indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 25 September 2015

Flora dan Fauna Khas Lampung

Jumat, 25 September 2015

Print Friendly and PDF
Flora dan fauna khas provinsi Lampung adalah sepasang tumbuhan dan hewan yang oleh Pemerintah Provinsi Lampung ditetapkan sebagai flora dan fauna identitas provinsi tersebut. Masing-masing provinsi di Indonesia memang memiliki tumbuhan dan hewan khas tersendiri sebagai maskot dan identitasnya. Demikian juga dengan provinsi Lampung. Adapun bagi Provinsi Lampung, tumbuhan dan hewan khas yang dipilih dan ditetapkan sebagai maskot dan identitas adalah Bunga Ashar (Mirabilis jalapa L) dan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus)Bunga Ashar (Mirabilis jalapa L) ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Bengkulu, sedangkan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranussebagai fauna identitasnya.



Flora Khas Lampung

Bunga ashar dikenal juga sebagai kembang pukul empat atau Four o’clock plant yang dalam bahasa latin disebut Mirabilis jalapa L. Meskipun bunga ashar atau kembang pukul empat bukan bunga asli Indonesia melainkan berasal dari Meksiko, namun bunga ashar ditetapkan sebagai flora identitas provinsi Lampung. Dinamakan bunga ashar atau asar dan kembang pukul empat lantaran kebiasaan bunga ini yang mekar pada sore hari sekitar pukul empat sehingga pada jaman dulu masyarakat Lampung menggunakannya sebagai pertanda masuknya waktu sholat Ashar. Karena itu bunga ashar atau kembang pukul empat sering ditanam di pekarang atau di depan surau.

Tumbuhan hias ini sering disebut juga sebagai kederat, segerat, tegerat (Jawa), noja (Bali), pukul ampa (Minahasa), bunga tete apa, bunga-bunga parangghi (Makasar), bunga-bunga parengki (Bugis), lore laka (Timor), kupa oras (Ambon), Cako rana (Ternate), kembang asar (Lampung), kembang pagi sore, kempang pukul empat, bunga waktu kecil (Melayu).


Fauna Khas Lampung




Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan satu dari tiga subspesies Gajah Asia. Subspesies Gajah Asia (Elephas maximus) selain Gajah Sumatera adalah Gajah Asia (Elephas maximus maximus) yang terdapat di Srilangka dan Gajah India (Elephas maximus indicus) yang terdapat di Asia Tenggara dan India. Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) yang mempunyai nafsu makan besar (hingga 150 kg seharinya) bisa dijumpai di pulau Sumatera Indonesia. Binatang ini juga ditetapkan sebagai Fauna Identitas Provinsi Lampung.

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) hanya berhabitat di pulau Sumatera Indonesia. Populasinya tersebar di tujuh provinsi yaitu Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung. Meskipun sebaran habitatnya luas ternyata populasinya menurun drastis. Karenanya UICN Redlistmenggolongkan binatang besar ini dalam kategori Endangered sejak tahun 1996.



FLORA FAUNA INDONESIA

ENSIKLOPEDI LAINNYA


Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2020 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA