indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 07 Oktober 2016

5 Hikmah Di Balik Upacara Bendera Di Sekolah Dalam Dunia Kerja

Jumat, 07 Oktober 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

5 Hikmah Di Balik
Upacara Bendera Di Sekolah
Dalam Dunia Kerja


Pernah inget nggak, Ketika masa Sekolah Kamu dulu ?

Yang namanya Ikut Upacara Bendera Di Sekolah, bagi Kebanyakan dari Kamu, pastinya merasa Badmood (Bete) bukan ?

Ngapain juga diadain Upacara Bendera ?

Entah itu Upacara 17 Agustus, Hari Pahlawan 10 November, hingga Kebangkitan Nasional 20 Mei, pastinya sebagian dari Kamu ada yang berasa nggak bersemangat.



Belum lagi Upacara setiap Hari Senin, yang sebagian dari Kita nganggep itu jadi semacam Ritual Khusus. Di mana banyak Persyaratannya, dan kalau dilanggar, Jangan ditanya Sanksi, yang tegas (Punishment) bakal menanti Kamu.

Coba aja dibuktiin !


Kamu sengaja nggak bawa Topi, Dasi, nggak pake Sepatu Hitam, terlebih lagi telat, bisa“ Kamu bakal dijemur di lapangan seharian ... !

Satu lagi yang jadi berasa berat banget, Ketika Kelas Kamu, kebagian jatah jadi Petugas Upacara.

Mulai dari Nyiapin Paduan Suara, jadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), bacain Pembukaan Undang – Undang Dasar + Doa, hingga jadi Pemimipin Upacara, semuanya harus dipersiapin secara matang bukan ?

Bisa –bisa 1 Minggu sebelumnya harus Prepare ... !

Pernah banget kejadian, ketika Upacara Bendera di Sekolah, Kelas ditunjuk jadi Petugas Upacara, dan Teman yang kebagian tugas jadi Pasukan Pengibar Bendera, salah bentangin Bendera Indonesia, yang seharusnya Merah Putih, jadi Putih Merah.

Via : http://memecrunch.com/

Nah lo kejadian deh ! Dipikir Bendera Polandia kali ya ... ?

Walhasil 1 Kelas, tanpa tedeng aling – aling, Kita dapat Hukuman (Punishment) langsung dari Kepala Sekolah, dijemur di lapangan seharian penuh ..., tapi sebelumnya Pemanasan (Warming Up), dulu keliling Kompleks SMP, sebanyak 20 kali.

Duh, Begitu Kejamnya Dunia !
Ya, tapi itulah lika – likunya jadi Anak Sekolah, yang emang harus ngikutin aturan Sekolah, termasuk di dalamnya Ikut Upacara Bendera di Sekolah ...

Btw, Kalau ngomongin Upacara Bendera, di sisi lain, pastinya banyak kegunaannya ya ?

Meski terkadang buat Kita Bete, dengan segala macam aturan, dan saksi di dalamnya, tapi ternyata Upacara itu diciptakan lebih banyak kegunaannya bagi Kita.

Kita pastinya setuju :

Segala hal, yang Tercipta, maupun Diciptakan
walaupun dalam kondisi terhina sekalipun,
di sisi lain pasti ada manfaatnya ...
Penulis

Begitupula Upacara Bendera, jika Kamu berpikir lagi, begitu banyak manfaat Kegiatan ini. Terutama bagi Pembentukan Karakter Kita, di masa sekarang. Terlebih Dalam Dunia Kerja ... !

Berikut Kami Hadirkan
5 Hikmah Di Balik
Upacara Bendera Di Sekolah
Dalam Dunia Kerja

1. Terbiasa Disiplin

Via : https://www.brilio.net/

Jika Kamu terbiasa jadi Orang yang selalu commited dengan janji, nggak telatan masuk Ke Kantor, bahkan nyiapin segala sesuatunya jauh hari, ini bisa jadi, salah satu tanda ke Bawa Effect dari ngikutin Upacara Bendera di Sekolah, setiap Hari Senin maupun Hari Besar Nasional.

Gimana nggak coba, dari Upacara ini, Kamu diajarin tentang artinya Disiplin baik itu Waktu, maupun Ngikutin Aturan Upacara di Sekolah.

Kamu mau nggak mau harus ngikutin Upacara ya sesuai aturan.


Mulai dari Ngikutin Upacara Tepat Waktu, nggak boleh telatan alias On Time, Pake Topi, dan Dasi, hingga Sepatu, yang diperbolehin, pastinya harus Kamu penuhi semua aturan itu.

Kalau nggak Sanksi Tegas (Punishment) bakal menanti Kamu !

Dengan begitu Upacara Bendera, sedikit banyak bakal melekat di diri Kamu, mininimal ngelatih Kamu jadi Orang Yang Disiplin, dan Menghargai Waktu dalam Bekerja !!!

2. Punya Jiwa Kepemimpinan (Leadership)

Via : https://www.brilio.net/

Masih inget nggak, Saat Kamu Upacara Bendera, Kamu ditunjuk sebagai Pemimpin Upacara ?

Pastinya Kamu sebagai Pemimpin ingin Upacara berjalan dengan baik bukan  ?

Bisa jadi Kamu bersama Teman Sekelas Kamu, yang kebagian jatah jadi Petugas Upacara, harus mempersiapkan hal tersebut jauh hari.

Dengan maksud agar pelaksanaan Upacara itu berjalan mulus, tentunya.


Jadi Pemimpin Upacara itu, nggak gampang, ...


Sebab Kamu bersama Teman Sekelas Kamu, yang jadi Petugas Upacara dilatih bertanggung jawab untuk memimpin jalannya Upacara agar berjalan baik, ...

Maka nggak heran, jika Sekarang Kamu di Promosiin naik Jabatan oleh Pimpinan Perusahaan, serta Punya Anak Buah, lantaran Kamu dah terbiasa jadi Pemimipin Upacara Bendera di Sekolah dulu ... !






3. Kelihatan Rapi


Kalau Kamu kelihatan rapi, fashionable, sekaligus Fresh, saat kerja di Kantor, itu mungkin Effect Domino, yang kebawa hingga sekarang dari seringnya Kamu ngikutin Upacara Bendera di Sekolah.

Gimana nggak coba ?

Selain Disiplin, berpenampilan rapi pastinya jadi aturan yang harus dipenuhi untuk ngikutin Upacara Di Sekolah.

Via : https://www.facebook.com/dyah.arumningtyas.98

Percaya nggak percaya, ini jadi Faktor Penentu, dan Salah Satu Penilaian (Kondite) Perusahaan bagi Kinerja Kamu. 

Terlebih, jika Kamu kerja di Industri Jasa, kaya Bank, maupun Perhotelan, yang membutuhkan Kerapian, dan Keteraturan dalam Pelayanan Kepada Costumer (Nasabah), serta pastinya Kepuasan Pelanggan Nomor 1 !

4. Kerja Team (Team Work), Yang Baik

Via : https://www.brilio.net/
Keberhasilan Kerja Team Kamu dalam melakukan Presentasi, sehingga memikat hati Pelanggan (Costumer), bukan serta merta datang begitu saja.

Sudah dapat dipastiin sebelumnya, diperlukan adanya Kerjasama Team yang baik.


Kekompakan, dan Kerjasama Team yang baik ini, juga bisa didapat dari Upacara Bendera di Sekolah, yang Kamu lakuin setiap Hari Senin, maupun Hari Besar Nasional.

Dalam mengikuti Kegiatan Upacara Bendera, Peserta Upacara harus kompak terhadap aturan dan susunan Upacara dari Awal sampai Akhir.

Terlebih bagi Kamu, yang kebagian tugas jadi Petugas Upacara, makin harus lebih kompak lagi dengan Teman Satu Team Kamu, agar Proses Pelaksanaan Upacara, berjalan mulus, tentunya.

Nah di sela – sela itu, Pembina Upacara, baik Kepala Sekolah, dan Wakilnya, maupun Guru, yang ditunjuk, sedikit banyaknya ngasih wejangan, dan arahan agar Sekolah Kita, dapat berjalan lebih baik lagi.

Jadi ingat semacam Pengarahan (Briefing) di Kantor, agar Perusahaan dapat berjalan lebih baik lagi.

Makanya jangan heran !


Keberhasilan Team Kantor dalam Sebuah Presentasi, bukan hanya Kerja Team (Team Work), yang baik, melainkan dalam diri Setiap Karyawan tertanam Jiwa Kebersamaan.

Ini bisa jadi, lantaran sering Ikut Upacara Bendera di Sekolah ... !



















5. Punya Sikap Nasionalisme

Via : https://www.brilio.net/

Salah satu tujuan, ketika itu, kenapa Kamu harus ikut Upacara Bendera di Sekolah adalah :

Untuk mengenang Jasa Para Pahlawan yang telah gugur di Medan Perang, baik merebut maupun mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dari tangan Penjajah (Musuh).

Dengan mengenang Jasa Para Pahlawan berarti memupuk Semanagat Nasionalisme maupun Patriotisme diantara Para Siswa.

Via : https://www.linkedin.com/pulse/
kejahatan-modus-opendai-megawati-banteng-pdip-ahmad-noormuhammad


Ketika Kamu memasuki Dunia Kerja, Pastinya Kamu bakal marah, ketika Perusahaan Milik Negara, tempat Kamu bekerja bakal di Privatisasi kepada Pihak Asing.

Terlebih, Kalau Kamu tahu, Dalang di balik itu adalah Orang Indonesia sendiri.


Seakan mau nunjukin semangat Nasionalisme, yang Kamu dapat, ketika ngikutin Upacara Bendera dulu, Kamu akan berasa berada di Garda Terdepan untuk ngelakuin Demo Besar - Besaran.

Nggak setuju, dan Nolak Banget Privatisasi Perusahaan Milik Negara kepada Pihak Asing, tempat Kamu bekerja, lantaran Cinta Mati Sama Indonesia !!!



Demikian, semoga menginspirasi !

Kembali : ARTIKEL
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA