indonesaEnglish


Rabu, 11 Juli 2018

Salah Satu Daerah di Kepulauan Riau Ini  Akan Dikembangkan Menjadi Geopark Dunia !

Rabu, 11 Juli 2018

 
Via : https://www.goodnewsfromindonesia.id



Salah Satu Daerah di Kepulauan Riau Ini 
Akan Dikembangkan Menjadi Geopark Dunia !
Penulis : Aninditya Ardhana Riswari


Link : 
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/07/10/salah-satu-daerah-di-kepulauan-riau-ini-akan-dikembangkan-menjadi-geopark-dunia

Kabar terbaru datang dari Kementerian Luar Negeri yang bekerja sama dengan Kementerian ESDM juga pakar dari Universitas Padjajaran,  di mana ketiganya berupaya  mengembangkan pulau-pulau kecil (SIDI) termasuk Natuna, di Provinsi Kepulauan Riau melalui program inisiatif untuk menggali potensi Natuna menjadi geopark dunia.

Sejak tahun 2016, program yang telah digalakkan tersebut rupanya sudah menjadi referensi kerja sama bagi Asosiasi Negara-Negara di Lingkar Samudra Hindia (IORA) dan lokakarya Laut China Selatan.

Disebutkan dalam CNN Indonesia bahwa di tahun ini SIDI-Natuna mengambil tema sentral mengenai Kekayaan Alam dan Budaya di Natuna sebagai Aset Diplomasi Maritim.

Diketahui sebelumnya bahwa Indonesia telah berhasil memperjuangkan beberapa geopark nasional yang kemudian turut menjadi bagian dari Geopark UNESCO yakni Danau Batur, Gunung Sewu, Gunung Rinjani, dan Ciletuh. Saat ini, Indonesia pun juga sedang memperjuangkan Danau Toba ke dalam jaringan geopark kelas dunia tersebut.


Pulau Panjang Salah Satu Tempat Wisata Kekinian di Natuna
Via : https://www.goodnewsfromindonesia.id

Nantinya, dengan menjadi bagian dari Geopark UNESCO, situs-situs yang ada mampu terjaga kelestariannya dan turut dapat meningkatkan kunjungan turis ke kawasan wisata tersebut.

Lebih lagi, di Natuna terdapat banyak situs berupa batu granit yang berusia lebih dari 100 juta tahun. Aneka situs laut lainnya juga tersedia di Natuna yang bisa dijadikan sebagai geopark maritim.

Selain itu, aspek budaya dan sejarah Natuna juga perlu didalami dan dilestarikan. Seperti halnya seni budaya pantun milik Indonesia yang sedang dalam proses pengajuan untuk menjadi salah satu warisan budaya dunia melalui UNESCO.

Dalam bidang sejarah, Natuna juga menyumbang cerita mengenai jalur rempah nusantara. Hal ini disebabkan Natuna sempat menjadi Bandar Laut Internasional di abad keemasan era Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Upaya untuk menjadikan Natuna sebagai salah satu geopark maritim ini turut didukung oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kabupaten Natuna yang ingin menggali Natuna dan perairannya sebagai bagian integral sejarah Indonesia.

Secara geografis Natuna merupakan wilayah yang dikelilingi oleh empat negara ASEAN yang juga berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Tak heran jika Natuna menjadi wilayah yang ramai sebab Natuna merupakan jalur perdagangan global.

Wah, kawan GNFI mari kita doakan ya agar pencanangan Natuna sebagai geopark dunia bisa segera terwujud.


Bangga Indonesia!

Sumber: CNN Indonesia



Kembali : BERITA INDONESIA




Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA