indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Senin, 16 September 2013

Madiun Kota Gadis

Senin, 16 September 2013





Keseharian kami dihabiskan di tempat ini.... Madiun menjadi "Kota Perdagangan dan Industri" pada saat ini....Kota ini mulai berbenah bukan hanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, tetapi pembangunan pusat perdagangan yang kian marak dikembangkan oleh beberapa pengembang di Indonesia.

History Of Madiun
Kota Madiun, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa TimurIndonesia. Kota ini terletak 160 km sebelah Barat Kota Surabaya, atau 111 km sebelah Timur Kota Surakarta. Di Kota ini terdapat pusat Industri Kereta Api (INKA). Madiun dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yakni salah satu pangkalan utama AURI, meski sebenarnya terletak di Kabupaten Magetan. Madiun memiliki julukan Kota Gadis, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, Kota Pecel, Kota Budaya, Kota Sastra, dan Kota Industri.


Kantor Karesidenan Madiun


Madiun merupakan suatu wilayahyang dirintis oleh Ki Panembahan Ronggo Jumeno atau biasa disebut Ki Ageng Ronggo. Asal kata Madiun dapat diartikan dari kata "Medi" (hantu) dan "Ayun-ayun" (berayunan), maksudnya adalah bahwa ketika Ronggo Jumeno melakukan "Babat tanah Madiun" terjadi banyak hantu yang berkeliaran. Penjelasan kedua karena nama keris yang dimiliki oleh Ronggo Jumeno bernama keris Tundhung Medhiun. Pada mulanya bukan dinamakan Madiun, tetapi WonoasriSejak awal Madiun merupakan sebuah wilayah di bawah kekuasaan Kesultanan Mataram. Dalam perjalanan sejarah Mataram, Madiun memang sangat strategis mengingat wilayahnya terletak di tengah-tengah perbatasan dengan Kerajaan Kadiri (Daha). Oleh karena itu pada masa pemerintahan Mataram banyak pemberontak-pemberontak kerajaan Mataram yang membangun basis kekuatan di Madiun. Seperti munculnya tokoh Retno Dumilah. Beberapa peninggalan Kadipaten Madiun salah satunya dapat dilihat di Kelurahan Kuncen, dimana terdapat makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Patih Wonosari selain makam para Bupati Madiun, Masjid Tertua di Madiun yaitu Masjid Nur Hidayatullah, artefak-artefak disekeliling masjid, serta sendang (tempat pemandian) keramat. Sejak masa Hindia-Belanda, Madiun adalah suatu gemeente yang berpemerintahan sendiri (swapraja) karena komunitas Belanda yang bekerja di berbagai perkebunan dan industri tidak ingin diperintah oleh Bupati (yang adalah orang Jawa). Sebagai suatu kota Swapraja, Madiun didirikan 20 Juni 1918, dengan dipimpin pertama kali oleh asisten residen Madiun. Baru sejak 1927 dipimpin oleh Seorang Wali Kota.
Sumber Wikipedia

Pangkalan Utama TNI - AU Iswahjudi

Wisata Belanja dan Hiburan Madiun
Madiun mulai menata dirinya sebagai Kota Perdagangan dan Industri. Tengok saja beberapa investor asing berani menanamkan modalnya untuk melakukan bisnis di kota ini. Hotel Aston dan Sun City siap dibuka awal Tahun 2014. Sun City merupakan kawasan terpadu yang terdiri dari Mall, Hotel, Convention, Theme Park, dan Water Park siap hadir di kota ini. Wajar jika harga tanah di kota ini cukup mahal.

Rencana Sun City Festival - Madiun




Progress Sun City Festival Madiun
Sumber gambar :http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=108469706


Hotel Aston Madiun
Sumber : Ananto Hermawan Blog

Menjamurnya Bisnis Karaoke Keluarga seperti Naviri, Happy Puppy, dan DIVA Karaoke siap meramaikan bisnis hiburan dengan harga yang cukup memadai. Harga Karaoke disini terbilang jauh lebih murah dengan fasilitas mewah.



Sarana bertemunya Komunitas ada di Madiun Town Square atau lebih dikenal dengan Alun-alun Madiun. Alun-alun ini mempunyai Taman Kota dimana pemerintah juga sengaja menyatukan alam dengan nuansa perkotaan. Kehadiran burung-burung Merpati membuat nuansa eco living yang berpadu eco green terlihat jelas disini. Interaksi manusia terutama dengan membawa buah hatinya mengajarkan akan pentingnya berbagi dengan sesama makhluk hidup. Burung-burung yang terpelihara dengan baik didalam kandangnya merupakan sumbangan dari berbagai intansi dan lingkup departemen swasta maupun negeri disekitar Karasidenan Madiun.Karasidenan Madiun meliputi wilayah Madiun, Ngawi, Magetan, dan Pacitan. Yang lebih unik lagi jika minggu pagi Nasi Liwet Jl. H Agus Salim mangkal di tempat ini. Sambil menikmati Nasi Liwet dan sajian masakan lain kita dapat menikmati keindahan Pusat Kota Madiun dari sini.




Taman Kota "Alun- alun" Madiun sebagai interaksi komunal

Masjid Pusat Kota Madiun

Terdapat beberapa kolam renang dan waterpark yang menjadi sarana hiburan anak-anak. Ada Sun City, Dumilah Waterpark, I Club dan Merdeka Hotel Swimming Pool. Kita dapat menikmati fasilitas kolam renang dengan harga yang cukup memadai.






Pembagunan Mall Sun City akan menjadi icon tersendiri bagi Kota Madiun. Tidak tanggung-tanggung Anchor Tenant seperti Lotus Departemen Store di bawah Mitra Adi Perkasa yang memegang brand Departemen Store Internasional seperti Seibu, Debenhams, Metro dan Sogo hadir disini. Begitu juga J.Co, Bread Talk akan hadir disini. Optik Tunggal dan Melawai , Ace Hardware, DIVA karaoke, B. FIT Club, dan New Star Cineplex akan hadir disini. Bersinerginya beberapa Departemen Store dan Hypermarket cukup memberikan gambaran bahwa kota ini mengalami tingkat pendapatan yang semakin naik dari tahun ke tahun. Ada beberapa Departemen Store dan Hypermarket seperti Matahari dan Hypermart di Plaza Madiun, Timbul Jaya Plaza, Carrrefour, dan Pasaraya Sri Ratu. Selain itu jalan disekitar Agus Salim dan Pahlawan merupakan sentra perdagangan untuk saat ini.

 Plaza Madiun

 Pasaraya Sri Ratu

 Timbul Jaya Plaza

Carrefour - Madiun


Industri

PT. INKA (Industri Kereta Api) adalah salah satu Industri Strategis Indonesia. Pabrik Sepur ini didirikan Dengan SK Menteri Perhubungan No. 32/OT.001/Phb/80 tanggal 27 Pebruari 1980. PT. INKA merupakan Manufactured Industry yang berusaha untuk saling melengkapi dengan kebutuhan PT. KAI (Kereta Api Indonesia) sebagai penyedia jasa. Wajar saja industri ini harus bertahan karena hanya beberapa negara yang mempunyai Industri Kereta Api. Seperti Jepang - "Nippon sharyo", dan Jerman - "Bombardir". Selain bergerak di bidang Industri Kereta Api diversifikasi usaha PT. INKA juga bergerak di bidang pembuatan INO-BUS untuk Trans Jakarta, dan mobil rakitan GEA. Industri ini mempunyai karyawan yang cukup besar. Ada sekitar 849 Karyawan tetap dari PT. INKA sendiri dan ribuan tenaga outsourche yang tersebar di anak perusahaan PT. INKA seperti Railindo Global Karya dan PT. Rekaindo Global Jasa. Dengan terserapnya ribuan tenaga kerja akan mengurangi pengangguran di wilayah Madiun secara khusus. Dengan Kehadiran PT. INKA seharusnya Bangsa ini mampu mempertahankan nilai dari hasil karya Bangsa itu sendiri. Dan bukan dibiarkan tanpa mendukung Industri Nasional.



























Pabrik Gula Rejo Agung dan Kanigoro yang tergabung dalam PT. PG Nusantara merupakan pabrik gula terbesar di Madiun. Ada yang menarik pada saat panen tebu biasanya para pekerja mengadakan syukuran selama sepekan dengan terselenggaranya pasar malam.


Tentang Kuliner
Lalu apa yang menarik dari Kuliner di Kota ini ? Jika ditanya makanan Pecel kota ini memegang nama pertama. Begitu juga dengan Brem dan Roti Klasik Belanda "Bluder". Wah menarik bukan ? Bluder adalah sejenis Roti Klasik Belanda yang cukup populer di kalangan masyarakat kota Surabaya dan Jakarta. Biasanya mereka membeli roti klasik ini dalam jumlah banyak. 1 dusnya berharga Rp. 60.000,- terdiri dari 10 Roti Klasik jadi kalau dihitung per rotinya yang sekitar Rp. 6.000,- . Bluder yang terkenal adalah Cokro tetapi pendiri Bluder itu sendiri alias pembuat pertama Bluder memisahkan diri dengan membuat gerai tersendiri bernama Bluder Kreshna.




Selain itu Dawet Suronatan daan gado-gado Pak Tom juga patut untuk dicoba rasanya yang cukup menggoda rasa dan kekhasan Dawet dari sejak lama membuat orang-orang yang mempunyai kenangan dengan Madiun ingin mengulang lagi sejarah itu.


Dibangunnya Sentra Kuliner seperti Jl. Diponegoro, Agus Salim dan Serayu membuat orang tertarik untuk datang disini. Coba lezatnya Bakso Pak Simo, Soto Daging Pasar Kawak, atau Nasi Liwet Agus Salim dan Alun-alun. Belum lagi ditambah Special Sambal "SS", Ayam Goreng Pemuda dan Lekko Jl. Agus Salim. Di tempat lain cabang Soto Pak Min siap menunggu ketika anda memasuki wilayah Madiun. Coba juga Ayam Goreng Banjar Rejo dan beberapa warung Sate Ponorogo yang siap memanjakan lidah.

Pendidikan
Ada beberapa Universitas Swasta di Kota Madiun seperti Universitas Merdeka dan Politeknik Negeri Madiun yang terletak di Jl. Serayu. IKIP Madiun dan Universitas Katholik Widya Tama "Wima". SMAN 2 Madiun merupakan SMA Unggulan di Kota ini. Hampir dari 70 % siswanya masuk di PTN di Indonesia. Selain itu Sekolah Katholik ST. Bernadus juga merupakan sekolah swasta dengan sistem pengajaran yang ketat.



Seni
Adanya Seni Bela Diri seperti S.H Teratai dan Winongo merupakan pernyataan bahwa kota ini adalah ahlinya bela diri silat. S.H Teratai yang cabangnya tersebar di luar kota seperti Ponorogo, Pacitan bahkan SMA saya SMUN 90 Jakarta mengangkat citra Madiun sebagai pusatnya pendekar. Pada hari-hari tertentu anggotanya melakukan kenaikan tingkat dan semedi seperti pada malam 1 Suro/ Muharam atau Acara Halal Bi Halal. Memang terkadang sebagian anggota meresakan warga masyarakat yang lain karena melakukan konvoi yang terkadang melakukan anarki dan timbul kerusuhan.


Padepokan Utama SH Teratai

Komunitas pencinta lagu keroncong barat atau komunitas In Lounge hadir secara Live di Studio Wanara RRI Pro 1 FM secara Live. Rinor Entertainment Keroncong In Lounge Community, komunitas ini dimotori oleh Bapak Muljo Prasedyanto dan Bambang Koeshendarto siap memberikan kontribusi terbaik bagi Seni Keroncong Eksklusif.





Mari dengar lagu ini !


Itulah beberapa informasi menarik dari Madiun semoga dapat dijadikan referensi bagi anda yang ingin mengunjungi Madiun.

Kembali Ke : ARTIKEL


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA