indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 30 Desember 2016

Peristiwa Trending Topic 2016

Jumat, 30 Desember 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Peristiwa Trending Topic 2016
Beberapa Peristiwa mewarnai Perjalanan Kita selama setahun ini. 

Beberapa Prestasi telah ditorehkan oleh Bangsa Indonesia dalam mencapai Sebuah Keberhasilan, namun Banyak Pula, yang memicu Konflik diantara Kita ...
















Berikut Kami Hadirkan
Peristiwa Trending Topic 2016
Yang Kami himpun dalam berbagai Sumber ...

1. Peristiwa Bom Sarinah 


Keberhasilan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam melumpuhkan Aksi Teror Bom Sarinah, 14 Januari 2016 patut Kita apresiasi.

Pasalnya bukan hanya Mereka, Peran Rakyat Indonesia, yang ikut andil bahu membahu dalam membantu tugas Kepolisian, juga patut diberi acungan jempol.

Seakan Mereka tidak takut mati, dan akhirnya malah Upload, dan Tulis Status Aksi tersebut di Sosial Media.

Dimulai dari Pembicaraan, tentang Seputar Bom Sarinah, hingga Pembicaraan yang enggak jelas, tapi masih dalam 1 Konteks.

Via : https://www.instagram.com/

#KamiTidakTakut sempat menjadi Trending Topic Dunia, disusul #GagalFokus, Effect dari Beberapa Netizen, yang mengalihkan perhatiannya kepada Para Polteng Gaya dengan Kaos Turn Back Crime Mereka, yang lagi baku tembak dengan Pelaku Terorisme di Sarinah Thamrin ...

2. Kasus Kopi Jessica




Kematian Wayan Mirna Salihin, pada tanggal 6 Januari 2016, cukup mengalihkan perhatian Publik, khususnya di bidang Penegakan Hukum.

Pasalnya dari Kematian Wayan Miran Salihin, sebelumnya tidak ditemukan alat bukti (Evidence), yang kuat menyatakan bahwa Jessica Kumala Wongso sebagai Pelaku Pembunuhan.

Masing – masing Pihak saling beragumen, baik dari Pihak Korban, maupun Pihak Jessica, yang diduga sebagai Pelaku Tunggal, disebabkan Ia yang memesan Kopi Racun Sianida ...

Akhirnya, setelah hampir sebulan sejak kematian Wayan Mirna Sahilin, tanggal 29 Januari 2016, Jessica ditetapkan sebagai Tersangka.

Yang menjadi heboh adalah Persidangan Jessica, yang berjalan alot.

Masing – masing Pihak, dan Pendapat Para Ahli mewarnai Persidangan ini.

Ibarat Sinetron pantes, jika disebut Sinteron Stripping atau mungkin Novel Tebal Misteri Karya Agatha Christie, Alfred Hitchcock, minimal Komik Detective Conan, yang pengungkapannya sulit untuk dibuktikan ...

Proses Persidangan ini, begitu pelik, tanpa tahu kapan berakhirnya ...

Terlebih beberapa Stasiun Berita Televisi, meliputnya secara langsung (Live) dengan Waktu Persidangan, yang bisa 12 Jam penuh, atau setengah Hari ...

*Moga – moga Masyarakat Indonesia jadi Cerdas Hukum ...


Dari Kasus ini beberapa Meme, Produk Kopi Lokal dengan Label Jessica, cukup mewarnai Pemberitaan di Lini Massa Twitter, dan Facebook.

Pernah Ada Produk Kopi Lokalnya 
Via : http://www.solopos.com

Menariknya lagi Kasus Pembunuhan ini, juga masuk sebagai Salah Satu Kasus Pembunuhan Misterius, yang dicatat di Wikipedia ...

Jessica Kumala Wongso, akhirnya dijatuhi vonis pidana penjara selama 20 tahun, pada tanggal 27 Oktober 2016.

Namun Keputusan ini belum tetap (Incraht).

Kita tunggu Saja Persidangan terhadap Banding, dan Putusan Kasasi Jessica, di tahun mendatang ...

3. Rio Haryanto

Via : http://www.mbtech.info

Masuknya Pembalap Indonesia, diajang Formula 1 (F1), cukup menjadi kado yang ditunggu.

Setelah mengalami Perjuaangan, yang panjang akhirnya Rio Haryanto berhasil memasuki ajang Formula 1 bersama Tim Manor Racing.

Hal ini pastinya juga menjadi Kebanggaan Bagi Bangsa Indonesia, karena sebelumnya Indonesia tidak pernah masuk dalam Kejuaraan Balap Bergengsi ini.

Beberapa Pihak mulanya, baik dari Pemerintah maupun BUMN Terkait mendukung Rio Haryanto, dalam memuluskan jalannya di Formula 1.




#RioHaryantoF1 sempat menjadi Trending Topic, yang mana Netizen Mancanegara juga mendukung Perjuangan Rio untuk berlaga di Kejuaraan Balap ini.

Laga Seri Pertama Rio di Formula 1 (F1), terjadi pada tanggal 20 Maret 2016.

Namun sayang, Karier Rio di Formula 1, tidak semulus, yang dikira ...

Akhirnya Sponsor Utama Pertamina, menghentikan Pendanaannya untuk Pembalap Indonesia ini.

Begitu juga dengan ketidakkonsisten Pemerintah, di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), menjadi  sebab dihentikannya Pertandingan Formula 1 (F1), yang hanya bertahan di 12 Seri.

Seandainya saja Pemerintah, dan Elemen Terkait dapat mendukung sepenuhnya Rio dalam masa Uji Coba (Trial and Error), pasti akan lebih baik ...

4. Arcandra Tahar – Gloria Natapraja

Via : http://news.liputan6.com



Memasuki Pertengahan Bulan Agustus, Dua Kasus Arcandra Tahar, dan Gloria Natapraja, cukup mewarnai Pemberitaan di Lini Massa Twitter.

Hebohnya Kasus ini disebabkan Masalah Status Dwi Kewarganegaraan Seseorang, yang dipertanyakan.

Arcandra Tahar, dan Gloria Natapraja Hamel adalah contoh Kasus terhadap lemahnya Sistem Kita mengenai aturan Dwi Kewarganegaraan, yang menyebabkan Pemerintah kecolongan dalam hal ini.

Akibat dari Kasus ini adalah Pencabutan Jabatan Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Ketidakikutsertaan Gloria Natapraja Hamel, sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), saat Pengibaran Bendera di Istana Negara, 17 Agustus 2016.

Dimana, akhirnya : Pemulihan Kewarganeraan Indonesia, Arcandra ditindaklanjuti dengan menjabatnya Ia sebagai Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Ikut sertanya Gloria saat Pengibaraan Bendera Pusaka, sore hari, 17 Agustus 2016.


Via : https://twitter.com/

Haruskah Status Dwi Kewarganegaran dipertanyakan, ketika Nasionalisme itu ada di Hati Mereka ?

5. Kemenangan Tontowi dan Liliyana


Kemenangan Tim Ganda Campuran Bulutangkis Indonesia, Tontowi Ahmad, dan Liliyana Natsir, di Olimpiade Rio De Janeiro sempat menjadi Pemberitaan Netizen di Sosial Media.

Pasalnya Kemenangan ini menjadi Kado Terindah Bagi Bangsa Indonesia, yang merayakan Kemerdekaannya, tepat di Malam 17 Agsutus 2016.

Kemenangan ini juga mengembalikan Tradisi Memperoleh Medali Emas, untuk Cabang Olahraga Bulutangkis, yang mana di Olimpiade Sebelumnya (London, Inggris - 2012), Indonesia gagal memperoleh Medali Emas.

Kemenangan hingga Kepulangan Tantowi – Liliyana ke Indonesia, bertengger menjadi Trending Topic, di Pertengahan hingga Akhir Bulan Agustus.



Banyak Para Netizen, yang juga mengabadikan Moment Kepulangan Pahlawan Olahraga ini di Sosial Media Mereka.

6. Pilkada DKI dan Kasus Ahok

Via : http://lipsus.kompas.com/

Pilkada DKI Jakarta, dan Pidato Kontroversial Ahok, di Kepulauan Seribu, tanggal 26 September 2016, lalu menjadi Konflik Perbincangan Terlama oleh Para Netizen di Sosial Media hingga saat ini.

Via : http://1000warnaindonesia.blogspot.co.id

Keduanya bisa mempunyai benang merah, yang sama hingga berujung SARA, dan Rasis, ketika Pidato Calon Gubernur Petahana DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Kepulauan Seribu, menyinggung soal Pemilihan Dirinya dengan mengkaitkan Surat Al Maidah Ayat 51.

Ahok dinilai melakukan Penistaan Agama, dan melanggar Hukum.

Hal ini yang menjadi Konflik Pertentangan Antar Agama, yang berujung SARA, dan  Rasis, namun tetap dibumbui oleh Politik terkait Pilkada DKI Jakarta.

Padahal Kita tahu Pilkada DKInya saja masih di tahun 2017 mendatang ...

Diantara Calon Gubernur DKI Jakarta lainnya juga kena dampak oleh Para Haters (Pendukung) Ahok, dari Effect Menurunnya Suara Ahok Akibat Kasus Penistaan Agama ini.

Terutama Agus H.Yudhoyono, yang dinilai belum siap untuk nyalon DKI – 1, sampai isu lainnya, yang mewarnai Seputar Ahok dan Pilkada.

Termasuk Aksi Damai 411, dan 212, yang menuntut segera Proses Hukum terhadap Kasus Penistaan Agama, yang dilakukan oleh Ahok.


7. Dimas Kanjeng Dan Gatot Brajamusti


Akhir September, dan memasuki Bulan Oktober 2016, Publik digemparkan dengan Kasus Dua Tokoh, yang dianggap menjadi Penasehat Spiritual oleh Para Selebrita Indonesia, tetapi ternyata terlibat dengan masalah Kejahatan.

Dimas Kanjeng, dan Gatot Brajamusti, paling banyak menjadi Pemberitaan di Sosial Media pada Bulan itu.

Terutama tindak tanduknya, yang melibatkan Selebrita, dan Tokoh Masyarakat Indonesia, mulai dari Dr. Marwah Daud Ibrahim, Elma Theana, hingga Reza Artamevia.

Dimas Kanjeng terjerat Kasus Pembunuhan terhadap Anak Buahnya, yang disebut Sultan, dan Penggandaan Uang, yang Videonya dalam melakukan Tindak Kejahatan Penggandaan Uang sempat menjadi Viral di Youtube.



Gatot Brajamusti terjerat Kasus Narkoba, Kepemilikan Senjata Api Ilegal hingga Pesta Spiritual Seks, yang terjadi di Padepokan milik AA Gatot Brajamusti.


Masihkah Masyarakat Indonesia percaya di tahun mendatang, dengan unsur Klenik, berbalut Religi, dan Spiritual ?

8. Aksi Damai 411 dan 212


Konflik diantara Netizen terhadap masalah Kasus Penistaan Agama semakin meluas.

Bukan hanya diantara Anak Bangsa, yang berbeda Agama, namun yang seAgama (Islam) juga menimbulkan Perbedaan Pendapat.

Masing – masing Netizen, banyak yang mengungkapkan masalah ini di Lini Sosial Media Mereka.

Akhirnya banyak yang saling Adu pendapat dengan mengeluarkan Ujaran Kebencian (Hate Speech), hingga Unsur yang berbau Provokatif, dan SARA.

Padahal Kita tahu bahwa masalah SARA cenderung RASIS, dan menjadi masalah Sensitif.

Hal ini dibuktikan dengan Pernyataan Trump saat Kampanye, dan Kemenangannya sebagai Presiden Amerika Serikat, yang berakhir rusuh.

Posisi Facebook di Rangking Alexa Indonesia, anjlok di Posisi Ke 13, setelah beberapa Ahli berpendapat bahwa Facebook merupakan Media Paling Jahat, sebagai Alat Pengadu Domba diantara Para Cyber Troopsnya ...

Konflik, yang berkelanjutan ini tidak dapat dibiarkan hingga akhirnya menimbulkan Perpecahan Antar Bangsa, dan Sesama Muslim.

Ribuan Ulama Indonesia sepakat untuk menuntut Segera Proses Hukum Kasus Penistaan Agama oleh Ahok, dengan melakukan Aksi Damai.


Via : http://www.kabarmakkah.co

Aksi Damai tanggal 4 November 2016, berlangsung baik, hanya saja sesudah Maghrib, aksi ini sempat ricuh.

Via : https://www.facebook.com

Begitupula dengan Aksi Damai 2 Desember 2016, yang pastinya buat Kita merinding, melihat Jutaan Umat Muslim Indonesia, bersatu padu untuk menyuarakan Hati Nurani Mereka, Hati Nurani Rakyat, yang menuntut Sebuah Keadilan dari Kasus Penisataan Agama Oleh Ahok.

Namun di tengah Aksi Damai itu ada beberapa Netizen, yang sengaja mengalihkan perhatiannya pada hal lain, namun masih Seputar Aksi Damai.

Mulai dari Jaket Bomber, yang dipake oleh Pak Jokowi saat Konferensi Pers, tanggal 4 November 2016 Malam Hari, terkait Seputar Aksi Damai 411 hingga Penampakan Polteng, Wiro Sableng, dan Payung Biru, yang lagi – lagi Jadi Trending Topic hingga akhirnya Gagal Fokus di Aksi Damai 212.

#AksiDamai411, #AksiSuperDamai212, #JaketBomberJokowi, dan #GagalFokus sempat menjadi Trending Topic di Sosial Media ...

9. Pengibaran Bendera China Dan Masuknya Tenaga Kerja Asing China Ilegal Di Indonesia


Via : http://radaronline.id

Memasuki Akhir November 2016, Seputar Pemberitaan Pengibaran Bendera China di Indonesia, menjadi Trending Topic.

Pasalnya Pengibaran, yang dilakukan di Beberapa Wilayah Indonesia (Maluku, Kepulauan Seribu, Bali, Papua, Sulawesi), dilakukan tanpa Izin dari Pihak Pemerintah (Ilegal).

Pengibaran Bendera China Di Salah Satu Gugusan Kepulauan Seribu
Via : http://www.jurnalmuslim.com

Pengibaran Bendera ini dilakukan oleh Para Pekerja Asing China Ilegal dengan Paspor, dan Visa Turis, yang secara otomatis telah merongrong Kewibawaan Pemerintah, dan Kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Tak tanggung – tanggung mulai dari Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, hingga Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, angkat bicara.

Bahkan Hanif Dhakiri, Menteri Tenaga Kerja, sempat melakukan Inspeksi Mendadak ke Sulawesi, dan Bogor.

Di sana ditemukan Tenaga Kerja Asing China Ilegal.

Kita berharap Permasalahan ini dapat segera dituntaskan oleh Pemerintah Republik Indonesia (R.I).

10. Fenomena Om Telolet Om

Via : http://www.dennysiregar.com

Di Akhir Tahun ini, kehadiran Fenomena Om Telolet Om cukup menggemparkan Dunia, dan buat Orang Indonesia bangga.

Fenomena Om Telolet Om, menjadi Trending Topic, dan menghiasi Pemberitaan di Sosial Media (Instagram, Facebook, Twitter, hingga Path).

Tak tanggung, beberapa Masyarakat Dunia, mulai dari Para DJ Dunia coba Meremix Klakson Om Telolet Om dalam bentuk Musik.


Via : https://www.instagram.com/

Hingga Presiden, dan Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) Barrack ObamaDonald Trump ikut mewarnai Fenomena ini.

Fenomena, yang bermula dari Sekumpulan Anak Kecil, yang menunggu Bis melewati Mereka, hingga akhirnya Bis membunyikan Klakson dengan Suara Telolet, memang begitu unik. 




Sebenarnya hal ini telah dilakukan lama, namun baru menjadi Fenomena kini, berkat banyaknya Netizen, yang mengupload keseruan ini, via Sosmed Mereka.

Fenomena ini juga mengalahkan Fenomena Tahu BulatPara Emak Lampu Sen, hingga Tantangan Bagi Mahmuddan Pahmud dalam #KelarHidupLoe !

Akhirnya Fenomena Om Telolet Om ini, sekaligus menutup Trending Topic Indonesia di Tahun 2016 ...






Link :
https://www.google.co.id/trends/
https://www.facebook.com
https://twitter.com/
https://www.instagram.com/
https://www.youtube.com

TrendingTopic2016

Kembali : BERITA
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA