 2017.


Alamat :
Jl. Bima, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

Kembali : TERBAIK
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA