indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 14 September 2016

7 Hal Yang Bisa Kamu Temui Di Sekitar Pasar Kawak Madiun

Rabu, 14 September 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

7 Hal Yang Bisa Kamu Temui
Di Sekitar Pasar Kawak Madiun


Sebagai Kota yang katanya punya TaglineGadis” – Perdagangan dan Industri, Madiun bisa dibilang jadi Kota yang punya Faslitas Perdagangan yang cukup lengkap.

Mulai dari Pusat Perbelanjaan (Mall), Sentra Bisnis Dengan Deretan Rukonya, hingga yang terakhir Pasar Tradisional.

Walaupun Kota Madiun hanya bersatus sebagai Kotamadya, bukan Ibu Kota Propinsi, tetapi Jujur, Saya sebagai Warga Kota Madiun, merasa betah tinggal di Kota ini.

Segala Fasilitas Pendukung, sangat mudah untuk Kamu temui, terlebih lokasinya berdekatan.

Mulai dari Bayar Pajak, Perpanjang SIM, sampai Bayar Listrik, dan Air, hanya cukup 1 Jam, dari Rumah di JL. Kemiri - Kota Madiun.

Beda banget rasanya, jika Saya harus maksa tinggal lagi di Kota Besar kaya Jakarta, butuh berapa lama ya ?

Belum Macet kena Demo lah, Banjir lah, seakan jadi rutinitas keseharian.

Mobilitas yang rendah itulah, buat Saya berpikir nggak deh, kalau Saya harus ninggalin Kota Madiun, lantaran emang dah betah banget !

Kalau soal Belanja, tadi sudah dibilang, Madiun punya beberapa Department Store, dan Supermarket – Hypermarket sejenis, yang Saya rasa cukup untuk Belanja Minimal Kebutuhan Sehari.

Jika mau yang lebih baik (better), tinggal meluncur aja naik Kereta Api Eksekutif Bangunkarta/ Sancaka, yang harganya cuman Rp.80.000,- ke Surabaya, atau Solo – Yogyakarta.

Meski harus Go Show alias beli di tempat (1 jam sebelum Pemberangkatan) dari Stasiun Madiun, Saya rasa cukup buat Kami (Saya, dan Istri), menikmati Suasana Baru di Kota lain.

Masalah nyari duit, yang katanya di Kota Kecil, kaya Madiun agak susah, Insya Allah ada. Dari Rumah juga bisa Kerja ngasih nafkah buat Keluarga. Sekarang kan zamannya dah canggih, asal mau Kreatif, Berusaha + Berdoa, apa aja bisa dilakuin yang terpenting halal, dan berkah.

Terlebih Istri juga kerja di Salah Satu Perusahaan BUMN, jadi Pendapatan Tetap (Fixed Income) Perbulan, Insya Allah ada dari Kita berdua.

Jadi kebayang kan ? Hidup Sehari – hari dengan Biaya Hidup (Living Cost) yang jauh lebih murah dari Kota Besar, tapi Kota yang ditinggali juga nggak Katrok amat (Punya Fasilitas Penunjang Lengkap).

Bahkan Katanya Kota ini diprediksi bakal jadi Salah Satu Kota Dengan Basis Investasi Terbaik Di Jawa Timur.

Baca :
Ini 5 Alasan Kenapa Kota Madiun Diprediksi Bakal Jadi Salah Satu Kota Dengan Iklim Investasi Terbaik !

Back To The Topic


Btw Kalau ngomongin Pasar Tradisional, yang jadi Denyut Nadi Perekonomian Pertama Masyarakat di kebanyakan Daerah, karena ada aktivitas antara Penjual dan Pembeli, Kota Madiun pastinya juga punya.

Mulai dari Pasar Besar, Sleko, Joyo, Kojo, dan yang terakhir adalah Pasar Kawak, yang pastinya selalu mempunyai nilai Historis dan Kenangan Tersendiri bagi Masyarakat Madiun Tempo Doeloe.

Berikut Kami Hadirkan
7 Hal Yang Bisa Kamu Temui
Di Sekitar Pasar Kawak Madiun

















Tentang Pasar Kawak


Jika Kamu amati, sepintas Pasar ini nggak ada bedanya dengan Pasar Tradisional Lain.

Pasar Tradisional yang terletak di Jl. Kutai – Kota Madiun ini, jauh dari kesan Modern, dan secara fisik Bangunan Pasarnya bisa dibilang Sangat Tradisional.

Namun yang menjadi Perhatian bagi Orang Kebanyakan, terutama bagi Putra Asli Daerah yang merantau di Beberapa Kota Besar Indonesia, dan Masyarakat Madiun Tempo Doeloe, Pasar ini pastinya punya nilai Historis.


Konon, Pasar ini, merupakan Pasar bagi Kaum Elite Masyarakat Madiun Tempo Doeloe !

Dengan Deretan Bangunan Ruko bagi Kompleks Pemukiman Etnis Tionghoa, yang membuka usahanya di Area ini, seperti Toko Emas, Perlengkapan Bayi, Toko Buku, hingga Jamu Racik Paitan Srikandi” yang cukup Legendaris itu.

Menjadi sesuatu hal yang wajar, jika Pasar ini cukup terkenal bagi Kalangan Masyarakat Madiun Tempo Doeloe.

Terlebih Jl Kutai, lokasinya berdekatan dengan Jl. Cokroaminoto - Sebuah Daerah Pecinan Kota Madiun.

Stigma itu hingga kini, masih melekat. Pada Event tertentu seperti Hari Raya Lebaran, Natal, dan Imlek, Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Pasar ini jauh melambung tinggi dibandingkan dengan harga di Beberapa Pasar Tradisional lain di Kota Madiun.

Alasannya, ada Rupa, ada Harga !


Pasar Kawak tidak menjual barang sembarangan, semua barang seperti Daging, Sayuran, dan Buah – Buahan sengaja dipilih yang berkualitas tinggi.

Seolah diperoleh dari Pasar Segar (Fresh Market), jika Kamu membeli barang di tempat ini.

Walaupun dengan segala Keterbatasan Fisik pada Bangunannya, yang punya kesan Tradisional, Namun Pasar Kawak, yang berarti dalam Bahasa Jawa adalah Pasar Lama, tetap dicintai oleh Pembelinya ...

Berikut Kami Hadirkan
7 Hal Yang Bisa Kamu Temui
Di Sekitar Pasar Kawak Madiun


1. Soto Pasar Kawak

Via : http://leeyaaries.tumblr.com


Saat Kamu memasuki Pasar Kawak Madiun, yang pertama Kamu jumpai adalah Soto Pasar Kawak ini.

Letaknya yang tepat berada di depan Pintu Masuk, bagi Kamu yang baru pertama Kali ke Pasar Kawak, seakan punya kesan, harus mencoba incip Kuliner Soto Otentik Terbaik - Rekomendasi Madiun ini.

Terlebih deretan Penikmat Kuliner, dari Masyarakat Madiun Tempo Doeloe, maupun Putra Daerah yang rindu akan Soto Otentik ini, dapat dipastikan tumplek ruek di tempat ini, saat menjelang Lebaran, Natal, maupun Imlek.

Ada dua tempat yang menjual Soto di Pasar Kawak, keduanya saling berdekatan, dan sama – sama Enak.

Namun Kami merekomendasikan Soto yang berada di urutan kedua, dari Pintu Masuk Pasar Kawak. Selain rasanya yang punya Ciri Khas untuk Soto Daging Terbaik, Soto ini juga terkenal sebagai Soto Langganan Pak Walikota Madiun (Bambang Irianto), jadi nggak salah bila ada yang menyebutnya “ Soto Pak Wali ”.

Saran saya, Persiapkan Staminamu sebelum mengEksplorasi lebih lanjut Pasar Historis ini, dengan Makan Soto Pasar Kawak yang terkenal Otentik itu.

Prinsip “Lebih Cepat Lebih Baik”, pastinya berlaku Bagi Soto Otentik ini. Menjelang siang, terlebih Hari Libur, dan Hari Raya, dapat dipastikan Soto Ini makin Padat Merayap.

Daripada nyesel nggak bisa Incip Pertama atau ngulang Moment makan Soto Terbaik ini, lebih baik sebelum belanja di tempat ini, Persiapkan Stamina Kamu dengan Makan Soto Daging Terbaik ini !

2. Belanja Kebutuhan Daging Segar

















Pastinya Belanja Kebutuhan Daging Segar siap menanti, Mulai dari Daging Sapi, Ayam, Ikan semuanya Segar (Fresh), dan Berkualitas.

Bagi Kamu Umat Kristiani (Non Muslim), ada Toko Khusus, yang menjual Daging Babi (Pork/ Bapuk), yang pastinya Berkualitas, dan didatangkan langsung dari Peternakan di Sekitaran Pulau Bali.


Yang menarik adalah Daging Ikannya, tidak seperti di Beberapa Pasar Tradisional Madiun kebanyakan, Kamu akan jumpai Penjual yang menjual Daging Ikan Marlin, Salmon, Tuna, Kepting, Rajungan, Lobster, Kerang, dengan harga terjangkau.

Konon kabarnya Deretan Ikan Laut ini, di dapat dari Daerah Pacitan, yang memang terkenal sebagai basis Penghasil Ikan Enak. Jadi wajar jika harganya terjangkau, dan jauh berbeda jika Kamu beli di beberapa Hypermarket sejenis, yang ada di Kota Madiun.

Penjualnya pun siap menerima permintaan terhadap Ikan Laut yang dibeli. Mau diapakan dalam cara Pemotongan Ikannya ?

Bila di Fillet maupun Steak, berarti harus dikuliti, bila digoreng berarti di Potong – Potong, ada juga Penyajiannya yang di Asap.

Steak Ikan Marlin Buatan Keluarga Kecil Kami ...


Kalau ngomongin Daging Ikan Laut ini, pastinya lebih menyehatkan jika Kamu dan Keluarga mengkonsumsi sebagai Lauk Pauk Sehari – hari.

Dengan Penyajian yang nggak kalah dengan Daging lainnya, dapat dipastikan Ikan Laut bisa jadi Makanan Favorit bagi Keluarga Kamu.

3. Buah – Buahan Matang Nan Manis


Baik buah Lokal maupun Import dapat dengan mudah Kamu temui di Pasar ini.

Ada beberapa tempat yang menjual Buah Terbaik Mereka.

Khusus Buah Lokal didatangkan langsung dari Sentra Penghasil Buah Malang, Tawangmangu, dan Pacitan.

Seperti Apel Malang, Jeruk Pacitan, dan Beraneka Jenis Pisang.

Lokasinya berada di Depan Pintu Masuk, Belakang, dan Area Pintu Keluar.

Jika ditanya mengenai Kondisi Buah – Buahan, yang ada di Pasar Kawak ? Pastinya dipilih yang berkualitas, matang dan manis rasanya.

4. Sayur Mayur Segar

Via : http://siscapucino24.blogspot.co.id


Hampir sama dengan Buah – Buahan, Sayur Mayur juga didatangkan langsung dari Sentra Penghasil Sayuran di Daerah Tawangmangu, dan Jember.

Beraneka Sayuran, mulai dari Mentimun Jepang, Sawi, Caisim, Pakcoy, Kol, Brokoli, Tomat, Edamame, pastinya dipilih yang berkualitas.

Bukan hanya itu Bumbu Dapur Berkualitas, seperti Kunci, Sereh, Jahe, Kencur, Salam, yang dipergunakan untuk memasak, juga dengan mudah Kamu temui di tempat ini.

5. Aneka Kue Tradisional Enak


Nikmati Perjalanan Kekinian Anda Dengan Kami
- Senopati Tour Madiun
Lihat Lebih Lengkap>>>


















Jika Kamu selesai membeli Keperluan Kebutuhan Pokok Sehari - hari, jangan lupa untuk membeli Aneka Kue Tradisional di tempat ini.

Ada beberapa Penjual yang menjual Kue Tradisional Enak. Biasanya Kami membeli yang dekat dengan Pintu Keluar Pasar Kawak.

Maklum, Penjualnya Keturunan Etnis Tionghoa, jadi dapat dipastikan dari Kue Tradisional ini, punya Rasa (Taste), yang beda.

Mulai dari Kue Lumpur, Lemper, Lapis Surabaya, Nagasari, Risoles, Kroket, Pastel, Bakwan, Bacang, Spikoe, Semar Mendem, Dadar Gulung, Talem, dapat dipastikan semuanya Enak !

Pipis Kopyor


Ada yang menjadi Favorit bagi Saya, nama Kuenya : Pipis Kopyor.

Dua kali Saya mencoba, dan langsung jatuh hati kepada Kue Tradisional Terbaik ini.

Bentuknya yang hampir sama dengan Nagasari, berbungkus Daun Pisang, namun disajikan dengan Kuah, dan Roti (Mirip Cemoe), membuat Kue Tradisional ini, Kini jadi Salah Satu yang Favorit bagi Saya.

6. Pusat Toko Emas –
Jamuk Racik Paitan “Sriwedari”


Selain Belanja Kebutuhan Pokok, di Pasar Kawak juga menawarkan Belanja Kebutuhan lainnya.

Ya bisa di bilang Jl. Kutai – di sekitar Pasar Kawak memang terkenal sebagai Pusatnya Toko Emas.

Bagi Kaum Hawa, Sensasi Belanja Perhiasan, terlebih Ketika Lebaran, Natal, dan Imlek, bisa jadi Punya Moment Tersendiri, jika belanja di tempat ini.

Selain harganya jauh lebih miring, Model Perhiasan dengan Gaya Kekinian menjadi Penentu, Kenapa Kamu harus Belanja Perhiasan di Tempat ini.


Saking banyaknya Warga Etnis Tionghoa, yang menempati Ruko di Sekitaran Jl. Kutai - Pasar Kawak, yang lokasinya juga berdekatan dengan Jl. Cokroaminoto - Sebuah Daerah Pecinan Kota Madiun, area ini juga terkenal menjadi Salah Satu Pusat Bisnisnya Madiun.

Selain Deretan Toko Emas, beberapa Toko Perlengkapan Bayi, Pakaian, Kue, Kelontong, hingga Toko Buku dan Alat Tulis, pastinya mudah untuk Kamu temui.



Ada yang menarik lagi, yang dapat Kamu temukan di sekitar Jl. Kutai - Pasar Kawak.

Kehadiran Toko Jamu Tradisional Racik PaitanSrikandi” yang cukup melegenda itu.

Entah kapan, Toko Jamu Tradisional, yang kini menyatu dengan Toko Plastik, hadir di Sekitar  Jl Kutai - Pasar Kawak.

Namun Kabarnya Toko Jamu Racik Tradisional ini, memang terkenal di Kalangan Masyarakat Madiun Tempo Doeloe, karena keKhasiatannya menyembuhkan segala jenis Penyakit.

7. Banyak Gadis Bening ...

Via : http://merdeka.com/

Yang ini di luar Konteks ya ...

Tapi nggak ada yang salah kan, berhubung Saya lagi baik, kayanya mau ngasih sedikit bocoran tentang Pasar ini, terutama banget bagi Kamu Para Pria yang hidup ”Jones” alias Jombo Ngenes.

Sumpah, baru kali ini, nemuin Pasar Tradisional yang beda dari kebanyakan !

Pasar Kawak memang terkenal sebagai Pasar Elite-nya Warga Kota Madiun.

Walaupun secara fisik dari bangunan emang nggak punya kesan Mewah, dan Tradisional banget, tapi jangan salah, kebanyakan Orang yang dateng Rapih, dan Berduit kali ya.

Pasar ini memang seakan mau nunjukin Kelas dan Status Sosial, jika Kamu Belanja di Pasar Kawak.

Terutama karena ada Anggapan (Stigma), yang melekat dari Pasar Kawak sebagai Pasar Elite-nya Warga Kota Madiun.

Makanya nggak salah kalau saat Event Tertentu, kaya Lebaran, Natal, dan Imlek, banyak Putra Daerah Asal Madiun, yang notabenenya sukses di Kota Besar membawa Keluarga, beserta Anak Mereka ke tempat ini.

Seakan ingin mengulang romantisme kembali (Rendezvous), walau hanya sekedar Makan Soto, Incip Kuliner, maupun Belanja di Pasar Bersejarah (Historis) ini.

Maka jangan heran, jika bukan hanya Mbok Sayur, Omah, dan Opah Kamu, yang Kamu temui di tempat ini.

Dari hasil pengamatan, banyak juga Gadis Bening, yang notabenenya berasal dari Luar Kota, yang diajak Mama - Papa Mereka ke Pasar Bersejarah ini. 

Nah bagi Kamu Pria "Jones"
bisa tuh lakuin Pendekatan !



Pasar Kawak sebagai Pasar Tradisional Bersejarah, Perlu Kita Jaga dan Lestarikan.

Karena dari Pasar Tradisional ini, Kita akan belajar tentang Arti Sejarah, dan Romantisme dari Para Orangtua Kita.

Bangsa yang besar adalah Bangsa Yang Menghargai Setiap Detik Sejarah Bangsanya

Semoga Kehadiran Pasar Kawak tetap Lestari dan Melegenda ,...

Lokasi


Alamat : 
Jalan Kutai, Pandean, Taman, Madiun, Jawa Timur 63133

BacaRekomendasi

Kembali : ARTIKEL 
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA