indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 14 Desember 2015

5 Event Jazz Terbaik Indonesia ini bisa buat tentrem hati kamu bila datang di acara Ini

Senin, 14 Desember 2015


CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR


5 Event Jazz Terbaik Indonesia ini bisa buat adem ayem Kamu, bila datang di acara Ini

Jazz sebuah musik yang penuh dengan improvisasi. Itulah kata yang tepat bila kamu dengar musik ini. Improvisasi terindah dalam bermusik bisa kamu dapetin bila dengar musik Jazz. Dalam sejarahnya Musik Jazz dibawa oleh budak negro yang menjadi imigran dengan sistem kerja paksa di belahan benua lain yaitu Amerika. Di tengah kesibukan mereka mencoba memadukan unsur ritme sebagai pelipur lara dari kehidupan mereka menjadi seorang budak. Tak heran apabila musik ini disebut sebagai Musik Benua Hitam, musiknya asal budak Negro Afrika... !


Prolouge ....

Jazz yang pada mulanya berasal dari musik rag time “Sebuah permainan irama musik yang memadukan ayunan lagu dalam sebuah piano – perkembangan musik Swing), dalam perkembangannya, musik ini melebur dalam sebuah komposisi musik seperti Blues – Perkembangan R&B Rhytem and Blues, Pop and Rock – Perkembangan Acid Jazz, dan masih banyak lagi. Tidak heran musisi Jazz Kelas Dunia seperti Louis Amstrong, Frank Sintara, Salena Jones, George Benson dapat menginspirasi generasi masa kini ; sebut saja Michael Buble, Norah Jones, Jamie Cullum, hingga generasi di luar genre Jazz, Jason Mraz dan Santana adalah nama yang ditunggu kedatangannya oleh Penikmat Jazz.

Michael Buble Musisi Jazz Internasional Generasi Kini

Di Indonesia pun tidak ketinggalan. Indonesia yang terkenal mumpuni dalam Persaingan Industri Musik Dunia, juga melahirkan sejumlah musisi Jazz Papan Atas. Nama seperti Dian Pramana Poetra, Mus Mujiono, Fariz RM hingga sejumlah Band Jazz Etnik Kontemporer : Emerald, Karimata, Krakatau menjadi inspirasi bagi musisi di generasi masa kini seperti Glen Fredly, Marcel, Tompi, Sandy Sandoro, Tulus, Raisa, Afgan, Kunto Aji, Yura Yunita, Isyana Saraswati hingga Barry Likumahua.

Tulus Musisi Jazz Indonesia Generasi Kini

Kehadiran mereka musisi Jazz mancanegara maupun persada di setiap event menjadi Inspirasi, hingga ajang bertukarpikiran sesama Musisi agar Musik Jazz dapat berkembang lebih baik lagi di Indonesia. Musik yang bisa dibilang Easy Listening ini sangat ditunggu kehadirannya bagi penikmat musik, terlebih bila ada Event yang bisa dibilang dalam skala Internasional. Berikut 5 Festival Jazz yang bisa bikin Tentram Hati kamu, bila datang ke Event ini !


1. Jakarta Internasional Java Jazz Festival



Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) adalah festival musik jazz terbesar dan tertua yang setiap tahunnya diselenggarakan setiap awal bulan Maret di Jakarta, Indonesia, oleh Java Festival Production sejak tahun 2005 dan diprakarsai oleh Pieter F. Gontha “Seorang Duta Besar Indonesia untuk Polandia dan Bos Berita Satu”. Dari nama depannya yang berlabel Internasional sudah pasti kamu akan disuguhi sajian berkualitas Internasional. Tercatat nama seperti George Benson, Jason M’raz, Santana, Incognito, Jammie Cullum, Dave Koz, hingga Basia sempat merasakan sensasi dari Event Jazz Internasional ini. Di Event ini kamu juga disuguhi musisi Indonesia yang memang memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan Musik jazz di Tanah Air. Nama seperti Tulus, Afgan, Indra Lesmana, Bubi Chen, Syaharani adalah jaminan kesuksesan dari Event Jazz Internasional ini. Java Jazz Fetival diselenggarakan dengan beberapa panggung. Jadi bisa kalian bayangkaan Musisi Jazz ini bukan hanya manggung dalam satu panggung tetapi beberapa panggung, dan Java Jazz Festival adalah Event Jazz dengan pertunjukkan panggung terbanyak. Photo Bawah By Prasojo






















2. Jazz Gunung



Yang satu ini konsepnya terbilang unik. Jazz Gunung berarti Festival Jazz ini mainnya di Gunung donk ? Ya benar sekali. Penggagas acara ini Butet Kertaredjasa, Djaduk Ferianto, dan Sigit Pramono sengaja mengambil keindahan Gunung Bromo -  Jawa Timur sebagai background panggung Jazz Gunung. Jazz Gunung dihadirkan untuk mengenalkan Musik Jazz dalam kearifan masyarakat lokal sekaligus memasarkan potensi wisata Indonesia di Mata Dunia, khususnya keindahan panorama Gunung Bromo, Tengger, Semeru. Walaupun bertempat di Pegunungan Bromo - Tengger, Semeru, bukan berarti Event ini tidak kaya akan Musisi Jazz yang main di Event ini. Nama seperti Rieka Roeslan, Endah&Rhesa, Raisa, Andien, dan Tulus pernah berpartispasi di Acara Ini. Terlebih Jazz Gunung pastinya bisa buat Romantis Kamu denga Doi, dan tentunya dengan musik yang adem ayem buat hati kalian berdua. Sumber Foto JazzGunung.Com


3. Jazz Goes To Campus



Apa jadinya ya jika Musik Jazz masuk ke kampus ?  Pasti kalian kenal UI donk ? Salah satu Universitas Terbaik di Indonesia, Di tempat inilah diadakan Event Jazz Goes To Campus. Pemarkarsanya Chandra Darusman “Salah satu pendiri Band Chaseiro dan Karimata” berusaha untuk nyoba ngenalin Musik Jazz di lingkungan Akademesi. Memang agak masih punya benang merah sih “Keduanya” bisa dibilang dan dipandang sebagai musik yang intelek, dan sudah sepantasnya Musik Jazz dikenalin di lingkungan Kampus. Terlebih Alam UI Depok yang tekenal sebagai kampus sejuk, sudah pasti ngena banget kalau Musik Jazz ada di tempat ini.  Musik Jazz yang penuh improvisasi tapi juga Easy Listening pas banget buat Jiwa Mahasiswa maupun Jiwa Penikmat Jazz yang ingin nyoba dateng ke Jazz Goes To Campus. Sumber Foto Bawah Pressroomid.Com





















4. Kampung Jazz Festival



Satu lagi yang bikin tentrem hati kamu untuk nikmatin musik Jazz dengan balutan Internasional. Walaupun terdapat nama kampung bukan berarti Event ini terkesan kampungan, bahkan bisa dibilang punya skala Internasional. Didirikan oleh Forum Eksekutif Mahasiswa Hukum Universitas Padjajaran, event ini ingin meneruskan event yang sebelumnya ada seperti Jazz Goes To Campus. Bandung yang terkenal dengan kota Romantis dan Kota bagi Para Musisi Jazz di Indonesia  merupakan tempat yang tepat bagi diselenggarkannya Event Jazz ini. Tercatat musisi seperti Renee Olstead pernah tampil di Event ini.



5. Prambanan Jazz Festival



Yang terakhir ini bisa dibilang Event Jazz  yang cukup unik. Mengambil tempat di Candi Prambanan, bisa jadi tempat kalian mengenal sejarah sambil menikmati alunan Musik Jazz yang romantis. Prambanan Musik Jazz Festival merupakan Event Jazz termuda di Indonesia dengan konsep Internasional. Dengan Penyelenggara Event PT Rajawali Indonesia Communication bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur dan Boko. Di tempat ini, kamu akan disuguhi Musik Jazz Etnik berpadu dengan keromantisan Alam Prambanan. Tercatat musisi seperti Kenny G turut meramaikan Event Pertamanya di Tahun 2015 ini.


Kembali : TERBAIK 


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA