indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 31 Oktober 2016

Membandingkan Halloween dan Malam Satu Suro. Menurut Kamu Sereman Mana ?  

Senin, 31 Oktober 2016

Print Friendly and PDF

Membandingkan Halloween dan Malam Satu Suro. Menurut Kamu Sereman Mana ?


Udah mau akhir bulan Oktober, hiasan di mall-mall pasti penuh sama suasana Halloween. Sebenernya, Halloween itu apaan sih? Gak terlalu hype banget ya kalo di Indonesia. Ya iyalah, Indonesia kan punya malam satu Suro yang gak kalah nyeremin. Eh tapi bentar, jadi sereman mana sih, Halloween atau malam satu Suro??

Coba ya kita bandingkan:





1. Asal-usulnya
Apa itu Halloween ?


Halloween dirayakan setiap tanggal 31 Oktober, karena pada abad ke-8, Paus Gregory III menetapkan tanggal 1 November sebagai hari untuk menghormati all saints and martyrs (All Saints' Day), dan malam sebelumnya disebut sebagai All Hallows' Eve, yang kemudian disebut dengan Halloween.

Apa itu Malam Satu Suro ?


Malam 1 Suro adalah tanggal 1 Muharram dalam penanggalan Hijriah, atau merupakan tahun Islam yang menggunakan peredaran bulan (moon) sebagai acuannya. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, malam 1 Suro ini adalah malam yang keramat dan sering dikaitkan dengan hal-hal mistis.

2. Ritualnya
Ritual dalam Halloween


Berawal dari festival Yunani kuno, Samhain (baca: sow-in), bangsa Yunani kuno merayakan tahun baru mereka di tanggal 1 November.

Pada perkembangannya kini, Halloween telah berevolusi menjadi perayaan yang diisi dengan kegiatan yang child-friendly, seperti trick-or-treating, gathering, dan pake kostum.

Ritual pada Malam Satu Suro

- Ritual Penjamasan



Pada malam 1 Suro, mencuci senjata pusaka seperti keris, tombak, dan lain sebagainya disebut sebagai penjamasan. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kesaktian benda pusaka peninggalan leluhur tersebut. Gak cuma nyuci kerisnya begitu aja kayak kamu nyuci mobil, sebelum penjamasan ada juga ritual lain yang harus dilakukan seperti puasa, pati geni, menyiapkan sesajen dengan menyan, tumpeng, dan lainnya. Tuh, berasa banget kan mistisnya ?





- Mubeng Beteng



Selain jamasan, biasanya para abdi dalem Keprajan dan Punokawan yang mengabdi di keraton menjalani ritual mubeng benteng ini. Mereka menggunakan busana adat Jawa peranakan berwarna biru tua tanpa membawa keris dan tidak beralas kaki, membawa sejumlah bendera (panji), berjalan mengelilingi benteng-benteng Keraton sambil memanjatkan doa memohon keselamatan lahir batin serta kesejahteraan bagi dirinya, keluarga, bangsa, dan negara, yang diikuti pula oleh warga sekitar. Selama ritual mereka tapa bisu, alias tidak berbicara yang merupakan simbol dari introspeksi diri. Wih, dalem banget ya.

3. Yang menyeramkan
Halloween jadi serem, karena...

Pada malam itu dipercaya arwah berkeliaran. Mereka mencoba mencari dan nyamperin kerabat dekat mereka gitu. Makanya orang-orang setiap keluar rumah di malam hari menyamar menjadi bentuk hantu agar bisa berbaur dan arwah-arwah akan mengira mereka adalah arwah juga, dan gak akan digangguin deh jadinya.

Malam Satu Suro menyeramkan karena... 

Banyaknya ritual yang dilakukan, kuatnya kepercayaan yang berkaitan dengannya, maka malam satu Suro kerap dikaitkan dengan aura yang mistis dan juga menyeramkan. Cobain aja deh main-main ke sekitar keraton di Yogya atau di Solo pas lagi satu Suro, baru deh ngerti kenapa kesakralannya sampe bisa dikategorikan mistis.

4. Yang gak boleh dilakukan
Gak boleh nyanyi sebelum sarapan

Mitosnya, kalo kamu menyanyi sebelum sarapan atau menangis sebelum makan malam, maka kamu akan mendapatkan kesialan di hari Halloween. Tapi emang ada idiomnya sih, "If you sing before breakfast, you will cry before night," gitu katanya.

Gak boleh hajatan di Bulan Suro

Dipercaya, bulan Suro adalah bulan sial sehingga banyak warga gak ngadain hajatan kayak nikahan, ulang tahun, dan lainnya, karena dianggap akan mendatangkan hal negatif. Tontonan atau acara juga akan sepi penonton karena dipercaya berbahaya, dan warga lebih milih di rumah untuk merenung.

5. Filmnya
Film tentang Halloween


Ada Hocus Pocus, The Nightmare Before Christmast, Casper, Monster House, dan sejejeran film tentang Halloween lain yang bisa dibilang ringan. Tapi yang paling serem, ya film seperti Halloween (1978).

Film tentang Malam Satu Suro

Gak ada lagi film yang paling ngingetin kamu akan malam satu suro kecuali film berjudul sama, Malam Satu Suro, yang dibintangi oleh Suzanna.

Author :
Kirana Pramudita

Link :
http://malesbanget.com/2016/10/indonesia-gak-halloween-an-karena-masih-kalah-serem-sama-malam-1-suro/

Kembali : ARTIKEL
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA