indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Minggu, 18 Oktober 2015

Wisata Sulawesi Tenggara

Minggu, 18 Oktober 2015

 

Objek Wisata Taman Nasional Wakatobi


Taman Nasional Wakatobi adalah satu dari 50 Taman Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah. Letak Taman Nasional Wakatobitepatnya di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Luas taman nasional ini mencapai 1,39 juta ha, sehingga luas tersebut mampu menampung berbagai keanekaragaman laut dengan posisi karang tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Selain masuk daftar tempat wisata di Sulawesi Tenggara, Wakatobi juga menjadi pusat penelitian keanekaragaman kehidupan bawah laut dunia. Banyak ilmuwan dunia meneliti kehidupan bawah laut Wakatobi yang mencapai kedalaman 1 km dibawah permukaan air laut. Taman Nasional Wakatobi mempunyai empat pulau, yaitu Kaledupa, Wangi-Wangi, Binongko dan Tomia. Gugusan terumbu karang bisa ditemui pada sepanjang garis pantai. Terdapat ratusan spesies ikan serta terdapat jenis udang erasia dan penyu yang bertelur di Pantai Wakatobi. Keindahan lain bisa disaksikan dari pemandangan alam sekitar pantai yang masih sangat terawat dan terjaga keasliannya. Untuk mencapai Wakatobi bisa melalui Bau-Bau kemudian menuju Lasalimu. Setelah itu, pengunjung bisa menempuh kendaraan roda empat dengan waktu tempuh 4 jam untuk sampai di Wangi-Wangi. Berkunjung ke Wakatobi adalah pengalaman yang sangat berharga dan bisa jadi Anda ingin mengunjunginya kembali. Satu lagi kelebihan dari tempat ini adalah “tamu setianya” yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu itu tidak lain dan tidak bukan adalah ikan paus sperma. Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus.


Objek Wisata Benteng Keraton, Baubau, Buton


Benteng Keraton Buton adalah benteng terluas di Indonesia. Benteng ini letaknya di Kabupaten Bau-Bau Sulawesi Tenggara. Kemegahan benteng peninggalan Kerajaan Buton akan terlihat dari kejauhan. Luas area benteng ini mencapai 22 hektar yang dikelilingi oleh benteng. Didalam benteng sendiri terdapat perkampungan adat Buton yang sampai saat ini masih terjaga kelestarian warisan budayanya. Sehingga, benteng ini layak untuk Anda kunjungi sekaligus nikmati keindahan budaya dan sejarah Buton. Pernah dianugerahi oleh Guiness Book Of The RecordTempat wisata sejarah di Sulawesi Tenggara ini juga sudah cukup dikenal masyarakat di luar Pulau Sulawesi. Anda akan diberi sajian keindahan perkampungan adat dan budaya lokal yang masih terjaga sampai saat ini. Berwisata di Benteng juga menjadi sarana pengetahuan umum dan sejarah di Indonesia yang memiliki banyak suku.

Objek Wisata Pantai Liwutongkidi


Liwutongkidi merupakan pulau yang berlokasi di Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara. Pulau dengan luas 1000 km persegi mempunyai curah hujan 1.000 mm pertahun, termasuk dalam cuaca iklim tropis. Pulau ini memang tidak terlalu luas jika dibanding dengan pulau-pulau lainnya. Tapi pulau ini mempunyai pemandangan yang indah baik pantai maupun keindahan bawah lautnya. Terumbu karang dan kehidupan laut bisa Anda temukan dengan beraktivitas snorkeling di Liwutongkidi. Untuk menuju pulau ini bisa dilalui menggunakan jalur udara terlebih dahulu. Dimulai dari naik pesawat dari Kendari menuju Bau-bau. Kemudian menggunakan jalur laut dari Bau-Bau menuju Liwutongkidi dengan waktu tempuh 15 menit. Lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sulawesi Tenggara. Bagi pengunjung luar kota yang ingin bermalam di pulau ini sudah terdapat fasilitas penginapan dengan harga yang variatif. 


















Air Terjun Moramo 


Air tejun moramo terletak di hutan Suaka Alam Tanjung Peropa. Air terjun meramo ini merupakan air terjun jenis cascade atau air terjun yang bertingkat. Tempatnya yang sangat alami sangat pas jika Anda gunakan untuk mencari ketenangan dan melihat berbagai keindahan yang ada. Hutan suaka alam tanjung peropa sendiri terkenal akan cadangan batu marmer terbesar di dunia dan untuk Indonesia. Ketika Anda ingin memanjat air terjun pun Anda tidak perlu khawatir akan tergelincir, karena air terjun moremo memiliki batu kapur yang tidak licin ketika Anda menginjaknya.

Pantai Nambo 


Salah satu tempat wisata lainnya yang ada di kota kendari adalah Pantai Nambo. Pantai Nambo merupakan tempat wisata pantai yang paling favorit. Banyak sekali wisatawan yang datang disetiap akhir pekan. Pantai Nimbo menyuguhkan keindahan pantai yang menakjubkan. Warna air pantai jernih, terdapat juga gradasi warna yang timbul antara warna putih dari tepi pantai hingga warna hijau muda ke perairan dangkal. Ketika di Kendari Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini.



Pantai Tanjung Taipa 

Tempat wisata kendari terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah datang ke Pantai Tanjung Taipa. Pantai dengan pasir putih dan juga indah bisa Anda dapatkan di tanjung taipa. Selain menyediakan keindahan, pantai yang satu ini selain menyajikan berbagai keindahan, disana juga Anda bisa melihat tempat penangkaran Burung Maleo, burung asli dari Sulawesi yang hampir punah.

Kota Baubau

Kota Baubau (sebelumnya ditulis Bau-Bau) merupakan sebuah kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Baubau memperoleh status kota pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 13 Tahun 2001. Bau – Bau merupakan salah satu tujuan destinasi wisata di Sulawesi Tenggara setelah Pulau Wakatobi yang terkenal dengan wisata Taman Laut Internasionalnya. Di kota ini para wisatawan dapat melihat keindahan berbagai keindahan Pantai yang mengelilingi Kota Baubau dan secara keseluruhan Pualu Buton seperti : Pantai Kamali, Nirwana, Lakeba, dan Kokalukuna. Juga terdapat destinasi wisata lainnya seperti :

Pantai Kamali - Kota Baubau, Kepulauan Buton - Sulawesi Tenggara

Wisata sejarah berupa wisata peninggalan sejarah Kesultanan Buton, yaitu:
- Benteng Keraton Buton dan Masjid Agung Keraton (Masigi Ogena)
- Masjid Kuba dan Tiang Bendera (Kasuluna Tombi)
- Rumah Adat (Malige), Badili (Meriam), Samparaja, Lawa dan Baluara.

Air Terjun Tirtarimba - Salah Satu Air Terjun Terindah di Sulawesi Tenggara

Wisata alam berupa kunjungan melihat pemandangan alam yang indah, yaitu:
- Air terjun, di antaranya TirtarimbaSamparona dan Lagawuna
- Gua, yaitu Lakasa dan Ntiti
- Pemandian alam Bungi.


















ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA