indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Selasa, 11 Februari 2014

Majenang "Kota Perbatasan Jawa Barat "

Selasa, 11 Februari 2014

Majenang
Beberapa tahun yang lalu, daerah ini pernah menjadi tempat bagi saya untuk menghabiskan waktu. Seiring perkembangan, kota kecamatan ini mengalami pembangunan yang berarti .....

Kira” 3 bulan lalu, saya mengunjungi kota ini. Penyebabnya Ibu sakit. Sudah 2 tahun lebih saya tidak pulang. Rasa rindu kepada Kampung Halaman membuat saya bergegas untuk melanjutkan perjalanan saya ke daerah ini. Terutama kerinduan untuk bertemu Mbah “Nenek dari Ayah saya”.


Majenang, sebuah kota kecamatan yang terletak di Barat Kabupaten Cilacap. Dahulu, Kota ini bersatus Kawedanan bersama Kota Sidareja yang juga terletak di Kabupaten Cilacap. Wacananya melalui Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji dan Forum Peduli Cilacap Barat, Kota Majenang akan dijadikan sebagai Ibu Kota dari Kabupaten Cilacap Barat. Sebuah wilayah yang juga menjadi wacana sebagai kabupaten baru di Propinsi Jawa Tengah. Jika dilihat letak Geografisnya, jarak antara Kabupaten Cilacap dengan wilayah Majenang terlalu jauh, sehingga diperlukan adanya pemekaran wilayah untuk kabupeten baru. Nantinya wilayah Cilacap Barat meliput beberapa kecamatan seperti : Kecamatan Majenang, Sidareja, Cimanggu, Cipari, dan Wanareja.





Penduduk dan Bahasa
Kota ini dilintasi oleh jalur antar provinsi di bagian selatan Pulau Jawa. Majenang merupakan daerah perbatasan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Sehingga wajar jika mayoritas penduduknya merupakan orang Sunda dan Jawa. Karena merupakan daerah perbatasan. Bahasa yang digunakan bukan berupa Bahasa Sunda maupun Jawa yang halus, melainkan Bahasa Ngoko atau kasar. Perpaduan logat bahasa yang menggunakan Bahasa Jawa khas Banyumas-an.

Ada yang unik dalam penamaan bahasa seperti kata :

- Ambil (Bahasa Indonesia)
- Juput (Bahasa Jawa Kromo)
- Jiot (Bahasa Jawa Ngoko khas Majenang)

- Lapar (Bahasa Indonesia)
- Luwe (Bahasa Jawa Kromo)
- Kencot (Bahasa Jawa Ngoko khas Majenang)

- Aku (Bahasa Indonesia)
- Kulo (Bahasa Jawa Kromo)
- Nyong (Bahasa Jawa Ngoko khas Majenang) 

Dan penamaan bahasa khas Majenang lainnya

Ekonomi
                       
Walaupun Majenang hanya berstatus sebagai kota kecamatan untuk saat ini. (Sebagai Ibu Kota Cilacap Barat masih menjadi wacana), dan hanya merupakan daerah perlintasan jalur provinsi, Kota ini dapat dikatakan cukup mandiri dari segi perekonomian. Di sini berdiri bank besar yang membuka cabangnya di kota ini. BRI, BNI, Mandiri, Bank Jateng yang merupakan Bank Plat Merah hadir untuk memberikan kemudahan dalam menunjang proses transaksi ekonomi, selain itu BCA, Bank Niaga, BTPN juga hadir di kota kecamatan ini. Kota ini mempunyai beberapa Swalayan, dan Departemen Store seperti Yogya Superstore, sebuah Swalayan dan Departemen Store asal Jawa Barat, Laksana Baru (LB), Swalayan modern pertama di Kota Majenang, SuperBazar-Matahari, dan beberapa mini market Alfa dan Indomaret. Berdiri Hotel Borobudor dan Kenanga melengkapi fasilitas yang ada di kota ini. Jl. Diponegoro Boulevard merupakan jalan utama bagi transaksi ekonomi di kota ini. Selain itu Jl Matahari (pemekaran daerah Pasar Baru), dan JL. Dr Soetomo merupakan wilayah perniagaan lainnya.









































- Suasana Laksana Baru Swalayan
- Suasana Yogya  Swalayan

Alun – Alun dan Taman Kota

Majenang mempunyai alun-alun yang dahulu merupakan kantor kawedanan. Sekarang alun-alun kota ini merupakan pusat pemerintahan Kecamatan Majenang. Demi melayani pemenuhan kebutuhan masyarakat akan standar pelayanan yang baik, Kecamatan Majenang berkoordinasi dengan dinas terkait yang ada di wilayah ini. Kebutuhan akan informasi bagi penduduknya juga menjadi prioritas utama. Fasilitas Wifii gratis dengan jangkauan yang cukup luas, dan Papan Informasi yang terkait dengan Majenang dan seputar Lowongan Kerja tersedia di sini. Pada hari tertentu Alun-alun kota ini, biasa diselenggarakan event, baik berskala daerah kabupaten maupun propinsi. Selain alun-alun, Majenang juga mempunyai taman kota yang juga terletak di Jl. Diponegoro Boulevard. Taman tematik Dinosaurus ini, diharapkan kehadirannya dapat menjadi interaksi komunal bagi penduduk di sekitarnya. Pembagunan Sentara Kuliner yang terdapat di sebelah utara Taman Kota diharapkan dapat menjadi pusat kuliner dalam mempromosikan aneka makanan tradisional dari wilayah ini, pada khusunya dan Kabupaten Cilacap pada umumnya.


Kuliner
Apa yang menarik dari panganan khas kota ini ?. Segala hal yang berbau pisang dapat dikatakan merupakan ciri khas oleh-oleh Majenang. Pengolahan pisang biasanya dapat dijadikan :
- Saleh Goreng dan Basah
- Keripik
- Dodol

Saleh Pisang Sandy menjadi terkenal bagi oleh-oleh khas Majenang.

Di beberapa tempat berdiri Depot Bakso dan Mie Ayam, salah satu yang terkenal adalah Bakso Mekarsari. Walaupun terbilang agak mahal sekitar Rp 18.000,- tetapi Bakso ditambah babat rasanya cukup mengundang selera, ditambah porsi yang ditawarkan cukup besar. Selain itu masih terdapat Depot Bakso lainnya yang cukup lezat dari segi rasa, seperti Bakso Rudal – Cilopadang dan Hidayah
Tempat makan ala francheise banyak berdiri di kota ini, sebut saja : Sup Ayam Pak Min Klaten, Bumbu Desa Mergosari, dan Cibiuk untuk masakan tradisonalnya. California Fried Chicken di Laksana Baru Food Court,  Quick Chicken dan Pizza Ria biasa menjadi tempat kumpul bagi anak muda Majenang.





Fasilitas Lainnya 
Terdapatnya RSUD Majenang dan Kantor Samsat memberikan kemudahan akan fasilitas pelayanan yang baik. Majenang yang berstatus sebagai kota kecamatan, banyak dijumpai klinik baru untuk pelayanan kesehatan. Rencana dibukanya RS. Islam Siti Fatimah “Seorang Pengusaha di bidang TKI dan Pertambangan asal Cilacap”) akan melengkapi kebutuhan pelayanan kesehatan yang baik. Selain itu Majenang mempunyai Radio Gasebo dan Sukma FM yang menjadi favorit bagi anak muda dalam menerima Informasi yang terkait pemberitaan maupun event lainnya. Demikianlah informasi yang terkait dari kota ini, semoga bermanfaat

Penulis :
Pangki Pangluar 
Foto: Nokia 520 - Panggon.com
Kembali Ke ARTIKEL


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA