indonesaEnglish
GIIIPPPPPPPPPPPP

Jumat, 03 Juni 2016

Andai Aja Atasan Kita Mbak Prima !

Jumat, 03 Juni 2016

Print Friendly and PDF

CONTRIBUTOR
PANGKI PANGLUAR

Andai Aja Atasan Kita Mbak Prima !
pp
 pp

pp
Sinetron Komedi (Sitkom) OK JEK yang tayang di NET TV, memang benar menginspirasi banyak orang. Selain jalan ceritanya yang super lucu, Kekinian banget, Based On True Story, yang diambil dari Kehidupan Nyata Driver GOJEK, juga Peran Beberapa Tokohnya yang punya Karakter beda satu sama lain, dan Ngena Banget !

Berbicara tentang Karakter yang ada di Sitkom ini, maka perhatian Kita, nggak bisa terlepas dengan tokoh yang dimainkan oleh Girindra Kara alias Mbak Prima. Tokoh ini cukup penting di Sitkom OK Jek yang tayang setiap jam 19.00 malam di NET TV.

Kenapa bisa dibilang penting ?


Selain sebagai CEO dari sebuah Perusahaan Startup Jasa Ojek Berbasis Online yang baru berkembang, Mbak Prima dinilai mempunyai Sifat yang cukup menginspiratif bagi Seorang Pemimpin.

Bagaimana cara Ia memimpin ?, Memperlakukan Seorang Anak Buah pada tempatnya, hingga Menemukan Ide Baru untuk Perkembangan Model Bisnisnya, adalah beberapa diantaranya. Daripada Penasaran ?

Berikut Kami Hadirkan
Andai Aja Atasan Kita Mbak Prima !

1. Baik Hati
pp

















Pasti Sebagian dari kalian setuju ya, jika Mbak Prima sebagai atasan di OK Jek, punya sifat yang baik hati ?

Buktinya aja, ketika banyak calon Pelamar yang apply langsung ke Doi, baik itu As Driver Ok Jek, maupun Customer Service, Mbak Prima selalu ngasih kesempatan buat Kerja di Perusahaannya. Ini bisa jadi Perusahaan mang butuh Ribuan Driver Ojek handal , maupun Customer Service yang ramah, sekaligus Smart.

Mbak Prima nggak pernah marah yang terlalu berlebihan (Lebay). Kalau Kalian nonton Sitkom ini, pastinya Kalian tahu, Customer Service baru yang gantiin Mbak Ade di OK Jek ? Walaupun dikata Telat Mikir (Telmi) untuk beberapa kondisi yang buat Doi Marah, namun tetep aja Mbak Prima Higher Karyawan Baru ini sebagai Customer Service.

Dia juga lebih milih Nilai Sosial, jika itu berbicara mengenai Hati. Masih inget Kasus Selly, yang dikompalin akan di gugat secara Perdata oleh Pelanggan (Customer), lantaran telat ngasih Dokumen yang digunakan buat Presentasi Penting, karena Selly ternyata milih bantu Ibu Tua untuk cari alamat Rumah Anaknya.

Mbak Prima Lebih milih Kerja Pake Mata Hati untuk bantu Selly, dan seakan melindungi (Protect) Anak Buahnya, jika dirasa apa yang dilakukan oleh Anak Buahnya benar.

Hal ini pastinya Buat Kita nggak cemas bukan ? Jika Atasan Kita berusaha untuk melindungi Kita yang notabenenya Anak Buah, dalam melakukan Kesalahan, tetapi dari sisi lain misalnya melihat Kemanusian, dirasa benar.

Sebagai Atasan yang baik seharusnya bertanggungjawab, dan melindungi terhadap apa yang dikerjakan oleh Anak Buahnya, dan bukan menyalahkan Ketika Anak Buah dikomplain atau terlibat suatu masalah yang berkaitan dengan Pekerjaan yang Ia (Atasan) Instruksikan.

2. Low Profile
pp
pp
Mbak Prima juga dinilai Punya Pribadi yang nggak ada Sombongnya sama sekali. Ini bisa dibuktiin dengan banyaknya Para Ojekers alias Driver Ojek, yang tetep manggil dengan sebutan Mbak, bukan Bu. Begitupula juga di bagian Supporting Staffnya baik itu IT dan Admin Staff, Front Office hingga Customer Service semua tetep manggil Mbak Prima, mungkin cuman Cleaning Service yang manggil dengan sapaan Ibu. Selebihnya ya tanpa batas jadi kelihatan nggak ada Gap gitu.


Begitu juga soal makan, entah karena ngirit atau apalah yang jelas Mbak Prima selalu gabung makan di Kantin Ok Jek, yang mayoritas orang makan disitu ialah Driver Ojek. Mbak Prima tetep aja nyantai ikut gabung makan. Terlebih Mbak Prima juga suka banget makan makanan yang dipesen dari Mbak Mawar, Istri Mas MulyantoDriver Ok Jek, dan jarang banget makan di tempat mewah, hampir nggak pernah lihat Doi makan di Restarurant Ngehits di Jakarta, yang ada ya di Kantin atau maksimal makan Nasi Uduk di Warung Mbak Mawar.

Hal ini bisa jadi mau ngebuktiin ke Bawahaanya, bahwa Doi memang nggak mau ada Gap antara atasan dan bawahan. Terlebih sebagai Perusahaan Start Up Ojek Online yang sedang berkembang, memang diperlukan Perasaan Senasib dan Sepenanggungan antara Atasan dan Bawahan. Ibarat Kate “Semuanya Sama, Kagak Ada Bedanya !

Tentunya kalau Punya atasan begini Kita jadi nggak canggung ya Guys untuk ikut gabung ngobrol, maupun Diskusi suatu pekerjaan dengan Atasan yang notabenenya Bos Kita.

3. Smart
pp

















Sebagai CEO suatu Perusahaan yang bergerak di bidang Startup Berbasis Teknologi, dapet dipastiin bahwa Mbak Prima punya Otak yang Cerdas (Smart). Semua hal yang berkaitan dengan masalah Penyadapan (Sabotase), terhadap Sistem Kerja Aplikasi Online ini, pastinya dengan mudah diatasin.

Jadi kebayang nggak ? Kalau Atasan Kita Mbak Prima, pastinya Kita jadi lebih tenang, nggak terburu, dan buat Kita jadi nggak Bad Mood (BT). Ketika Atasan Kita punya masalah yang menyangkut Kantor, dapet diselesaikan dengan tenang, tanpa harus Marah, terlebih Kita yang jadi kena sasarannya.

4. Good Decision Maker
pp
pp
Masih inget beberapa Episode yang lalu, ketika Mbak Prima coba ngasih kesempatan ke Beta (Karyawan Baru di OK Jek), untuk buat Model Baru dari pengembangan bisnisnya ? Pada keesokan harinya Ia langsung mutusin Beta yang seoarang Bussines Analyst itu, untuk handle langsung OK CleanModel Bisnis Baru bagi pengembangan OK Jek

Dari hal ini, Kita bisa belajar dari Mbak Prima, bahwa menjadi atasan yang baik, juga harus mampu memberikan Keputusan yang Cermat, Teliti, Tepat, dan CepatLebih Cepat lebih Baik !” Ketika ada peluang harus dirundingkan oleh Para Ahlinya terlebih dahulu, baru sesudahnya diteliti, serta diputuskan secara cepat, dan tepat.

Keputusan Mbak Prima untuk memberikan kesempatan kepada Beta bukan tanpa alasan. Setelah melakukan pembicaraan sebelumnya, tentang ide bisnis barunya, Mbak Prima juga mempelajari Karakter masing Induvidu Karyawan yang bekerja di tempatnya.

Pemilihan Beta dirasa tepat, selain sebagai seorang Bussines Analyst, yang diharapkan Kompeten untuk melihat situasi Pasar terhadap Model Bisnis Baru dari OK Jek, Beta juga dinilai punya Pribadi yang suka bersih – bersih, nggak senang sesuatu yang kotor. Jadi nggak salah donk, Kalau Ia (Beta) dipilih untuk handle langsung OK Clean ?

Terjun langsung ke lapangan bagi Seorang Beta, It’s Okay. Selain melihat Kondisi Nyata terhadap Bisnis Baru ini di lapangan, kepuasan Pelanggan juga jadi hal yang utama, Jika Ia mau terjun langsung terlebih dahulu demi menyesuaikan Penerapan Model Bisnis Baru ini.

Berharap banget Atasan (Bos) Kita, punya Intuisi sebagai Good Decision Maker yang baik, biar Kita juga nggak salah pastinya dalam bekerja, dan di tempat mana Kita harus bekerja. Ibarat “The Right Man, On The Right Place” juga dibutuhin oleh Seorang Atasan yang punya Intuisi sebagai Good Decision Maker.

5. Well Organized
ppp
pp
Semua Pekerjaan, yang diserahkan oleh masing Karyawan harus berdasarkan Kompetensi/ Keahlian yang sesuai dengan Pekerjaan Mereka (Job Desk), serta  semuanya harus ada Peraturan yang mengikat. 

Btw, masih Inget kan Kasus Mbak Prima coba negur Mas Mul yang jualan makanan di Kantin Ok Jek, atau mungkin Mbak Ade sebagai Customer Service, yang masih kelayapan unuk bantu PDKTnya Iqbal ke Hasna ? Padahal waktu jam Istirahat sudah selesai, dan sebagai Customer Service seharusnya Stand By di tempat untuk melayani Pelanggan (Customer).

Nah dari Kasus ini Kita bisa jadi belajar cara mengatur Perusahaan yang baik, dan sebagai CEO memang diperlukan banget Well Organized bagi Perusahaannya.

Melihat Kasus Mbak Prima coba negur Mas Mul yang jualan di Kantin ya memang benar ! Karena berdasarkan Job Desk Mas Mul ya bekerja sebagai Driver OK Jek, dan bukan coba jualan makanan di Kantor. Untuk jualan sudah ada sendiri yang ditempatin, yaitu : Bapak Kantin OK Jek.

Berdasarkan Peraturan juga menyalahi, karena sebagai Driver OK Jek, tidak diperbolehkan melakukan kegiatan jual beli di Kantor. Begitupula juga dengan Kasusnya Mbak Ade, yang menyalahi aturan mengenai jam masuk Kantor, karena masih kelayapan di waktu jam Istirahat habis.

Via : https://twitter.com

Btw, Mbak Prima juga nggak segan manggil Para Polwan Cantik yang bekerja di Unit Lantas Polda Metro Jaya, untuk ngasih Pelatihan (Training), tentang bagaimana cara Berkendara Aman (Safety Riding) yang baik, bagi Para Karyawannya yang notabanenya Driver OK Jek.

Jadi kebayang kan ? Kalau Kita punya atasan yang nyuruh Kita bekerja sesuai dengan porsi Kita (Based On Job Desk). Pastinya akan lebih maksimal buat negrjain apa yang jadi Kompetensi maupun Keahlian Kita.

Based On Job Desk bukan berarti Kita Stuck, untuk melakukan sesuatu yang buat Kita Expert untuk satu pekerjaan aja. Tapi Based On Job Desk di sini adalah memaksimalkan Potensi yang dimiliki oleh Setiap Karyawan, jika dirasa perlu dilakukan pengembangan untuk melakukan alih tugas lainnya. Maka sebagai atasan yang baik Ia (Seorang Bos) akan memberikan kesempatan itu.

6. Full Of Idea
pp
pp
Sebagai Seorang Atasan, Ide Kreatif harus perlu dikembangkan. Entah itu berasal dari Karyawan sendiri maupun dari Atasan, yang terpenting segala hal yang berkaitan dengan Ide Kreatif kudu wajib hukumnya. Kalau perlu setiap pagi berdiskusi untuk arah Bisnis Perusahaan Selanjutnya dengan Para Karyawan.

Hal ini yang sering dilakukan oleh Mbak Prima, sebagai seorang Pemimpin dari OK Jek. Ia nggak segan untuk berdiskusi dengan Para Karyawan maupun Para Driver Ojeknya (yang notabanenya Karyawan Lepas). Entah itu dalam suatu rapat, bahkan di tempat Kantin sekalipun.

Ide Kreatif Mbak Prima terkadang timbul, ketika mendengar keluhan langsung Para Karyawan maupun Driver OK Jek, yang terjun langsung di lapangan.

Seperti Ngasih Reward bagi Driver Ojek berprestasi, setelah banyak Tweetan Postive para Netizen terhadap Para Driver Ok Jek, yang akhirnya jadi Trending Topic, hingga Ide dibentuknya OK Clean, Pengembangan Model Bisnis Baru dari OK Jek, setelah dengerin curhatannya Mas Mul, dan Mbak Inayah As Driver Ojek, yang disuruh beberes Rumah oleh Para Pelanggan (Customer) Ok Jek.

Tentunya Kita pengen ya punya Atasan yang Penuh Dengan Ide, dan coba nampung aspirasi Ide Para Karyawannya. Terlebih jika Ide Brilliant itu mampu dikembangkan, dan tujuannya untuk Kesejahteraan Perusahaan dan Karyawan.

7. Mau Terjun Langsung Di Lapangan
ppp
pp
Seorang Atasan yang baik, terlebih Jika Ia sebagai Seorang Pemimpin Perusahaan, Ia harus mau terjun langsung di lapangan. Mengambil Istilah Pak Jokowi “Blusukan”.

Dengan terjun di lapangan, berarti Kita dapat melihat Kondisi sacara Nyata (Fact) terhadap sesuatu yang dialami oleh Anak Buah Kita, saat kerja dilapangan. Karena pada dasarnya Kondisi Kantor, dengan Kondisi di Lapangan, akan jelas berbeda.

Di Kantor, Kita bisa saja merencanakan hal ini, hal itu, Kepada Karyawan untuk melakukan tugas tersebut, tapi pada kenyataan di Lapangan, Pelaksanaan (Eksekusi) bisa aja beda !

Masih inget Ketika Mbak Prima melakukan Penyamaran (Incognito) untuk ngasih Reward kepada Para Karyawannya yang Notabenenya Driver Ojek Beprestasi dalam OK Jek Of The Year ?

Nah ini salah satu bentuk Mbak Prima yang nggak segen, mau terjun langsung ke Lapangan. Melihat Kondisi Nyata, dan yang dialami oleh Para Driver Ojek yang Notabenenya adalah Anak Buah.

Walaupun dalam konteksnya Mbak Prima melakukan Penyamaran, dan dalam Rangka melakukan penilaian terhadap Driver Ojek berperstasi, tapi tetep aja Mbak Prima mau terjun dilapangan untuk melihat kondisi yang sebenarnya.

Andaikan aja Atasan Kita mau bersikap demikian, mau terjun di Lapangan sesekali, dan nggak langsung marah, jika Pelaksanaan (Eksekusi), tidak sesuai dengan Perencanaan, Pasti Begitu Indahnya Dunia Kerja !

8. Nggak Pelit Ngasih Reward
pp

















Sebagi Seorang Atasan yang baik Kita juga dituntut untuk nggak pelit ngasih Penghargaan (Reward), kepada anak buah Kita. Terlebih jika Anak Buah Kita memang telah berhasil untuk memajukan, dan buat kesan baik bagi Citra Perusahaan.

Sebuah Penghargaan ditujukan sebagai Pemacu (Trigger) bagi Para Karyawan untuk bekerja dengan memanfaatkan Kemampuan dan Potensi yang dimiliki semaksimal mungkin, bagi Kemajuan dan Kepentingan Perusahaan, tempat Ia bekerja.



Hal ini juga dilakukan oleh Mbak Prima. Mulai dari SellyDriver OK Jek, yang dikasih hadiah akibat nolong orang dan jadi Pemberitaan (Tending Topic) di Sosmed, hingga Penghargaan Bagi Driver OK Jek Of The Year, yang jatuh kepada Mas Mul, dengan hadiah Motor.

Pastinya jadi buat Iri Kita Ya Guys ?

Andaikan aja punya atasan yang nggak pelit ngasih Pujian, terlebih Penghargaan buat Kita, pastinya Kita jadi lebih sejahtera ya ?, dan pastinya “Do The Best For Our Company !

9. Cantik
pp
pp
Yang ini emang nggak nyambung dengan konteks atau Topik Pembicaraan Kita, tapi bolehlah. Bagi Sebagian Cowok pasti seneng donk lihat Bos Cewek Cantik, tapi punya status Jomblo, yang nggak ngenes (Jones). Bos Cewek kaya Mbak Prima bisa jadi Idaman Banget Pastinya !

Fisicially, Selain Putih, dan Manis, dengan Rambut Pirang (Blondenya), yang buat Kamu Para Cowok jadi Muka Pengen (Mupeng), adalah Muka Kacamata Empatnya, yang buat Doi jadi kelihatan Pinter (Smart). Jujur, Kalau Gue (Penulis) suka sama type begini !

Create your own user feedback survey


BacaRekomendasi

Kembali : ARTIKEL
Terkini Indonesia

Terbaik Indonesia

Ensiklopedi Indonesia



Belanja Indonesia Lihat Lebih Lengkap >>>




Traveling Kita

Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright ©2015 - 2017 THE COLOUR OF INDONESIA. Designed by -Irsah
Back to top
THE COLOUR OF INDONESIA