indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Rabu, 17 Agustus 2016

Stasiun Slawi

Rabu, 17 Agustus 2016

Print Friendly and PDF


Gambaran Umum

Stasiun Slawi (SLW) merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jl. Kemiri No. 74, Pakembaran, Slawi, Tegal. Stasiun yang terletak pada ketinggian +38 m ini merupakan stasiun aktif yang letaknya paling utara di Daerah Operasi V Purwokerto. Stasiun ini terakhir direnovasi pada tanggal 17 Maret 1999. Stasiun ini memiliki tiga jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus ditambah dua sepur badug di sisi selatan stasiun.

Sejak tanggal 22 Januari 2005, persinyalan di stasiun ini telah diganti dari manual menjadi elektrik. Pergantian persinyalan itu diresmikan oleh Menhub RI Hatta Rajasa. Stasiun Slawi merupakan stasiun pertama di Indonesia yang menggunakan sinyal elektrik buatan dalam negeri. Sistem interlocking yang terdapat pada sinyal tersebut dirancang oleh Lembaga Elektronika Nasional (PT. LEN Industri).

Stasiun ini terletak di Jalur kereta api Tegal-Prupuk merupakan salah satu jalur kereta api tersepi di pulau Jawa. Jalur ini sebelumnya hanya melayani kereta api barang bahan bakar minyak (BBM) dari Maos ke Tegal maupun sebaliknya. Jalur ini sama sekali tidak melayani kereta api penumpang. Kereta api penumpang terakhir yang melewati jalur ini adalah Kereta api Mahesa relasi Semarang-Bandung. Kereta api ini dihentikan operasionalnya pada tahun 2003 karena sepi penumpang. Pada tahun 2009, PT Kereta Api memperpanjang trayek Kereta api Kaligung yang semula Semarang-Tegal pp menjadi Semarang-Slawi pp. Sayangnya pada tahun 2012 trayek Kereta api Kaligung dikembalikan seperti semula karena dianggap rute ini tak menguntungkan PT KAI. Barulah pada tahun 2014 PT KAI mulai mengkaji ulang untuk mengoperasikan kembali kereta api penumpang di jalur ini.

Pada tanggal 17 Februari 2014, PT KAI mulai dioperasikan Kereta api Kamandaka relasi Purwokerto - Semarang, dan pada tanggal 19 Desember 2014 KA Kamandaka ditambah menjadi tiga kali perjalanan pulang-pergi.
















STASIUN TERKAIT

Lokasi



Link :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Slawi

Kembali : STASIUN
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia


Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>



Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA