indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Selasa, 15 November 2016

9 Kota Terbaik Bagi Industri Kreatif Indonesia

Selasa, 15 November 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

9 Kota Terbaik
Bagi Industri Kreatif Indonesia


Seiring meningkatnya Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) , ternyata turut mempengaruhi berdirinya beberapa Daerah Kota, yang menjadi Pusat bagi Industri Kreatif di Indonesia.

Sesuai dengan Salah Satu Tujuan Progran Nawacita, yang digagas oleh Pak Jokowi, Presiden R.I, Beberapa Kota ini, diprediksi akan menjadi Daerah Potensi bagi Pertumbuhan Sentra Industri, dan  Pariwisata di Indonesia.

Kota dengan Pertumbuhan Industri Kreatif, juga memberikan Kontribusi, yang nyata bagi Kemajuan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

Terlebih di Tahun 2016 ini, Indonesia tercatat sebagai Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Ketiga Terbaik di Dunia, setelah China, dan India, serta mengalahkan Jepang.

Di mana Peran Industri Kreatif, memberikan pengaruh besar bagi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.





















Berikut Kami Hadirkan
9 Kota Terbaik
Bagi Industri Kreatif Indonesia
1. Pekalongan


Nggak nyangka, jika Kota di Pesisir Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) ini, menempati Posisi Pertama bagi Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia.

Kota Pekalongan adalah Kota Pertama di Indonesia yang masuk ke dalam jaringan UNESCO Creative Cities Network di tahun 2014, dalam Kategori Crafts and Folk Arts.


Di sana, ada Museum Batik, yang didirikan pada tahun 2006 oleh Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, serta Pusat Batik International (International Batik Center).

Di sini para Wisatawan bisa berbelanja berbagai kerajinan Batik Khas Pekalongan.

Kota yang dinobatkan sebagai Kota Batik Sedunia ini, ternyata mengalahkan Yogyakarta, dan Solo sebagai Daerah Penghasil Industri Batik.

Kota ini, juga tidak hanya kreatif di bidang kerajinan tangannya. 

Pekalongan juga membuktikan Kreativitasnya di Bidang Penerapan Teknologi, untuk Sistem Pemerintahannya (Smart City).

Tak percaya ? Misalnya, dengan menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu dalam sistem pemerintahan, Pekalongan dapat menghemat biaya pembayaran lisensi sistem operasi sampai sebanyak Rp 12 miliar dalam setahun.

Sistem operasi bersifat bebas berbayar ini, dapat digunakan oleh siapa pun untuk keperluan apa pun.

Jika kamu bosan suasana Kota, Pekalongan juga punya destinasi wisata alam yang tidak kalah menawan.

Ada Pantai Pasir Kencana untuk menikmati indahnya matahari terbenam di atas pasir dan bebatuan pantai, serta Linggo Asri, Gunung Kendalisodo, hingga Desa Wisata Lolong untuk kamu yang cinta suasana sejuk Pegunungan.


Selain itu Tiga Kampung Batik (Kauman, Pesindon, Kemplong), menjadi hal wajib bagi Kamu “Para Pecinta Batik” untuk berkunjung ke lokasi ini.

Demi melihat Batik Pekalongan dengan Berbagai Motifnya (termasuk Motif Batik Garuda), yang dipengaruhi oleh Budaya Pesisir Pantai Utara Jawa, dan pada umumnya berwarna cerah.

Link :
http://hitsss.com/5-kota-kreatif-di-indonesia-ini-asyik-untuk-anak-muda-yang-semangat-berkarya/

2. Bandung


Selain Kota Pekalongan, Kota Bandung juga masuk ke dalam jaringan UNESCO Creative Cities Network di tahun 2015, dalam kategori Desain.

Kota yang akrab dikenal dengan udaranya yang sejuk ini, sedang gencar-gencarnya meningkatkan pengembangan di bidang kreativitas anak muda.


Beberapa Taman Kota Dengan Konsep Tematik, Megaproyek Bandung Sky Walk - Cihampelas, hingga Rencana LRT, dan Sky Bridge turut memberikan nuansa tersendiri bagi Kota, yang terkenal dengan sebutan Paris Van Java ini.

Selain itu Bandung juga terkenal dengan berbagai Industri Fashion.


Hal ini terbukti dengan Kehadiran Deretan Pusat Industri Jeans di Cihampelas, Sepatu di Cibaduyut, Factory Outlet di Sekitaran Dago, dan Beberapa Mall Terbaik Indonesia, yang turut menempatkan Bandung sebagai Kota Industri bagi Fashion di Indonesia.

Bandung sebagai Icon Kotanya Anak Muda Indonesia, juga terkenal dengan gudangnya Universitas Terbaik di Indonesia. Maka tidak heran sebutan Bandung sebagai Salah Satu Kota Pendidikan Terbaik di Indonesia, juga diterimanya.

Belum lagi Kuliner Bandung, yang terkenal Lezat (Delicious), membuat Para Pelancong jadi betah berlama - lama di Kota ini.


Sempatkanlah ke Daerah Dago hingga Lembang demi mengunjungi Beberapa Daerah Wisata Tematik, seperti : Kampung Gajah, Jendela Alam, Dusun Bambu, Maribaya, hingga Tangkuban Perahu.

Dijamin semakin lengkap Perjalanan Kamu di Salah Satu Kota Industri Kreatif Indonesia Ini !










3. Yogyakarta


Selain di kenal sebagai Kota Wistata, Kota Sejarah Budaya, dan Pendidikan Pertama Terbaik di Indonesia, Yogyakarta juga terkenal sebagai Kota Komunitas.

Di Yogyakarta atau Jogja, memang menghasilkan beragam komunitas anak muda di bidang sosial maupun hobi dan seni, yang terus bertambah dan berkembang.


Misalnya seperti Kelas Inspirasi, Komunitas Pencinta Kucing JogjaForum Lingkar Pena - Yogyakarta, Pappermoon Puppet Theater, hingga Padepokan Seni Bagong Kussudiarja.


Selain juga kaya dengan Kerajinan Tangan Khas seperti Gerabah di Kasongan, dan Perak di Kota Gede, Kota ini ternyata menjadi salah satu Kota dengan Perkembangan Teknologi Terbaik di Indonesia.

Kuatnya peran Komunitas Anak Muda, membuat Industri Game, dan Dunia Startup pun cukup marak berkembang.

Sejumlah Coworking Space juga siap jadi ruang kerja dan rumah bagi Para Pekerja Kreatif Muda Jogja, yang giat dalam mengembangkan Game atau Startup Mereka.

Tercatat Beberapa Portal, dan Startup Terbaik Indonesia, juga membuka Kantor di Yogyakarta. Seperti Hipwee, dan Yogyes - Portal Travel Terbaik Yogyakarta.


Kehadiran Kampung Cyber - Yogyakarta, dan Komunitas Startup Jogja Digital Valley, makin melengkapi Kota ini sebagai Salah Satu Kota bagi Industri Kreatif di Indonesia.

Link :
http://hitsss.com/5-kota-kreatif-di-indonesia-ini-asyik-untuk-anak-muda-yang-semangat-berkarya/3/

4. Denpasar


Tidak dipungkiri lagi, Denpasar, dan Wilayah Bali secara keseluruhan merupakan alam, yang ramah bagi Perkembangan Iklim Pariwisata Dunia.

Tercatat Bali juga menempati Posisi Tempat Wisata Terbaik untuk beberapa Land Mark, yang menjadi Icon bagi Pulau Dewata ini.

Hal ini juga mempengaruhi Kota Denpasar, Ibu Kota Propinsi Bali, sebagai Salah Satu Kota bagi Industri Kreatif di Indonesia.


Industri Perhotelan, dan Kuliner, yang mendukung Potensi Wisata di Bali, selalu mengalami Pertumbuhan baik tersebar di Denpasar, hingga wilayah di luar Kota Denpasar, seperti Sanur, Kuta, hingga Ubud - Bali.


Fashion, dan Butik, yang berkaitan dengan kegiatan Surfing (Selancar), di Alam Pantai Bali bagi Para Wisatawan Manca maupun Domestik, tersebar hampir di beberapa penjuru lokasi.

Kamu akan banyak jumpai Butik seperti : Quick Silver, Ocean Pacific, Point Break, Billabong, hingga Rip Curl, yang menjadi Tolak Ukur bagi Trend Selancar Anak Muda Bali.


Selain Itu Industri Kreatif bagi Kerajinan Tangan (Hand Made) seperti Sepatu, Lukisan, Anyaman, Pahatan Patung hampir tersebar di Beberapa Penjuru Sentra Perdagangan, seperti Pasar Seni Sukowati - Bali.


Sepatu Nilu Djelantik, dan Kaos Joger, juga menjadikan Bali, khususnya Denpasar, diakui sebagai Kota Pertumbuhan Industri Kreatif di Dunia.


















5. Makasar


Kota dengan Icon Pantai Losari ini, menjadi daya tersendiri bagi Para Wisatawan.

Sepintas banyak, yang tidak mengetahui bahwa Kota Makasar, dengan Beberapa Wilayah Daerah di Sulawesi Selatan, juga menyimpan Potensi, yang besar bagi Pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia, yang dikelola secara turun temurun.


Di Kota Makasar, Kamu akan jumpai Pusat Industri Minyak Gosok Cap Tawon, Kerajinan, hingga Makanan Khas, yang terletak di Jl. Somba Opu.


Beberapa Daerah lainnya di luar Kota Makasar merupakan Tempat bagi IndustriPinishiKapal Kebanggaan Orang Sulawesi Selatan, yang terletak di Tana Beru, Industri Kerajinan Patung Ke’Te Kesu di Tanah Toraja, hingga Perkebunan Kakao, dan Teh dengan Industri Coklatnya di Beberapa Daerah Sulawesi Selatan.


Daerah Malino juga terkenal sebaagai Daerah bagi Perkebunan Bunga, dan Teh.


Beberapa Event Internasional, maupun Nasional seperti Festival Toraja, dan Eight Festival (F8), makin menunjukkan Makasar sebagai Kota Terbaik bagi Pertumbuhan Industri Kreatif di Timur Indonesia.

Terlebih Kota Makasar sebagai Smart City, dinilai berhasil dalam Sistem Kerja Pemerintahan, yang baik (Good Goverment) dalam Penerapan Aplikasinya.

6. Malang


Kota Malang, yang memiliki Predikat sebagai Kota Pendidikan ini, memang merupakan salah satu Kota Pendidikan Terbesar di Indonesia.

Dengan ratusan ribu orang Mahasiswa yang belajar di kurang lebih 60 Perguruan Tinggi, yang berbeda.

Dalam beberapa tahun belakangan, Kota ini juga banyak meraih penghargaan di bidang Pendidikan

Cuaca dan suasananya juga tak kalah sejuk dengan Bandung.

Membuat suasana cuci mata Kamu di pusat kota ini terasa nyaman. Ini yang menjadi awal timbulnya julukan ‘Paris Van East Java’, karena kondisi alam yang indah bagaikan Kota Paris di Timur Jawa.


Malang, dan sekitarnya terkenal bagi Perkebunan Buah Apel.

Bahkan Buah Apel menjadi Potensi bagi Pariwisata Indonesia, dan dari tempat ini berdiri Kawasan Agro Industri, penghasil Buah Apel Malang, yang biasa dikemas dalam Minuman Botol, maupun jenis Panganan lainnya.

Kawasan ini terintegrasi dengan banyak Hotel, dan Villa, yang membuka tempatnya di sini.


Tidak jauh dari Kota Malang, tepatnya Kawasan Batu, juga terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang keren, seperti Jawa Timur Park 1 dan 2, Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green, Batu Secret Zoo, Payung, dan lain-lain.

Selain itu, Malang juga merupakan Tuan Rumah dari berbagai Perusahaan Televisi Lokal sendiri, yang menjadi Pertumbuhan bagi Industri Kreatif di Indonesia. Diantaranya adalah Agropolitan TV, Malang TV, dan Space Toon.

Perusahaan Portal Terbaik Indonesia, Kapanlagi (KLN) Network, juga membuka cabangnya di Malang.

Link :
http://hitsss.com/5-kota-kreatif-di-indonesia-ini-asyik-untuk-anak-muda-yang-semangat-berkarya/3/


















7. Solo


Jawa menemukan Jiwanya di Kota Solo !

Kota, yang mempunyai taglineSpirit Of Java” ini, merupakan Kota, yang dikenal bagi berdirinya Beberapa Industri Batik, Kuliner, hingga Event Terbaik di Indonesia.

Kampung Laweyan, dan Kauman merupakan Rumah bagi Industri Batik Solo, yang telah ada secara turun temurun dari Nenek Moyang Mereka.

Maka tidak heran sebutan Solo, sebagai Kota Batik, selain Pekalongan, Yogyakarta, dan Cirebon, juga diterimanya.


Museum Batik Danar Hadi, Produsen Ternama Batik Solo, makin menguatkan Identitas Solo sebagai Kota Batik.

Di tempat inilah Ratusan Batik Tulis dipajang di Salah Satu Museum Terbaik Indonesia ini.

Selain itu beberapa Kuliner Terbaik Solo, seperti Tengkleng, Nasi Liwet, Sosis Solo, Surabi, hingga Spikoe, menjadi Ciri bagi Kuliner Terbaik Solo.


Beberapa Event Internasional, diantaranya Solo Batik International Carnival, Festival Payung di Taman Balekambang, semakin membuktikan bahwa Solo menjadi Salah Satu Kota bagi Pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia.

8. Palembang


Selain sebagai Kota Wisata, Palembang, yang terkenal dengan sebutan Venice From Indonesia dengan Sungai Musinya, juga terkenal sebagai Salah Kota bagi Pertumbuhan Industri Kreatif di Indonesia.


Melalui Industri Kerajinan Tenun Songket, Anyaman, Miniatur, dan Kuliner, yang tersebar di Beberapa Landmark Icon Kota, menjadikan Palembang sebagai Kota, yang cukup diperhitungkan bagi Pertumbuhan Industri Kreatif.


Terlebih Potensi Palembang dengan Sungai Musi, dan Jembatan Ampera, memberikan Kontribusi, yang besar bagi Wisata Indonesia.

Kota Palembang sebagai Smart City, berdasarkan Sistem Kerja Pemerintahan, yang baik (Good Goverment), pada Pengaplikasiannya, juga terintegrasi dengan Pembangunan Moda Transportasi Light Rail Transit (LRT).

Di tempat inilah Event International Musi Festival, juga diadakan.

Belanja Indonesia
PAKAIAN PRIA BRANDED
Lihat Lebih Lengkap>>>











9. Pare


Sebagai Bagian Wilayah dari Kabupaten Kediri, Kota Kecamatan Pare, terkenal sebagai Salah Satu Kota bagi Pertumbuhan Industri Kreatif di Indonesia.

Pare juga dikenal sebagai Kampung Inggris, dengan Ratusan Lembaga Kursus Bahasa Inggris, maupun Lainnya, yang tersebar di Desa Tulungrejo, dan Pelem.

Bermula dari satu Lembaga Kursus Bahasa Inggris, yang berdiri, yaitu BEC, sebagai Lembaga Kursus Bahasa Inggris Pertama, dengan Pendirinya, Mr Kalen Osen.


Secara perlahan Para Murid Alumni BEC, membuka Lembaga Kursus Bahasa Inggris, lainnya di Kota Pare, seperti ELFAST, Daffodils, Mahesa, hingga Kreshna.

Bahkan beberapa lainnya memadukan Lembaga Kursus dengan sistem Asrama (Dormitory).

Banyaknya Lembaga Kursus, mulai dari Bahasa Inggris, Arab, China, hingga Kursus lainnya, seperti : Komputer, menjadikan Pare, juga terkenal sebagai Kampung Kursus, yang Para Muridnya berasal dari sebagian besar wilayah Indonesia, seperti : Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar, hingga Papua.

Bahkan ada yang berasal dari Luar Negeri, seperti Thailand, Arab Saudi, hingga Malaysia, yang ingin mencoba sensasi belajar di Kota ini.

Sebagian Rumah Penduduk di Pare sengaja difungsikan sebagai Home Industry, bagi Jasa Kursus, Kost, Tempat Makan Murah Enak, Toko Buku hingga Persewaan Sepeda.


Sehingga, jadilah Pare sebagai Salah Satu Kota bagi Industri Kreatif di Indonesia, dengan Beberapa Obyek Wisata Andalan, diantaranya : Candi Surawana - Tego Wangi, Garuda Park – Alun Kota Pare, Masjid An – Nur Pare hingga Simpang Lima Gumul Kediri.

BacaRekomendasi

Kembali : ARTIKEL
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA