indonesaEnglish


Kamis, 03 Maret 2016

Stasiun Cirebon

Kamis, 03 Maret 2016


Gambaran Umum

Stasiun Cirebon (CN) merupakan sebuah stasiun kereta api yang terletak di Jalan Raya Siliwangi, kelurahan Kebonbaru, Kejaksan, Cirebon. Karena terletak di kecamatan Kejaksan, Stasiun Cirebon kadang-kadang disebut juga Stasiun Kejaksan. Stasiun yang terletak di Daerah Operasi III Cirebon ini terletak pada ketinggian 4 meter di atas permukaan laut.

Stasiun Cirebon termasuk pada lintasan jalur utara, tapi pada stasiun ini terdapat percabangan jalur menuju Stasiun Purwokerto yang akan berhubungan dengan jalur lintas selatan di Stasiun Kroya. Dengan demikian seluruh kereta api kelas Eksekutif, kelas Bisnis (termasuk kereta api kelas campuran Eksekutif dan Bisnis), dan sejumlah kereta api kelas Ekonomi AC nonsubsidi (KA Jayabaya, Krakatau, dan Menoreh - khusus perjalanan pagi menuju Pasar Senen dan perjalanan malam menuju Semarang Tawang) yang melewati Kota Cirebon berhenti di stasiun ini, kecuali kereta api kelas ekonomi yang berhenti normal di Stasiun Cirebon Prujakan. Pada tahun 2011 Stasiun Cirebon dan Stasiun Prujakan direnovasi dengan meninggikan peron stasiun serta menambah jalur dan fasilitas yang ada. Selain itu, tempat percabangannya pun dipindah menjadi di Stasiun Prujakan.

Gedung Stasiun Cirebon yang sekarang dibangun pada tahun 1920 berdasarkan karya arsitek Pieter Adriaan Jacobus Moojen (1879–1955) dalam gaya arsitektur campuran art nouveau dengan art deco. Dua "menara"-nya yang sekarang ada tulisan "Cirebon" dulu ada tulisan "kaartjes" (karcis) di sebelah kiri dan "bagage" (bagasi) di sebelah kanan. Pada tahun 1984, gedung stasiun ini dicat putih.


Sejak 1 April 2015 kereta api bisnis,dan kereta api Sawunggalih Utama saja pemberhentiannya dipindah di stasiun ini dari stasiun Cirebon Prujakan, sekarang di stasiun Cirebon Prujakan hanya melayani ekonomi AC PSO, dan ekonomi AC non PSO, kecuali:Kereta api Krakatau Ekspres, dan Kereta api Jayabaya.

Kereta api
Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Cirebon




















STASIUN TERKAIT

Lokasi

Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Cirebon

Kembali : STASIUN



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA