indonesaEnglish


Kamis, 03 Maret 2016

Stasiun Cikampek

Kamis, 03 Maret 2016


Gambaran Umum

Stasiun Cikampek (CKP, +45 m) adalah stasiun kereta api yang terletak di Cikampek Kota, Cikampek, Karawang. Stasiun ini merupakan stasiun dengan Status Stasiun Besar dan berlokasi paling timur dari Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini di bangun pada tahun 1894.

Stasiun Cikampek menjadi salah satu stasiun terpenting bagi perjalanan KA dari Jakarta ke berbagai kota di Pulau Jawa. Di sebelah timur stasiun, jalur bercabang dua; jalur sebelah utara menuju Cirebon sedang jalur sebelah selatan menuju Bandung. Dahulu, sebelum beroperasinya jalur ganda petak Cikampek-Cirebon, hampir semua KA yang berangkat dari Jakarta berhenti di stasiun ini. Tujuannya untuk memastikan petak jalur di depannya sudah aman, dan seringkali untuk menunggu persilangan KA dari arah Cirebon, terutama pada pagi dan sore hari. Dahulu ada jalur yang menuju ke Cilamaya yang di nonaktifkan pada tahun 1970-an.

Saat ini, Stasiun Cikampek melayani pemberangkatan 5 kereta api jarak jauh yakni Ciremai tujuan Bandung-Cirebon pp, Harina tujuan Bandung-Surabaya Pasar Turi pp, yang harus memutar lokomotif di stasiun ini untuk melanjutkan perjalanan, Tegal Ekspres, Krakatau, dan Jayabaya. Selain itu stasiun ini melayani pemberangkatan lokal Cikampek dan Patas Purwakarta.


Stasiun ini pun menjadi "tempat peristirahatan terakhir" bagi lokomotif diesel hidraulik yang dialokasikan di Depot Lokomotif Tanahabang


Kereta api
- Kereta api Harina Ke Surabaya Pasar Turi dan Bandung Hall
- Kereta api Ciremai Ekspres Ke Cirebon Kejaksan dan Bandung Hall
- Kereta api Lokal Purwakarta Ke Purwakarta dan Jakarta Kota
- Kereta api Krakatau Ke Merak dan Kediri
- Kereta api Lokal Cikampek Ke Jakarta Kota
- Kereta api Tegal Ekspres ke Jakarta Pasar Senen dan Tegal
- Kereta api Jayabaya: ke Malang Kotabaru dan Jakarta Pasar Senen



















STASIUN TERKAIT

Lokasi

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Cikampek

Kembali : STASIUN



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA