indonesaEnglish


Kamis, 06 Juli 2017

Membandingkan Hantu Anak Mati di Film Jailangkung dengan Valak – The Conjuring 2, Sereman Mana Coba ?

Kamis, 06 Juli 2017


CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Membandingkan Hantu Anak Mati di Film Jailangkung 
dengan Valak - The Conjuring 2, Sereman Mana Coba ?


Review Film kali ini, sengaja Kami ingin mengulas Film Horror Indonesia "Jailangkung" !

Via : https://www.instagram.com

Sebuah Film Horror, yang lagi Happening dengan Pencapaian lebih dari 1,4 Juta Penonton di Minggu Pertamanya.

Film garapan Rizal Mantovani + Jose Poernomo ini, memang banyak buat Orang Penasaran, seserem apakah Hantu di Film ini ?

Secara Mereka pernah buat Film dengan judul yang sama di Tahun 2001 lalu.


















Berikut Kami Hadirkan
Membandingkan Hantu Anak Mati di Film Jailangkung 
dengan Valak - The Conjuring 2, Sereman Mana Coba ?

Tentang Film Jailangkung

Jailangkung - 2017

Menurut Penelusuran, yang Kami kutip di Wikipedia ...

Film Jailangkung pertama kali dirilis pada Tahun 2001, dengan judul Jelangkung. Film ini disutradarai juga oleh Rizal Mantovani  + Jose Poernomo, yang memang juga dikenal sebagai Sutradara Video Klip Handal.

Ide Dasar Film ini berasal dari Ritual Mistis Kuno Ala IndonesiaPermainan Jailangkung” , dan Beberapa Legenda Urban Jakarta seperti : Legenda Hantu Rumah Kentang dan Suster Ngesot.

Film ini mempunyai Tagline, yang terkenal setelah dirilis, yaitu : 
Datang tak dijemput, pulang tak diantar !

Yang menarik dari Film ini adalah Anggaran (Budget), yang terbilang kecil.

Hanya berbiaya produksi 400 juta rupiah, dengan biaya total 1 miliar rupiah. Film ini tercatat telah ditonton 1,3 juta penonton di layar bioskop setelah dirilis, dengan total penonton sampai sekarang 5,7 juta penonton, dan meraup pendapatan sekitar lima miliar rupiah.

Hingga sekarang Film Jelangkung masih memimpin sebagai Film Horor dengan penonton terbanyak di Seluruh Indonesia.


Film Jailangkung Dari Masa Ke Masa

Tidak seperti Film Pendahulunya, Sekuel Film Jelangkung, Tusuk Jelangkung (2003), yang disutradarai oleh Dimas Djayadiningrat (Juga dikenal sebagai Klip Maker Handal), dan Jelangkung 3 (2007), yang disutradari oleh Angga Dwimas Sasongko, tidak begitu sukses di Pasaran.

Meski menggunakan Anggaran (Budget), yang lebih mahal saat itu, seperti : Film Tusuk Jelangkung, namun minat Penonton untuk menyaksikan Film Lanjutannya dinilai jauh berkurang.

Demi mengulang kesuksesannya,

Di tahun 2017 ini, Film Jelangkung kembali dirilis. Hanya saja judul Filmnya berganti menjadi Jailangkung.

Pergantian Judul Film ini, mungkin disebabkan oleh adanya Pergantian Rumah Produksi (Production House), yang memproduseri Film ini.

Dahulu oleh Rexinema di bawah Erwin Arnada, Upi Avianto, dkk, sekarang oleh Screenplay Films, dan Legacy Pictures.

Jadi semacam Pertemuan (Rendevouz) tersendiri bagi Rizal Mantovani + Jose Poernomo, yang memang sukses membuat Film PertamaJelangkung” laris manis di Pasaran.

Terlebih : Banyak makan asam garamnya Kedua Sutradara Film + Video Klip ini di Perfilman Indonesia, membuat Penikmat Horror Movie Indonesia menjadi Penasaran, mau seperti apakah jadinya, jika Film Horror ini kembali dibuat ?

Dengan Tagline Baru :
 Datang Gendong, Pulang Bopong !

Film ini apakah dinilai bagus secara jalan cerita, dan seremnya Hantu Anak Mati di Film Jailangkung ?

Kami berusaha untuk membandingkan secara obyektif dengan Film Conjuring 2, yang disutradarai oleh James Wan, terutama mengenai Tokoh Hantu Fenomenal, yang ada di dalamnya : Valak ...

Berikut Kami Hadirkan
Membandingkan Hantu Anak Mati di Film Jailangkung 
dengan Valak - The Conjuring 2, Sereman Mana Coba ?
Nikmati Perjalanan Kekinian Anda Dengan Kami
- Senopati Tour Madiun
Lihat Lebih Lengkap>>>











1. Film Jailangkung Berasal Dari Urban Legend, Conjuring 2 Merupakan Film Based On A True Story


Meski Hantu Kedua Film ini, baik Anak Mati - Jailangkung, dan Valak - Conjuring 2, merupakan Hantu Fiktif, yang tidak ada dalam kondisi cerita sebenarnya,

Namun Permainan Jailangkung, yang diambil dari Urban Legend Ala Indonesia, dengan Ritual (Upacara) memanggil Roh (Arwah), dan Film Conjuring 2, dengan mengadaptasi cerita sebenarnya (Based On A True Story) dari Kejadian Investigasi Rumah Hantu di Enfield, Inggris,

Cukup membawa Kita sebagai Penonton dibuat Bulu Kuduk merinding.

Bagi, yang dah lihat, Hantu di Kedua Film ini, sereman mana coba ?


Belanja Indonesia
Lihat Kaos Karaktermu !
Lihat Lebih Lengkap>>>










2. Asal Usul Mereka

Percaya Asal - Usulnya Bukan Karena Ini !
Via : https://www.youtube.com



Diceritakan bahwa Hantu Anak Mati, terdapat di beberapa tempat di Indonesia.

Seperti : Angker Batu, dan Alas Keramat (Tempat Fiktif - Bukan Tempat Kejadian Sebenarnya, hanya pada Film)

Biasanya Hantu Anak Mati, dipelihara oleh Seorang Dukun, maupun Seseorang, yang sedang Ngeilmu, untuk mencari Pesugihan dalam kemapanan hidup.


Hantu Anak Mati di Film ini berasal dari Seorang Dukun, yang dibunuh oleh Warga di Sekitar Daerah tersebut, karena disangka memelihara Hantu tadi, untuk mencapai tujuannya.

Sang Dukun mati, namun Anak Mati tetap tidak mati.

Beberapa tahun kemudian, dengan mengambil lokasi kejadian yang sama, terbunuhnya Sang Dukun (Di Alas Keramat - Jawa Timur),

Diceritakan :

Ada Seorang Suami, sekaligus Ayah bagi Anak - anaknya, yang sangat mencintai Istrinya, yang sudah meninggal beberapa tahun lamanya.

Sang Ayah mendirikan Rumah Mewahnya, di Alas Keramat. Di mana Tempat ini, sengaja digunakan sebagai Ritual memanggil Arwah Isterinya yang telah lama mati.

Melalui Ritual Jailangkung tadi, sekali hingga puluhan kali, Sang Istri memang hadir kembali, namun di saat Ritual, yang ke 43, bukannya Sang Istri, yang hadir malah Hantu Anak Mati, ikut ke dalam tubuh (raga) Orang, yang memanggilnya

Hal ini menjadi cikal bakal, kenapa Hantu Anak Mati harus dikembalikan, jika tidak ingin menggentayangi Orang, yang memangggilnya.

Sesuai Permainan Ritual Jailangkung, yang memanggil harus :
 Datang Gendong, Pulang Bopong !

Sedangkan Hantu Valak di Film Conjuring 2, yang berdasarkan pada Investigasi Kisah Nyata (Based On A True Story) Rumah Hantu di Enfield, Inggris, sebenarnya tidak ada hubungan dengan kejadian.

Hantu Valak berasal Kitab bertajuk The Lesser Key of Solomon,

Valak sendiri berasal dari Kitab abad ke - 17, yang berisi mantra setan.

Valak (atau Ualac, Valac, Valax, Valu, Valic, Volac) tidak lain adalah : Presiden Agung dari Neraka.

Secara umum, Valak adalah tokoh yang berpangkat tinggi di dunia iblis. Sering digambarkan mengendarai naga berkepala dua dan memerintah 30 Legiun Setan.

Pada Film ini diceritakan bahwa Raja Iblis Valak berada pada Roh Seorang Hantu Kakek - Bill Wilkins.

Penghuni Rumah ini, yang menjadi jahat, saat ia dimasuki oleh Valak.

Hantu Kakek Penghuni Rumah Enfield - Inggris ini, memang telah lama ada, namun lebih sering menampakkan wujudnya, setelah salah satu Anak dari Peggy Hodgson, melakukan Upacara Ritual Memanggil Arwah, mirip Permainan Jailangkung.

Jadi menurutmu, mana yang paling seram ?

Belanja Indonesia
Lihat Lebih Lengkap>>>










3. Wujud Mereka


Anak Mati digambarkan sebagai Hantu dengan Dua Wujud Berbeda, Satu Hantu Wanita Besar, dan lainnya Hantu Gadis Kecil, yang siap menggentayangi Orang, yang telah memanggilnya melalui Ritual Upacara Permainan Jailangkung.

Secara Fisik, Hantu ini nampak berbeda dengan Hantu, yang ada di Indonesia. Hantu ini tidak mengadaptasi Hantu dengan Karakter Ala Indonesia, seperti : Kuntilanak, Pocong, Wewe Gombel, maupun Genderuwo.

Jadi, kalau dibilang Hantunya lebih International gitu, mirip Hantu Bule, Khas Nonik Belanda.



Lain halnya dengan Valak, meski dalam KitabThe Lesser Key of Solomon” memiliki wujud sebagai Seorang anak kecil dengan sayap,

Namun dalam The Conjuring 2, ia digambarkan sebagai Seorang Setan, berwujud Suster dengan wajah pucat.

Hal ini bisa jadi, sangat mengadaptasi Hantu Barat pada umumnya, yang biasa Kita temui dalam wujud Suster, Pendeta (Pastor).


Kalau Kamu pilih mana ?

4. Adegan Demi Adegan


Meski Film Jailangkung 2017 dinilai baik dari segi kualitas gambar menggunakan High Definition (HD) beresolusi tinggi, serta jauh dari Unsur Pornografi, seperti pada Film Horor Mainstream Indonesia lainnya, namun Adegan demi Adegan di Film ini, terlihat cepat.

Hal ini, yang menyebabkan jalan ceritanya dinilai sedikit kabur. Tentu saja hal ini juga mempengaruhi ketegangan saat menonton, termasuk Hantu, yang muncul tanpa Alur Cerita, yang jelas.

Sehingga Hantu Anak Mati, tampak tidak seram, saat kemunculannya di Beberapa Adegan.

Terlebih Beberapa Adegannya, mempunyai kemiripan dengan Film Conjuring 2.

Entah terinspirasi, atau mengkuti ?

Mulai dari Lokasi Rumah Kuno, yang hampir mirip, dan Beberapa Adegan Kemunculan Hantu Anak Mati, membuat Kita dapat menerka, bahwa Anak Mati akan muncul di adegan tersebut.

Berbeda dengan Film Jailangkung 2017, Film Conjuring 2 dinilai sukses membawa Penonton masuk ke dalam jalan ceritanya, yang memang Berdasarkan Kisah Nyata (Based On A True Story).

Walaupun Valak merupakan Hantu Fiktif, dan tak ada hubungannya dengan Kejadian Sebenarnya,

Namun Adegan demi Adegan, serta Jalan Cerita, yang dinilai jelas, mampu membuat Penonton, ketakutan saat Valak muncul secara tiba (spontan).

Jika Ini, Kamu setuju kan, Valak - Rajanya Seram ?

5. Tata Suara, Yang Mumpuni



Bandingin Suara Kedua Trailer Ini, Sereman Mana Coba ?

Pastinya Kamu setuju, jika Kedua Film ini, mempunyai Tata Suara, yang mumpuni.

Tata Suara Keduanya, membuat Kita menjadi tegang saat menonton Kedua Film ini. Terlebih Hantu, yang muncul secara tiba (spontan).

Berdasarkan Kuping Orang Indonesia, Film Jailangkung dengan Tata Suara Gending Khas Jawa di Beberapa Adegannya, paling tidak, mampu mengadaptasi Tingkat Keseraman Film dari Hantu Anak Mati, yang muncul secara tiba - tiba.

Setuju ya Gan ! Tata Suara saat Hantu Anak Mati di Film Tusuk Jailangkung lebih seram daripada Hantu Valak di Film Conjuring 2 ?

Itulah Beberapa Perbadingan dari Kedua Hantu di Film ini. Kami berusaha untuk membandingkannya secara Obyektif. Semua terserah pada Kalian, yang menentukan.

Apakah lebih seram Hantu Anak Mati di Film Jailangkung, maupun sebaliknya Valak di Film Conjuring 2. Semua terserah pada Kalian sebagai Pengambil Keputusan ...

Pastinya tetap semangat bagi Para Sineas Indonesia
untuk membuat karya Film Horror Berkualitas
semuanya Demi Indonesia Lebih Baik !




Kembali : ARTIKEL



Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Travelling Kita

Comments
0 Comments
 
Copyright ©2015 - 2024 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA