indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 05 Juli 2013

Jalan - Jalan Liburan Sekolah Edisi Gratisan !!!

Jumat, 05 Juli 2013





Liburan sekolah telah tiba, waktunya jalan-jalan bersama keluarga...Liburan tampak berkesan ketika kami mengunjungi Waterpark Pandawa, dan beberapa tempat di kawasan 
Solo Baru


Waktu sudah menunjukkan pukul 05.30 pagi. Antara pergi atau tidak pergi. Maklum istri saya tidak ikut, cuti kantornya habis, ketika kami merencanakan untuk melakukan liburan ini. Sayapun jadi agak ragu untuk melakukan perjalanan. Di samping itu kondisi keuangan juga lagi tidak memadai. Pukul 06.00 pagi saya berusaha menghubungi ibu saya. Rencana yang direncanakan pukul 04.30 ditunda menjadi pukul 07.00. Akhirnya saya memutuskan untuk berangkat juga. Di sepanjang perjalanan dipenuhi dengan obrolan dan canda. Ya maklum jika bertemu keluarga, kami tidak hentinya untuk mengobrol dan penuh canda tawa. Tanpa terasa kita telah sampai di kota Sragen yang hanya tinggal 1 jam lagi ke tempat tujuan. Kedua keponakan saya Fatya Atala Dhisa dan Muhammad Fadhil Abyan sudah tidak sabar ingin berenang di tempat itu. Pukul 11.00 tepat kami tiba di Solo.

Saya melihat Solo banyak melakukan perubahan. Kota ini sepeninggal Joko Widodo sebagai Walikota Solo semakin giat dalam melakukan pembangunan. Salah satunya adalah kawasan Solo Baru. Rencana kawasan ini nantinya akan menjadi kawasan Kota Mandiri di sini akan berdiri Cental Business District "CBD" yang dilengkapi hotel, mall, theme park, housing estate, condominium, sekolah, dan perkantoran komersil. Sebagai langkah awalnya adalah berdiri Hartono Life Style Mall, dan The Park. Theme Park yang terkenal di kawasan ini ialah waterpark "Pandawa Water World". Tapi sebelum kami melakukan masuk ke area ini makan siang telah menanti kami di sekitar kawasan Solo Baru yang lokasinya berdekatan dengan Pandawa. Makan siangnya cukup enak dengan harga yang tidak terlalu mahal. Terpenting bagi kami harus mengisi bahan bakar kami sebelum melakukan aktivitas renang. Maklum di dalam area harga untuk makanan terutama minuman bisa dua kali lipat dari harga normal. Dan pengunjung pun dilarang untuk membawa bekal makanan atau minuman di area Water Park ini.

Jalan Utama Solo Baru

Fave Hotel Solo Baru

Rencana The Park sebagai Icon baru Solo


Pandawa Water world


Berlokasi di Jalan Cemara Raya, Solo Baru, pada mulanya pembangunan waterpark ini hanya diperuntukan bagi Housing Estate yang ada di kawasan ini. Pandawa waterpark berintegrasi dengan Tennis Indoor dan sport club lainnya yang ada di kawasan pemukiman tersebut, dengan dahulu bernama Pandawa Sport Club. Namun dalam perkembangannya sport club ini oleh pengembang merubah menjadi waterpark. Hal ini bertujuan untuk merangkup segmen yang lebih luas dan memajukan kawasan Solo Baru menjadi kawasan yang lebih dikenal pada waktu itu. Seiring perkembangannya bukan hanya penduduk sekitar yang menikmati aneka wahana Water Park ini yang merupakan satu-satunya waterpark terbesar di kawasan Jawa Tengah. Banyak wisatawan yang berasal dari kota propinsi lain yang mencoba menikmati berbagai wahana yang disediakan oleh waterpak ini. Tidak seperti waterpark yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta dengan Pondok Indah Water Park, Atlantis, PIK Waterpark, Waterboom dan Ocean World, Tangerang dengan Ocean Park, Surabaya dengan Ciputra Water Park , Bali dengan Waterboom Bali, dan Madiun dengan Sun City Waterpark. Pandawa Waterpark Solo merupakan waterpark tematik dengan mengambil latar belakang tokoh dan nama 5 jagoan dari seri Pewayangan Mahabarata "Pandawa 5". Dari arah masuk kita  ditunjukkan dengan simbolisasi 5 tokoh pewayangan Pandawa seperi Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Pintu masuk ke arah waterpark terdapat patung yang menjadi simbolisasi dari kelima tokoh pewayangan tersebut. 



Wahana diperuntukan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan waterpark ini. Ada beberapa wahana di sini. Dengan tiket masuk seharga Rp 100.000,- untuk hari Senin-Minggu anda dapat menikmati sepuasnya fasilitas di sini. Untuk harga tiket masuk terdapat potongan pada promo kartu kredit Mandiri dan HSBC sebesar 20 % dan bila memakai Indosat Mentari akan mendapat potongan lagi sebesar 20% hasilnya kami hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 60.000,- / orang. 

Saatnya kita masuk.....




1. Wahana kolam keliling atau Action River
Pertama kali saya mencoba di waterpark ini adalah kolam keliling. Kami menyusuri waterpark ini. Dari setiap sisinya untuk menikmati keindahan di sini. Setelah beberapa meter anda menikmati kolam kelililng anda akan memasuki gua dan stalagtit buatan. Cukup mengasyikan di sini.



2. Wahana Ombak Pantai
Saya mencoba lagi wahana pantai buatan. Ombak cukup besar dengan kedalaman yang bervariasi. Di bagian ujung kedalamannya bisa mencapai 3 meter. Harap diperhatikan bagi yang membawa anak-anak. Walaupun sebagian besar pengunjung membawa ban sebagai alat pelampung tetapi kedalaman yang bervariasi dengan ombaknya dapat menggulingkan bannya. Hasilnya banyak pengunjung yang mayoritas anak-anak tenggelam di kedalaman 3 meter. Uniknya ibu saya ikut berenang di tepi pantai buatan di sini.







3. Wahana Fantastic Slide
Wahana ini cukup dikenal dengan kolam luncurnya. Sebenarnya ada tiga bagian kolam luncur. Fantastic Slide menempati kolam luncur pertama tanpa menggunakan ban kita sudah dapat meluncur. Fantastic Tower Slide harus menggunakan ban berada di lantai yang lebih atas lagi. Saya mencoba dengan keponakan saya Fantastic Slide namun keponakan saya tampak takut untuk melanjutkan wahana selanjutnya di Fantastic Tower Slide. Di ketiga wahana ini kita akan dipacu adrenalin. Khusus di sini kolam meliuk-liuk sengaja diperuntukan bagi kita.



4. Wahana Fantastic Tower Slide
Lokasinya berada di atas dari Fantastic Slide dan sejajar dengan Speed Racer. Kolam luncurnya tetap dibuat meliuk-meliuk. Tapi bedanya di sini kita harus menggunakan ban. Yang jelas tetap memacu adrenalin. Terlebih lompatan dari ban ketika kita meluncur semakin terasa. Hasilnya kita akan merasakan sensasi yang luar biasa tadi. Masing-masing wahana terdapat Guard atau penjaga yang akan memberikan instruksi    tentang bagaimana cara pemakaian ban yang benar. Di mana posisi kita harus searah dengan tanda panah. Dan sikap tubuh harus duduk di ban yang besar. Baju harus dilepas, hal ini dimaksudkan agar kita tidak terseret atau berhenti di tengah-tengah perjalanan. Lebih menantang dan lebih seru. Adrenalin serasa dipacu agar kita lebih sampai ke muaranya.



5. Wahana Speed Racer
Merupakan wahana yang berada di lantai sama dengan wahana Fantastic Tower Slide. Instruksi yang diberikan oleh penjaga tetap sama harus menggunakan ban, dan baju dilepas, tapi dengan kolam luncur yang berbeda seperti perosotan besar. Posisinya menurun dan naik. Kita serasa dipacu hingga kedua kalinya. Wahana ini menurut saya paling memacu adrenalin. Jantung terasa bergetar bila menikmati wahana ini. Terlebih ban yang kita gunakan turut andil dalam memberikan lompatan luncur tadi.


Rasanya belum puas jika belum mencoba wahana lainnya yang juga cukup memacu adrenalin saya. Dalam menikmati wahana demi wahana hanya saya sendirian yang mencoba menikmati wahana tersebut. Entah kenapa yang lainnya tidak mau menikmati. Terlebih Fadhil keponakan terkecil saya sangat takut dengan air. Ibarat kucing yang takut dengan air sebentar saja ingin berhenti. Sebenarnya safety procedure telah diterapkan pada setiap untit area. Walaupun di kolam pantai buatan banyak pengunjung yang tenggelam ketika ombaknya menggulung besar. Tetapi penjaga senantiasa di tempatkan di setiap wilayah dari waterpark ini. Saya ingin mencoba di tempat yang lainnya. Masih berbentuk kolam luncur dan dinamakan Black Hole.

Fadhil Manusia Millenium yang takut air



Lokasi taman di area Pandawa Waterworld

6. Wahana Black Hole
Sama seperti namanya yang berarti lubang hitam. Di tempat ini kita akan merasakan kegelapan yang berpacu dengan adrenalin. Seperti dipacu ombak dalam kegelapan. Kita tidak dapat melihat apa-apa hanya kegelapan yang menjadi nuansanya. Lubang hitam adalah nama yang pas. Intruksi yang dberikan sama dengan dua kolam sebelumnya. Kita harus menggunakan ban dengan baju yang dilepas. Lompatannya semakin terasa ketika berada di tengah perjalanan. Wahana ini terletak di patung besar yang menjadi simbol waterpark ini.


Pintu keluar Black Hole


7. Wahana Warm Spa
Ini merupakan wahana Jacuzzi. Disini kita bisa berendam dengan kolam yang cukup hangat. Cocok buat orang sakit rheumatik sepertinya. Terdapat di dua tempat yang berbeda. Sambil menikmati kolam air hangat  dengan berbalut spa ini yang mengeluarkan aroma therapy di dalamnya kita disuguhkan oleh view yang nampak berbeda dari atas Jacuzzi.


Pemandangan dari atas Wahana Warm Spa

8. Aerated Spa
Masih berbentuk kolam kecil atau sauna tetapi tanpa kehangatan di dalam kolam kecil tadi dengan beraroma therapy. Kita dapat menikmati kolam ini. Terlebih terdapat gemerincik air di bagian pinggir atas kolam tersebut.


9. Action Water
Mirip seperti Fountain yang disemburkan ke atas. Kita dapat menikmati sensasi air pada permukaan lantai, serta mengeluarkan air dari permukaannya.



Kolam Pandawa terdapat empat kolam. 
- Kolam Keliling atau action river
- Kolam air terjun standar terletak di ujung area ini atau berdekatan dengan wahana speed racer
- Kolam Pantai Buatan dengan kedalaman di ujungnya mencapai 3 meter
- Kolam Lompat dan Buggy Jumping  dengan kedalaman mencapai 5 meter

Untuk kolam yang terakhir jarang sekali dipergunakan. Hanya pada event-event tertentu kolam ini dipakai. Mengingat kedalamannya yang sangat berbahaya bila terbuka bagi anak-anak. Di area sekitar kolam dipasang semacam border atau garis pembatas.


Area Kolam Lompat dan Buggy Jumping


Ketika kami puas menikmati wahana tersebut saatnya kami pulang. Tidak lupa Shalat Dzuhur dan Ashar Jamak kami lakukan sebelum pulang. Pukul 17.00 kami pulang. Sebelum pulang kami mencoba untuk mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Solo Baru. Hartono Life Style Mall merupakan Mall yang baru dibuka. Dengan menyajikan barang-barang middle end. Dan bersebelahan dengan Mall The Park yang bakal menjadi Icon Solo setelah Solo Java Parogon. Rencanaya The Park akan disewa oleh tenant-tenant anchor sekelas Metro dan Lotte Mart. Di sini akan berdiri Hotel, Sekolah dan Convention Hall yang multi fungsi.




Demikian perjalanan liburan kali ini. Semoga dapat dijadikan referensi dalam menentukan liburan anda !


Kembali Ke : ARTIKEL



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA